5 PENYAKIT PALING MEMATIKAN DI DUNIA

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

INILAH LIMA PENYAKIT YANG DI KLAIM SEBAGAI YANG TER SERING BERAKHIR DENGAN KEMATIAN.

Kematian adalah proses berpisahnya Jiwa/Nyawa dari Raga, Sejatinya tidak ada satupun mahluk hidup yang bisa menghindari kematian, cepat atau lambat kematian akan dialami oleh semua makhluk ciptaan Tuhan.


Secara Medis, kematian di definisikan sebagai kondisi dimana semua organ kita tidak berfungsi lagi. Berbagai penyebab timbulnya sebuah kematian sangatlah beragam, misalnya kecelakaan, bencana dan lain lain, sedangkan yang di klaim sebagai penyebab yang paling banyak menimbulkan kematian konon adalah sesuatu yang disebut PENYAKIT.

Pengertian penyakit itu sendiri adalah dimana keadaan abnormal yang menyerang fisik seseorang. mahluk yang sedang menderita suatu penyakit, pasti akan merasa kondisi tubuhnya tidak nyaman. Apalagi jika salah satu penyakit itu menyebabkan organ tubuh kita mengalami kerusakan sehingga kadang bisa menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan, bisa membuat merintih, menagis bahkan hingga menjerit jerit. Dan kerusakan salah satu organ tubuh itu sering berdampak pada kinerja atau juga kerusakan pada organ tubuh lainnya.

Tubuh mahluk hidup terdiri atas organ organ yang mempunyai fungsi saling berhubungan dan saling ketergantungan antar organ satu dengan organ yang lainnya, hal tulah yang menyebabkan pada saat datangnya suatu penyakit pada salah satu organ tertentu akan turut memicu kerusakan organ yang lain. Jika kerusakan pada organ tersebut semakin kompleks maka akan berdampak buruk yang dapat menyebabkan kematian. Karena itu, kita perlu mengenali penyakit-penyakit yang di sinyalir memiliki potensi mematikan tertinggi, agar setidaknya kita lebih bisa memperhatikan kesehatan agar terhindar dari penyakit tersebut.

Walaupun guruKATRO tetap percaya bahwa Penyebab Kematian yang paling hakiki adalah karena Takdir, berbagai macam jalan yang menyebabkan kematian pasti hanyalah karena kehendak Yang Maha Kuasa, namun sebagai bahan pengetahuan dan sifat Preventive, berikut guruKATRO share dari beberapa sumber tentang 5 urutan penyakit yang konon sebagai penyakit paling mematikan di dunia :

1. Jantung Koroner.




Penyakit paling mematikan pertama di dunia adalah penyakit jantung. Penyakit ini disebut juga sebagai penyakit areteri coroner, Jantung Koroner bisa menyebabkan kematian secara mendadak. Laporan dari sebuah situs discovery menyebutkan bahwa 1 dari 100 orang di seluruh dunia berpotensi terkena penyakit jantung, terlebih bagi pria usia dewasa.

Bentuk penyerangan penyakit ini berupa tersumbatnya aliran darah dan oksigen yang akan menuju jantung. Bila hal itu terjadi, maka akan menyebabkan infrak miokart pada jantung. Kita tahu bahwa jantung memiliki fungsi sentral dalam mengalirkan darah yang membawa oksigen yang dibutuhkan organ lain terlebih ke otak kita. Jika fungsi jantung rusak maka fungsi organ lain akan berdampak sistemik pula, hingga membuat kerusakan semua organ yang berpotensi mendatangkan kematian.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner antara lain sbb:

  • Tekanan Darah tinggi
  • Kurang berolahraga
  • Kolesterol tinggi
  • Terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak jenuh dan berminyak


Kita bisa berusaha mencegah penyakit Jantung Koroner dengan cara sbb:

  • Mengkomsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi
  • Rajin berolahraga
  • Kurangi makanan berlemak seperti daging


2. Stroke





Konon, Stroke adalah penyebab kematian tersering kedua setelah jantung koroner. Jadi Stroke tidak bisa dianggap remeh, karena kenyataanya di era yang semakin modern ini ternyata penderita penyakit stroke terus bertambah.

Stroke diakibatkan oleh ganguan fungsi otak yang mengalami kerusakan karena aliran darah menuju otak tidak mengalir lancar atau bahkan tersumbat. Jika Otak tidak mendapatkan asupan oksigen dan darah maka akan membuat sel otak mati. Bisa dibayangkan jika otak tidak berfungsi, padahal otak merupakan pusat kendali atas segala aktifitas seluruh organ tubuh baik secara sadar maupun tidak.

Penyebab Penyakit Stroke antara lain sbb:

  • Kurang olahraga
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak tinggi
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol


Hal hal yang bisa dilakukan demi mencegah Stroke sbb:

  • Rajin berolahraga, minimal 2 kali seminggu
  • Komsumsi makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur
  • Kurangi makanan berlemak
  • Cek secara teratur keadaan kolesterol dalam tubuh.


3. HIV/AIDS





HIV, singkatan dari Human Immunodeficiency Virus adalah sejenis VIRUS yang melemahkan system kekebalan tubuh. Bahkan bisa membuat kemampuan immune kita menurun sangat drastis sampai ke titik yang paling rendah.

AIDS, singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syndrome atau ada yang menggunakan istilah Acquired Immune Deficiency Syndrome, keduanya memiliki pengertian yang sama persis, adalah sejenis penyakit yang ditimbulkan oleh serangan virus HIV

Immune (kekebalan tubuh) yang rendah akan membuat penyakit sederhana seperti flu yang mana bisa bisa menyebabkan kematian. Sel T dan CD4 merupakan sel tubuh yang berfungsi untuk menangkal penyakit, virus HIV menyerang sel-sel tersebut hingga membuatnya tidak berfungsi lagi. Artinya jika sel T dan CD4 tidak berfungsi maka penyakit sekecil apapun mudah menyerang sehingga mendatangkan kematian.

Penyebab Penyakit AIDS sbb:

  • Melakukan hubungan seks bebas
  • Penggunaan jarum suntik yang pernah digunakan sebelumnya
  • Konon, guruKATRO sendiri belum sempat mempelajari lebih dalam, bahwa pertama kali virus HIV muncul diatas dunia ini adalah akibat dari proses bercampurnya sperma dengan zat zat yang ada di liang anus, bila ini benar, berati penyebab munculnya virus HIV adalah para homoseksual ????.


Beberapa hal yang mesti dilakukan demi mencegah penyakit AIDS sbb:Gunakan alat kontrasepsi

  • Jangan berganti-ganti pasangan, bagi yang sangat terpaksa tidak bisa menghindari hal ini, maka gunakanlah alat pengaman.
  • Gunakan jarum suntik baru, ini terutama bagi dokter atau petugas kesehatan yang tengah menagani pasien.
  • Bila dipelajari, ternyata penyebaran AIDS yang paling fenomenal adala dua kegiatan keji yang bernama seks bebas dan Alat suntik narkoba. Maka hal terbaik adalah dengan menghindari kedua kegiatan yang abnormal tersebut.


4. ISPA (Infeksi Saluran Nafas Akut)





Penyakit ISPA adalah terjadinya infeksi yang menyerang saluran pernafasan atas yang disebabkan oleh bakteri dan virus serta akibat adanya penurunan kekebalan tubuh penderita akibat populasi udara yang di hirup

Sebuah riset di Amerika Serikat menyebutkan bahwa ISPAS merupakan jenis infeksi yang paling mematikan bila dibanding jenis infeksi yang lain.

Dalam 5 dekade di Amerika serikat, kematian akibat infeksi ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Gejala dari penyakit ini berupa pilek, bersin, sakit kepala, dan sakit pada tenggorokan. Infeksi ini mengganggu system pernafasan seseorang sehingga membuat aktivitas bernafas menjadi sulit. Infeksi pada saluran nafas bawah ini atau ISPA lebih rentang terjadi pada usia anak-anak.

Penyebab Ispa sbb:

  • Semakin padatnya hunian
  • Terjadinya kebakaran hutan
  • Polusi udara


Pencegahan Ispa sbb:

  • Gunakan ventilasi udara di rumah
  • Hindari daerah kebakaran
  • Hindari polusi udara



5. Komplikasi Perinatal




Penyakit ini hanya dialami oleh ibu hamil, disaat mengandung atau saat proses melahirkan. Dari hasil riset, menemukan bahwa setiap tahunnya sekitar 500 ribu perempuan meninggal akibat komplikasi perinatal ini. Bentuk komplikasi ini meliputi pendarahan, infeksi, serta melakukan aborsi yang tidak aman.

Bahkan di Indonesia angka kematikan karena komplikasi perinatal ini cukup tinggi hingga saat ini. Pengetahuan mengenai kehamilan dan kehamilan di luar nikah menjadi salah satu penyakit ini semakin sadis.

Demikian share tentang 5 Penyakit paling banyak menimbulkan kematian di dunia yang bisa guruKATRO sajikan, apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan, guruKATRO mohon maaf dan sangat mengharap masukan dari yang lebih mengerti tentang hal ini.
Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang 5 PENYAKIT PALING MEMATIKAN DI DUNIA yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

No comments