2017/12/20

Bohlam Philips M5 juga bisa cepat aus bila watt dibawah standar

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Ternyata ada dampak negatif dari adanya "Dana Desa" yang akhir akhir ini dikucurkan oleh pemerintah pusat dan di kelola penggunaannya oleh pemerintah desa, heheheh.... yang dimaksud disini adalah dampak negatif bagi Lampu Depan alias Head Lamp sepeda motor guruKATRO.

Awalnya, demi memenuhi kebutuhan malam di jalan menurun dan licin, guruKATRO memilih lampu depan sepeda motor yang defaultnya berukuran 25w x 2 diganti dengan ukuran 18w x 2. Tapi ketika jalan jalan desa disulap oleh dana desa menjadi jalan beraspal nan mulus, dan itu jelas menjadikan guruKATRO bisa agak sedikit mempercepat laju. Dampaknya kadang suka lupa atau melupakan bahwa bila sedang naik, berarti harus tarik gas agak keras (bir nyepat nyampai kali), dan itu berakibat melubernya supply listrik untuk lampu depan, ujung ujungnya lampu phillips M5 18w yang selama ini dibangga banggakan dan telah sekian lama menjadi penuntun jalanku pada saat menemui turuna nan licin itu, kini sedikit demi sedikit mulai diisi oleh kabut hitam ditengah bola kacanya



Maklum ... itu pasti karena dia mendapat asupan listrik lebih besar dari kebutuhan sesungguhnya.

Cobalah amati bila lampu yang telah berkabut itu benar benar berukuran 18 watt



Sebelum kabut hitam semakin tebal, beberapa pekan yang lalu guruKATRO sudah sempatkan mampir di toko penjual spare part sepeda motor, suwerrr ewer ewer bukan untuk nglirik pelayannya yang cakep!, tak lain dan tak bukan kesana hanyalah untuk membeli sepasang lampu depan dengan merk Phillps dan dengan jenis M5 yang berukuran 25 watt (dua biji). ini buktinya ....




bukti ukurannya yang sekarang bukan lagi @18 watt, melainkan @25 watt juga ini, made in China lagiiii ....



Setelah beberapa pekan guruKATRO membiarkan lampu baru di kosen jendela kamar depan, barusan (jam 10 malam) guruKATRO punya sempat buat mengganti lampu depan sepeda motor, dan ternyata hasilnya sangat mengejutkan. Sangat jauh perbedaan terang antara 2 x 18 watt sudah berkabut dengan 2 x 25 watt masih baru dan mulus.

Padahal belum sempat memasang kaca spion dan plat nomor, tapi baut utama batok kepala sudah terlanjur dibaut-eratkan, ini yang membuat malas untuk bongkar kembali bila hanya sekedar ambil gambarnya, heheheheh .... guruKATRO baru nyadar bila tragedi malam ini bisa di share .... buruan ambil smartphone untuk ambil gambar .......





dan setelah sepeda motor dimasukkan ke dalam rumah, guruKATRO sempatkan lagi jepret tampilan lampu depan yang telah tidak berkabut lagi.




NB :

bagi yang lagi ingin mengganti lampu depan sepeda motor, ini ada secuil referensi dari pribadi guruKATRO :


  1. Mengganti Ukuran lampu dengan ukuran watt yang lebih kecil, hanya berlaku bila kita lebih sering berkendara dengan laju pelan. Bila kita lebih sering melaju dengan kecepatan tinggi tidak baik melakukan hal itu. karena disamping akibatnya lampu akan cepat aus oleh faktor over listrik, juga disaat kecepatan tinggi, tidak mungkin bisa seterang ukuran default nya.
  2. Mengganti ukuran lampu dengan ukuran watt yang lebih besar juga tidak disarankan, walaupun pastinya lampu akan lebih awet, tapi bisa sangat redup disaat putaran mesin rendah.
  3. Bila penggunaan anda tergolong normal normal saja, sebaiknya pilih ukuran lampu yang sama persis dengan originalnya.





Bagikan

guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang Bohlam Philips M5 juga bisa cepat aus bila watt dibawah standar yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Tidak ada komentar