Menteri Agama: Hari Santri sebagai Rekognisi Sekaligus Penghargaan Pemerintah untuk Santri

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Jakarta - Kementerian Agama :

Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri. Peringatan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang menetapkan Tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri.


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa penetapan Hari Santri merupakan bentuk rekognisi atau pengakuan pemerintah terhadap para santri. “Tidak hanya itu, penetapan ini sekaligus menjadi bentuk apresiasi terhadap santri, kyai, dan lembaga pendidikan pesantren,” terang Menteri Agama di Jakarta, Jumat (20/10).


Menurut Menteri Agama, jasa santri , kyai dan pesantren sangat besar bagi bangsa. Peran dan kontribusi pesantren bahkan sudah dilakukan sejak sebelum berdirinya Indonesia. Melalui lembaga pendidikan keagamaan, pesantren menjalankan tugas mencerdaskan anak bangsa. Untuk itu, sudah semestinya Negara memberikan rekognisi dan penghargaan kepada santri, kyai, dan pesantren.














“Namun, Hari Santri juga mengandung pesan tanggung jawab besar yang harus diemban mereka dalam ikut menentukan nasib dan masa depan bangsa dan Negara,” tutur Menteri Agama.


Di pundak para santri, ada tugas dan tanggung jawab memajukan bangsa yang harus mereka emban juga. Karenanya, tema yang dipilih pada peringatan Hari Santri tahun ini adalah “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”.


“Wajah pesantren kental dengan moderasi Islam dan itu juga yang menjadi wajah Islam Indonesia,” ujar Menteri Agama.


Puncak peringatan Hari Santri akan digelar di Simpang Lima Semarang pada Sabtu (21/10) siang. Peringatan ini akan dimeriahkan dengan pembuatan komik terpanjang di atas 300m kanvas. Malam harinya, digelar pembacaan shalawat bertajuk “Malam Shalawat Kebangsaan Hari Santri 2017”. Menteri Agama bersama kyai dan ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya akan memadati lapangan Simpang Lima Semarang untuk bersama-sama menyenandungkan shalawat Nabi.


Pada kesempatan itu, Menteri Agama juga akan menyerahkan 20.056 Kartu Indonesia Pintar (KIP) santri. Secara simbolis, KIP ini akan diserahkan kepada lima perwakilan santri. (dimas)

sumber : kemenag.go.id
Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang Menteri Agama: Hari Santri sebagai Rekognisi Sekaligus Penghargaan Pemerintah untuk Santri yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

No comments