8/21/2017

Panduan penggunaan Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah/Madarah (SIsPenA S/M)

komentar : 0
Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Panduan SisPenA S/M untuk Sekolah

Tutorial ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah bagaimana menggunakan Aplikasi SisPenA (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah).

Aplikasi SisPenA S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet.

Aplikasi ini pun tak tidak hanya bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer tetapi bisa juga menggunakan handphone ataupun tablet yang resolusinya lebih kecil.



Adapun langkah – langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi SisPenA S/M yaitu :

1. Buka url: http://bansm.or.id/sispena di halaman browser.




2. Atau bisa klik link banner SisPenA S/M yang terdapat disebelah kanan website http://bansm.or.id




3. Akan muncul halaman login seperti terlihat dibawah ini.




4. Selanjutnya masukkan user dan password yang dimiliki. dan pilih level pengguna yaitu Sekolah




5. Ketika pertama kali masuk kedalam halaman login. Sistem akan langsung menampilkan jendela form yang harus diisi oleh sekolah.



6. Isilah Form tersebut dan ubahlah password. user anda tetaplah NPSN dengan password atau kata sandi yang sudah dirubah untuk bisa mengakses dan masuk kembali kedalam sistem ini nantinya.

7. Setelah selesai mengisi lengkap Profile Sekolah. Selanjutnya akan akan masuk ke area penilaian evaluasi diri.





8. Dalam tabel sekolah yang tampil terdapat banyak button atau tombol yang berfungsi untuk memberikan penilaian evaluasi diri sekolah, memasukkan IPDIP sekolah, mengunggah prasyarat akreditasi, photo pendukung serta Kartu Kendali.


9. Langkah awal selanjutnya adalah Klik tombol menu Persyaratan Akreditasi untuk memasukkan prasyarat sekolah yang akan di akreditasi.

10. Akan muncul 6 form isian dokumen yang digunakan untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF atau Doc (Dokumen) dengan cara menekan Choose File





11. Keenam dokumen tersebut adalah surat ijin operasional, daftar siswa tiap kelas, data PTK, pernyataan pemberlakuaan kurikulum, Daftar Lulusan 1 tahun terakhir dan data sarana dan prasarana.

12. Untuk merubah atau mengedit kembali data atau dokumen yang sudah ada, klik Choose File lalu cari dokumen yang akan mengganti file atau dokumen yang sudah ada.

13. Apabila langkah tersebut selesai, selanjutnya klik Input Evaluasi Diri



14. Untuk menginput evaluasi diri akan muncul jendela penilaian akreditasi terhadap sekolah, sistem penilaian dimunculkan butir demi butir serta menurut standar, yang dimulai dari butir 1 pada standar isi.



15. Untuk memberikan penilaian klik langsung pilihan a,b,c,d,e yang sudah ada. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Seperti terlihat pada gambar ini.



16. Klik tombol Next untuk beralih ke butir selanjutnya.

17. Sekolah bisa melihat petunjuk teknis untuk setiap butir pernyataan dengan mengklik tombol petunjuk teknis yang terdapat di bagian atas kanan.




18. Isi dari petunjuk teknis yang kita klik akan muncul berupa pop-up atau jendela seperti gambar dibawah ini.





19. Untuk penilaian butir kita bisa memilih secara langsung berdasarkan standar dan nomer butir pada setiap standar dengan mengklik tombol standar yang terdapat dibagian bawah butir pernyataan.




20. Warna hijau yang terlihat digambar menandakan bahwa butir tersebut telah diberikan penilaian.

21. Penilaian bisa dilakukan secara acak atau melompat dari satu standar ke standar lainnya.

22. Data penilaian yang sudah dilakukan akan tersimpan secara otomatis apabila admin sekolah keluar dari sistem dan akan melanjutkan nantinya. Dan hal ini juga mengantisipasi apabila terjadi insiden seperti mati lampu ketika proses penilaian

23. Proses penilaian akan dianggap selesai apabila semua butir sudah dinilai dan muncul tombol Simpan dibagian paling bawah seperti gambar dibawah ini.




24. Apabila anda sudah yakin dengan penilaian anda, klik tombol Simpan. Setelah menekan tombol Ok maka penilaian evaluasi diri telah selesai dan bisa langsun melihat hasil penilaian yang telah kita lakukan dengan cara mengklik tombol Lihat Hasil Penilaian

25. Pada jendela hasil penilaian akan muncul nilai pada setiap standar, Nilai akhir dan peringkat.


26. Pada tabel penilaian ini juga diperlihatkan warna yang berbeda yaitu warna merah apabila nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, yaitu 1) nilai akhir kurang dari 71, 2) Nilai standar sarana dan prasarana kurang dari 61, 3) Salah satu standar nilainya kurang dari 50.




27. Admin sekolah bisa mengedit atau merubah data evaluasi diri sekolah kapan saja dengan menekan tombol menu EDIT EDS



28. Untuk mengedit atau merubah nilai langkah langkahnya sama seperti mengisi nilai evaluasi diri pertama kali.

29. Jika ingin mencetak hasil penilaian evaluasi diri klik tombol Print Format Laporan Individu


30. Akan muncul jendela untuk cetak dokumen, tekan tombol Print Jika sudah yakin dengan tampilan yang ada, atau klik More Setting untuk mengatur margin, ukuran kertas, menghilangkan header atau memberi warna pada tabel.




31. Atur setting yang ada untuk mendapatkan posisi cetak yang baik. Jika telah selesai klik PRINT



32. Selain penilaian evaluasi diri sekolah juga harus menyertakan IPDIP (Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi) Sekolah yang bersangkutan.


33. IPDIP ini bisa di upload (Unggah) secara langsung digital atau dicetak dan digunakan untuk referensi asesor dalam melakukan penilaian

34. Klik tombol Choose File untuk memilih dokumen IPDIP.



35. Pilih dokumen IPDIP anda. Dan klik Submit untuk mengirim.




36. Selanjutnya sekolah mengirimkan Foto sekolah sebanyak 5 buah yang menggambarkan sarana prasana serta kegiatan belajar. Dengan mengklik menu Foto sekolah.


37. Klik Upload Foto untuk mulai memasukkan Foto pendukung



38. Klik semua tombol Choose File untuk memilih dan memasukkan foto, dan tekan submit jika telah selesai




39. Photo yang dimasukkan akan muncul dan bisa kita lihat lebih detail satu persatu dengan mengkliknya.



40. Photo bisa di diperbesar, digeser bahkan diputar, dan untuk melihat photo selanjutnya kita bisa menekan tombol next



41. Apabila telah selesai, Untuk kembali ke menu sebelumnya atau area penilaian kita bisa menu penilaian yang terdapat disamping kiri



42. Langkah terakhir dan sangat Penting….!! Sekolah harus menginput kartu kendali setelah proses visitasi akreditasi oleh asesor selesai dilaksanakan.



43. Akan muncul form yang harus diisi oleh sekolah.



44. Klik Submit setelah sekolah mengisi seluruh isian dalam format kartu kendali.

45. Sekolah akan diberikan warning oleh sistem dan BAP apabila belum mengisi format kartu kendali sampai waktu yang ditentukan.

46. Untuk fasilitas menu lainnnya asesor bisa melihat data secara umum tentang Akreditasi di menu Dashboard.



47. Akan terlihat beberapa informasi umum berupa infografis dan informasi lainnya terkait akreditasi.




48. Untuk merubah kembali biodata atau profile Sekolah serta merubah Foto Profile bisa mengklik menu yang terdapat disebelah kanan atas.



49. Form Edit Profile sekolah, Klik Submit untuk menyelesaikan




50. Klik Choose File untuk merubah photo profil sekolah anda



51. Jika menggunakan smartphone bisa secara langsung mengganti dengan memilih foto di file penyimpanan atau memfoto secara langsung menggunakan kamera.

52. Jangan lupa untuk memilih menu Logout apabila anda telah selesai menggunakan Sistem Aplikasi ini.



53. Selamat Menggunakan…. Salam Akreditasi Berkualitas

Penulis berbagi PENGETAHUAN
Pembaca mendukung dg TIDAK MEMBLOKIR IKLAN
dg SALING PENGERTIAN seperti ini
Insya Allah kita selalu dalam KEBERKAHAN

Demikian Posting tentang Panduan penggunaan Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah/Madarah (SIsPenA S/M) yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Tidak ada komentar

Facebook Comments