MENGATUR LAMBANG DESIMAL PADA EXCEL DENGAN TANDA KOMA ATAU TITIK

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Tanda Desimal yang biasa dibuat dalam format Bahasa indonesia, adalah tanda koma. Sebaliknya Tanda Desimal yang digunakan dalam format Bahasa Ingrris (USA) berbentuk tanda titik.

Lalu apa alasannya mengapa guruKATRO mengangkat masalah ini????.

Pada kenyataan di lapangan yang biasa dialami para Operator Madrasah dalam mengolah data melalui excel adalah ingin menjadikan tanda atau lambang desimal itu kembali dalam bentuk tanda koma (,), sebagaimana sewajarnya dalam tata bahasa Indonesia. Sedangkan peristiwa terjadinya tanda desimal pada excel berubah menjadi tanda titik (.) lebih sering karena tuntutan Aplikasi desktop emis, yang mana aplikasi tersebut menuntut penggunanya untuk terlebih dahulu mengubah format bahasa Komputer pada posisi English-US (Inggris-Amerika Serikat), baru kemudian komputer akan support dengan Aplikasi tersebut.

Sebenarnya ini merupakan langkah mudah, bila Operator Madrasah ingin mengembalikan Tanda desimal pada excel itu adalah dengan cara mengembalikan format bahasa komputer itu kembali pada format Bahasa Indonesia. Misalnya disaat akan cetak SKHUS, sebaiknya ganti dulu tanda desimal menjadi tanda koma.

Namun bila ada Operator Madrasah yang masih cukup bingung untuk melakukan hal tersebut, maka dibawah ini akan dipaparkan step by step caranya, yuk! kita mulai :

1. Klik satu kali, Taskbar paling kanan (bawah), maksudnya itu adalah taskbar jam dan tanggal,



2. Setelah muncul jendela popup pengaturan waktu, silakan klik tulisan "Change date and time settings..."  (tulisan berwarna biru di bagian bawah popup pengaturan waktu),






3. Bila sudah muncul jendela popup yang baru (Date and Time), silakan klik "Change date and time..."



4. Muncul lagi popup baru (Date and Time Setting) yang berisi jam dan kalender, Klik "Change calendar setting"






5. Muncul dua jendela popup sekaligus, yaitu "Regional and Language" dan menumpuk diatasnya adalah jendela popup "Customize Format", klik Cancel pada jendela popup "Customize Format",







sehingga kini yang nampak tinggal jendela popup "Regional and Language"

6. Saatnya mengganti/mengembalikan format bahasa yang waktu dulu ketika akan mengolah data EMIS sempat diganti ke posisi "English (United States)", Klik pita pilihan bahasa itu, dan pilihlan Bahasa Indonesia.





7. Setelah terpilih Format Bahasa Indonesia, berikutnya adalah klik Apply, yang ada di pojok kanan bawah jendela popup "Regional and Language" itu, lalu diikuti klik OK yang ada disebelah kiri Aplly. Berikutnya setiap klik OK pasti jendela popup tersebut akan tertutup secara otomatis, dan menyisakan jendela popup yang telah lebih lama terbuka, selalu klik OK untuk menutup jendela jendela popup.






9. Bila semua jendela popup yang tadi terbuka sudah tertutup semuanya, silakan buka file excel yang mengandung tanda desimal. Bila langkah langkah diatas sudah dijalani dengan benar, biasanya semua tanda desimal yanasalnya berupa lambang titik, sudah berubah menjadi lambang koma.


10. Jangan lupa kembalikan format Bahasa ke posisi "English (United States)" bila nanti akan mengolah data EMIS

Demikian tentang CARA MENGATUR LAMBANG DESIMAL PADA EXCEL DENGAN TANDA KOMA ATAU TITIK yang bisa guruKATRO bagikan, semoga bisa mendatangkan pencerahan bagi Operator Madrasah yang belum sempat mengetahui caran seperti di atas.

Terima Kasih

Wassalaam...
Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang MENGATUR LAMBANG DESIMAL PADA EXCEL DENGAN TANDA KOMA ATAU TITIK yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

8 comments

  1. blognya lebih keren sekarang pak... lebih cepat juga dari yang dulu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh jadi malu, dah berusaha sekuat tenaga agar bisa lebih cepat, tapi tetap saja masih kalah cepat dari portal-ilmu

      Delete
  2. Syukron Pak blognya sangat bermanfaat buat Madrasah, semoga semakin berkah dan kami tunggu pak aplikasi dan info lainnya......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukron aidhon, semoga pak dan semoga kami bisa...

      Delete
  3. Baru hari kerja pertama kali kerja, udah disuguhin masalah desimal ama titik di excel. Makasih ya pak buat artikelnya membantu banget buat pekerjaan saya. Doain kerjaan saya lancar ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wouwh ... selamat bekerja ... doaku selalu menyertaimu .... semoga lancar terus ... dan berkah selalu

      Delete
  4. Akhirnya kerjaan dipermudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tulisan sederhana ini memang bisa ada manfaatnya

      Delete