2017/12/29

Membuat FootStep Belakang Erat Kembali

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Seiring berjalannya waktu, dan juga faktor sering diangkat (tutup) dan diturunkan (buka), Aksesoris Sepeda Motor yang bernama FootStep atau  dikenal juga dengan sebutan Pedal, khususnya FootStep belakang yang biasa di injak oleh pembonceng sepeda motor, pada saatnya pastilah akan mengalami kendor per dan itu menyebabkan pedal menjadi tidak mau diangkat atau ditutup.

Sebenarnya sengkleh nya pedal tersebut tidaklah terlalu merugikan, karena pada saat digunakan, pasti dalam keadaan dibuka untuk kemudian diinjak oleh sang pembonceng. Namun bila saat kita berkendara tanpa ada yang duduk di belekang, demi keamanan dan demi kenyamanan, sepertinya keinginan kita adalah menutup pedal tersebut. Lagi pula kadang pedal yang sudah impoten itu menimbulkan suara yang cukup keras bila sepeda motor sedang melaju.

Bila karet pedal juga sudah dalam keadaan tidak sedap dipandang mata, alangkah baiknya bila ambil solusi "Beli saja Pedal yang baru", habis perkara. Walau kadang untuk sepeda motor merk tertentu kita merasa kesulitan untuk menemukan yang original product. Sementara bila asal footstep tanpa memandang originalitasnya, kadang menemukan footstep yang kualitas karetnya sanga jauh dibawah standar, sehingga baru beberapa hari dipasang, ternyata karet sudah mulai melepuh.

Sesudah berumur lebih dari empat tahun dan sebelum di rekayasa, FootStep Belakang sepeda motor guruKATRO tidak mau tegak seperti ini, baru setelah di tambal karetnya, bisa ditutup dengan baik lagi.







Sangat jelas kelihatan ada warna hijau pada pangkal dan ujung karet FootStep, warna hijau itu adalah potongan Karpet yang sudah dipotong dan dilubangi sedemikian rupa agar pas saat dipasang disana. Sudah lebih dari dua tahun potongan karpet itu bertugas erat memepet karet footstep, makanya sudah kelihatan cukup kusut.

Bagi yang sedang mengalami footstep  belakang loyo dan juga memiliki pandangan layaknya guruKATRO, serta bila karet footstep masih kelihatan bagus sehingga ada rasa kasihan untuk membuangnya, tak ada salahnya bila teruskan membaca dan ikuti step bay step cara memasang ring pemepet karet footstep yang akan di jelaskan dibawah ini.

1. Lepaskan kawat spi AS footstep. Apabila spi masih oroginal, biasanya spi terbentuk dari kawat aliminium setengah silinder yang dilipat, itu bisa di copot dengan memasukkan bilah logam lancip ke tengah lipatan, tarik paksa saja biasanya juga berhasil. namun bila anda merasa sayang pada spi tersebut, sebaiknya luruskan dulu kedua ujung kawat dan baru tarik.

Karena Spi Footstep guruKATRO itu sudah diganti menggunakan paku aliminium (aslinya paku calsiboard ukuran kecil), maka untuk membukanya cukup dengan menggunakan tang.


2. Bila spi sudah terlepas, berikutnya  tarik as footstep untuk melepaskannya, biasanya sudah dikit dikit bengkok menjadikan agak agak susah, jadi walau tidak ada larangan menarik dengan jari tangan, tapi sebaiknya gunakan tang untuk menariknya.  


Amati juga AS footstep, barangkali sudah cukup keterlaluan bengkoknya, jangan lupa luruskan, tak perlulah menggunakan alat press, cukup di pukul pukul saja pelan pelan biar lurus kembali. Dan bila keadaannya masih lurus, yyyyaaaaah biarkan saja!  heheheheh.

3. Lepaskan spi pangkal Foostep, ini sangat mudah, bisa dengan jari saja atau bila kau anggap susah, ya silakan gunakan obeng gepeng (obeng minus).



4. Lepas tabung tengah footstep, ini kadang agak keras, dan butuh tatakan untuk menekannya, heheheh agar tegel tidak luka kena gores ....



Tekan Karet kebawah agar tabung nongol keatas.
hehehehe... tatakannya menggunakan tang ... dan tolong jangan liat itu detail tangan, ternyata struktur kulit tangan guruKATRO kasar banget, padahal awalnya guruKATRO terlanjur ketinggian rasa PeDe lantaran sering disebut seempuk tangan cewek pada saat bersalaman dengan orang.


5. Gunting rapi sesuai permukaan ujung dan pangkal karet footstep, bahan yang berasal dari bekas karpet atau bahan kulit atau plastik potongan sabuk pinggang anda atau bahan apa lah yang penting kuat, sedikit lentur dan tentunya mudah di gunting. Jangan lupa lubangi juga bagian tengahnya seluas diameter tabung tengah karet foostep. Maaf langkah ini tidak disediakan image nya, guruKATRO malu, karena hasil produksi pembaca akan jauh lebih bagus dari hasil cutter guruKATRO. Jangan lupa buat 2 yah, kecuali bila langkah nomor 7 sudah dilakukan ternyata masih kurang erat, silakan buat beberapa lagi.

6. Masukkan hasil kerja nomor ke ujung tabung tengah footstep, kayak gini lah .....




7. Masukkan kembali tabung silinder itu kedalam lobang karet footstep, lalu pasang satu lagi hasil kerja nomor 5 pada pangkal silinder yang sudah masuk karet, pasang kembali spi pangkal footstep, gak usah digambarlah .... pasti sudah tahu caranya. Bawa footstep ke dekat sepeda motor, dan coba pasang pada dudukannya. sambil memasang AS footstep :

- Bila terlalu mudah memasukkan AS, lepas kembali dan buat karya nomor 5 untuk menebalkan ring buatan sendiri itu.

- Bisa sudah terasa agak susah, tapi tidak susah susah banget! memasukkan AS, berarti foostep siap di operasikan kembali.

- Selamat bin Congratulations, anda berhasil menaklukkan footstep yang rewel itu.

Demikian Posting tentang Membuat FootStep Belakang Erat Kembali yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

No comments

Mohon maaf bila link hidup dan spam tidak bisa muncul dalam komentar
Mohon maaf pula bila ada komentar yang tidak langsung dibalas, karena Admin tidak selalu OnLine