HEAD LAMP SUPRA X 125 JADI TERANG DAN AWET

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Kali ini guruKATRO ingin berbagi pengalaman pribadi tentang mengganti lampu depan supra x 125, agar menjadi terang namun tetap awet alias tidak cepat mati!.

Sebenarnya, pola pikir untuk mengganti lampu utama sepeda motor ini sudah lama sekali, bahkan bisa dikatakan semenjak sepeda motor ini masih terbilang baru!, maklum.... bila dikendarai pada kwalitas jalan yang normal... memang tiada masalah. Tapi .... dengan ukuran lampu depan supra x 125 keluaran tahun 2010 standar pabrik (2 x 25 watt), guruKATRO sering merasa kesulitan berkendara bila di malam hari atau minimal bila keadaan sudah mulai gelap, dijalan bebatuan dan posisi menurun. Menggunakan gigi satu pun masih tetap terasa kurang terang.






Baca Juga :

Ini bisa disebabkan oleh peningkatan watt dari model lama yang hanya 2 x 18 watt menjadi 2 x 25 watt yang (mungkin) tanpa diiringi tindakan memperbesar kawat spul. Atau mungkin bisa kita maklumi bahwa adanya slogan Honda yang dari dulu memang mengutamakan awet, sehingga dia tidak mau mempercepat kematian bola lampu depan itu dengan cara tidak memberi asupan energi listrik yang lebih besar untuk lampu depan ???. Tapi apapun alasannya, yang jelas secara pribadi guruKATRO telah merasakan kesulitan mengendarai supra x 125 keluaran 2010 ini disaat melewati jalan yang menurun dan cukup licin.

Cari solusi dengan tanya di bengkel sepeda motor sana sini, seringnya hanya dapet jawaban berupa senyuman tipis sambil bergumam, "orang sudah dari sononya massss!!!".

Cari solusi via referensi rekan rekan googling.... kebanyakan nyuruh pasang resistor dengan nilai resistansi tertentu, antara body dengan kaki Dioda zener (pembatas voltage) yang terintegrasi dengan dioda pengisi batery, dan dibalut dengan nama kuprok/kiprok. Tapi guruKATRO yang punya latar belakang bingkil elektronik, jelas sangat tahu betapa riskannya cara seperti itu. sebab itu berarti menaikkan voltage dengan mengurangi kinerja zener, Misalnya kerja zener yang awalnya membatasi voltage setinggi 12,8 Volt, dengan dipasang Resistor itu, tegangan yang keluar bila tarik gas, bisa menjadi 15 Volt, Bila kualitas Resistor kurang baik, semakin panas, atau semakin lama pemakaian, maka nilai resistansinya akan membengkak, itu artinya akan mengurangi lagi kinerja zener, dan akibatnya tegangan akan semakin tinggi.

FATALLLL, semuaya piranti sepeda motor yang sistem kerjanya menggunakan jasa listrik dari spool (coil), pasti akan terbakar, karena mendapat asupan tegangan yang terlalu tinggi. Diatasi dengan menggunakan resistor 5 watt atau diatasnya pun.... tetap kurang baik, sebab tetap saja menaikkan tegangan, ditakutkan akan merusak piranti lain selain lampu itu sendiri, Seperti Aki akan cepat rusak! sebab di charge menggunakan tegangan yang lebih tinggi dari aturan sebenarnya, TIDAK MAU KAN?? gara gara cara itu AKI sepeda motor cepat rusak???. Jadi guruKATRO tidak mau menggunakan cara ini dan juga tidak menyarankan cara seperti ini.


===================
Ada juga Asumsi yang sangat "SALAH KAPRAH", yaitu dengan memperbesar ukuran (watt) lampu depan. Padahal tindakan itu hanya akan menambah redup itu nyala lampu. Terutama bila tidak diikuti dengan memperbesar ukuran kawat spul pembangkit listriknya. Untuk hal ini sangat mudah dengan hipotesa sbb:

Sediakan satu buah baterai yang biasa di jual di warung warung. Kita semua sudah tahu bahwa tegangan baterai itu pasti 1,5 volt, sekian amphere....(ukuran amphere tergantung ukuran dan pengaplikasian baterai).


Siapkan dua buah bola lampu senter (yang biasa dijual adalah ukuran 2 watt, 2,5 watt, 3 watt dan 3,5 watt) yang pertama dengan ukuran kecil, lampu yang lain lagi ukuran lebih besar dari yang pertama. Silakan cek dengan menyalakan satu persatu secara bergantian. Pasti akan ditemukan kesimpulan bahwa bila hanya dengan asupan satu buah baterai, maka lampu dengan ukuran watt lebih kecil menyala lebih terang dari lampu dengan ukuran watt lebih besar.


Kesimpulannya mengganti lampu dengan ukuran lebih besar hanya akan membuar tekor dan juga membuat cepat panas spul pembangkit listrik. Kecuali bila ukuran spul itu sudah memadai atau dimodifikasi agar memadai persyaratan untuk menyuplai tenaga listrik untuk kebutuhan yang lebih besar.


Itulah makanya guruKATRO berani menganggap tindakan "usaha untuk membuat lebih terang dengan cara diatas", sebagai tindakan yang "SALAH KAPRAH"


Tindakan itu bisa saja dilakukan, apabila suplai listrik dari spul benar benar memadai. Itupun tetap akan membawa dampak lain, misalnya saklar lampu depan menjadi lebih panas. Semakin panas maka semakin cepat rusak. Biasanya yang kena rusak terlebih dahulu adalah saklar (switch) HIGH/LOW BEAM, saklar jarak jauh dan jarak dekat lampu depan. Kerusakan akan terdeteksi dengan ciri kadang lampu mati mendadak, dan bila kita pencet berulang itu saklar jarak jauh/dekat, kadang lampu menyala kadang lampu mati mendadak.
==========================
Sampai akhirnya pada pertengahan tahun 2012, lampu depan sepeda montor guruKATRO mati sebelah, walaupun hanya satu filamen yang terputus, yaitu lampu depan bagian kiri untuk jarak pendeknya saja, tapi hal itu tetap saja membuat sang pengendara yang cukup sering keluar malam ini, merasa kurang nyaman juga. Waktu itu secara kebetulan adik guruKATRO yang punya bengkel "BUMIAYU MOTOR" di wilayah Citeureup, Bogor pulang kampung, dan membawa beberapa jenis bola lampu head lamp untuk sepeda motor. Ada beberapa yang pas untuk head lamp honda supra x 125, tapi sayang semua lampu itu mempunyai kekuatan daya 35 watt.

Padahal ukuran arus head lamp standar pabriknya adalah 2 x 25 watt = 50 watt.

Pertama dicoba pasang 2 x 35 watt ya jelas lah hasilnya menjadi sangat redup, jauh lebih redup dibanding awalnya. Akal akalan guruKATRO hanya pasang satu saja, 1 x 35 watt = 35 watt, hehehehehe..... lampu depan hanya satu dengan daya 35 watt, sungguh jauh lebih terang .... tapi tetap kurang enak digunakan, karena posisi lampu tidak tepat berada di tengah.

Beberapa bulan kemudian guruKATRO beli merk oooohhh begitu seraammmmmmnya .... halogeen... 2 x 25 watt... Tingkat kecerahan hampir sama dengan yang original, hanya saja ini lebih putih. Tapi ternyata setelah digunakan beberapa bulan, timbul noda hitam asap didalam bola kacanya, ini mungkin terjadi karena kwalitas vacumisasi yang kurang bagus.


Setelah berpanjang angan, ... mengingat ketika menggunakan lampu depan berkwalitas OK, 1 x 35 watt, beberapa bulan digunakan, tanpa ada noda hitam asap...... Kemudian guruKATRO mencari cari sepasang bola lampu yang berkwalitas, dengan daya dibawah 25 watt. ...... dan ditemukan merk yang biasa dikenal awet dan terang untuk produk lampu rumah..... tahu kan merk apa???? sippp!!!  beli 2 x 18 watt = 36 watt.

Dengan asumsi kepuasan dengan tingkat kecerahan dan ketahanan ketika menggunakan single lamp 35 watt, kini guruKATRO cukup PD memasang double lamp 2 x 18 watt = 36 watt.

Hasilnya sesuai dugaan, lampu sudah terang walaupun belum tarik gas.... selanjutnya,,,, secara kebetulan, guruKATRO diberi waktu untuk tes kwalitas lampu depan ini. pada saat guruKATRO ikut BINTEK KURIKULUM 2013 di Tegal, Lumayan akh..... Margasari - Balapulang bisa untuk tes kekuatan lampu..... gaspoll di jalan seputaran hutan jati, jalan yang sangat mulus namun terlalu sering sepi.... terutama kala pagi hari .... dengan lampu tetap dinyalakan..... 4 hari PP berarti kesempatan tes 8 x.... hasilnya bola kaca masih tetap jernih ... tanpa noda asap sedikitpun......

Akhirnya kutemukan juga lampu depan yang cukup terang dan awet ini, walaupun pastinya akan merugi bila jalan malam hari di jalan raya yang benar benar raya, karena dengan lampu hanyha 18 watt sungguh akan sangat kalah oleh lampu lampu dengan watt diatasnya ........ tapi kan guruKATRO tinggal di desa yang jauh dari keramaian, di pegunungan nan sejuk and sunyi ,,,,,...

NB :

Mumpung ingat sejarah !!!
Pada saat guruKATRO menggunakan lampu Philips M5 2x18 watt, pernah satu kali pulang dari Brebes sekitar pukul 10 malam, cukup nyaman dikala melalui jalan sempit antara Jatibarang hingga Margasari saja. Selebihnya sangat tidak nyaman sepanjang jalan lebar, cahaya lampu 2x18 watt seperti ditelan aspal, apalagi bila keadaan ramai, sangat sulit untuk menentukan pilihan jalan. Intinya mengganti lampu depan Supra x 125 yang aslinya 2x25 watt menjadi 2x18 watt hanya cocok untuk jalan sempit dan sepi saja, sama sekali  tidak macth bila kendaraan digunakan di jalan raya.

Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang HEAD LAMP SUPRA X 125 JADI TERANG DAN AWET yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

101 comments

  1. Merk Lampu dimaksud Philips ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, mas Syamsul yang menyebutkan, kalau saya yang tulis diatas takut dianggap iklan terselubung heheheheheh

      Delete
    2. ribet amatt,,Beli Led Headlamp yang 30 watt dah beres

      Delete
    3. makasih BOS EDY SUTOMO,
      dan barangkali ada pengunjung lain yang ingin mencoba mengikuti cara EDY SUTOMO ini dipersilakan .......

      NB:
      kayaknya emang dirasa agak ribet oleh sebagian personel, dengan bukti halaman ini sudah dibaca lebih dari 100 ribu kali dan komentar yang cukup banyak ....

      Delete
  2. Mas, gmna dgn hi-low beam nya? Apa terganggu atau normal? Mksh infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. seandainya terjadi kasus kontra high-low beam
      tinggal putar saja tatakan (conector) bola lampu
      tekan kedalam sebagian permukaan conector hingga mudah untuk mengangkatnya-setelah terangkat-putar masukkan kembali
      selesai dech problem kontra high-low beam
      =======
      itu pernah guruKATRO lakukan saat menggunakan headlamp merk xenon yang high-low beam nya terbalik dari originalnya

      Delete
  3. Harganya brapaan ya mas per 1 bohlam nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak salah @25rb
      sepasang = Rp. 50rb

      Delete
  4. Mas, itu merk philips yg 18 watt gt to?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betulll
      yang sudah terpasang cukup lama
      kalau gambar yang item diatas itu osram...
      kalau pakai xenon high-low beam nya terbalik

      Delete
  5. mas jarak lownya bisa di atur gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak salah high low sama dengan yang ori
      bila kebetulan tidak sama (terbalik)
      putar saja konektor yang berfungsi sekaligus sebagai dudukan bola lampu
      caranya:
      tekan kedalam sebelahnya, angkat sebelah yang satunya lagi
      putar 180 derajat dan masukkan lagi
      (ini dilakukan bila high low terbalik)

      Delete
  6. Itu philips yang warna apa bang atau tipe apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh .... udah lupa...
      yang masih saya ingat, waktu memesan yang 18 yang match dengan new supra x 125
      cuma gitu aja.... mohon maaf

      Delete
    2. setelah saya bongkar kembali, ternyata itu philips M5 18 watt

      Delete
  7. gan,saya pake supra 125 yang pgm fi tahun 2007,listriknya lampu kan nggak lewat accu jd masih lewat spull langsung.jadi motor hidup baru lampu bisa nyala. trs biar lebih terang dikasih yang 18w apa 35w? banyak yang bilang pake 35w,bukanya malh berat jadi redup? katanya kan pgm fi sama yang biasa beda juga? jadi bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila mengutamakan terang pada posisi gas kecil dengan resiko tidak terlalu terang pada posisi gas pol, silakan pilih 18 watt
      #artinya : gas dibuka sedikit sudah terang


      bila mengutamakan sangat terang pada gas poll, tapi dengan resiko redup bila gas kecil, silakan pilih 35 watt

      demikian kenyataannya

      merk lampu dijelaskan diatas hanyalah referensi untuk tingkat ke awetan saja.

      Delete
  8. berarti kalo pake 18w bila di gas pol malh jadi redup?


    trus kalo pake yang 35w pas gas kecil.redupnya melebihi redupnya standar 25w nggak?

    iya emang merk lampu rumahan itu jaaaannnnnn jjjjoooooosssssssss gandosssssssssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. PAKAI 18 WATT DITARIK GAS YA TETAP NAMBAH TERANG,
      HANYA SAJA TIDAK SETERANG YANG 25 WATT ATAU 35 WATT
      ======
      MAKSUDNYA BEGINI
      SEMAKIN KECIL WATT SEMAKIN MENANG DI GAS RENDAH
      SEMAKIN BESAR WATT SEMAKIN MENANG DI POSISI GAS TINGGI

      ===============
      KALAU PAKAI 35 WATT GAS KECIL AKAN JAUH LEBIH REDUP DARI YANG 25 WATT

      TAPI AKAN LEBIH TERANG DARI YG 25 WATT BILA GAS PENUH

      =========
      GINI AJA BOS

      BILA SERINGNYA DIPAKAI DENGAN GAS RENDAH, SEBAIKNYA GUNAKAN YANG 18 WATT

      BILA SERINGNYA GASPOL DI JALAN BAGUS, SEBAIKNYA GUNAKAN YANG 35 WATT

      Delete
  9. binung min min,yang 18w gas kecil sama yang 25w gas kecil terang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gas kecil, 18 watt lebih terang dari 25 watt

      Delete
  10. brarti intinya yang 25w lebih terang dari 18w?
    kalo jalan di bawah 80kmperjam pake yang lampu watt berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lebih sering menggunakan lampu di 80km/h atau mendekati itu atau jalan mulus dan lancar, lebih baik pilih yang 35 watt

      18 watt hanya menguntungkan yang jalan menurun dan licin saja.

      terus terang reguler di kampung saya gunakan 18 watt, karena sering ada kepentingan malam melalui jalan terjal merunrun.

      tapi suatu saat saya ganti dengan yang 35 watt, bila akan bepergian jauh yang membutuhkan kecepatan lumayan.

      Delete
  11. ok min saya udh ngerti.. di akalin gt kira2 gmn min? prnh nyoba belum? pake 35w gas kecil terang di gas pol tambah terang lagi.

    wah...kalo gnt2 bohlam yo bisa dol bautnya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah pakai 35 watt sangat terang bila kecepatan tinggi

      tapi sayang sangat redup bila 20km/h kebawah

      iya ntar baut jadi dol >> langkah gonta ganti??? jangan ikutin saya ya??!!

      Delete
  12. min.stndarnya supri 25w sama pilps 25w terang mana? sama2 gasnya kecil n gas pol

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir sama....
      bedanya
      - yang ori lebih kekuning kuningan
      - kalau yang phillips lebih putih
      - bila ingin yang lebih terang pilih xenon
      - tapi sayang xenon yg tersedia disini terlalu putih bahkan ke biruan

      NB:
      - sinar kuning lebih mampu untuk menembus kabut
      - sinar terlalu putih tidak bisa menembus kabut dan sering memngganggu pandangan pengendara dari lawan arah

      Delete
    2. pada box tertulis warna putih ...
      tapi kenyataannya hanya sedikit lebih putih dari ori nya,
      boleh dikata putih kekuningan


      NB :
      setelah aku pakai philips M5 yang 25 watt, ternyata :

      di gas rendah selisih redupnya hanya sedikit bila dibanding 18 wat

      di gas tinggi (jalan cepat di jalan raya malam hari) selisih terangnya sangat jauh dibanding yng 18 watt

      sehingga sekarang saya lebih pilih philips M5 25 watt

      Delete
  13. ok ok min terima kasih... ane sudah ngerti. matursuwun

    ReplyDelete
  14. ass min,tanya lagi.. itu lho yang blm di jwb. standardnya supra 125 25w sama philps 25w terang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wey,,,, ada ituh diatas... bahkan saya tambaih merk xenon juga
      phillips sama yang original hampir sama tingkat terangnya
      hanya saja phillips lebih putih sinarnya, jadi kelihatannya lebih terang
      hehehehe

      Delete
  15. oalah..ngoten to min,..ngapunten min,lagi pusing ngatur lampu motor. matur suwun min

    ReplyDelete
    Replies
    1. ce ileee..... gak usah pusing pusing2....
      tiru gaya guruKATRO azzaaaa ya!!!
      beli yang 18, juga yang 25 juga yang 35
      [pemborosan] tidak juga bagi gurkat mah, karena sesekali kadang ada tetangga yang minta bantu pasang disini, yaaah sekalian tak kasihkan......

      sekali lagi
      - bila montor seringnya malam hari dibawa lari kencang di jalan raya gunakan yang 35 watt

      - bila seringnya itu montor diajak jalan terseok ke rumah janda di peloksok gunakan yang 18 wat

      - bila ingin balance antara keduanya gunakan yang standar (25 watt)

      - untuk merk yang ori juga bagus, yang lain juga hebat, yang penting jangan yang 3 bulan menjadi hitam seperti yang pada gambar diatas

      Delete
  16. standar 25w gas kecil gas pol redup min

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dg 25 watt gaspol masih redup
      tidak bisa ditawar lagi, harus pakai 18 watt
      bila pakai 18 watt gaspol tetap redup
      mungkin zener pada kiprok sudah gak beres lagi
      atau mungkin spool yang harus diganti

      Delete
  17. kalo 35W tidak terang ya mas, klow dipake santay

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya
      - semakin besar watt semakin redup saat gas kecil tapi akan lebih terang saat gas penuh

      - semakin kecil watt semakin terang saat gas kecil tapi tidak terlalu terang saat gas penuh

      - bila lebih sering jalan malam santai sebaiknya pilih watt kecil

      - bila lebih sering jalan malam cepat sebaiknya pilih watt besar

      - lampu yang lebih terang merk xenon, tapi saya gak jamin awetnya......

      Delete
  18. min kalo satu pake 18... yang satunya 35
    gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. original : 25 + 25 = 50
      experiment : 18 + 25 = 53

      akan lebih redup bila gas kecil, tapi selisih tak seberapa, mungkin tidak bisa dibedakan dengan mata telanjang.

      hanya saja ada kemungkinan buyar focus......
      tapi dicoba saja dulu, barangkali hasinya jreng

      bila hasilnya jreng bagi bagi info ya!!!!

      Delete
  19. kalau kapasitor nya pakai 3.5 mikro 400 V bisa ga y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bisa, sebab itu sangat mendekati 4µF

      Delete
  20. oke makasih infonya nanti saya coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ... silakan dicoba, semoga hasilnya JOSSS

      Delete
  21. Min, pas ane ganti lampu kog tambah naek ya cahayanya,,?
    Padahal udah ane stel paling nunduk di headlamp nya, minta pencerahan min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh.... kalau saya kok gak yah......, semuanya biasa saja... alias tanpa kendala

      mungkinkah ada kelainan pada pada lampu yang itu ??

      mohon masukan dari pembaca yang lain.....

      Delete
  22. Itu kabel sumber tegangan sama kabel body beda ya mas? Soalnya yg saya lihat di kabel lampu cuman ada 3. Itu kabel body yg mana, kabel sumber tegangan yg mana? Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. - KABEL TEGANGAN : (ALIRAN LISTRIK +)

      KABEL YANG KELUAR DARI SAKLAR LAMPU DEPAN (DIATAS SAKLAR STARTER) MENUJU SAKLAR H-L (DIATAS SAKLAR KLAKSON)

      =======================

      - KABEL BODY (ALIRAN LISTRIK -)
      KABEL YANG TERHUBUNG DENGAN BESI BESI BADAN (BODY) SEPEDA MOTOR), INI BISA DI CEK DENGAN OHM METER (MULTI TESTER)

      KABEL BODY BISA JUGA DILIHAT DARI KABEL YANG TERSAMBUNG KE BADAN DUDUKAN LAMPU DEPAN

      Delete
  23. Mas mau nanya... motor saya SupraX125 Helm In PGMFI, headlamp ikut AC. Ceritanya bohlam mau sy ganti LED. Yg sy tanyakan:
    1) Ada cara simple & aman utk ganti AC ke DC? Krn katanya pake LED wajib pake arus DC.
    2) Kalo pake kapasitor seperti uraian artikel di atas, apakah bs dikatakan arusnya jd DC?
    3) Sebenernya yg buat LED wajib DC tu apanya ya mas?

    Mksih bantuannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya saya mengira helm-in sudah DC

      1) cara paling simpel mengubah ke Dc adalah dengan memindah kabel yang datang dari coil (spul) menuju ke saklar headlamp (diatas starter)

      putuskan kabel dari coil menuju saklar tersebut

      - bungkus dengan rapi dan serapat mungkin kabel terputus yang menuju coil (demi keamanan dari korslet)

      - sambungkan ke aki + kabel terputus yang menuju saklar

      Bila rangkaian LED belum terpasang Regulator, maka harus dipasang dulu regulator khusus untuk lampu LED

      Regulator LED bisa dipasang sebelum masuk rangkaia LED atau ketika keluar dari + aki

      2) Dengan memasang kapasitor, tegangan masih AC, kapasitor hanya untuk men stabilkan arus saja.

      3) Yang menjadikan wajib DC adalah LED itu sendiri, karena LED itu sejenis dioda. Dan juga karena pada umumnya jenis headlamp LED sudah dilengkapi rangkaian regulator elekronik yang membutuhkan supply listrik DC

      ==================
      Dan yang paling simple tapi listrik masih tetap dari coil, adalah hanya dengan membuat AC menjadi DC saja
      dengan memasang regulator DC pada kabel yang menuju headlamp.
      jadi bila mesin mati, headlamp masih tetap ikut mati

      sangat sederhana, karena listrik yang keluar dari coil menuju lampu sudah di stabilisasi oleh kiprok

      maka bisa hanya dengan memasang satu buah dioda 5 atau 10 ampere pada kabel + (ples) dari coil menuju saklar lampu.
      dengan cara diputus dulu seperti menggati listrik menjadi dari aki.

      coil------|>DIODA>|-----saklar lampu

      distabilkan dengan satu buah elko bipolar 4700uf/50volt dipasang sesudah listrik keluar dari dioda sebelum sampai ke saklar lampu
      kaki + (ples) elko dipasang pada kabel dari dioda ke saklar
      kaki - (min) elko dipasang ke kabel body

      DIODA>|---[KAKI + ELKO]---saklar lampu

      Tapi terus terang, ini baru dalam tahap matematika elektronika
      guruKATRO belum pernah mencobanya

      Delete
  24. lampu philip jenis M5 ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan yang M5, tapi phillips yang standar

      Delete
  25. untuk supra x 125 itu lampunya yang 1 kaki ya mas ? apa beda2 setiap motor supra x 125 nya? punya sya supra x 125 injeksi rakitan tahun 2009.
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supra x 125 lampu 1 kaki

      Bila mau gunakan yang M5, ambil yang 18/18, itu cocok untuk CS1 dan supra x 125 tahun 2008 keatas.

      Delete
  26. kalau kapasitor nya pakai 4 mikro 450 V bisa ga y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa
      yang berpengaruh terhadap kinerja adalah mikro farad nya,

      semakin besar nilainya akan semakin bisa menyimpan lebih banyak listrik

      sedangkan voltage hanya sebagai pembatas tegangan tertinggi yang boleh di pasang

      untuk sepeda motor yang penting jangan gunakan yang dibawah 25 v

      Delete
  27. bos mau tanya arus aki supra x 125 itu ac atau DC yaa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau arus aki semuanya DC BOSS, kalau arus untuk Lampu Pusat atau lampu depan, dulu rata rata menggunakan AC (langsung dari spul), tapi sekarang banyak yang menggunakan arus DC (dari aki)
      Kebetulan Supra x 125 masih menggunakan cara lama (lampu depan dengan arus AC)

      Delete
  28. saya punya kharisma X th 2005,..aki kering dg lampu bawaannya halogen...kemarin baru ganti, tapi saat gas turun lampu ikut redup,..nah,.cara diatas apa bisa juga diterapkan pd motor kharisma om?

    thanks jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau pakai cara yang paling sederhana siiii
      jangan gunakan bola lampu dengan watt lebih besar dari lampu bawaannya,... bahkan bila memungkinkan cari lampu yang ukuran watt sedikit dibawahnya, pasti akan terang disaat gas kecil...

      makasih kunjungannya....

      Delete
  29. Saya kan pake lampu led buat supra x 125 tahun 2008 kan harus merubah arus dari ac ke dc, tapi kalo rpm tinggi yang engga kuat lampunya malah mati itu gimana bos? Apa kalo merubah arus jadi engga stabil ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkinkah sumber DC itu masih tetap dari spul dan hanya mengubah AC menjadi DC saja ???

      kalau demikian adalah langkah yang keliru, sebab LED makan listrik sangat kecil dan tidak akan membuat aki tekor.

      bila ternyata sumber DC itu sudah dari aki dan tegangan terpengaruh oleh tinggi rendah RPM, berarti ada yang salah, mungkin pada rangkaian dari kiprok menuju aki atau bahkan mungkin kiprok yang rusak.

      SOLUSI
      - bila DC didapat dari spul, pindahlah sumber DC itu langsung dari aki, makanan LED sangat kecil, tidak akan berpengaruh pada kinerja aki.

      - bila sumber DC sudah dari aki kok begitu amati saluran dari kiprok menuju akai, atau bahkan mungkin kiprok yang harus diganti.

      - bila sumber DC sudah dari aki, kiprok juga normal, solusi mudah adalah dengan memasang rangkaian stabilizer sebelum listrik DC + masuk ke lampu LED.

      Delete
  30. philips M5 essential kali 1, 18watt belinya dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat beli saya gak peduli tentang seri,

      - pilih yang 18 watt dengan tujuan agar lebih terang di RPM rendah

      - dan pilih merk itu dengan harapan akan lebih awet


      kata yang dagang itu memang pas untuk montor saya

      kebetulan di sinar motor Bumiayu ada .....

      coba tanya tanya pada toko spareparts motor disekitar anda

      Delete
  31. Bener mas, dulu saya punya supra x 125 r tahun 2005, lampu aslinya single lamp, bohlam bawaannya pun cukup. Setelah gonta ganti, ternyata yang ane pahami dulu makin besar watt nya bakal makin terang, ternyata enggak. Malah gak begitu kelihatan jalanannya, sebagian lampu malah senterinnya pudar gak jelas.

    Akhirnya ane di kasih tau pakai philips, tapi gak inget berapa watt nya, tapi akhirnya terang banget...

    Sekarang ane baru beli supra x125 fi baru, dual lamp, semoga setelah ane baca ini, ane semakin yakin kalau ini motor bisa pakai bohlam philips yang seperti motor lama dulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oceee selamat punya yang baru, semoga awet dan memuaskan

      kalau saya kemaren2 lagi nunggu2 GTR, tapi setelah ternyata gak ada bagasinya batal dech couse bagasi sangat vital kepentingannya bagi saya
      terpaksa dech masih pakai yang 2010

      Delete
  32. Maaf om bisa nggak beri tau contoh kapasitornnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contoh tampilan beberapa wajah kapasitor dalam dunia nyata sudah diSEDIAKAN dan terletak pada bagian paling bawah UPDATE - 1

      atau tepat diatas UPDATE - 2

      Delete
    2. Kalo pakai kapasitor sanyo bisa nggak gan

      Delete
    3. Menggunakan kapasitor yang biasa untuk Pompa Air (mungkin), atau jenis yang biasa diperuntukkan apa saja bisa, yang penting keadaan kapasitor itu masih baik dan merupakan kapasitor voltage tinggi.

      Bila kapasitor yang dimiliki uF nya terlalu besar dan membuat nyala lampu menjadi telat, itu bisa disiasati dengan memasang pada posisi sebelum saklar (switch) lampu

      Delete
  33. Replies
    1. kapasitasnya berapa uF ?
      masih normal apa tidak ?

      NB :
      bila uF nya terlalu kecil efeknya juga sangat kecil
      efek hanya sedikit menambah terang, tapi utamanya men stabilkan tegangan

      Delete
  34. Assalammu'alaikum. Selamat malam.
    Saya ada masalah pada pencahayaan jalan. bohlam baru saja ganti yang standar posisi totok paling bawah+dedel, tapi tetap saja dijalanan paling gelap gak kelihatan sama sekali.
    Klo dikasih lampu Phillips M5 yg apa?

    mohon bantuannya mas. motor Supra X 125 '09.

    Terima Kasih.
    Wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumussalaam wr wb

      coba amati lagi, itu lampu baru, 18, 25 atau 35 watt?

      bila ternyata 35 watt, berarti harus pakai yang 25 atau bila perlu bahkan pilih saja yang 18 watt

      atau bila akan menggunakan Philips M5, yang cocok untuk supra x 125 keluaran tahun 2008 keatas adalah yang 18/18 watt

      demikian semoga bisa membantu

      Delete
    2. Dop yg baru saya lupa ukueannya. Yg pasti standarnya honda.

      Klo dibawah 80 km/h enaknya pakai brp watt?? (Top speed cmn segitu)

      Klo 18/18 W, efeknya apa?
      Thanks

      Delete
    3. jangan gunakan dop, cobalan philips atau xenon

      bila under 18kmh, sebaiknya 18 watt saja

      efek 18 watt, gas kecil sudah terang

      Delete
    4. Beli lampunya di bengkel atau toko listrik?
      Klo toko listrik bilangnya apa tar dikasih lampu rumah

      Delete
    5. di toko penjual spare part sepeda motor laaaahhhh heheheheh

      yang baik lagi di toko spare part yang di halamannya dibuka bengkel sekaligus .... pulang sudah jreng ....

      Delete
  35. Bang abul hamid (guruKATRO)..
    Permisi, maaf saya ikut komen dan pastinya saya pembaca yg bawel. 😁 .
    Kalo boleh, minta kontaknya bang abdul, mau ngobrol tentang headlamp supra. Udah ganti berkali2 dan banyak merk, mulai helogen sampai led, tp kalo projie belmu bang hehe, tp blum ada yg pas alias cocok.
    Trimakasih atas kesediaanya meladeni saya bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. O iya.. sebelumnya, motor saya supra x 125 fi bang Abdul.. dan sudah dirubah ke dc..
      Kalo mungkin bang Abdul berkenan. Ini nmer WA saya. 085731218979. Trmksih banyak.

      Delete
    2. kembali kasih

      tenang aja Bro!

      disini tidak ada pembaca yang dianggap bawel

      yang ada hanya pembaca yang mungkin masih kurang paham
      atau pembaca yang bahkan lebih paham dari penulis ...

      solusi penulis juga ringan ringan saja :
      berusaha menjelaskan bagi yang belum paham
      sekaligus sangat mengharap masukan dari yang sudah paham.

      untuk WA sayang saya tidak punya WA, saya hanya punya telegram, FB, g+, email dll saja ...


      Delete
    3. Bila sudah terlanjur dibuat DC, seharusnya bagus dong pakai LED, coba pilih LED dengan kualitas yang lebih bagus,

      atau coba gunakan lampu Philips M5, atau lampu originalnya. Yang paling penting pilihlah lampu yang dibawah 35 watt, ini karena keluaran listrik dari spul hanya untuk 25 x 2 lampu = 50 watt saja.

      atau bila anda siap rogoh kocek, coba amati dulu yang ini :

      Headlight Assy Lampu Depan (Reflektor + Bohlam)
      – Supra X 125 FI

      – Rp 187,000


      Nama Resmi Produk: Light Assy Head
      Kode Part: 33100K41N01

      saya dapat info ini daro honda cengkareng

      Delete
  36. Bang. Supra x125 ane pake lampu biasa 25 watt cahayanya sangat kurang terang. Dan sakelar jauh dekat terasa panas. Kl kasus ky gini ada masalah dimn ya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila masalahnya seperti itu, mungkin ada kotoran yang melekat pada bagian konektor lampu, mungkin pada dudukannya atau pada kaki kaki lampu itu sendiri. Coba bersihkan bagian bagian tersebut.

      Atau mungkin juga kotoran malah menyerang plat didalam saklar itu sendiri, coba bongkar saklar dan bersihkan plat plat didalamnya.

      Atau plat dalam saklar itu sudah cukup aus, sehingga harus diganti yang baru, bila mengganti saklar hindari sparepart yang tidak orsinil

      demikian, semoga bisa membantu

      Delete
  37. terimakasih bang, 2018 dan saya baru tahu ada trik beginian, supra saya dari tahun 2012. Nice Post (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya .... kembali kasih, inti dari posting ini adalah bila lebih sering jalan cepat, gunakan 25 watt.

      18 watt hanya untuk yang lebih sering lambat dan jalanan licin saja.

      yang pentingnya, sekarang mulai banyak produk M5 yang bukan keluaran Philips, jadi mesti teliti saat membeli

      Delete
  38. Bang, pernah coba lampu merk Hella utk suprax 125? Ada reviewnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai hella, jalas lebih enakan, untuk HSX 125 2008 keatas, gunakan saja Hella M5 2x25 watt,

      dijamin lebih familiar disaat pelan maupun cepat,
      keawetan Hella M5 hampir sama dengan phillps M5,

      bahkan sekarang untuk philips M5 yang sampai disini malah produk China nya

      lalu mengapa saya tidak menggunakan Hella (original)???
      kebetulan di sekitar saya selama ini belum ada yang jual merk tsb.
      kalau disini sudah tersedia mungkin saya akan memilihnya

      Delete
  39. Top pak guru,,,, trims bnyk ya,,,, smoga panjang umur agar bisa memberikan pencerahan2 lain'y,,,, smangad

    ReplyDelete
  40. Setau sy ukuran watt asli supra x 125 generasi kedua (2007-2013) itu 18w satu lampunya, kalo yg supra x 125 terbaru mulai dari yg helm in itu baeu 25w satunya, sy bisa bilang begitu krn sy punya supra x 125 yg generasi kedua dan pas diganti krn putus trus diliat lampu orinya ternyata 18w, sama supra x 125 nya dgn yg punya mas gurukatro

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah brati ada yang beda nih ... punya saya 2010 (karbu) originalnya 2x25watt

      Delete
  41. Soalnya di thread kaskus juga pada 18 watt lampu ori nya, hehe, ane supra x 125 karbu juga beli thn 2011

    ReplyDelete
  42. Ane udah konfirmasi juga ke bengkel resmi, dan memang standar asli lampu honda 2 headlamp itu 18 watt, kecuali supra x yg generasi baru, kalo gak salah mulai dari supra x helm in sudah mulai 25 watt standar originalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooh kalo gitu berarti saya yang salah info ... mohon maaf dan terima kasih atas informasinya ....

      bagi saya pribadi juga sekarang ini sudah gak terlalu ngaruh, karena disamping usia sepeda juga sudah mulai menua (9 tahun), di kampungku juga sudah gak ada jalan turun licin lagi, dan juga ternyata menggunakan 2x25 jauh lebih terang dari saat memakai 2x18
      sekali lagi terima kasih informasinya

      Delete
  43. Gimana kalo kombinasi, sebelah pake 18w. Sebelah lagi pake 25. ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicoba ituh .... hasilnya juga tak akan terlalu beda saya kira

      Delete
  44. Sya masang lampu LED ke supra x 125 tapi lampunya tidak selaras yg, jika lampu dekat d buat satu lampunya yg hidup kebawah, satu lagi hidup ke atas, tpi klok d buat lampu jauh hidup dua"nya
    Gmn ya solusinya

    ReplyDelete
  45. Mas mau tanya, motorku supra x 125 karbu 2007, biasa jalan kisaran 40 - 80 km/jam. Sebaiknya ganti pake lampu yg brp watt ya? Soalnya lampu bawaannya kurang terang. Matur nuwun

    ReplyDelete