2017/12/26

Lampu depan Sepeda Motor redup bisa jadi karena saklar sudah aus

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Beberapa pekan terakhir, lampu depan sepeda motor guruKATRO terasa lebih redup dari biasanya. Dugaan pertama langsung menuju pada bola lampu Philips M5 (2x18 watt=36 watt) yang kelihatah sudah mulai terserang kabut hitam didalam bola kacanya. Itu memang harus terjadi karena selama ini guruKATRO memasang bola lampu dengan daya lebih rendah dari ukuran daya default (2x25 watt = watt).

Dua tahun pertama memang 2x18 watt aman aman saja, tapi sekitar dua atau tiga bulan terakhir , seiring diperbaikinya jalan jalan di pegunungandisekitar tempat tinggal guruKATRO, dan ternyata itu membuat guruKATRO lebih sering melaju dengan kecepatan diatas rata rata ..... HARAP MAKLUM .... itu semua bisa terjadi hanya karena sepedah yang kali ini hendak merayakan hari ulang tahun ke 8  plus belum pernah sekalipun dibuka engine nya ini ternyata masih terlalu menurut bila diajak ngebut nanjak.

Ngebut nanjak itu ternyata membawa nasib tak bagus bagi kedua bola lampu 18 watt itu, dan dia segera menyerah dengan mengibarkan bendera hitam ditengah bola kacanya.

Setelah diganti itu bola lampu dengan merk masih sama (Philips M5), tapi dengan daya 25 watt, jadi kembali seperti ukuran originalnya 2x25 watt = 50 watt. Siang dipasang, petang (ba'da isya) diajak jalan ke RS Alam Medika, bezuk saudara yang lagi opname disana, hujan rintik menemani guruKATRO berboncengan dengan wife sepanjang jalan 8 km menurun.

Sepanjang perjalanan baik saat berangkat turun juga ketika pulang nanjak, 40% fokus perhatian guruKATRO tertuju pada kualitas cahaya yang dihasilkan oleh lampu baru nan mulus itu. Karena sinarnya terasa tidak seterang yang dulu.

Hanya 40% fokus ke kualitas sinar karena guruKATRO sudah punya asumsi bahwa kemungkinan besar hal itu terjadi karena faktor saklar binti switch BEAM (saklar pemilih nyala lampu depan jarak dekat atau jarak jauh). Dan itupun sudah dicurigai sudah sejak lama, lantaran saklar BEAM itu sering diraba-raba sambil melaju.

Kenapa guruKATRO sering meraba saklar BEAM???, ... hihihihi... itu karena suhu saklar itu sering lebih tinggi dibanding suhu alam sekitar. Secara ilmu fisika, itu pasti karena connector yang mulai aus. Eh ... bukan mulai aus tapi emang telah aus. kadang saklar itu bikin guruKATRO gelagapan ditengah laju malam hari, lantaran sering membuat lampu depan tidak nyala beberapa detik, setelah si saklar beam itu di pencet pencet ... baru lampu depan nyala kembali

Esok harinya guruKATRO turun gunung lagi, cuma buat beli saklar tersebut, plus beli oli mesin dengan netto 1 liter (sempat diprotes pelayan toko karena katanya sepeda guruKATRO hanya butuh 800ml ). Nanti akan ada cerita tersendiri tentang hal ini pada posting ganti oli shockbreaker depan)

Entah secara kebetulan atau memang nasib lagi mujur .... Switch Beam original product AHM lagi lagi kosong di stok. Akhirnya guruKATRO ditawari switch beam punya merk Suzuki. Setelah diyakinkan bila ini punya suzuki ukurannya sama persis dengan yang punya honda, walau belum 100% yakin akan mudah dipasang, namun langsung saja guruKATRO sambar itu switch beam punya suzuki.



Langsung sambar itu switchbeam punya suzuki, karena disini sangat jarang ada KW spare part merk suzuki, jadi 99,99% itu benar benar ori dari suzuki.

Statement guruKATRO pada paragraf pas diatas ini, sama sekali bukan mendeskreditkan produk honda. Mungkin saja karena spare part honda lebih cepat laku hingga akhirnya menyebabkan semakin berkeliarannya produk KW. Itulah yang membuat orang gila ori macem guruKATRO ini cukup pusing buat mencari spare part original product.

Seperti tak sabar perasaan ini, sampai depan rumah, sepeda masih panas juga, tapi guruKATRO langsung replace itu saklar beam dengan yang punya suzuki barusan dibeli itu.

Jam lima sore anak sudah keluar dari tempat les, tapi kami tidak langsung pulang .... bukan buat shopping ini dan itu, tapi hanya mampir kesana kemari sambil memberi kesempatan sang anak untuk cari cari benda kesukaan, biar kelihatan sayang anak, padahal tujuan sebenarnya yang ada dalam benak guruKATRO adalah menanti datangnya gelap malam, agar bisa lihat kualitas sinar lampu depan setelah saklar switch beam diganti. Dan ternyata filling guruKATRO 100% benar adanya, kini nyala lampu depan jauh lebih terang dibanding malam lalu saat bersepeda bersama wife.

Inti dari cerita diatas adalah bahwa :


  1. Spare part sejenis saklar punya suzuki dengan punya honda banyak yang sama, ini bisa kita jadikan alternatif bila yang ori sedang tidak tersedia.
  2. Lebih jauh bahkan guruKATRO lebih yakin kemungkinan originalitas spare part ada pada product suzuki, karena jarang product KW nya.
  3. Dan yang paling inti adalah Bila lampu depan sepeda motor lebih redup dari biasanya, jangan langsung vonis lampunya yang rusak atau tidak bagus, atau spul pembangkit listriknya. tapi coba teliti juga bagian bagian lain seperti kualitas kabel dan seperti cerita diatas adalah saklar yang bermasalah.

Bagikan

guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang Lampu depan Sepeda Motor redup bisa jadi karena saklar sudah aus yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Tidak ada komentar