1/08/2018

Merakit sendiri Bass Treble Booster

komentar : 4
Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Apakah anda tergolong orang yang masih suka utak atik kualitas audio, dan apakah anda juga tergolong penikmat musik Full Bass Treble layaknya yang empunya blog ini?.

Ataukah anda hanya sekedar ingin bisa memenuhi keinginan beberapa pelanggan anda, eh! barangkali ada klien yang meminta kualitas musik yang dominan kuantitas nada bass dan treble nya tetapi lembut dan minim di kuantitas vokal penyanyi????
klik disini yang ingin MERAKIT DRIVER SUB WOOFER MUDAH MURAH

baca juga : BASS TREBLE BOOSTER DENGAN IC UA741


Memang, golongan pecinta music live pasti kebanyakan lebih suka menikmati kualitas audio yang full range, namun perlu diingat juga bila para pecinta Home Entertainment pasti lebih banyak yang suka kualitas suara HiFi atau kualitas musik yang dominan hanya pada nada rendah dan nada tinggi saja, sementara ia akan lebih suka meminimalisir output middle range.

Dengan landasan seperti terceritakan diatas, sudah jelas bila utamanya konsumen sasaran untuk perakitan Bass Treble Booster disini adalah bagi para penikmat Home Audio.


Bass Treble Booster yang selanjutnya akan guruKATRO tulis BTB ini sebenarnya hanyalah sebuah rangkaian elektronik yang sistem kerjanya mengurangi atau meminimalisir output middle audio. Dengan dipasangnya BTB, maka suara suara middle akan sangat sedikit. dan akibatnya yang dominan keluar hanyalah low frequency (nada bass) dan hight frequency (nada treble) saja.

Ockey mari langsung saja kita rakti BTB step by step dengan gambar komponen nyata ... (biar mudah bagi pemula)

1. siapkan input BTB melalui pelembut nada berupa satu buah transistor C828, setelah sebelumnya di saring menggunakan satu buah Resistor 5K6. Pintu masuk ke basis transistor wajib diberi elko, perhatikan gambar berikut :


2. Audio yang sudah masuk transistor melalui Basis itu disni akan dikeluarkan melalui Emitor, dengan pintu keluar wajib diberi elko.



itulah dasar kerja transistor pelembut nada, tapi itu belum bisa bekerja !

3. Supaya transistor bekerja dengan baik, beri tegangan :

  • negatif untuk Emitor melalui Resistor 4K7
  • positif untuk Kolektor
  • positif untuk Basis melalui Resistor 330K, dan di jumper dengan kapasitor 100pF ke negatif
Setelah rangkaian pelembut nada sudah jadi seperti diatas, rangkaian BTB dimulai dari out Emitor melalui elko.

4. Untuk membuang nada menengah (cemprang), buatlah filter audio menggunakan Resistor, sesungguhnya dan bila tidak ada langkah lain, cukup satu resistor saja, namun karena nantinya akan ada filter lanjutan, maka dibutuhkan dua buah resistor yang di pasang secara seri. Resistor pertama, yang dari emitor gunakan 18K dan Resostor kedua gunakan 10K (bila terbalik nanti hasilnya audio tidak bagus)



5. Dengan Resistor filter itu, ternyata yang terbuang bukan hanya middle audio saja, nada tinggi juga akan iktu terbuang, hingga yang akan mengalir hanyalah nada rendah saja. untuk mengembalikan nada tinggi, gunakan Kapasitor 2n2 (bila ingin treble super lembut) atau 3n2 (bila ingin treble sedang) atau 4n7 (bila ingin treble menghentak). Kapasitor dipasang secara paralel dengan dua resistor seri tadi.



6. Filter audio dengan resitor dan kapasitor itu belum bisa sepenuhnya membuang middle range, karena itu masih dibutuhkan komponen peredam middle range, yaitu berupa rangkaian seri kapasitor 100 nF dengan resistor 4K7.
Kapasitor 100nF dipasang diantara dua resistor filter tadi dan resitor 4K7 menuju ground


7. Untuk membantu lebih membuang middle range, pasang resistor 5K6 secara paralel dengan kapasitor 100nF tadi

8. Masih butuh satu lagi peredam berupa rangkaian seri Kapasitor dengan Resistor, namu kali ini dipasang pada bagian akhir output, dan pemasangannya terbalik, dimana Resistor dipasang pada bagian audio output sedang Kapasitor dipasang ke ground



Efek samping dari pemasangan rangkaian ini akan menjadikan volume suara menjadi lebih lemah dari awalnya, namun jangan khawatir, karena hal ini bisa dengan mudah dikembalikan menjadi keras, bahkan bisa lebih keras dari awalnya. Setelah nantinya dipasang penguat transistor yang rangkaiannya disesuaikan agar tidak merusak kualitas audio, namun sebalinya malah meningkatkan kualitas bass treble.

9. Pasang satu buah rangkaian transistor C828, dengan standar rangkaian input ke Basis dan output melalui Kolektor, dengan asupan tegangan sebagai berikut :


  • Emitor diberi tegangan negatif dari GND melalui resitor. Bila ingin bass terasa nendang, gunakan ukuran 100 ohm dan bila ingin bass lembut gunakan yang 470 ohm. bila menggunakan 470 ohm, paralel dengan kapasitor 100 nF untuk mengangkat treble. bila menggunakan 100 ohm, kapasitor tidak diperlukan.
  • Kolektor diberi tegangan Positif melalui resistor 5K6
  • Basis diberi bias positif, agar bass menjadi semakin besar, gunakan resistor i mega atau bila perlu gunakan yang 2,2 mega. agar tidak terjadi noise karena kelebihan treble (over treble), pasang kapasitor antara 100pF hingga 330pF diparalel dengan resistor 1 mega tersebut.



Selesai sudah merangkai sendiri perangkat Audio yang berfungsi meningkatkan kualitas Bass dan Treble.

Untuk kualitas audio yang tidak mengecewakan, gunakan Transistor C 828 oroginal product Matsuhita, tampangnya mesti sama persis dengan gambar transistor diatas, bila susah menemukan di pasaran, coba cari barang elektronik lama, biasanya didalam berisi transistor seperti pada gambar diatas.

Bila tetap saja kesulitan menemukan transistor yang seperti demikian, coba spekulasi mengguknakan transistor yang sebenarnya bukan peruntukannya, seperti transistor D400.

Penulis berbagi PENGETAHUAN
Pembaca mendukung dg TIDAK MEMBLOKIR IKLAN
dg SALING PENGERTIAN seperti ini
Insya Allah kita selalu dalam KEBERKAHAN

Demikian Posting tentang Merakit sendiri Bass Treble Booster yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

4 komentar

  1. pak kalau sdh ditambah BTB ini kualitas suara audio lebih bagus ya pak..bearti rangkaian ini sama dengan subwofer atau tidak pak...kalau untuk PA dengan watt besar seperti 400w cocok jg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kualitas audio menjadi dominan bass dan treble, miskin middle atau vokal penyanyi jadi kecil,

      ini tidak sama dengan subwoofer, kalau sub woofer hanya mengangkat nada sangat rendah (sangat bass) saja, midlle dan treble sama sekali tidak muncul

      untuk power apapun bisa, tapi yang jelas rangkaian ini hanya cocok untuk home audio dan tidak cocok untuk audio konser (lapangan)

      Hapus
  2. kalau untuk 2 speker 12" 2 buah cocok jg pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, ini kan hanya untuk mempertebal kualitas bass dan treble saja

      Hapus

Facebook Comments