10 February 2015

MERINGANKAN KINERJA KOMPUTER OPERATOR MADRASAH

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Bagaimana kabar rekan rekan?, terutama para TU/Operator Madrasah, diseluruh Indonesia tentunya, semoga dengan sifat Al-Qawwiyyu Nya, Allah SWT senantiasa memberi kekuatan kepada kita semua, sehingga kita mampu menyelesaikan tugas sebagai mana yang telah menjadi kewajiban kita. aamiiin.



Kali ini mia dengan Label ZIYADAHnya, memposting sedikit trik demi meringankan kinerja komputer. Trik trik yang akan dibahas disini bukanlah trik yang sangat mumpuni, tetapi hanyalah sedikit cara agar komputer yang setiap hari kita peras tenaganya, menjadi tidak terlalu kecapaian, sehingga imbasnya kita bisa menikmati kinerja komputer yang sedikit lebih responsif dibanding sebelum melakukan langkah yang akan dibahas disini.

Sekali lagi mia sampaikan bahwa ini bukanlah trik tingkat tinngi, dan dikhususkan hanya untuk "KOMPUTER MADRASAH", walaupun tidak menutup kesempatan untuk dicoba pada komputer selain "KOMPUTER MADRASAH".

Ockeylah kalau begitu!!!
mari kita langsung masuk pada materi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kinerja "KOMPUTER MADRASAH" bisa menjadi lebih optimal :


1. Aplikasi yang perlu dihindari.

Pada saat installasi komputer, install hanya software/aplikasi yang berkaitan dengan pekerjaan kita saja, hindari install aplikasi yang tidak diperlukan. Ini kebanyakan terjadi bila kita install komputer pada "Ahli" tetapi yang bersangkutan tidak mengetahui aplikasi apa saja yang diperlukan oleh "KOMPUTER MADRASAH", karena itu sebaiknya pada saat kita meminta jasa beliau, sebaiknya kita dampingi dan jelaskan aplikasi apa saja yang diperlukan, serta jangan lupa jelaskan juga apliksai yang sering diinstall oleh beliau, tetapi sebenarnya tidak diperlukan oleh "MADRASAH". misalnya "

  • Aplikasi Pengolah Photo, misalnya Photoshop. sebuah aplikasi pengolah gambar/photo, memang aplikasi ini kadang diperlukan, tapi jujur saja pasti kebanyakan hanya untuk keperluan pribadi, sedang untuk kepentingan Madrasah, sangat jarang, paling setahun sekali atau bahkan mungkin Madrasah tidak pernah memerlukan aplikasi ini, kenapa Photoshop perlu dihindari???, karena aplikasi itu ukuran beatnya sangat besar, sehingga akan memberatkan kinerja "KOMPUTER MADRASAH", sedang   untuk sedikit mengolah photo, misalnya mengatur ukuran/pixel, kita bisa gunakan aplikasi asal dari OS kita, misalnya "painter" atau yang agak lebih banyak bisanya, adalah aplikasi bawaan dari office, : Microsoft picture manager", atau bila ingin ada alplikasi pengolah photo pada "KOMPUTER MADRASAH" cukuplah menggunakan aplikasi Photoscape, disamping ringan, tentunya karena aplikasi itu "GRATIS", ingin coba pasang "photoscape", silakan unduh DISINI
  • Aplikasi pengolah video, tidak ada aplikasi pengolah video yang tidak memberatkan kinerja komputer, bahkan untuk komputer dengan processor corei3/core15/corei7 pun, merasakan betapa beratnya aplikasi ini, apalagi bila komputer kita masih p4????. Kapankah Madrasah memerlukan aplikasi ini??? tidak pernah kan... lagi pula sepertinya belum pernah saya temukan aplikasi pengolah video yang gratis, jadi bila terinstall oleh sang Ahli install, pada "KOMPUTER MADRASAH", pasti menggunakan crack atau pacth, dan itu jelas tergolong ilegal, (pemalsuan/pencurian)
  • Aplikasi Game, kecuali game game yang kecil dan ringan, itupun tidak boleh terlalu banyak, game kadang memang diperlukan sebagai refreshingnya personal yang selalu bergelut dengan monitor komputer). Tapi ingatlah ... jangan kebablasan, heheh nati bisa tak selesai selesai tuh kerjaan.
  • Aplikasi converter Video, ini juga merupakan aplikasi yang cukup memberatkan kinerja "KOMPUTER MADRASAH", lagian apa ada hubungan kerja Madrasah dengan mengconvert jenis video???, ockeylah bila ada yang memaksa "NUMPANG KERJA" pada "KOMPUTER MADRASAH", silakan pilih "Format factory", mia rekomendasikan ini karena disamping FF itu bisa mengkonversi berbagai jenis format video (mp4,3gp,wmv,flv dll), sekaligus juga bisa mengkonversi audio (mp3,ogg,amr,wma dll), dan yang paling penting .... aplikasi ini bersifat "GRATIS", ingin FF??, silakan donlot DARI SINI atau DARI SINI atau DARI SINI


2. Gunakan OS sesuai dengan kemampuan kerja 

(versi processor dan ukuran ram), bahkan kalau perlu amati speed processor, berapa Gb???

  • bila "KOMPUTER MADRASAH" masih menggunakan p4 atau sekelasnya (jadul amat sih.. heheheh....), jelas harus gunakan OS xp, rekomendasi xp2, karena xp1 terlalu jadul dan xp3 cukup membuat lelah "KOMPUTER MADRASAH", bila ingin yang gratis, gunakanlah "LINUX" ubuntu.
  • bila menggunakan processor monocore, dualcore atau sekelasnya memang bisa dan direkomendasikan menggunakan vista/7/8/Linux opensource/garuda/dll, tapi kinerjanya akan terasa cukup berat, apalagi bila ram hanya 1 Gb, sebaiknya install menggunakan yang seperti diatas saja, agar "KOMPUTER MADRASAH" LEBIH KENCANG LARINYA! heheheh "untuk apa keren dengan OS versi terbaru, bila kinerja "KOMPUTER MADRASAH" jadi lemot.
  • bila "KOMPUTER MADRASAH" sudah menggunakan processor core2duo, corei3, atau sekelasnya, dan ingin menggunakan OS vista keatas, sebaiknya periksa ram (barangkali masih 1Gb), ram 1Gb sudah mencukupi untuk vista/7, tetapi itu adalah "batas minimal" maka sebaiknya tambah/ganti ram menjadi 2 Gb, atau bila menggunakan w8 yang minimal ram-nya 2Gb, tambah/ganti menjadi 3 atau 4Gb, biar kenceng larinya...
  • walaupun untuk komputer versi terbaru kebanyakan menyarankan install dengan OS 64bit (x64), tapi sebaiknya gunakanlan OS versi 32bit (x86), disamping lebih ringan, juga  setidaknya sampai hari ini semua aplikasi yang berhubungan dengan Administrasi Madrasah, masih support dengan OS 32bit, bahkan banyaka sekali Aplikasi Administrasi Madrasah yang tidak support dengan OS 64 bit (x64)

3. Gunakan versi Aplikasi sesuai kemampuan kerja 'KOMPUTER MADRASAH"
  • PDF reader (aplikasi pembaca file dengan format PDF), bila kita menggunakan versi lama, dan sedang OnLine, pasti sering diminta untuk update (memperbarui dengan versi yang lebih anyar), itu kan trik dagang mereka???!!!, agar langsung kita gunakan versi terbaru, lalu di pamerkan fitur fitur menakjubkan.... dan... ujung ujungnya... bila ingin menggunakan fitur fitur tersebut kita harus membeli lisensi terlebih dahulu????.... Diakui memang (misal Adobe Reader atau sejenisnya) dengan versi terbaru pasti tampilannya keren dan akan lebih banyak fasilitas aplikasi yang bisa dimanfaatkan, bahkan pastinya jauh lebih baik dari versi sebelumnya!!!,.............. tapi yang perlu diingat bahwa fitur ultra hebat itu baru bisa kita manfaatkan bila kita sudah registrasi melalui lisensinya, bila kita tidak memiliki lisensi??? maka kegunaannya akan sama dengan versi yang paling lama sekalipun, yaitu "HANYA UNTUK MEMBACA". sedikit beda paling juga hanya untuk membaca file dengan format tertentu yang biasanya tersimpan dalam CD Aplikasi tertentu (pasti jarang digunakan di Madrasah). (maaf panjang banget ceritanya). Maksudnya bila kita menggunakan PDF Reader, hanya sebatas untuk membaca saja, sebaiknya, gunakanlah reader lama, gratis, bobot kecil, ringan di komputer, ingin coba, silakan cari di google " ingat, bila instal foxit reader 22 , jangan lupa pilih custom, lalu buang semua cheklist yang ada..........., baru klik install.


  • Ketika install aplikasi, sebaiknya pilih cara custom (pilih pilih mana yang dibutuhkan saja), jangan pilih express atau full atau recomended (untuk recomended kadang harus diikuti=kadang2 saja), tapi pilih custom, lalu pilih satu persatu bagian yang tidak dibituhkan untuk diinstall/tidak di install, misalnya :
Pada saat instalasi office, pada menu custom, biarkan Excel, word dan presentations, serta aplikasi paling bawah yang bersifat pengaturan (madrasah hanya butuh 3 itu) pilih jangan install outloock, onenoot  visioviewer, publisher dll.


Bila install nero sebaiknya hanya pilih nero express dan pengaturan saja, jangan install aplikasi yang lain seperti recode, burnright, starsmart, cover designer, photosnap dll. Hanya dengan Nero express, kerja Madrasah sudah cukup.


Begitu juga bila install aplikasi yang lain, pilih custom, lalu pilih mana yang diperlukan dan jangan install yang tidak diperlukan.

4. Jalankan apliaksi maintenance, Sepekan sekali (bila kinerja sedang penuh), atau cukup sebulan sekali, bilang ingin yang portable, tidak usah diinstall, silakan cari di google untuk  registry cleaner dan juga silakan cari aplikasit disk cleaner, recomended pilih yang portable, atau silakan pilih sendiri, ada banyak sekali aplikasi gratisan disana.....



atau silakan cari sendiri dengan berselancar sendiri di samudera mbah gugel, pasti masih banyak aplikasi sejenis yang lebih baik. (sekedar saran saja, pilih agar bisa langsung kerja tanpa diinstall

Demikian sedikit posting tentang "KIAT MERINGANKAN KINERJA KOMPUTER"

Wassalaamu 'alaikum wr. wb.

NB : UNTUK KIAT KIAT PADA NOMOR 1 SAMPAI 3, TIDAK DISARANKAN UNTUK KOMPUTER DENGAN SPEC TINGGI (MISAL COREi3 KEATAS, DAN RAM MINIMAL 4 Gb) SERTA UNTUK PENGGUNA KOMPUTER UNTUK KEPERLUAN SELAIN ADMINISTRASI MADRASAH (MISAL EDIT PHOTO/VIDEO/KERJA YANG LAINNYA)
Demikian Posting tentang guruKATRO yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

belum ada Komentar

Populer

youTUBE guruKATRO

Google+