MENENTUKAN VOLUME LIMAS SEGI EMPAT

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Kebetulan saat ini kelas guruKATRO sedang Mata Pelajaran Olah raga, jadi guruKATRO punya tiga jampel untuk tidak berada di Ruang Kelas, Login ke pupns juga sedang bukan jadwalnya.... Karena itu kali ini guruKATRO sempatkan untuk memposting materi yang sudah cukup lama terisimpan dalam hardisk komputer.
"MENENTUKAN VOLUME LIMAS SEGI EMPAT" merupakan materi kesinambungan dari
"RUMUS DASAR MENGHITUNG VOLUME", "MENENTUKAN VOLUME TABUNG", "MENENTUKAN VOLUME PRISMA SEGI TIGA". Dan kini dilanjut dengan "MENENTUKAN VOLUME LIMAS SEGI EMPAT". Untuk Volume Limas dengan alas selain segi empat, insya Allah akan dibahas pada posting yang akan datang. Semoga saja guruKATRO masih diberi kesempatan untuk melajutkan di hari hari mendatang.... aamiin.







Rumus Volume Limas adalah :
1/3 x La x t

Ket :

  • Dikalikan 1/3, karena bila kita menggabungkan tiga buah limas, maka akan menjadi sebuah bangun berbentuk kubus atau balok dengan ukuran luas alas yang sama, atau
  • Volume Limas sama saja dengan volume kubus atau balok dibagi tiga, atau
  • Volume Limas sebesar seper tiga dari Volume Kubus atau Balok. dan
  • guruKATRO tidak membahas penjelasan tentang proses asal usul rumus itu disini, karena itu bagi pengunjung guruKATRO yang ingin mempelajarinya, silakan googling sendiri


CARA MENENTUKAN VOLUME LIMAS SEGI EMPAT

Untuk menentukan Volume Limas segi empat, terlebih dahulu harus menentukan Luas alas (La) nya. Menentukan La Limas Segi empat, sama saja dengan menentukan Luas persegi atau persegi panjang, Hasil dari menentukan Luas alas itu kemudian dikalikan dengan tinggi Limas, (jangan lupa : hasil itu kemudina dibagi tiga), hasilnya = VOLUME LIMAS.

Contoh menentukan Volume Limas segi empat (dengan alas berbentuk Persegi), dengan ukuran :
Panjang sisi alas = 10 cm, dan
Tinggi = 18 cm




A. Tentukan dulu Luas alasnya :

Luas alas berbentuk persegi :

La = s x s
La = 10 cm x 10 cm
La = 100 cm2


B. Menentukan Volume Limas

V = 1/3 x La x t
V = 1/3 x 100 cm2 x 18 cm
V = 1/3 x 1800 cm3
V = 600 cm3

Volume Limas  diatas = 600 cm3

Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang MENENTUKAN VOLUME LIMAS SEGI EMPAT yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

No comments