15 January 2016

CARA MUDAH MENJUMLAHKAN BILANGAN DESIMAL

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Bilangan Desimal sebenarnya adalah Bilangan Pecahan Campuran. Nilai pecahan pada bilangan desimal dinyatakan dengan tanda koma (,) dalam tata bahasa Indonesia dan beberapa bahasa lainnya, sedang untuk tata Bahasa English_US dan beberapa negara yang lainnya, tanda desimal menggunakan tanda titik (.).

Karena Materi yang akan dibahas disini berdasar pada Tata Bahasa Indonesia, maka kita putuskan saja bahwa tanda desimal akan dinamalainkan dengan tanda koma.

NB :

Sekali lagi ditekankan bahwa Penggunaan tanda koma untuk lambang desimal biasa digunakan dalam ejaan Bahasa Indonesia, sedang pada ejaan EN_US (Inggris - Amerika Serikat, lambang desimal menggunakan tanda titik, pengetahuan ini akan terasa sangat penting bagi pengguna komputer, untuk memperhatikan setting language komputer, apakah menggunakan setting bahasa indonesia atau menggunakan setting en_US bila sedang menghitung angka desimal menggunakan excel.

Pembahasan Operasi Hitung Pecahan Desimal sebenarnya pernah diangkat pada blog ini, tapi sifatnya masih sangat general, mengakibatkan pembahasan menjadi panjang dan lebar, yang akhirnya kadang bisa membingungkan beberapa pembaca tertentu. Karena itu pada kesempatan kali ini guruKATRO mencoba untuk memilah satu demi satu, dengan tujuan agar lebih mudah untuk dipahami.

Penjumlahan Bilangan Desimal yang paling mudah adalah menggunakan kalkulator atau excel, heheheheh... tapi bukan itu yang dimaksud. Cara manual yang guruKATRO anggap paling mudah adalah dengan bentuk SUSUN KEBAWAH, murid murid kelas bawah guruKATRO menyebutnya dengan nama gunggung susun. 

Sebenarnya tidak berbeda dengan cara menjumlahkan Bilangan Bulat, yang harus diluruskan kebawah adalah bilangan satuannya. Hanya saja selama ini kebanyakan guru lebih sering menjelaskan kepada muridnya dengan bahasa, "yang harus diluruskan adalah bilangan yang paling belakang". Secara instan, penjelasan dengan bahasa paling belakang tersebut sangat membantu mempercepat pemahaman, akan tetapi nantinya akan menghambat pemahaman ketika si murid sudah mulai mempelajari penjumlahan bilangan desimal.

Syarat utama untuk bisa Menjumlahkan Bilangan Desimal adalah harus tahu dulu struktur bilangan desimal:

Bilangan Desimal terdiri atas tiga bagian, yaitu :

  • Bilangan Bulat, adalah bilangan yang letaknya berada didepan Tanda Desimal,
  • Tanda Desimal, adalah Tanda Koma yang berfungsi sebagi pembatas antar bilangan Bulat dengan Bilangan Pecahan,
  • Bilangan Pecahan, adalah bilangan yang letaknya berada dibelakang Tanda Desimal, atau biasa juga disebut Bilangan Desimal.
Perhatikan tabel bilangan desimal berikut :



Sekali lagi guruKATRO tegaskan, bahwa untuk menyelesaikan Operasi Penjumlahan Bilangan Desimal, sebaiknya menggunakan cara Penjumlahan susun kebawah. Hal ini sangat berguna untuk memudahkan dalam meluruskan tanda koma atau tanda desimal.

Ockey mari kita langsung ke pokok materi.

Contoh 1 :

1,234 + 567,8 = .........
akan sangat mudah bila diselesaikan menggunakan, penjumlahan susun.

  • Luruskan kebawah semua tanda koma

  • Untuk memudahkan proses hitung, semua digit yang kosong diisi dengan nol, banyaknya nol yang diisikan disesuaikan dengan jumlah digit terbanyak pada bilangan yang lainnya, ini akan sangat membantu memudahkan proses hitung. Jangan Khawatir... Penambahan berapapun jumlah nol di paling depan atau di paling belakang bilangan desimal, tidak akan mengubah nilai bilangan desimal itu.


  • Akhirnya bisa dengan mudah kita selesaikan soal penjumlahan pecahan desimal tersebut:



berarti
1,234 + 567,8 = 569,034

Contoh 2 :

12,3 + 4,56789 + 0,123 = .....


  • Dikerjakan dengan penjumlahan susun, tanda desimal atau koma diluruskan kebawah


  • Digit yang belum lurus diluruskan dengan cara diisi nol




  • Setelah semua digit lurus dengan diisi nol, baru kita jumlahkan



berarti
12,3 + 4,56789 + 0,123  = 16,99089

Selanjutnya
CARA MENGERJAKAN PENGURANGAN BILANGAN DESIMAL,
silakan

Demikian Posting tentang guruKATRO yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

sudah ada 8 Komentar

  1. ini bagus mas, sangat berguna....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya neng
      saya hanya berusaha share tentang dasar dasar matematika
      neng itu lhooo yang teramat bagus punya materi.... multi teknologi.... sangat membantu orang orang katrok,,, agar melek teknologi...

      Delete
  2. Alhamdulillah trimksh sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kembali kasih, semoga bisa bermanfaat

      Delete
  3. Alhamduillah...
    Sangat membantu Boss!

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum Pak? Wah! Materi yang sangat mudah dimengerti, sedikit informasi, guru Saya juga memuji berkat Saya bisa berbagai operasi bilangan desimal, karena adanya Blog milik Bapak ini! Sekali lagi terimakasih banyak Pak! 😃
    Jika saya berkenan, bolehkah Saya menanyakan setiap PR yang Saya kira itu cukup sulit. Atau bila Saya merasa kurang mengerti Didalam soal PR tersebut, bolehkah Saya meminta bantuan kepada Bapak yang terhormat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalaam wr wb
      kembali kasih ......
      Untuk masalah PR boleh boleh saja, tapi harus juga dimaklumi bila pada suatu saat barangkali ternyata ada soal yang saya tidak bisa menyelesaikannya

      Delete

Populer

youTUBE guruKATRO

Google+