DUA KEMUNGKINAN KERUSAKAN KAPASITOR

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Yang dimaksud kerusakan kapasitor disini adalah kapasitor yang di fungsi kan untuk mengatur arah putaran motor listrik. Misalnya motor listrik pada kipas Angin, Kompressor, Vacum Cleaner, Mesin Cuci dan lain lain.


KAPASITOR (nama asalnya = CAPACITOR) adalah nama lain dari KONDENSATOR (condencator), Hanya saja nama kapasitor lebih diperuntukkan pada jenis kondensator dengan ukuran (kapasitas) yang lebih kecil, dan juga nama kapasitor lebih lazim untuk jenis kondensator yang bersifat nonPOLAR. Tapi secara umum nama Kondensator digunakan untuk kesemuanya, mulai dari ukuran kapasitas terkecil hingga yang berkapasitas besar, dan juga baik yang bersifat nonPOLAR maupun yang bersifat biPOLAR.

Dalam posting ini akan diangkat kasus kerusakan yang bisa menimpa kapasitor nonpolar




yang biasa digunakan sebagai penentu arah putaran motor listrik.

Kadang seorang bengkel terlalu cepat memvonis sebuah kapasitor dengan julukan "MATI", padahal dalam kenyataannya paling tidak ada dua kemungkinan kerusakan, yaitu :

1. Kapasitor hanya menyimpan listrik statis ( cukup mudah memperbaikinya)
2. Kapasitor MATI (harus diganti dengan yang baru)

Kematian Kapasitor, bisa disebabkab oleh
  • Korsluit (Korslet), diantara kaki kakinya saling menyambung, layaknya terhubung oleh kabel (konduktor)
  • Kering, kehabisan zat cair yang digunakan untuk menyimpan arus listrik, diantara kaki kakinya sudah tidak ada reaksi apa apa, ibarat seutas kabel yang telah putus.


Kerusakan sebuah kapasitor lebih sering terjadi pada kapasitor nonpolar yang dipasang sebagai pengarah putaran motor pada peralatan yang lebih mengarah pada peralatan elektrik, misalnya motor Kipas Angin, Compressor Kulkas, motor pada mesin cuci, motor pompa air dan lain lain. 

Bila terjadi kasus dimana motor penggerak pada peralatan tersebut diatas tidak lagi bisa berputar, pastilah seorang montir yang handal akan langsung memeriksa komponen yang bernama kapasitor. Sebab memang komponen inilah yang paling sering mengalami masalah. Namun kadang entah dengan alasan disengaja atau memang karena benar benar tidak tahu, seorang montir langsung juga mengatakan bahwa kapasitor sudah mati dan harus diganti yang baru.

Sedang Kapasitor tegangan tinggi dan nonpolar, memiliki harga yang cukup mahal, Jadi sebagai pemilik peralatan elektrik tersebut harus cukup jeli dalam menangani masalah ini, setidaknya masih ada kemungkinan peralatan tersebut bisa kembali bekerja seperti sedia kala, tanpa harus membeli kapasitor yang baru, alias masih menggunakan kapasitor yang lama.

Yang perlu diketahui adalah bahwa belum tentu kapasitor tersbut benar benar mati!!!!, karena sering juga kapasitor tersebut tidak bekerja hanya karena menyimpan listrik statis. dan untuk penanganan masalah listrik stati ini sangat mudah, hanya ples memerlukan sedikit ke hati hatian.

Cara mengatasi listrik statis hanya dengan cara menghubungsingkatkan kedua kaki kapasitor tersebut. langkah ini berfungsi sebagai cara membuang listrik statis yang terlanjur tersimpan di dalam kapasitor.

Sedang yang dimaksud dengan kehatihatian adalah jangan sampai tangan atau kulit kita menyentuh kedua kaki kapasitor tersebut, bukan akan merusak kapasitor tersebut!!. tapi hanya karena didalam kapasitor tegangan tinggi tersimpan listrik tegangan tinggi pula, jadi tangan atau kulit kita akan terkena sengatan listrik. Sengatan listrik yang sangat besar  itu hanya sekejap, jadi tidak juga berbahaya bagi tubuh kita, namun cukup berbahaya bila kita terkejut dan kapasitor akan terlempar, dan kebetulan mengenai kepala seseorang,......

Sebenarnya kasus mengatasi kapasitor yang menyimpan listrik statis ini sudah sangat sering dilakukan oleh montirKATRO, dulu ketika montirKATRO masih menekuni bengkel elektronika, tapi kejadian yang barusan terjadi adalah yang menimpa motor penggerak bagian pengering mesin cuci milik montirKATRO sendiri, setelah sepekan lebih istri montirKATRO mengeluhkan macetnya mesin pengering tersebut, barulah montirKATRO punya kesempatan untuk membongkar mesin cuci tersebut.

Sama... seperti bengkel professional, setelah mencabut jek listrik, montirKATRO langsung menuju ke kapasitor. Sedikit perbedaan dengan bengkel professional yang biasa langsung bongkar itu kapasitor, montirKATRO tidak langsung ke kapasitornya, melainkan hanya berusaha menemukan dua utas kabel yang arahnya menuju kapasitor tersebut, dua kabel itu di buka kulitnya, lalu disambungkan (di korsluitkan) atau dihubungsingkatkan, Thet!!!, itulah bunyi ledakan kecil yang timbul (bayangkan bila itu kena tangan)...., sekali lagi, dua kabel kaki kapasitor itu diadu, sudah tidak menimbulkan bunyi lagi, berarti listrik statis yang tersimpan dalam kapasitor sudah habis.

Langkah berikutnya, tancapkan kembali jek listrik, nyalakan mesin pengering... dan, Alhamdulillaah... ternyata jadi sudah... itu pengering mesin cuci montirKATRO. tanpa harus mengganti kapasitor.

Jadi intinya, walaupun lebih besar kemungkinan kapasitor itu rusak, tapi tidak ada salahnya bila kita coba kosongkan dulu kapasitasnya, barang kali seperti nasib mesin cuci montirKATRO, yang bisa beroperasi kembali tanpa harus membeli kapasitor yang baru.

Kesimpulan :

  • Kapasitor tidak bekerja belum tentu ia mati, tapi kadang juga hanya menyimpan listrik statis.
  • Kapasitor tegangan tinggi menyimpan listrik tegangan tinggi pula, jadi jangan sampai tangan atau kulit kita menyentuh kedua kakinya secara bersamaan, sebab akan menyebabkan sengatan listrik yang cukup besar.
  • Agar tangan atau kulit kita tidak terkena sengatan listrik, cara membuang listrik statis yang tersimpan dalam kapasitor adalah dengan menghubungsingkatkan kedua kakinya, sebaiknya menggunakan obeng dengan gagang yang bagus isolatornya.
  • Hati hati, ada beberapa bengkel atau montir yang langsung memvonis bahwa kapasitor mati, padahal kapasitor bekasnya dibawa pulang, dan barangkali hanya mengalami listrik statis saja.
Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang DUA KEMUNGKINAN KERUSAKAN KAPASITOR yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

18 comments

  1. bagaimana dengan mesin cuci yg sering mati capasitor ber'ulang2

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya kapasitor nya yang sering mati???

      Delete
  2. Pak guru mau tanya kenapa kapasitor starting pada kulkas satu kaki nya ada yg terbakar? Mohon dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya terbakar satu kali apa terbakar terus setelah diganti

      Delete
  3. Bagaimana kalo kasusnya dengan powersupply PC? Saya baru ganti kapasitor tapi beberapa hari kemudian, powersupply tidak bisa menghantarkan listrik dengan baik, dan ketika dicek kapasitansi dari kapasitor berkurang dari 800sekian mikrofarad menjadi setengah nya, adakah solusi atau informasi mengenai berkurangnya kapasitansi dari kaasitor/elco dipowersupply?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba perbarui lagi kapasitor dengan yang voltagenya lebih tinggi dan kualitasnya lebih baik

      Delete
  4. Bisakah di korsletkan kedua kaki tanpa melepas atau merusak kabel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa ... asal logam kedua kakinya bisa disentuh ujung obeng, tapi hati hati ... akan ada ledakan kayak mecon

      yang paling aman ... siapkan bohlam ... sambungkan kaki kaki capasitor ke bohlam ... bohlam nyala sebentar kemudian mati dg sendirinya ... berarti capasitor sudah kosong

      ulang sedot kapasitas dengan bohlam untuk meyakinkan sudah benar benar kosong

      Delete
  5. Kapasitor pompa air (sumizu) saya kebakar sampai leleh kapasitornya, stlh nyala selama 2 jam terus menerus dan mengeluarkan asap putih, bau spt kabel yg kebakar. Sdh diganti tapi dg ukuran yg lebih kecil (dari 30 uF ke 8 uF) dan pompa berfungsi. Namun bodi mesin cepat panas kemudian meter listrik jegleg. Begitu seterusnya. Mohon pencerahan dan solusinya agar pompa tsb normal kembali. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan pertama karena kapasitasnya terlalu kecil (8uF), kalau memungkinkan coba pilih yang 30uF atau malah diatasnya
      kapasitor yangterlalu kecil bisa membuat susah pada awala putaran, dan jelas akan meningkatkan panas dan py=utaran kasar

      kemungkinan kedua spul sudah aus pada saat dinyalakan selama 2 jam

      Delete
  6. Kapasitor keramik pada drifer power amplifier mati apa sebab dan akibatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mati oleh apa saja
      matinya pun bisa putus bisa juga short
      bila putus .. paling gak bunyi atau dengung
      kalau short bisa merusak alat lain

      Delete
  7. Kapasitor keramik pada PSU TV LED ada bunyi tek".saat di cek arus di kaki" kapasitor.lampu pada Taspen seperti arus yang tidak stabil(kedip").apakah kapasitor rusak?. Mohon bimbinganya..Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Saya pake inverter fitting lampu. Guru katro pasti taulah ya yg harganya cum25k dari aki 12v dc ke 220v ac. Yg saya bingung buat nyalain Salon GMC 50watt yg jebol kapasitor GMC nya. Dan buat nyalain lampu gk 2 menit yg pecah cbb merahnya... Itu menurut guru katro kenapa ya. Gimana biar bisa dipake buat salon dan kapasitor salonya tetap aman.🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek tegangan output inerternya
      barangkali jauh diatas 220V

      Delete
  9. Mau tanya mas. Saya ada masalah pada drum motor, dimana drum motor rusak dan dinamo digulung ulang. Teknisi mengatakan bahwa dayanya akan bertambah setelah digulung ulang tembaga dinamo. Apakah gulungan dinamo tersebut bisa mempengaruhi besaran daya kapasitor standard drum motor? Daya kapasitor yg saya pakai 6uF standard sebelum dilakukan gulungan tembaga dinamo. Saat inui drum motor mengalami masalah saat start tidak berputar dan harus dipancing untuk berputar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau daya membesar ... kemungkinan kapasitor juga harus diperbesar ...
      coba gunakan yang 10uF atau 12uF
      semoga akan teratasi

      Delete