Ganti Hardware Wireless Aspire 4736G | guruKATRO

9/27/2017

Ganti Hardware Wireless Aspire 4736G

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Setelah merasa agak agak puyeng, akhirnya guruKATRO menyerah untuk mencoba sendiri dengan beralih ke haluan internet. Dari hasil googling, ternyata banyak diantara rekan rekan yang mengalami nasib sama, ketika menangani Laptop/Notebook Acer Aspire 4736G, Kendalanya sama persis, yaitu disaat harus mengoperasikan wireless.
Dari berbagai tutorial yang sempat guruKATRO pelajari, ternyata rata rata seperti lingkaran ajaib, semua kembali ke ujung kegagalan. Karena itu, biarpun sudah banyak yang memposting kasus seperti ini, namun guruKATRO tetap ingin memaparkannya juga, dan tentunya dengan solusi yang agak berbeda dari yang lainnya.

Ceritanya berawal dari sini. Setelah Aspire 4736G diinstall dengan windows (dalam hal ini, guruKATRO menggunakan Windows 7 Home Premium). Kenapa tidak memilih OS yang terbaru ???, windows 10 atau windows 8, misalnya, atau sekedar windows 7 tapi yang ultimate. Alasannya tentu sangatlah klasik, yaitu demi mempertahankan windows yang memiliki Genuine Key Registration.

Dan itu juga lah yang menyebabkan guruKATRO bersemangat untuk memiliki laptop bekas dan sangat jadul tersebut.



Setelah selesai install windows 7 home premium, langsung saja dilanjut dengan install driver drivernya, semuanya lancar lancar saja, bahkan untuk Bluetooth, belum diinstall drivernya pun, ia sudah bisa dimanfaatkan.

Permasalahan justru baru muncul ketika akan membagi paket data dengan device lain menggunakan wifi laptop, ternyata cukup sulit untuk mengaktifkan wireless, bahkan tidak terdeteksi bila dibuka melalui Windows Mobility Center. Padahal dua macan Driver wireless untuk laptop aspire 4736g yang di download langsung dari acer.com sudah diinstall semua ???

Akhirnya guruKATRO putuskan untuk membuka dan mengamati secara fisik, hardware wireless dalam laptop ini agar secara langsung bisa mengamati jenis dan modelnya, ternyata tampilannya seperti ini :



Dengan modal hasil pengamatan secara fisik tersebut, akhirnya diputuskan masuk portal intel support download dengan mencantumkan kode request intel wifi link 1000, dan dari sana didapatlah drivernya seperti ini :


Karena ukuran file keduanya cukup kecil, maka diputuskan untuk mendownload kedua-duanya, yang pertama yang versi 16 dan berikutnya yang versi terbaru, versi 19. Ini juga karena pengalaman mengatakan bahwa yang terbaru belum tentu support untuk jenis laptop lama. .... Setelah di install, ternyata keduanya bisa bekerja. Kembali fresh otak ini .....

Setelah beberapa hari beberapa hari berselang, tiba tiba wireless menghilang lagi dari pandangan, coba instal berbagai jenis driver wireless, ternyata bisa muncul kembali tapi kemudian raib lagi, kejadian seperti itu hingga kemarin telah terulang beberapa kali, hingga akhinya guruKATRO menganggap mungkin hardware wireless sudah diambang fajar nyawanya.

Dengan pola pikir yang terakhir itu, akhirnya guruKATRO masuk ke gudang barang bekas yang letaknya diatas loteng, tujuannya pasti mengambil beberapa laptop gagal servis yang telah tersimpan sekian lama untuk diculik hardware wirelessnya.

Setelah mengambil beberapa laptop yang tampangnya sudah sangat kucel kucel, mulailah proses pembongkaran, giliran pertama jatuh pada laptop toshiba, wireless dipungut lalu dipasang pada acer aspire 4736G, langsung cling, itu wireless muncul tanpa permisi.

Tapi sayangnya hardware wireless milik laptop toshiba itu terlalu lengkap isinya, selain wireless ada juga disana hardware berbagai Radio Bluetooth, dan yang paling didak disukai adalah tombol on/of bluetooth dan wireless yang ada disamping keyboard sama sekali tidak berfungsi, di pilih on hidup, dipilih of juga tetap hidup.

Tapi langkah diatas itu jelas telah mampu mengungkapkan bahwa hardware wireless intel link1000 itu sudah aus atau mungkin karena kualitas yang kurang dapat dipertanggungjawabkan. Buktinya ketika wireless aspire dikembalikan, tetap saja tidak terdeteksi, dan ketika coba ulang dengan yang punya toshiba, langsung muncul lagi.

Pencarian dilanjut dengan mengais hardware wireless dari laptop merk lainnya, kelinci percobaan kedua giliran  lenovo g405, laptop amd yang sebenarnya masih cukup baru, namun karena hampir semua komponen dipasang onboard, mati salah satu harus ganti satu motherboard (malas amat).... experimen ini juga berhasil dengan baik. Tombol on/off wireless dan bluetooth bisa bekerja dengan normal.

Namun karena dirundung rasa penasaran, walaupun sudah menemukan wireless dari lenovo yang sudah jelas bisa di andalkan, tetap saja hati ingin mencoba yang ke tiga, korbannya adalah aspire 4738, laptop yang nyata nyata masih besar harapan untuk bisa diperbaiki. Ambil hardware wirelessnya, pasang pada aspire 4736G, dan hasilnya bisa bekerja walau tidak sesempurna ketika menggunakan yang dari lenovo, hingga guruKATRO memutuskan memilih yang dari laptop lenovo g450, karena disamping ini yang paling match, juga karena laptop inilah yang paling tidak mungkin bisa di perbaiki lagi.

Dengan demikian guruKATRO tidak repot repot lagi mencari cari driver yang seperti diatas itu, karena hardware wireless yang sedang digunakan ini (dari lenovo), sudah sangat match dengan aspire 4736G, dan drivernya sangat mudah dicari.

Akhirnya kini guruKATRO menggunakan laptop jadul bekas, beli murah dari teman sejawat, tapi punya lisensi windows 7 home premium dengan hardware wireless menggunakan milik lenovo g405.

Bila ada yang mengalami masalah demikian, cobalah untuk mengganti hardware wireless, dan seandainya tidak memiliki hardware wireless yang bekas, silakan mencari di toko penyedia sparepart komputer.


guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang Ganti Hardware Wireless Aspire 4736G yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

No comments