30 October 2015

guruKATRO MIGRASI PAKET DATA, DARI EVDO KE 3G

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Assalaamu alaikum guruKATRO mania,

4 tahun sudah guruKATRO bangga berlangganan paket data EVDO REV-A milik smartfren, mulai awal tahun 2012 hingga Oktober 2015... Sebuah catatan waktu yang cukup lama, Dikatakan Bangga karena sebelum menggunakan EVDO smartfren, tahun 2009 hingga 2011, guruKATRO menggunakan paket data GSM (telkomsel), dengan strata EDGE.

Bisa dibayangkan keadaan perasaan guruKATRO sata itu, saat awal tahun 2012, biasanya menggunakan paket data EDGE dengan kecepatan rata rata 16 kBps, atau setara dengan 128 kbps, itu terbaca selama download menggunakan IDM, bila di tes menggunakan speedtest internet, hasilnya dibawah nilai itu!, awal tahun 2012 guruKATRO menyadari ternyata pada salah satu sudut ruangan dirumah guruKATRO, ada signal CDMA, setelah di test dengan modem pinjam punya teman, tenyata signal EVDO nya juga bagus, akhirnya guruKATRO beli modem smartfren CE682 ui, dan migrasi dari EDGE ke EVDO, Dengan EVDO, saat itu guruKATRO berlangganan unlimit 50.000/bulan, diberi kecepatan 128 kBps atau sekitar 1 mBps, sebuah kecepatan 8 kali lipat dari kecepatan EDGE yang biasa digunakan sebelumnya.

Kenangan paling manis guruKATRO saat menggunakan EDGE telkomsel, adalah ketika download File ISO. windows 7 32 bit dengan ukuran 2,4 GB, lebih dari 20 hari baru selesai, itupun karena setiap jam malam (jam tidur) laptop dipancang hingga pagi hari untuk mendownload fiel iso tersebut. 

Sedang saat dicoba kembali download file yang sama, tapi menggunakan EVDO, cukup waktu dua malam = selesai.






Seiring berjalannya waktu, di tahun 2013, paket unlimitted smartfren diturunkan kecepatannya menjadi 512 Kbps atau 64kBps, setengah dari biasanya di tahun 2012, bila ingin kecepatan 1mBps, maka harus beli paket unlimitted 100 ribu/bulan, bahkan di kemudian waktu kuota unlimit semakin kesini semakin diperkecil, yang akhirnya di tahun 2015, guruKATRO terpaksa pidah paket dengan membeli paket data Volume based, Rp.100rb/bulan,  dengan kecepata masih sama dengan unlimit 100rb??? yaitu sama = 1 mbps, jatah 5 GB, ternyata 5GB tidak cukup bagi guruKATRO, kemudian guruKATRO pindah lagi dengan beli paket data 150rb/bulan dengan jatah 9 GB, eh!!! speed nasih tetap bercokol di 1 mbps.

Sebenarnya secara umum guruKATRO sudah merasa cukup dengan speed 1 mbps, tapi smartfren kelewat tega di paket upload,??? masa!!! hanya diberi speed 32 Kbps????, atau 4 KBps... (mohon maaf bila ditempat lain berbeda, data ini HANYA yang dialami ditempat guruKATRO), makanya guruKATRO selalu kesulitan, bahkan sering  tidak bisa menyisipkan file kedalam email, bila file yang disisipkan ke emial itu ukuranhya 1 MB atau lebih, padahal sering sekali guruKATRO harus mengirim email yang disisipi file yang ukurannya diatas 5 MB, 

Samar samar, Jalan Terang mulai kelihatan, dibulan puasa, Juli 2015 ada banyak sekali para punggawa sedang bersibuk ria diseputaran Tower Indosat Desa Cilibur, yang letaknya tepat disebelah jalan umum. terlihat disana beberapa hardware yang sedang disiapkan untuk dipasang, saat itu tanpa menghentikan laju sepeda motor, guruKATRO bergumam, "semoga yang sedang dipasang adalah hardware untuk paket data 3G atau diatasnya!".

Beberapa hari menjelang lebaran, atas saran tetangga guruKATRO yang biasa internetan dengan HP Android, guruKATRO beli perdana mentari yang khusus paket data, Wuzzzz..... hebat sekali..... ternyata yang terdeteksi pada modem GSM guruKATRO, masih tetap EDGE..... padahal pada HP tetangga guruKATRO sudah terdeteksi HSPA.

Di utak atik, bahkan sampai menggunakan aplikasi MDMA, tetep saja yang muncul hanya EDGE. Akhirnya kartu perdana itu guruKATRO berikan pada personel yang perangkatnya bisa menerima signal 3G.

Awal oktober, guruKATRO mulai berusaha mencari informasi, mengapa paket data 3G indosat pada tower di desa cilibur, tidak bisa terdeteksi oleh modem, hingga akhirnya didapat info bahwa tower itu menggunakan paket data 3G/HSPA dengan bandwith 900 MHz, dan modem GSM jaman sekarang sudah jarang yang memasang didalamnya hardware dengan bandwidth 900 MHz.

Pengembaraan dilajutkan dengan mencari modem yang memiliki bandwidth 900 MHz untuk paket data 3G/HSUPA/HSDPA/HSPA. 

Baru menyisir satu TOKO, guruKATRO sudah menemukan modem Vodafone K3765, langsung saja di buy dengan harga Rp195.000,- diikuti gaet perdana Indosat khusus paket data.







Tanggal 25 Oktober 2015 guruKATRO yang masih punya paket data smartfren hingga tanggal 2 Nopember 2015, mulai menikmati paket data dengan kecepatan 512 kBps atau 4 mbps, benar benar wuzzzzzzzz, paket uploadnya juga hingga 64 kBps atua 512 kbps, ini artinya tanpa masalah bila menyisipkan file diatas 10 MB sekalipun kedalam email.

Sore ini, tadi... sebelum posting ini, guruKATRO mencoba menggunakan smartfren yang paket datanya masih ada jatah 1 GB kurang dikiiiiiiiiiiit, Dan secara tidak mngejutkan langsung muncul iklan dagang seperti ini :







Jelas sudah tidak semangant lagi memperhatikan iklan tersebut.... orang dari dulu juga guruKATRO udah gak seneng iklan model begituan.... Apalagi sekarang??? sudah bisa nangkring di 3G dengan kecepatan yang cukup menjanjikan....

Mulai bulan Nopember... kemungkinan besar total sudah... guruKATRO migrasi dari EVDO menuju 3G, semoga kedepannya pekerjaan guruKATRO yang lebih banyak ditransfer melalui paket data bisa lebih lancar dari sebelumnya.
Terima kasih.
Wassalaam

===============================================
NB :

1 kBps = 8 kbps

kBps = kilo Byte per second

kbps = kilo bite per second

Second = detik
Demikian Posting tentang guruKATRO yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

sudah ada 3 Komentar

  1. Setahu saya Vodafone K3765 sering putus koneksi dan harus disconect dulu, conect lagi, begitu sering banget terjadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. YA betul, tapi apa daya, modem yang lain yang tidak kenal hang/idlle dan tidak sering autodisconect yang pernah saya temukan, semuanya tidak mengandung hardware 3G dengan bandwidth 900MHz, jadi terpaksa saya gunakan yang diatas itu dengan sedikit trik, tidak pernah autodisconect, tapi urusan hang/idlle saya belum bisa atasi, pernah pakai cmd, tapi malas bila sambil nyagkul buka buka cmd

      Delete
    2. eh iya lupa minta info barangkali mas Zet.kol atau siapa saja yang Punya saran modem lain yang lebih stabil tapi syaratnya ada 3G/HSPA dg bandwidth 900MHz
      info ditunggu, terima kasih sebelumnya

      Delete

Populer

youTUBE guruKATRO

Google+