24 April 2015

SOLUSI BILA GAGAL LOGIN APLIKASI DESKTOP EMIS

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Assalamu ‘alaikum guruKATROmania pengelola Madrasah, walaupun proses pembuatan backup emis melalui aplikasi desktop emis offline, dan juga proses upload emis online semester genap tahun pelajaran 2014/2015 telah berlalu, tetap saja guruKATRO bersemangat untuk posting materi “BEBERAPA PENYEBAB GAGAL MEMBUAT BACKUP EMIS OFFLINE MELALUI APLIKASI DESKTOP EMIS”

Tujuan guruKATRO tak lain dan tak bukan, hanyalah berusaha membantu meminimalisir masalah yang selama ini sering menghantui  beberapa guruKATROmania pengelola Madrasah, pada saat proses pembuatan backup EMIS melalui APLIKASI DESKTOP EMIS OFFLINE, sehingga pada masa yang datang guruKATROmania pengelola Madrasah bisa lebih enjoy dan lebih percaya diri untuk melakukan hal tersebut.

Adapun beberapa masalah yang kadang tidak disadari (maaf, kadang tidak dimengerti) atau lebih maaf lagi dengan bahasa kasar “belum diketahui” oleh beberapa guruKATROmania pengelola Madrasah, disini akan dibicarakan pada kejadian bila guruKATROmania pengelola Madrasah gagal pada saat menjalankan APLIKSAI DESKTOP EMIS, dan ada baiknya bila guruKATROmania pengelola Madrasah ikuti langkah dibawah ini :

1. Sesuaikan system operasi APLIKASI DESKTOP EMIS  yang akan guruKATROmania pengelola Madrasah gunakan dengan System operasi OS pada computer guruKATROmani pengelola Madrasah, terutama urusan bit, 32 bit kah? Atau 64 bit?. Bila system OS pada computer guruKATROmania pengelola Madrasah 32bit (x86), gunakanlah APLIKASI DESKTOP EMIS  32 bit, dan bila system OS pada computer guruKATROmania pengelola Madrasah 64bit (x64), gunakanlah APLIKASI DESKTOP EMIS 64 bit. 

Cukup mudah untuk mengetahui system OS, tidak usah menggunakan run : dxdiag atau cmd atau apalah….(mumeti) cukup hanya dengan buka Windows explorer (Libraries), seperti ketika KATROmania pengelola Madrasah membuka file pada kegiatan sehari hari, kemudian klik kanan pada : 

- My Computer untuk Windows xp (kuno banggeet si … pake xp hehehe)
- Computer untuk Windows 7
- This PC untuk Windows 8

Lalu klik Properties (umumnya paling bawah, kecuali bila OS sudah di modifikasi)
klik gambar, bila ingin lihat lebih jelas



Pasti  akan langsung masuk halaman System seperti ini :


Perhatikan System Type : 32 bit atau 64 bit…..
Penggunaan yang keliru atau terbalik atau tidak sesuai, akan menyebabkan APLIKASI DESKTOP EMIS  tidak bisa bekerja pada computer.

2. Pastikan Menggunakan Aplikasi Desktop Asli  Murni kosong  yang masih dalam bentuk rar. yang di unduh langsung dari Halaman emispendis.kemenag.go.id atau paling tidak unduh dari halaman KATRO… … (hihihihi..gagahan), tapi benar…. kadang masih ada beberapa blog/situs yang meng upload ulang Aplikasi itu, padahal dia lupa bahwa ternyata Aplikasi yang di upload itu hasil created archive sendiri, dan parahnya lagi yang dibuat rar itu Aplikasi yang sudah pernah digunakan untuk login ….. yooooo jelas gak bakalan bisa dipakai oleh Madrasah yang lain, sehingga ketika KATROmania pengelola Madrasah login, pasti Madrasah akan dianggap belum terdaftar, dan akan diminta mendaftar ke EMIS sebagai Madrasah BARU

Lanjuuuut......
Dari Aplikasi Desktop Asli  Murni kosong.rar  klik kanan, lalu pilih extract here, maka akan menghasilkan Aplikasi dengan nama yang sama tapi dalam sebuah FOLDER.



Gunakanlah Aplikasi yang dalam Folder, JAGA  dan PELIHARA baik baik, Aplikasi yang masih kosong dalam format rar.

Klik 2x atau klik kanan lalu pilih open pada Folder Aplikasi hasil extract, setelah terbuka,..... klik 2x atau klik kanan lalu pilih open pada Validasi MI/Validasi RA/Validasi MTs/Validasi MA (sesuai peruntukannya), yang dalam format Aplication



Dan mulailah login ke Aplikasi

3. Jangan buka Aplikasi dari Flashdisk!!!!! Sebab akan dianggap virus, oleh antivirus, dan kadang beberapa isi dalam folder akan terhapus oleh antivirus, sehingga walapun sudah di copy ke komputer, tetap saja tidak bisa untuk login. Solusi terbaik, hapus saja Aplikasi yang pernah dianggap mengandung virus oleh antivirus, lalu extract folder aplikasi yang baru lagi dari Aplikasi Desktop Asli  Murni kosong.rar 

Caranya copy  Aplikasi Desktop Asli  Murni kosong.rar dan paste ke Komputer dan lakukan seperti pada step 2 diatas.

4. Date and Time Setting, Harus dalam format English (United States), untuk memastikan, mari KATROmania pengelola Madrasah  cek, dengan langkah sbb :

Klik Taskbar Waktu dan Tanggal pada bagian kiri bawah layar computer, lalu klik Change Date and Time Settings…


Setelah muncul jendela popup Date and Time pada desktop kanan atas, klik Change date and time…



Akan lansung muncul jendela popup baru Date and Time Settings, klik tulisan warna biru bergaris bawah, Change Calendar Settings


Jangan Panik, …………… satu kali klik, tapi muncul dua jendela popup sekaligus, ikuti saja langkah berikut ini......



Itu bila computer KATROmania Pengelola Madrasah pernah  dicoba di utak atik, tapi bila yakin belum pernah di utak atik, tidak usah klik Reset, Apply, OK juga tak mengapa, bisa langsung klik OK atau langsung klik Cancel, maka secara otomatis jendela 2 (Customize Format) itu akan tertutup, dan tinggal jendela 1 (Regional and Language),

Pada tab Formats, Pastikan pilih English (United States)



Lalu klik OK, OK, OK hingga tertutup semua jendela popup

Cobalah login kembali, dan upload detail PTK, Detail Siswa, Detail Lulusan, semoga berhasil

Demikian tentang penyelesaian beberapa masalah pada saat membuat backup pada Aplikasi Desktop EMIS OFFlINE.

Untuk belajar membuat backup melalui login Aplikasi desktop EMIS, silakan masuk KESINI
Untuk belajar cara upload EMIS ONLINE, silakan masuk KESINI
Terima kasih
Wassalaam……
Demikian Posting tentang guruKATRO yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

belum ada Komentar

Populer

youTUBE guruKATRO

Google+