25 April 2016

CARA MEMBUAT HALAMAN PORTRAIT DAN LANSCAPE DALAM SATU DOCUMENT WORD

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Dalam satu bendel laporan yang sebenarya harus disusun dalam posisi portrait, kadang kita menemukan satu data atau tabel pada halaman tertentu yang kolomnya lebih panjang, sehingga kita dituntut untuk menata halaman data atau tabel tersebut dalam posisi landscape. Atau sebaliknya dalam satu bendel laporan yang sebenarya harus disusun dalam posisi lanscape, kadang kita menemukan satu halaman yang menuntut untuk ditata dalam posisi portrait.

Untuk mengatasi hal tersebut banyak Operator Madrasah yang mengatasinya dengan mengambil langkah mengcopy-pastekan halaman landscape tersebut pada docoment word yang lainnya, kemudian di print tersendiri, baru kemudian hasil print out disisipkan pada hasil print out posisi portrait

Apabila Bendel Laporan itu merupakan halaman instant yang hanya dibuat untuk satu kali, mungkin tidak akan terlalu berpengaruh, namun bila halaman tersebut akan disimpan dan akan digunakan pada waktu lain, tentu itu akan mencipta ke repotan tersendiri.

Agar bendel laporan tersebut bisa disimpan dalam satu ekstensi document word, sehingga bila suatu saat kita harus membuka kembali, kita tidak usah kerepotan mencari halaman lanscape yang sudah dibuat tersendiri itu, atau agar kita tidak membuat lagi halaman landscape pada ekstensi document words tersendiri, maka disini akan dibahas sedikit trick cara membuat halaman landscape yang berada diantara halaman portrait didalam satu file document word.

Adapun langkah yang biasa guruKATRO lakukan adalah sebagi dibawah ini :

1. Letakkan kursor pada baris paling bawah halaman portrait yang dibawahnya akan dibuat halaman landscape.






2. Pada tabs Page Layout, pilih Breaks lalu pilih Next Page






3. Letakkan kursor pada  halaman yang akan dibuat  landscape.





4. Pada tabs Page Layout, klik tanda panah yang ada di pojok kanan bawah, muncul popup Page Setup, pilih landscape, klik OK





atau lebih cepat dengan langsung klik  oriantation lalu kliklandscape


5. Bila Halaman lanscape sudah selesai, ntuk mengembalikan agar halaman dibawahnya kembali pada posisi portrait, Letakkan kursor pada baris paling bawah halaman landscape paling terakhir.





6. Lakukan langkah yang sama dengan langkah nomor 2 diatas.

7. Lakukan langkah yang sana dengan langka nomor 4 diatas, hanya saja kali ini pilih Portrait.


Dengan langkah langkah seperti diatas, kita bisa menyimpan halaman dalam posisi landscape yang berada diantara halaman portrait atau sebaliknya menyimpan halaman portrait yang berada diatara halaman landscape didalam satu simpanan document words, serta bisa mencetak printout dalam satu langkah.

Demikian dari guruKATRO, semoga bermanfaat.
Demikian Posting tentang guruKATRO yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

baru ada 1 Komentar

Populer

youTUBE guruKATRO

Google+