AN7164 Amplifier 12V dengan output 30W

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

in Memorial ......

IC AN7164 adalah kenangan kekaguman kedua bagi guruKATRO setelah sebelumnya pernah ter kagum-kagum oleh kinerja IC AN7145, yang terjadi pada jaman dahulu kala, di jaman pra-SEJARAH ... eh maksudnya pra-PLN alias sebelum jala jala bin jaringan listrik PLN merambah masuk ke kampung halaman guruKATRO.

Masih teringat kala itu  antara tahun 1990 hingga tahun 1995 an ... 
  1. Seperangkat Portable Tape Recorder mono merk UNICO yang guruKATRO beli dari teman sejawat seharga Rp 9.000,00. Pada piranti itu disediakan external supply aki 12 volt, bahkan antiknya lagi internal supply hanya dengan 6 gelintir batu baterai ( 9volt ), kok bisa yah ... menghasilkan kualitas suara se DAHSYAT itu ??? ckckck .... setelah dibuka ... ternyata Final Amplifiernya menggunakan IC AN7145
  2. Beberapa waktu kemudian datang lagi klien .... hihihi bahasanya, membawa seperangkat Tape Deck merk SEIKO, dengan BOX yang terbuat dari bahan TRIPLEX ... saat itu keluhan sang klayen hanyalah minta agar radio FM nya bisa menjadi lebih peka, dan bila ada bass datang frekuensi gelombang radio tidak bergeser saja. Setelah selesai reparasi instan dengan cara ganti menggunakan receiver (Tuner FM) rakitan, .... tinggal checksond, .... dan taernyata suaranya juga cukup dahsyat, speaker salon guruKATRO yang hanya 10 inch itu bisa mengeluarkan bass yang sangat aduhai ....., setelah di lirik ... Final Amplifier menggunakan IC AN7164.



Sebenarnya pada jaman aki dulu guruKATRO sudah beberapa kali mencoba mencontek skema IC AN7164 baik dari PCB produk Seiko maupun Polytron. Tapi 100% gatot .... karena belum menyadari bahwa kaki 6 adalah mute.

Antiknya lagi mute pada kaki 6 ini sistem kerjanya berbanding terbalik dari semua IC yang pernah guruKATRO contek skemanya.

Bila IC lain yang pernah guruKATRO buat skemanya kaki mute dikosongkan IC bekerja, sementara bila diberi tegangan IC akan off.
  1. Sedangkan AN7164 sebaliknya, yaitu bila kaki mute dikosongkan berarti IC off dan bila kaki mute di beri tegangan 5 volt, IC ini akan bekerja.
  2. Bahkan parahnya lagi pada keadaan tertentu walaupun kaki 6 sudah diberi 5V namun IC bisa tidak bekerja juga ???, jangan khawatir .... ada solusinya yaitu dengan memberi tegangan 5v/0,5ma ke kaki 1(diambil dari kaki 6 : mute), maka IC akan bekerja kembali.
Kedua perkara itulah yang pada jaman dulu membuat guruKATRO frustasi hingga tak mau lagi mencoba membuat sendiri power amplifier dengan final IC AN7164.

Setelah mempelajari kinerja IC AN7164 dari datasheet nya, kali ini guruKATRO memberanikan diri untuk ber eksperimen merangkai Power Amplifier dengan final IC AN7164, lumayan ... hanya dengan single supply 12 volt (bisa satu aki) namun bisa menghasilkan daya output maksimal 30 watt, itu bila diberi tegangan 21 volt dengan impedance speaker 8Ω

Sementara bila hanya diberi tegangan 12 volt dan speaker 8Ω, mungkin hanya akan mampu mengeluarkan daya output sebesar 15 watt. Namun pada umumnya kebanyakan speaker salon yang kita beli memiliki impedansi 4Ω, sehingga mungkin akan tetap bisa menghasilkan maksimal 30 watt, bahkan mungkin bisa 34 watt, tapi tentunya dengan resiko IC akan cepat panas.


Skema IC AN7164 yang guruKATRO copas dari datasheet adalah seperti ini :



Terlihat jelas disana bila kaki 1 mendapat asupan tegangan dari dari kaki 6 (mute) dengan saringan satu buah dioda dilanjut seri dengan resistor 2K, ini pasti bertujuan agar sekalian mengatasi perkara yang guruKATRO paparkan pada nomor 2 diatas. Tapi sayang guruKATRO belum menemukan jenis dan tipe macam mana itu dioda.

Ada perbedaan pada urusan kaki 1 itu dengan skema yang berhasil guruKATRO sontek dari Tape Deck Polytron, dimana dari kaki 1 hanya terpasang satu elko 10uF menuju Positif dan satu elko 100uF menuju kaki Negatif, seperti ini :



Dan sementara kaki enam kedua IC AN7164 itu di gabung, dari gabungan itu dilanjut dengan resistor 5K6 lalu menuju socket, dan parahnya terjadi saling sambung antar beberapa socket. Dari sinilah yang jaman dulu guruKATRO tidak mengetahui apa fungsi sambungan yang menuju kaki 6 tersebut, dan membuat amplifier buatan guruKATRO jadul itu tidak berbunyi.

Dengan demikian untuk bisa memenuhi skema dari keduanya, maka guruKATRO ber inisiatif  menyediakan jalur untuk keduanya, yang mau gunakan terserah pilih yang mana, PCB hasil rancangan guruKATRO jadi seperti ini :




Pada PCB made in guruKATRO ini selain ada pilihan kaki 1 mau seperti datasheet atau seperti Polytron, juga disediakan pengaturan supply 5 volt dengan pilihan menggunakan dioda zener 5 volt atau menggunakan IC 7805. bahkan disediakan letak elko 1000uF pada bagian output sebelum sambung kabel speaker, ini diperuntukkan bagi yang ingin IC tidak cepat panas dan juga bagi yang ingin keamanan lebih untuk speaker.

1. Mulai dari kaki 1

- Yang pertama pasang elko 100uF dari kaki 1 ke GND (-)
- berikutnya Mau ikutan datasheet dengan R dan D menuju kaki 6 atau mau ikutan Polytron dengan memasang elko 10uF menuju Positif




2. lanjut ke kaki 2
- dapat elko 100uF dari kaki 4
- lalu seri elko 0,47uF dengan resistor 220 ohm bila ikut datasheet atau resistor 220 dulu baru milar 104 bila mau ikut polytron



3. Kaki 3 Negatif, sudah jelas, selesai ...
4. Kaki 4 sudah ke kaki 2, selesai ...
5. Kaki 5 input audio
- pasang elko 1uF untuk saringan, ada juga yang pasang capasitor ke GND



6. Kaki 6 mute

- pasang dari kaki enam resistor 5K6 kalau menurut polytron dan langsung saja kalau menurut datasheet.

- sumber tegangan 5v guruKATRO KASI DUA PILIHAN, silakan pilih yang mana

6.a. pakai zener 5v



6.b. atau bila mau pakai IC 7805




7. Kaki 7 dan kaki 10 untuk speaker ....

- Pasang penyangga dari kaki 8 dan kaki 11 dengan elko 100uF
- Pasang seri resistor 2,2 ohm dengan kapasitor 104 menuju GND
- bila diperlukan boleh juga pasang saringan output dengan elko 1000uF




8. Pasang IC AN7164 dan elko PS




9. cek  kembali apa yang telah dipasang ... eh barangkali masih ada yang keliru atau kurang sempurna

10. saatnya checksound ...

11. semoga tidak kecewa

Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang AN7164 Amplifier 12V dengan output 30W yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

44 comments

  1. kalau rangkaian penjernih gelombang radio AM/FM ada pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau booster FM ada
      bila AM tinggal panjangkan antena akan lebih bagus

      tapi ada tapinya :

      kebanyakan produk tidak mampu/mau memproduksi yang bagus kualitas penalaan gelombangnya

      dan rata rata gelombang AM/MW akan terganggu dengung arus listrik PLN walau dinyalakan menggunakan batu baterai (tidak terhubung dengan listrik/trafo)

      yang saya pernah temui dulu hanya radio AM/MW Transistor merk National Gobel (sekarang Panasonic) yang mampu menala gelombang AN/MW tanpa terganggu arus Listrik PLN

      Produk National pun bila yg menggunakan IC AM/MW sudah tidak sebagus yang transistor

      untuk FM perhatikan dulu IC RF/ocsilator nya ...

      bila menggunakan IC KA22427 dan sejenisnya ..,. sudah banyak yang lupa ... jangan terlalu harap FM akan bagus ....

      Delete
  2. pak mau tanya diluar topik ni..mixer sama pre amp parametix sama tidak...kl mixer kan bisa bbrp chanel kl parametix bisa jg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mixer lebih mengutamakan pembagian chanel
      sedang parametrix mengutamakan perbaikan kualitas suara

      tapi
      bila mixer di modif agar bisa lebih meningkatkan kualitas suara
      atau
      bila parametrix di buat beberapa chanel

      maka keduanya akan sangat mirip

      Delete
  3. kl dari segi suara lebih bagus mana pak mixer sama parametrix..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kualitas suara sangat tergantung dari model rangkaian serta yang paling penting adalah bahannya (terutama Transistor/IC, mungkin juga kapasitor).

      Paling gamblang bila kita praktek langsung dengan perangkat yang sama, kita coba tukar mixer dengan parametrix, kalau bisa baik parametrix maupun mixer menggunakan Transistor/IC yang sama

      dan coba amati perbedaannya

      Delete
  4. Mantap bos
    Oh ya saya ada ampli dengan ic an7154 seperti yg bos sebutkan Di suplay 12vdc nyala tapi ada cuit" nya sdah oprek groud masih ga ketemu disuplay 27vdc malah diam tanpa kata
    Mohon ssolus nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud anda AN7154 atau AN7164 ini?????,
      sebab ada juga AN7154

      Delete
    2. Maaf bang saya ada ic an7164 tidak bunyi apakah harus di ganti ic nya atau harus bagaimana bang gak ada suara.. Mohon bantuanya guru

      Delete
    3. Ada kerusakan ic an7164 apakah harus di ganti atau apakah ada cara lain.. Mohon bntuanya guru

      Delete
    4. bila gak bunyi dan biasanya IC sangat panas atau sebaliknya sangat dingin
      langkah pertama memang harus ganti IC yang baru

      Delete
  5. Layout ukuran brpxbrp mm pak guru

    ReplyDelete
  6. Skema di atas bisa untuk tegangan 12 volt ya ? Sebab kalau ikuti tulisan skema tersebut tegangan vcc mendapatkan suply 21 volt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. skema tersebut di cukil dari tape deck jaman dulu yang menggunakan supply aki 12V, dan sudah berbunyi sangat bagus dengan tegangan aki 12 volt (IC juga sudah cukup panas)

      21v itu tegangan maksimal yang tertera pada datasheet

      Delete
  7. tertarik nih pak tp belum bisa bikin gambar di pcb nya....kalo dijemper pake kawat sering bingung waktu ada persimpangan,apalagi yg jalur besar,bingung cara jempernya

    ReplyDelete
  8. maaf pak mas masih namya tentang tegangan maksimalnya, saya ada polytron bigband jaman baheula (udah rusak), saya periksa tegangan trafonya pakai 20V vac, dioda 5A, mungkin trafonya 5A juga,...apakah aman dengan diberi tegangan 20V (mau rekontruksi nih pak mas)

    ReplyDelete
  9. Tanya pak kalo punya sata tp.deck polytron bb532k menggunakan ic an7164 permasalahanya podisi tape on.setelah dicolokkan mix karaoke keluar suara normal tapi suara dari tape,radio,dan aux tidak ada suara.kl seperti itu solusi perbaikanya gimana mohon pencerahanya.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada masalah pada rangkaian phasis (menghempas suaranya)
      bisanya rangkaian ini ada pada penyatuan antara mic dengan musik

      Delete
  10. Maaf pak guru,ic power polytron saya AN7135 ap rangkaian nya sama.trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda ... misal pada 7164 supply + di kaki 12
      sedang pada 7135 suuply + kaki 10

      Delete
    2. saya jga punya tuh, ic an7135... kalo suply dikaki 10, apakah sama rakangkaian komponennya

      Delete
    3. tpi komponennya sama gak pak, walau beda kaki suply

      Delete
  11. Utk mendapatkan watt yg besar apa bisa an7164 nya di paralel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya tahu bisa, tapi satu speaker untuk satu ic...

      Delete
  12. Maaf pak kalau misal saya pakai trafo 5A, apakah supply 5V diambil dari kaki 12 seperti skema diatas (misal pake 7805) atau mending pakai supply tambahan untuk mendapatkan 5V 500ma...takutnta saya 7805 tidak bisa menghandle arus 5A

    ReplyDelete
    Replies
    1. trafo anda ada 12V 500ma (tegangan ekstra) nya apa tidak
      biasanya ada tegangan ekstra ada di bawah kaki primer (AC-PLN)

      kalau ada ... ambil dari situ

      kalau tidak ada bisa ambil dari 12V 5A nya
      kerja 7805 tidak tergantung pada trafonya, tapi tergantung pada alat yang akan diberi tegangan ... misalnya Tone Control/MP3Player (ini gak papa)

      kalau dari 7805 masuk amplifier ... 7805 baru gak kuat

      Delete
    2. ok siap pak terima kasih, ada 2pcs ic nganggur bekas polytron big band sayang kalau dianggurin

      Delete
  13. Guru....sama ngk skema nya AN17831A..?

    ReplyDelete
  14. saya juga punya dan sangat aneh, saya coba cocokan dengan skema ini gak jauh beda, ternyata letak mute yang ke nigatif saya rubah ke positif, power aktif trus maknyos, mau Polytron atau apalah yang pentin jalur 6 yang ke- rubah ke+ inyah Allah akan aktif tdk ada protec

    ReplyDelete
    Replies
    1. skema AN17831A
      bisa dilihat disini
      https://web.facebook.com/ab.hamid.mia

      Delete
    2. Cara nya bagaimana bang??

      Delete
  15. Mf hu persamaan ic an7164 apa y hu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling hanya beda huruf awalnya saja
      misal CD7164, UTC7164, atau mungkin ada KA22....
      tapi pasti itu akan lebih sulit dicari bila dibanding dg cari AN7164 nya

      Delete
  16. Assalamualaikum guru, bisa dibagi daftar komponennya soalnya sya pusing sendiri geser naik turun cari nilai R dan Elchonya yang akhirnya tidak selesai layoutnya d solder, terima kasih

    ReplyDelete
  17. salam kenal Pak Guru, mau tanya, saya penisirin dg ic AN 7161 N yg ada dua ukuran, gede dan kecil mirip AN 7164, seandainya katakanlah sebuah minicompo dg IC AN 7161 N gede bawa’an pabrik, trus ditukar dg AN 7161 kecil yg mirip AN 7164, apakah bisa..? trus jalur2 sama, trus gimana pengaruhnya.., terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia ... saya jadi inget jaman dulu 7161 memang ada dua macam
      tapi sayangnya sekarang saya cari data 7161 yang gede itu belum juga menemukan ...
      jadi mohon maaf belum bisa menjelaskan

      Delete
  18. Alhamdulillah, dari postingan ini jadi bisa betulin tape deck Polytron jadul. Terima kasih banyak pak guru, semoga ilmunya menjadi amal jariyah.

    ReplyDelete
  19. BOS
    Saya nemuin yang jenis lain. Yaitu AN 7164 N. Di datasheet tertulis 47W. Tapi skema saya cari kok nggak ada.
    Misalnya mau saya rakit, apakah sama komponen2 yang dipakai dengan AN 7164 30W?

    ReplyDelete
  20. Pak mau bertanya. Kalau IC an7164 diberi suplay 21v 5a dan dikasih speaker Double legacy 896/legacy 8 inch max power 200watt setiap speaker dikasih 8 ohm berarti kalau 2 speaker 4 ohm apakah IC an7164nya bisa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya ragukan di 21V nya
      mungkin lebih aman bila menggunakan 15V

      Delete