PECAHAN CAMPURAN DIUBAH MENJADI DESIMAL | guruKATRO

10/30/2015

PECAHAN CAMPURAN DIUBAH MENJADI DESIMAL

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Masih berkaitan dengan Operasi hitung bilangan pecahan, kali ini guruKATRO menyajikan cara yang paling mudah pada proses mengubah pecahan campuran menjadi pecahan desimal.



Sebenarnya cara ini juga sudah digunakan pada materi "pecahan biasa diubah menjadi desimal", namun karena hal mengubah pecahan campuran menjadi pecahan desimal.  tidak dibahas secara specifik disana, maka disini akan dijelaskan secara kongkret tentang hal itu, agar bisa menjadi lebih jelas, dan tentunya pembaca akan langsung mengambil keputusan dengan bergumam, "ooooh... ternyata tidak sesulit yang selama ini dibayangkan!"

Untuk memperjelas materi ini, mari kita ingat kembali masing masing nama kedua pecahan tersebut :

baca juga :

==============================
1. Pecahan Campuran.

Yang disebut pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri atas dua komponen bilangan, yaitu bilangan bulat dan bilangan pecahan. Bilangan bulat digabung dengan bilangan pecahan itulah yang disebut dengan pecahan campuran

adalah bilangan bulat
¾ adalah bilangan pecahan biasa
Digabung menjadi    8 ¾   disebut pecahan campuran

==============================
2. Pecahan Desimal

Yang disebut pecahan desimal adalah pecahan yang terdiri atas dua komponen bilangan, yaitu bilangan bulat dan bilangan pecahan, yang memisahkah bilangan bulat dengan bilangan pecahan adalah tanda koma  (tanda desimal)


8,75


  8  adalah Bilangan Bulat

 ,75  adalah bilangan Pecahan


Digabung menjadi    8,75   disebut pecahan Desimal

Setelah kita mengingat kembali, pengertian pecahan campuran dan pecahan desimal, mari kita bersama sama merasakan betapa nikmatnya mengubah pecahan campuran menjadi pecahan desimal.

Pada dasarnya proses pengerjaannya sama saja dengan MENGUBAH PECAHAN BIASA MENJADI PECAHAN DESIMAL. Sehingga disini memerlukan dua CARA AWAL untuk mengubah pecahan campuran menjadi Pecahan biasa terlebih dahulu untuk kemudian mengubah menjadi pecahan desimal, yaitu :

  1. Pisahkan dan biarkan apa adanya bilangan bulat, setelah pecahan sudah diubah menjadi desimal, selanjutnya tinggal menjumlah bilangan bulat itu dengan pecahan desimal hasil pengerjaan kita tadi, selesai.
  2. Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, selanjutnya pecahan biasa itu langsung dijadikan pecahan desimal.

==============================
Contoh :
Ubahlah 8 ¾ menjadi pecahan desimal


Cara 1
a. Kita pisah dulu bilangan bulatnya, karena bilangan bulat 8 akan tetap menjadi 8 pada bilangan pecahan desimalnya.
8
==============================
b. Sekarang kita fokus pada bilangan pecahannya, yaitu ¾

¾ , penyebutnya adalah angka 4
cara yang paling mudah adalah dengan mengubah 4 menjadi 100
4 menjadi 100 dengan cara dikali 25

karena penyebut dikali 25, maka pembilang juga harus dikali 25
pembilang yang asalnya 3 dikali 25 menjadi 75
sehingga pecahan 3/4 sekarang menjadi 75/100

75/1 = 75
dua buah nol pada penyebut menyebabkan dua angka dibelakang koma
sehingga 75 menjadi 0,75

==============================
c. kita jumlahkan hasil a dan b

a = 8
b = 0,75

8  +  0,75  =  8,75

jadi 8 3/4 bila diubah menjadi pecahan desimal menjadi 8,75


Cara 2
8 3/4 diubah menjadi pecahan biasa = 35/4

35/4 = 875/100 = 8,75
==============================
Contoh yang lain misalnya :

7 1/4


Cara 1
Bilangan bulat sudah jelas 7
maka kita tinggal mengubah 1/4 menjadi desimal

1/4 = 25/100 = 0,25

sehingga menjadi 7 + 0,25 = 7,25

Jadi  7 1/4 = 7,25



Cara 2
7 1/4 dijadikan pecahan biasa = 29/4
29/4 = 725/100 = 7,25
==========================
contoh yang lain lagi,

9 3/5


Cara 1

Bilangan bulat sudah jelas 9
tinggal ubah 3/5 menjadi desimal

3/5 = 6/10 = 0,6

sehingga menjadi 9 + 0,6 = 9,6

Jadi 9 3/5 = 9,6


Cara 2
9 3/5 dijadikan pecahan biasa = 48/5

48/5 = 96/10 = 96
==========================

NB 1:
Cara cara diatas terasa mudah apabila

  • penyebut merupakan angka 10 atau 100 atau 1000 atau 10000 dst....
  • penyebut bukan angka 10 atau 100 atau 1000 dst... tapi angka penyebut itu bisa dijadikan angka 10 atau 100 atau 1000 dst... dengan cara dikali ataupun dibagi dengan angka tertentu, misal angka 2 bisa jadi 10 dengan cara dikali 5, angka 4 bisa jadi 100 dengan cara dikali 25, angka 5 bisa menjadi 10 dengan cara dikali 2, angka 8 bisa jadi 1000 dengan cara dikali 125, angka 16 bisa menjadi 10000 dengan cara dikali 625, angka 20 bisa jadi 10 dengan cara dibagi 2 atau bisa jadi 100 dengan cara dikali 5 dll.


NB 2:
Apabila penyebut bukan merupakan yang dijelaskan pada NB 1, misalnya pecahan campuran itu memiliki penyebut berupa angka 3 atau 6 atau 7 atau 9 atau 11 atau 13 dst......
hingga hari ini guruKATRO belum menemukan cara yang mirip mirip dengan contoh contoh diatas. Akhirnya dengan sangat terpaksa guruKATRO masih menggunakan cara pembagian bilangan bulat

misal


  • 2 1/3

2 biarkan 2
1/3 = 1 : 3 = 0, 33333333 dibulatkan menjadi 0,33
2 + 0,33 = 2,33

atau
2 1/3  diubah menjadi pecahan biasa = 7/3 = 7:3 = 2,33333333 dibulatkan menjadi = 2,33


  • 3 5/6
3 biarkan 3
5/6 = 5 : 6 = 0,8333333 dibulatkan menjadi 0,83

3 + 0,83 = 3,83

atau
3 5/6 diubah menjadi pecahan biasa = 23/6 = 23 : 6 = 3,833333 dibulatkan = 3,83


  • 4 7/9

4 biarkan 4
7/9 = 7 : 9 = 0,77777778 dibulatkan = 0,78
4 + 0,78 = 4,78

atau
4 7/9 = 43/9 = 43 : 9 = 4,7777777778 dibulatkan = 4,78


  • 5 2/11

5 biarkan 5
2/11 = 2 : 11 = 0,181818181818 dibulatkan = 0,18
5 + 0,18 = 5,18

atau
5 2/11 dibuat pecahan biasa = 57/11 = 57 : 11 = 5,1818181818 dibulatkan = 5,18



  • Menyelesaikan pembagiannya bisa dengan cara pembagian susun atau porogapet atau bisa memanfaatkan kalkulator atau ecxel.




guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang PECAHAN CAMPURAN DIUBAH MENJADI DESIMAL yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

18 comments

  1. Kha msih kurang ngerti deh yg pecahan biasa lgsg di ubah jdi pechan desimal, 25/ 100 dn 6/10 nya di itung dri mnh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 25/100

      penyebut 100 (dua buah nola),
      maka jawaban = dua angka di belakang koma

      25 menjasdi 0,25

      jadi 25/100 = 0,25

      ======================

      6/10

      penyebut 10 (satu buah nol),
      maka jawaban = satu angka di belakang koma

      pembilang 6 menjadi 0,6

      jadi 6/10 = 0,6

      Delete
  2. Kha tlong jawab yah, tlong jawabnya ke email aku, mau ikur ujian persamaan soalnya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaaah ...... alamat email ya mana????

      Delete
  3. Mau tanya, kalo yang 9 3/5 itu dikali dua ya jadi 10 atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya
      9 biarkan 9
      3/5 masing masing dikali 2 menjadi 6/10
      6/10 = 0,6

      9 + 0,6 = 9,6
      begitu

      Delete
  4. KAK GMN CARA MENCARI PECAHAN CAMPURAN DI UBAH KEDALAM PECAHAN DESIMAL YG LEBIH MUDAH DI MENGERTI

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba berikan satu contoh soal dari adek,
      nanti akan diberi tahu caranya

      Delete
  5. Kak minta tolong,
    Kalau kaya gini gimana kak 1 4/9 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 4/9
      = 1 + 4/9
      -------
      4/9 = 0,44

      jadi

      1 4/9 = 1 + 0,44
      = 1,44

      sehingga 1 4/9 = 1,44

      Delete
  6. Bro...klo pecahan campuran 4 2/5 jd desimal gmna ya? Sekalian caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4 2/5
      4 biarkan saja 4

      2/5 agar penyebut menjadi 10 maka masing masing dikali 2
      2/5 = 4/10

      4/10 = 0,4
      ===========
      4 + 0,4 = 4,4

      sehingga 4 2/5 = 4,4
      demikian bro

      Delete
  7. 3 9/12 gmna bro klo di ubah jd desimal??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 9/12
      3 tetap 3
      9/12 disederhanakan menjadi 3/4

      sehingga 3 9/12 = 3 3/4

      3 3/4
      = 3 + 3/4
      = 3 + 75/100
      = 3 + 0,75
      = 3,75

      jadi

      3 9/12 = 3,75
      demikian bro!

      Delete
  8. Kak kalo 6 1/2 jawabanya brp? Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 1/2

      6 biarkan saja
      1/2 = 5/10

      5/10 = 0,5

      6 + 0,5 = 6,5

      atau dengan cara

      6 1/2 diubah menjadi pecahan biasa 13/2

      13/2 = 65/10 = 6,5

      Delete
  9. Kak klo pecahan campuran penyebutnya angka 6 jadi berapa kak desimalnya. Aku nyari gak ketemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. A. penyebut 6 pun bisa jadi mudah
      asal pembilang angka 3

      misal 2 3/6
      2 biarkan 2
      3/6 = 1/2 = 5/10 = 0,5

      2+ 0,5 = 2,5
      sehingga 2 3/6 = 2,5

      B. Jika pembilang bukan angka 3
      maka harus menggunakan pembagian

      misal 2 1/6
      2 biarkan 2
      1/6 = 0,17 (pembulatan dari 0,166666666666667)

      2 + 0,17 = 2,17
      sehingga 2 1/6 = 2,17
      atau jujurnya 2,166666666666667

      misal kedua 3 5/6
      3 biarkan 3
      5/6 = 5:6 = 0,833333333333333 dibulatkan menjadi 0.83
      3 + 0,83 = 3,83
      atau jujurnya = 3,833333333333333

      MOHON MAAF
      hanya seperti ini kemmapuan guruKATRO

      Delete