2017/12/27

Bandrek Tabung Karisma dengan Per Supra x 125 (Shockbreaker Belakang)

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Berbicara tentang bandrek, guruKATRO jadi ingat akan nama secangkir minuman penghangat badan yang terbuat dari bahan rempah rempah. Namun maaf sama sekali bukanlah  itu minuman tradisional yang hendak dibahas disini.

Adalah sebuah cerita yang sesungguhnya suda agak agak basi gituh, lantaran Proses pembandrekan yang pernah dilakukan oleh guruKATRO itu telah berlalu sekitar empat tahun yang lalu. Karena guruKATRO anggap sebagai suatu langkah yang menguntungkan, walau awalnya terasa menyakitkan.

Suatu hari di tahun 2012, guruKATRO pulang dari Kantor Kementerian Agama kabupaten Brebes dengan perasaan agak agak gusar karena SPJ yang diantarkan pada hari itu mesti diralat pada halaman halaman tertentu. Ketika memasuki Kota Bumiayu, guruKATRO meninggalkan jalan lingkar karena hendak mampi ke Kota demi mendapat oleh oleh yang dipesan orang rumah.

Menjelang masuk lokasi SMAN 1 Bumiayu (Talok), laju yang awalnya hanya 70KPJ an, ditingkatkan dan ketika  mulai naik dari 90KPJ an ... tiba tiba didepan telah menghadang sekompi jalan berlubang. Sudah terlalu dekat, bila berusaha menghindar takutnya malah akan crash .... jadi solusi reflek nya hanya eratkan pegangan stir, dan makan mentah mentah tuh tiga lobang berbanjar di tengah jalanan, Der! der! der!.



Setelah keluar dari kios jajanan, baru menyadari bila sepeda ini oleng dibawa berjalan, berhenti sebentar ... liat2 ... eh! Depan belakang Velg racing penyok semua ..... Langsung dech dibawa ke Tegong, tapi sayang mas Dayat sang tukan stel velg agak agak dikit menyerah ... hingga tak 100% lah bisa dikembalikan linieritas lingkaran. Tapi tak apalah yang penting sudah gak kerasa goyangannya.

Sampai rumah ditengok tengok kembali itu sepeda ... daaaan ... ternyata bukan hanya velg yang jadi korban ... ckckckck .... Shockbreaker kanan belakang juga bocor ?????. miris rasanya batin ini, namun apa daya nasi telah jadi bubur,  

Setahun berlalu, sepeda tetap dengan keadaan velg tak 100% bulat ples shockbreaker lemah sebelah, sampai akhirnya shockbreaker kiri belakang menyusul bocor karena tak kuasa bekerja sendirian. Sejak saat itulah guruKATRO merasa sangat tidak nyaman berkendara, dan akhirnya memutuskan untuk membeli shockbreaker baru.

Di Toko sparepart, guruKATRO malah pilih shock punya karisma, dengan asumsi harga lebih mahal pastinya kualitas akan lebih bagus. Ternyata anggapan guruKATRO itu sama sekali tidak benar. Sehari dua hari setelah menggunakan shock baru, sepeda malah tidak kuasa ditumpangi berboncengan, sering terjadi ban belakang mencium spakbor. Jelas itu adalah indikasi bila shockbreker terlalu lemah ......


Tinggal kenangan, per Karisma tersimpan di kolong, sementara tabungnya sudah di bandrek ke per supra x 125

Pertama terasa MENYAKITKAN adalah ketika ingat Barang sudah dibeli saja tidak bisa dikembalikan lagi, apalagi sudah dipakai beberapa hari. Hasil berfikir keras karena rasa penasaran, akhirya ketemu ide cemerlang,  ntar dulu cerintanya, lihat ini dulu ... heheheheh



Sepintas shock itu terlihat sebagai original supra x 125, padahal hanya per saja, sedangkan didalamnya adalah punya karisma.


Setelah cari cari referensi, ternyata ditemukan detail spesifikasi antara shock karisma dengan shock supra x 125, sbb :

  1. Secara fisik dan ukuran, sama saja
  2. Tabung shock karisma lebih besar dan keras dari tabung shock Supra x 125
  3. Per shock Supra x 125 lebih keras dari per shock Karisma

Setelah mengamati spesifikasi pada nomor 2 dan nomor 3, akhirnya ditemukan ide dan ada celah untuk bisa memanfaatkan shockbreaker karisma yang sudah tidak mungkin dikembalikan ke toko lagi itu.

Shockbreaker supra x 125 guruKATRO, yang rusak adalah tabungnya, sedangkan per masih bagus, jadi pasti akan bisa bagus, bahkan lebih bagus hanya dengan menukar per saja.

Dengan angan angan bahwa akan TERCIPTA Shockbreaker dengan tabung baru karisma tapi per dari supra x 125 bekas pakai. Pasti akan bisa bagus, bahkan mungkin akan lebih bagus.

Setelah ide itu muncul, biarpun saat itu jam satu malam alias dini hari, guruKATRO lepas per shock supra x 125 dari tabungnya, Alhamdulillaah keduanya bisa terlepas dengan suasana aman aman saja. Lanjut lepas Shock karisma yang sudah beberapa hari bikin miris bila sepeda diboncengi teman.

Kini giliran Shock Karisma yang dilepas per nya, pas per terakhir yang sedang dilepas, tiba tiba dek!!!!, per yang sedang dilepas itu terlepas dari pengawasan .... jari telunjuk yang jadi korban terkena hempasan per segitu besarnya. Inilah Kali kedua shockbreaker MENYAKITKAN, .... sejenak hampir tak bisa menarik napas, mungkin pecah jari ini, tapi satu jam kemudia telah tiada rasa sakit lagi, bahkan tiada bekas tanda kekerasan lagi.

Dah gak sakit lagi, lanjut pasang per supra x 125 ke tabung karisma, lanjut pasang ke sepeda, berikutnya seperti tak sabar menunggu datangnya pagi untuk bisa tes hasil kerja.

Hasilnya lebih kuat dari yang original supra x 125 ... itu pasti karena tabung lebih besar dari yang originalnya. Buktinya, hingga posting ini di publikasikan, guruKATRO belum pernah merasa tidak enak berkendara yang disebabkan oleh Shockbreaker bandrekan tersebut.

Selanjutnya akan diposting tentang mengganti oli shock depan yang membuat orang yang meminjam sepeda pasti mengembalikan dengan mengatakan, " Motor sudah 7 tahun tapi terasa seperti masih baru" ......



Bagikan

guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang Bandrek Tabung Karisma dengan Per Supra x 125 (Shockbreaker Belakang) yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Tidak ada komentar