2017/09/03

Cara mendapatkan signal Satelit TELKOM 3S

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Mengapa harus TELKOM 3S ???

Sepertinya saat ini dan bahasan pada blog ini ditujukan hanya untuk pembaca yang tengah bersemangat mencari Siaran Televisi TRANS-7 dan TRANS-TV, mungkin juga nantinya untuk NET dan ANTV.

Iya .... itu karena faktor dari rusaknya satelit telkom 1,


Kabarnya sih telkom 1 itu diluncurkan pada tahun 1999 dengan durasi masa kerja selama 15 tahun, dan itu berarti satelit yang diluncurkan dari Perancis itu seharusnya sudah pensiun pada tahun 2015 yang lalu, mungkin karena dianggap masih layak pakai, makanya hingga tahun 2017 telkom 1 masih dioperasikan.

Yah .... namanya barang ada masa kedaluwarsanya, sehingga pada akhir Agustus 2017 lalu, telkom 1 mengalami masa kelelahan juga. Pada hari pertama pihak pengelola sempat menyatakan bahwa besok (sabtu) sore satelit sudah bisa dioperasikan lagi ???. Namun kenyataannya hingga kini belum juga kelar, atau bahkan mungkin hingga selamanya tidak akan kelar dan mesti diganti yang baru alias gress ....

Awalnya guruKATRO juga berharap bila telkom 1 itu bisa segera dipulihkan, namun beberapa hari kemudian pihak pengelola menyatakan bahawa untuk sementara pengguna telkom 1 dialihkan dulu ke palapa, dan memang dalam beberapa hari  itu kita bisa mengakses siaran Televisi ANTV, NET., TRANS-TV dan TRANS-7 melalui satelit PALAPA.

Beberapa hari berikutnya ternyata TRANS-TV tiba tiba lenyap dari PALAPA, belakangan diikuti TRANS-7 juga. Dua Stasiun Televisi milik Chairul Tanjung itu sepertinya sangat setia pada TELKOM, atau mungkin sudah terlanjur kontrak dalam jangka waktu yang panjang ..... Sehingga sementara ini ANTV dan NET masih ningkrong di PALAPA, sedangkan TRANS-TV dan TRANS-7 sudah migrasi ke TELKOM 3S.

Akibatnya kita kita para penikmat siaran kedua stasiun televisi tersebut terpaksa harus kehilangan kesempatan untuk menyaksikan acara acara kesayangan.

Khususnya bagi para pengguna Televisi dengan antena parabola, untuk dapat menayangkan kembali siaran TRANSTV dan TRANS7, maka parabola harus diatur ulang.

Bagaimana caranya ????

Sebelum melakukan segalanya, sebaiknya tahu dulu letak masing masing satelit :

- Satelit Telkom 3S berada pada posisi 118oE
- Satelit Palapa berada pada posisi 113oE
- Satelit Telkom 1 berada pada posisi 108.2oE

ini suatu keuntungan yang akan memudahkan langkah bagi para pemula, sebab bila dilihat dari data diatas, jarak antara TELKOM 1 dengan PALAPA sejauh 4.8o ,sedang jarak antara PALAPA dengan TELKOM 3S pas 5o , hanya selisih 0.2o saja dan itu pengaruhnya akan sangat kecil

Bila kita ingin memasang LNB untuk menjangkau TELKOM 3S, berarti kita pasang LNB baru dengan posisi disebelah barat LNB untuk palapa. Dengan jarak sama atau lebih jauh 0.2o bila dibanding jarak antara PALAPA dengan TELKOM 1, seperti ini :
Bila satelit TELKOM 1 benar benar sudah tidak akan aktif lagi, atau bila kita tidak ingin mengeluarkan budget untuk membeli LNB baru, maka bisa kita siasati dengan memindah posisi LNB (diseqC) 2 yang biasanya untuk TELKOM 1, diletakkan disebelah barat LNB (diseqC) 1 yang untuk PALAPA. Sementara kita biarkan posisi LNB1(palapa) dan biarkan kosong dudukan bekas LNB2 (TELKOM 1).

Dengan memasang LNB baru, atau menindah LNB2 (TELKOM 1) ke sebelah paling barat, maka Palapa yang awalnya dipasang dengan LNB 1 kini menjadi LNB 2. Karena LNB 1 kini dipasang untuk TELKOM 3.

Tentunya dengan diikuti setting pada receivernya, seperti ini :


Tapi bila kita hanya memindah LNB 2 (telkom 1) yang asalnya nomor 2 dari barat menjadi disebelah paling barat dan tidak mengganti kabel konektor (artinya konektor yang asalnya untuk palapa tetap untuk palapa dan yang asalnya untuk telkom 1 menjadi untuk telkom 3), maka kita tidak perlu mengubah setelan pada receivernya. paling paling dan bila perlu hanya mengedit nama saja dari yang asalnya bernama telkom 1 menjadi telkom 3. Bila tidak diubah juga tiada mengapa, itu hanya opsional saja, sebab nama tidak diubah pun (tetap bernama telkom 1), tetap saja akan mendapat sinyal dari telkom 3

Bila parabola kita hanya terpasang 2 LNB saja, putar saja dudukan LNB sejauh 180 derajat, agar LNB yang awalnya di sebelah timur menjadi disebelah barat dan sebaliknya. Dengan tetap berusaha menjaga agar posisi LNB 1 tetap berada pada posisi semula

ASALNYA

DIBALIK MENJADI
untuk meletakkan LNB pada posisi 118o  (untuk telkom 3, bisa dengan membuat dudukan baru dengan cara menyambung yang dudukan yang telah ada, kalau guruKATRO dengan memanfaatkan plat besi sisa membuat rak sepatu.

Dan bila terpaksa atau tidak sengaja ternyata posisi LNB 1 (palapa) jadi berubah posisi, maka bisa dilakukan penyesuaian dengan mengatur kembali arah parabola (payung)

Atau bahkan mungkin bisa dengan hanya geser arah payungnya saja ke arah barat sejauh  5o , tanpa harus memutar dudukan LNB.

Bila dengan langkah langkah itu ternyata signal salah satu atau bahkan keduanya menjadi jelek atau bahkan hilang, bisa dilanjut dengan setel arah payung parabola hingga bisa lock Palapa. Sesudah palapa bisa di akses dengan sempurna dilanjut dengan scan telkom, Insya Allah akan menemukan signal dari TELKOM 3.

Bila dua langkah langkah ternyata hasilnya "ANDA GAGAL", cobalah untuk telaten mencoba lagi, tapi bila hasilnya "GAGAL dan GAGAL lagi", mungkin anda harus mendatangkan AHLInya .....

bila suatu hari benar adanya NET dan ANTV juga ikutan ke TELKOM 3, maka tinggal scan saja.

Selamat mencoba, semoga berhasil .....


Bagikan

guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang Cara mendapatkan signal Satelit TELKOM 3S yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

2 komentar

  1. mantappp..trima kasih ilmunya gan,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali kasih, semoga bisa di praktekkan ... biar kayak saya udah bisa nonton trans7 lagi

      Hapus