2017/09/28

Mengganti LCD Tablet Advance E1 Pro

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Kemarin sore, saat guruKATRO terkena imbas turut menikmati liburan, dengan cara tidak berangkat ke tempat kerja dan seharian hanya bermain laptop di meja kerja di rumah.

Tepat dibelakang meja kerja, si bungsu yang baru kelas 1 MI, yang sedang ramai ramai bermain tenda-tendaan bersama beberapa rekan sebayanya,
tiba tiba keluar sambil memegang Tablet kesayangannya, ... sekaligus lapor pada bapaknya, "Pak, Tablet nya error oleh si A!, ini disentuh layarnya tidak ada yang mau bergerak!".


guruKATRO yang tengah asyik mengetik, dan disertai sikap angkuh karena merasa walaupun masih dan mungkin akan tetap secara amatiran, tapi sering berhasil memperbaiki berbagai kendala yang menyerang perangkat milik family ataupun tetangga, mulai dari HP terjadul hingga smartphone tercanggih, hanya tersenyum kepada si bungsu sambil menyuruh, "ya sudah, simpan saja dulu, nanti bapak perbaiki!".

Hingga datang waktu sore guruKATRO masih belum ingat peristiwa pada pagi menjelang siang tadi, ketika tiba tiba si sulung menyodorkan Tablet tersebut sambil berkata, "Pak nih touchscreen gak kerja kenapa yah?", guruKATRO yang jadi teringat laporan si bungsu tadi pagi, langsung mencoba mengioperasikan, dan memang semua icon apapun disentuh tida ada yang bergeming.

Hampir dibuka itu casing tablet, .... beruntung ketika dibawa lewat, layar LCD sempat memantulkan cahaya lampu ruangan, .... dan terlihat jelas bahwa LCD retak cukup panjang.


Pupuslah sudah keangkuhan guruKATRO untuk memperbaiki tablet yang sudah lebih dari 2 tahun dijadikan bulan bulanan sebagai perangkat main game oleh si bungsu dengan kroni kroninya itu.

Asumsi guruKATRO pasti mengarah pada kegiatan sibungsu cs yang membawa Tablet kedalam tenda sempit dan dihuni oleh lebih dari 5 anak, pasti suatu ada yang saat lupa meletakkan di lantai dan tanpa sengaja tertindih atau terinjak atau terduduki oleh salah satu diantara mereka.

Device yang dibeli dengan harga 700K lebih dari 2 tahun yang silam itu, sebenarnya sudah guruKATRO ikhlaskan untuk di akhiri masa tayangnya, disertai tujuan sambil mendukung program membiasakan anak mengurangi durasi main game, bahkan kalau bisa untuk keadaan "TOTAL", tidak main game lagi.

Tapi namanya untung tak dapat ditolak, karena ternyata tetangga sebelah merelakan satu unit tablet dengan merk dan spesifikasi sama persis dan hanya beda warna casing saja dengan yang barusan retak LCD nya. Tablet itu diserahkan begitu saja tanpa minta imbalan apapun, Padahal LCD masih bagus, yang rusak hanya processor dan baterainya sudah meletus saja, heheheh ....

oya maaf, kebanyakan bicara ini admin .... heheheh

Langsung saja ke TKP, .... dan mohon maaf ini hanya merupakan materi berbagi rasa seorang yang mengganti LCD Tablet Advance secara amatiran dan dengan LCD pengganti gratisan pula, berikut langkah langkah yang guruKATRO lakukan :

1. Buka dulu Tutup SIM Card + Kartu Memori, ini sangat mudah, guruKATRO hanya mengandalkan kuku ibu jari tangan kanan yang secara kebetulan belum sempat dipotong, heheheh jorok yah !




2. Setelah tutup SIM Card/Kartu memori terbuka, demi keamanan lebih baik lepas saja simcard dan katu memori, kemudian lepas satu buah baut/sekrup kecil yang berada di sebelah katru memori,



hingga baut mungil itu terlepas ....




3. Heheheh ... guruKATRO masih mengandalkan fungsi kuku, buka casing penutup belakang, sebaiknya dimulai dari ujung bawah yang tidak ada antenanya, itu terjadi setelah mencoba dari berbagai sisi, tapi bagi yang merasa lebih mudah dimulai dari bagian yang lainnya, silakan saja, tidak jadi masalah.


4. Pelan pelan buka casing belakang itu, baik menggunakan kuku kayak guruKATRO atau yang lebih baik dan professional silakan menggunakan alat bantu yang sesuai. hihihihi.... ternyata jemari tangan guruKATRO kelihatah wagu sekali yah???? ....





5. Lanjutkan buka dengan cara seperti ini




6. Sesudah lepas tutup belakang, lepaskan baut baut mungil yang menyatukan motherboard dengan casing depan




Maaf guruKATRO tidak sempat memberi tanda pada tempat tiap tiap bautnya, harap maklum lagi seneng kompres gambar dengan windows picture manager dan disana tidak ada feature untuk menambah object, sedang bila ditambah object gambar menggunakan format painter, ukuran gambar jadi membengkak 200%, dan ini kurang bagus bagi halaman blog.

Jadi silakan amati saja sendiri, sendiri, letak beberapa baut tersebut, yang perlu diingat adalah jangan buru buru lepas casing depan, bila masih ada baut yang belum dilepas, ini akan merusak Tablet, ntar bukannya jadi malah tambah rusak. sekali lagi hati hati dan teliti.

7. Berikutnya dengan extra hati hati, lepaskan kabel flexible LCD, itu yang warna kuning keemasan pada gambar nomor 6 diatas terletak pada bagian kiri bawah, atau pada kenyataan bendanya, ada di bagian sudut kiri atas Tablet, berhadapan diagonal dengan posisi speaker

8. Selanjutnya lepas casing depan, dan pasti akan terluhat LCD yang sudah retak itu ... ambil, ganti dengan yang baru, pasang flexibel LCD baru pada tempat yang tadi dilepas, pasang penutup depan, pasang kembali baut baut.

9. Sebaiknya cek dulu kinerja LCD baru sebelum memutuskan untuk menutup casing belakang, bila sudah bekerja dengan baik, silakan pasang casing belakang, pasang baut mungil di sebelah slot kartu memori, pasang penutup Kartu Memori/SIMCard, dan ... tararaaaaaa .... tablet sehat lagi dengan LCD gratisan hasil sedekah tetangga.

Bagikan

guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang Mengganti LCD Tablet Advance E1 Pro yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Tidak ada komentar