Lirik lagu Ifroh Ya Albi nyadur dari situs Timur Tengah

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Sebenarnya tidak terlalu penting juga sih!, guruKATRO memublikasikan posting ini, mungkin hanya karena guruKATRO sedikit geli, bila mengingat lagu ini sering dilantunkan pada acara acara keagamaan, ...... Mungkin karena lagu Ifrah Ya Qalbi yang orang Indonesia lebih akrab dengan sebutan Ifroh Ya Albi ini berbahasa Arab (Mesir), dan didukung kekurangpengetahuan kita dalam menganalisa makna sebuah lagu asing. Padahal sepertinya lagu ini berisi bukan tentang pujian ataupun sanjungan kepada Nabi ataupun Sang pencipta, atau sejenis Shalawat, sepertinya lagu ini hanya menceritakan perasaan cinta seorang wanita kepada seorang pria, layaknya lagu lagu pop pada umumnya.

Sekali lagi mungkin hanya karena lirik lagu ini berbahasa Arab, maka banyak orang awam, yang menganggap bahwa lagu ini adalah lagu keagamaan, dan ujung ujungnya sering dengan bangga dilantunkan pada acara acara pengajian. Atau mungkin saja pemaknaan oleh guruKATRO sendiri yang ternyata salah kaprah !, bila demikian adannya, guruKATRO hanya bisa mohon maaf dan minta penjelasan lebih lanjut dari para ahli, agar guruKATRO tidak lagi salah pengertian dengan lagu ini.

Lirik yang guruKATRO dapatkan dari situs timur tengah, sbb :






guruKATRO sendiri masih belum tahu mengapa kata Qalby (hatiku), bisa berubah menjadi Albi.

bila digabung dengan kata sebelumnya, ifrah (mungkin bisa diartikan bergembira ria / bersukaria, berbunga bunga). Bila memang benar makna dari Ifrah seperti itu, maka jelas yang cocok adalah Qalby. Sedang untuk kata Albi, guruKATRO masih kesulitan untuk menerapkan dengan kata Ifrah, paling banter menemukan arti kumpul, yaaaaah mungkin karena ketidak tahuan guruKATRO sendiri ..., tapi yang jelas, yang guruKATRO dapatkan dari hasil selancar ke situs situs punya orang timur tengah, utamanya orang mesir, rata rata liriknya seperti diatas, dan tidak menemukan lirik di situs sana yang menggunakan kata Ifroh Ya Albi.

Akh barangkali ada yang mau menelaah, silakan putar yang dibawah ini, 




 

Semoga bisa menjadi bahan telaah, terutama bagi rekan rekan yang sering diminta mengisi acara selingan pada saat ada acara pengajian dan lain lain.

Dan juga semoga bisa bermanfaat bagi rekan rekan yang hingga saat ini masih mencari cari lirik lagu yang orsinil dari timur tengahnya.

Lagu ini sah sah saja dilantunkan, apalagi bila bukan pada acara pengajian, karena nada dan iramanya meliuk liuk mendayu dayu dan sangat nikmat didengarkan ......layaknya seorang wanita yang tengah bersuka ria bisa berbagi hati dengan seorang pria.

Mohon maaf juga kepada grup Qasidah Mustika Nada, yang pada suatu kesempata mengikuti festival dan sempat guruKATRO abadikan, walaupun dengan kualitas yang sangat jauh dari harapan, harap maklum itu semua karena saat itu guruKATRO sedang dikuntit si bungsu yang inginnya nempel terus, sehingga membuat posisi kamera menjadi labil dan jauh dari standar stabil.
Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang Lirik lagu Ifroh Ya Albi nyadur dari situs Timur Tengah yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

6 comments

  1. saya setuju !!! tapi klo masalah kata ifroh ya albi sama dengan ifrah ya qalbi ... cuman karena lidah orang mesir, qaf jadi dibaca A ... coba aja anda simak di dalam setiap lagu2 asli timur tengah dan bandingkan dengan lirik ,,, apa yang diucapkan sering tidak sama dengan tulisan ... karena emang lughat x seperti itu ... terimakasih ... maaf kalo saya salah ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih
      saat aku nanya sama orang pinter juga katanya ALBI juga memiliki makna hati yang paling dalam atau halus lembut

      biarlah qalbi atau albi mungkin maknanya tetap sama ....... tentang hati yang berbunga bunga

      Delete
  2. Lahjah mesir kalo mengucap huruf qaf menjadi a, qalbi menjadi albi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ... tapi kalau diamati dengan seksama dan diperlambat, ternyata lagu dengan vocal asli ummi kultsum samar samar terbaca huruf q nya

      Delete
    2. Saya justru tdk mendengar huru 'Q' dlm lantunan ummi kaltsum..https://youtu.be/5NeG8T_xm7c

      Delete
    3. saya juga berasa begitu, tapi pada lirik lirik yang dipublikasikan oleh situs situs dari timur tengah, kebanyakan menulis qalby ...

      Delete