2015/11/27

TARI LENSO, TARIAN MUDA MUDI MALUKU DAN MINAHASA

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Tari Lenso adalah sejenis tarian yang biasa dilakukan oleh para muda mudi dari daerah Maluku dan Minahasa, Sulawesi Utara.

Dinamakan Tari Lenso, karena perangkat utama pada tarian ini adalah Lenso, yang artinya Saputangan. Istilah Lenso, hanya dipakai oleh masyarakat di daerah Sulawesi Utara dan daerah lain di Indonesia Timur saja. Saputangan  yang digunakan untuk tarian ini, lebih sering mempunyai ukuran yang lebih besar dari ukuran Saputangan pada umumnya, karena itu ada yang menyebutnya sebagai sebuah Selendang.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa tari Lenso berasal dari tanah Maluku, sedangkan sumber yang lainnya lagi menyebutkan bahwa tari ini berasal dari Minahasa. Dan pendapat dari  kedua sumber  itu masih sama kuat menyebar di masyarakat.

Sebagai Tarian Adat, Tari Lenso biasanya di bawakan secara ramai ramai ketika menyelenggarakan Pesta. Baik Pesta Pernikahan, Panen Cengkeh, Peringatan Tahun Baru dan kegiatan lainnya. 

Tari Lenso biasanya juga sekaligus dijadikan sebagai ajang Pencarian jodoh bagi mereka yang masih lajang, dimana ketika Lenso diberikan kepada lawan jenis, itu diamaknai sebagai penyampaian perasaan cinta kepada yang bersangkutan, bila selendang yang diberikan diterima, itu mengadung makna bahwa cinta diterima, sebaliknya bila selendang yang diberikan itu dibuang, berarti lamaran ditolak.

Gambar tari Lenso

http://senbudi.blogspot.com/2015/11/tari-lenso-tarian-muda-mudi-maluku-dan.html


Sumber : Wikipedi.org dan sumber sumber lain yang relevan



Bagikan

guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang TARI LENSO, TARIAN MUDA MUDI MALUKU DAN MINAHASA yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Tidak ada komentar