2017/12/05

Membuat pilihan print out ukuran kertas Folio alias F4

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Ketemu kembali ... utamanya dengan rekan rekan operator Madrasah ....

Pada kesempatan ini guruKATRO sedang ingin berbagi pengalaman yang pernah guruKATRO lakukan, yaitu membuat pilihan print out dengan menggunakan kertas F4 alias kertas Folio.

Sebenarnya pada posting sudah berlalu guruKATRO pernah share tetang hal ini, namun karena cara yang dipaparkan disana masih sebatas hanya pada halaman kerja MO saja, dan butuh settingan terus menerus pada setiap kita mambuat halaman kerja MO yang baru, maka pada posting kali ini akan dijelaskan cara yang insya Allah akan terasa lebih efisien. 

Sudah kita maklumi bersama bahwa hard-data atau hardcopy dalam bentuk hasil print yang paling sering diminta pada laporan Madrasah adalah ukuran kertas F4 alias ukuran kertas Folio, dan juga kenyataan dilapangan ternyata ukuran kertas yang paling familiar di Indonesia ya itu tadi .... F4 atau Folio.

Sebenarnya secara default microsoft Office word maupun excel telah menyediakan pilihan ukuran kertas tersebut, itu terbukti bila ketika kita baru saja instal MO, dan sebelum kita sempat instal printer, cobalah buka word atau excel, lalu buka print ... dan disana pasti ada pilihan ukuran kertas Folio.


Namun pilihan ukuran kertas Folio yang lebarnya 21.5 cm dan tingginya 33 cm alias 8.5 inch x 13 inch atau 315 mm x 330 mm itu akan lenyap dari draf pilihan ketika kita baru saja instal printer, dan hal itu karena pengaturan Page default dari MO telah di boikot oleh pengaturan printer. walau kita masih bisa menampilkan pilihan tersebut dengan pilihan print dengan output softcopy ke file Fax atau xps.


Pilihan Folio akan muncul



Tapi untuk apa kita pilih Folio bila print out hanya softcopy dalam format file untuk Faximili atau XPS yang senada dengan PDF, dan tidak bisa dalam format hardcopy berupa tulisan diatas kertas.

Entah mengapa ... 99.99% printer yang dipasarkan di Indonesia tidak menyediakan pilihan ukuran kertas F4. Bahkan untuk satu produk printer yang dengan tidak malu malu memasang stiker "Dari Indonesia untuk Dunia" pun tidak menyediakan pilihan ukuran kertas F4 !!!!!

Mari kita amati pilihan ukuran kertas bila sudah kita setting print out ke printer


Pilihan ukuran kertas Folio tidak ada lagi



yaaaah ... begitulah, lalu agar kita bisa menampilkan pilihan printer page setup yang ada pilihan ukuran kertas Folio nya, maka kita harus setting sendiri pada printernya, yuk kita mulai :


1. Buka Setting Printer Preferences, bisa dimulai dari Start ... lalu pilih Control Panel ... agar mudah mencarinya jangan lupa dalam posisi viewed by : small icons, lalu pilih Device and printer.




2. Bila sudah terlihat logo printer yang ter install, klik kanan lalu pilih




3. Muncul halaman Printing Preferences, dan pada pilihan Document Size pilih User-Defined



sehingga muncul jendela baru dengan nama User-Defined Paper Size seperti ini



Berikutnya ganti kata User-Defined yang berada dibawah Paper Size Name dengan ajaan Folio.

- Bila setting menggunakan satuan ukuran Inch.

  • Nilai  8.50 pada Paper Width (Lebar Kertas) sudah sesuai dengan Ukuran Folio, jadi biarkan saja, namun bila pada komputer anda ternyata nilainya tidak 8.50, silakan ganti dengan 8.50
  • Nilai pada Paper height (Tinggi Kertas) pada komputer guruKATRO terlihat 11.00 (ukuran kertas Letter), atau bila pada komputer anda nilainya bukan 11.00 tidak mengapa. Karena disini tidak terpengaruh berapapun nilainya. Yang penting akan kita ganti dengan nilai 13.00

Sehingga hasilnya menjadi :


  • Paper Width  : 8.5 Inch
  • Paper Height : 13.00 Inch




Sesudah itu Klik Save

Dengan demikian kita sudah memiliki pilihan printer dengan :


  • Nama    : Folio
  • Lebar Kertas : 8.5 Inch
  • Tinggi Kertas : 13 Inch




Klik saja OK

dan hasilnya akan seperti ini, dan lagi ..... klik OK




Bila kita menggunakan satuan Ukuran mm, maka setting nilai dengan :
  • Lebar Kertas : 215 mm (sama dengan 21.5 cm)
  • Tinggi Kertas : 330.00 (sama saja dengan 33 cm)

Sesudah itu mari kita lihat Page Setup pada halaman word atau excel, pada pilihan halaman print out, disana pasti sudah ada list Folio yang kita buat tadi




Bila kita ingin setiap cetak hasil kerja pasti akan langsung dalam pilihan Folio, tidak usah pilah pilah pilih dulu, maka setelah pilih list Folio, klik Default yang ada dibawah, lalu klik Yes pada jendela munculan



Dengan Klik Default maka setiap kita akan mencetak hasil kerja, pasti sudah dalam setting ukuran kertas F4 atau Folio.


Bagikan

guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang Membuat pilihan print out ukuran kertas Folio alias F4 yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Tidak ada komentar