21 October 2015

MEMBUAT PECAHAN DESIMAL MENGGUNAKAN EXCEL

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Barusan guruKATRO pulang dari mengantar uang setoran tagihan rekening listrik di PPOB, jam sudah menunjukkan pukul 11.36 pm, tapi mengapa tak jua terpejam mata tua ini???? heheheheheheh.


Pikir punya pikir......, akhirnya ketemu juga materi untuk posting, yapppppppp!!!! ketemu judul "MEMBUAT PECAHAN DESIMAL MENGGUNAKAN EXCEL", semoga materi ini juga laris manis sebagaimana materi tentang bilangan pecahan yang sudah di posting sebelumnya "MENGUBAH PECAHAN BIASA MENJADI PECAHAN DESIMAL".

Sudah dibahas disana oleh guruKATRO, bahwa terlalu mudah untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal, bila pecahan biasa itu mempunyai penyebut 10, 100, 1000, 10000 dan seterusnya. Dan cukup mudah untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal, bila pecahan biasa itu mempunyai penyebut bilangan faktor dari 10, 100, 1000, 10000 dan seterusnya. Juga terhitung mudah bila pecahan biasa yang akan diubah menjadi pecahan desimal itu, antara pembilang dengan penyebutnya ada keterkaitan sebagai faktor atau kelipatan satu sama lain.

Disebutkan juga disana bahwa, cukup repot bila pecahan biasa yang akan kita ubah menjadi pecahan desimal itu tidak ada keterkaitan antara pembilang dengan penyebut sebagai faktor atau kelipatan. Dan bila pecahan biasa itu, penyebutnya bukan merupakan bilangan atau bukan merupakan faktor dari 10, 100, 1000, 10000 dan seterusnya.

Makanya pada posting ini akan guruKATRO tunjukkan solusi yang sebenarnya kurang mendidik bila dipandang dari sudut "ASAH OTAK", namun cukup bagus bila dipandang dari segi "PENGUASAAN KOMPUTER"

MEMBUAT PECAHAN DESIMAL MENGGUNAKAN EXCEL, sebenarnya bisa digunakan untuk mengubah semua kriteria pecahan biasa, menjadi pecahan desimal!, juga proses itu sangat mudah dan cepat, namun guruKATRO sarankan agar jangan terlalu mengandalkan hasil kerja excel itu!!!!!, heheheh ... bukan karena hasilnya tidak valid, tapi guruKATRO khawatir akan kecanduan dan akibatnya bisa mempertumpul kwalitas daya pikir.

okelakalobekitu..... langsung saja kita praktek "MEMBUAT PECAHAN DESIMAL MENGGUNAKAN EXCEL" :

1. Buka Excel tentunya........., bisa menggunakan microsoft office, bisa juga king office, atau open office, atau apa lah yang penting excel





2. Langsung saja tulis pada shell mana saja yang disukai.... yang penting dilebarkan dulu itu sheel, agar bisa muncul pecahan desimal yang sempurna digitnya, seperti ini :
= pecahan biasa lalu klik enter keyboard langsung dech......jadi pecahan desimal




3. klik enter keyboard, maka akan muncul 




heheheheheh........

4. Maksudnya tulis tanda sama dengan, kemudian tulis nilai pecajhan biasanya, lalu tekan enter keyboard, misalnya pecahan biasa 6/13
tulis =6/13 kemudian klik enter, maka akan langsung terlihat hasilnya, yaitu 0,461538461538462




5. klik enter, maka akan langsung muncul hasilnya :






6. Bila ingin dibulatkan dalam dua desimal akan menjadi 0,46, cara membulatkannya ??????
klik kembali shell yang berisi hasil pecahan desimal itu. Kemudian klik Decrease decimal yang terdapat pada tab menu Number, beberapa kali klik, hingga pecahan desimal itu menjadi dua angka dibelakang koma, atau berapa angka dibelakang koma sekehendak anda.



7. Untuk mengembalikan agar menjadi pecahan desimal dengan jumlah desimal yang buannyak, tinggal klik Increase Decimal yang terdapat pada tab menu Number,   di klik seribu kali juga boleh, nanti akan menjadi desimal yang sangat panjang




Demikian Posting tentang guruKATRO yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

belum ada Komentar

Populer

youTUBE guruKATRO

Google+