5/11/18

Aplikasi Isian Ijazah Tahun 2018

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Alhamdulillaah ... kali ini guruKATRO berkesempatan untuk posting sekaligus share free aplikasi made by guruKATRO sendiri, yaitu aplikasi yang dibuat untuk mendesain print out sesuai tampilan halaman ijazah. Dan ini mungkin akan dianggap berguna sebagai bahan acuan (contekan) personel yang ditugaskan untuk menuliskan data peserta ujian dan daftar nilai hasil ujian. Bagi personel tertentu tentunya.

Dengan menggunakan aplikasi excel ini, kita tidak perlu lagi repot repot membuat halaman yang sama dengan halaman ijazah, termasuk urutan nilainya, hanya mengisi baris dan kolom pada excel layaknya mengisi administrasi ujian seperti biasa, maka pada halaman print akan langsung berwajah sangat mirip dengan wajah ijazah yang akan diisi. Dengan demikian kita bisa meminimalisir kemungkinan salah tulis pada saat mengisi blanko ijazah.

Biasanya, pada tahun tahun yang lalu guruKATRO hanya membuat satu aplikasi, yaitu hanya untuk MI, tapi kali ini isnya Allah akan dibuat sekaligus empat aplikasi (bila Allah SWT mengijinkan) dalam posting ini, yaitu, untuk MI, untuk SD, untuk MTs dan untuk SMP.




1. Aplikasi isian Ijazah untuk MI ( Madrasah Ibtidaiyah )

Sebelum menggunakan aplikasi isian ijazah MI ini, sebaiknya baca dulu caranya, karena yang satu ini berbeda dari yang lain dan juga yang sebelumnya. Adalah demi menerima masukan dari beberapa rekan operator Madrasah yang merasa cukup lelah karena setelah menghadapi pekerjaan yang begitu njlimetnya ketika input data nilai raport ke EMIS, lalu mengapa kini harus dipaksa input nilai raport lagi ke aplikasi isian ijazah ..... caciaaan dech. Karena itu kali ini guruKATRO putuskan sesuai rencana, yaitu membuat aplikasi isian ijazah yang mana nilai raportnya hanya dengan cara copy paste dari data nilai raport yang didapat dari hasil unduhan data EMIS.

Hasil copas itu tidak hanya untuk nilai raport saja, melainkan juga untuk nama peserta ujian dan juga nama nama mata pelajaran (terutama mulok). ketiga komponen data itu (nilai raport- nama peserta ujian - nama mata pelajaran) akan sama persis dengan yang telah di input ke EMIS.

Jenis copasnya adalah copas-tuntas satu halaman penuh, caranya :
a.  Extract dulu rar aplikasi isian ijazah, jangan buka excel dari rar, tapi buka yang hasil exctract nya.

b. Klik Tabsheet R7, untuk nilai raport kelas 4 semester 1, maaf disitu sudah ada isi EMIS MI guruKATRO, karena itu sekedar untuk contoh, nanti juga akan tergantikan setelah perlakuan copas tuntas
c. Setelah sheet R7 terbuka, klik master Headings, berupa kotak yang berada diatas nomor baris 1 sekaligus di sebelah kiri huruf kolom A, atau dengan bahasa lain pojok kiri atas, atau dengan bahasa lainnya lagi silakan lihat image di bawah ini

gambar untuk langkah b dan langkah c :



sesudah klik R7 (b), dilanjut klik master tab headings (c), sehingga warna halaman excel menjadi lebih gelap dari semula, buka nilai raport hasil unduh dari EMIS. karena ini akan di copas pada R7, maka buka yang kelas 4 semester 1


(Pertama yakinkan dulu bila baris nomor 1 nama siswa harus pas berada pada baris nomor 20), bila sudah benar ...


d. Klik master tab headings (sama dengan pada halaman R7 tadi) hingga warna halaman menjadi lebih gelap

e. Klik copy

lihat gambar untuk langkah d dan langkah e :


f. buka kembali halaman R7 aplikasi, dan pastikan masih dalam keadaan klik pada master tab headings, bila sudah silakan klik tombol paste



dengan demikian halaman R7 aplikasi yang asalnya berisi data emisnya guruKATRO kini telah berisi data emis MI anda sendiri.

g. lakukan langkah langlah yang sama dengan halaman R7, untuk R8, R9, R10, dan R11. (R8 hingga R11 tidak seperti R7, ia masih kossong)

R8 diisi kelas 4 semester 2
R9 kelas 5 semester 1
R10 kelas 5 semester 2
R11 kelas 6 semester 1

pada aplikasi terbaru DIUBAH NAMANYA MENJADI :

R41 = RAPOR KELAS 4 SEMESTER 1
R42 = RAPOR KELAS 4 SEMESTER 2R51 = RAPOR KELAS 5 SEMESTER 1
R52 = RAPOR KELAS 5 SEMESTER 2
R61 = RAPOR KELAS 6 SEMESTER 1

biarkan unduhan emis kelas 6 semester 2 tidak digunakan .....

Sudah gamblang penjelasannya ????, bilah sudah silakan

UNDUH APLIKASINYA DARI SINI (ada yang salah, silakan unduh yang sudah dibetulkan, dibawah)

NB: kelemahan aplikasi ini tidak bisa satu aplikasi untuk kelas paralel
 bila anda sedang menangani kelas paralel, beri tambahan nama pada akhir nama aplikasi aplikasi yang di exctract pertama misalnya dengan tambahan A, lalu exctract satu lagi dan beri tambahan nama B, jadi nantinya akan ada aplikasi ganda semacam ini misalnya :



Update !

Aplikasi isian Ijazah MI tahun 2018 sesuai juknis pengisian ijazah Madrasah tahun 2018,
Masih tetap menggunakan nilai rapor semester 7 hingga 11
alias mulai kelas 4 semester 1 hingga kelas 6 semester 1



kesimpulannya :
Nilai rapor adalah rata rata nilai rapor semester 7 hingga 11
Nilai Ujian adalah rata rata praktek dan tertulisNilai Ijazah adalah rata rata dari nilai rapor dengan nilai ujian

(bagi yang sudah terlanjur download yang lama, sebaiknya download lagi dan gunakan yang dibawah ini saja)
Dan pada UPDATE aplikasi isian ijazah MI 2018 terbaru yang bisa :

==================

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-06-1MULOK

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-06-2MULOK

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-06-3MULOK

==================

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-1MULOK

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-2MULOK

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-3MULOK

==================

Terima kasih kepada pak Mashudi Madura, yang telah memberi sampel raport emis K13 beserta penjelasan penggunaannya, itu sangat membantu guruKATRO untuk menyusun aplikasi. Semoga menjadi berkah bagi pak Mashudi dan keluarga besar MI disana.

Insya Allah sudah disesuaikan dengan aturan aturan tersebut. Tapi yang namanya al insaanu mahaalul khata' wa nisyaan ... sudah berusaha sebaik mungkin barangkali masih ada kekurangannya mohon diingatkan melaui kolom komentar

yaaah guruKATRO teledor pada format rata rata nilai seperti ini :



padahal seharusnya seperti ini :

bagi yang mau betulin kendiri, silakan ikuti langkah langkah dibawah ini :
Klik tab Review, klik Unprotect, masukkan MADRASAHlebihbaik-lebihbaikMADRASAH, klik Ok,
Klik cell EQ212, geser ke kiri menggunakan panah kiri keyboard hingga sampai pada cell CV212, klik Del pada keyboard, geser lagi kekiri menggunakan tanda panah pada keyboard sampai pada cell CG212, klik tab Home, lihat ke bagian tengah atas, pada subtab Number klik satu kali Increase Decimal. klik save untuk mentimpan perubahan.

Demi menjaga keamanan silakan protect lagi bisa menggunakan password diatas boleh juga buat password sendiri.

Jadi dech....

bagi yang ragu atau bahkan bingung melakukan langkah langkah tersebut, nih guruKATRO kasih yang dah dirubah :

==================

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-06-1MULOK-fixaverage

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-06-2MULOK-fixaverage

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-06-3MULOK-fixaverage

==================

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-1MULOK-fixaverage

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-2MULOK-fixaverage

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-3MULOK-fixaverage

==================

Yang bikin agak lama dalam membuatnya adalah halaman nilai yang kini sudah hanya satu kolom saja (50% nilai raport + 50% nilai ujian) PLES kolom kedua diisi penyebutan nilai dengan huruf, membuat isian kolom terbilang itu yang agak agak bikin guruKATRO ngatuk, karena rumusnya cukup panjang dan mesti ekstra hati hati agar tidak terjadi kesalahan penyebutan nilai ( misalnya pada kolom nilai tertulis 56, jangan jangan pada kolom huruf tertulis enam enam) kan jadi lucu gituh.

contoh pengisian pada juknisnya kan seperti ini :




Hanya ada satu yang masih mengganjal dari juknis tersebut, nomor pada digit awal atau nomor yang berada didepan tahun, Semoga yang berubah adalan nomor yang ada pada digit awal, karena sementara ini guruKATRO buat nomor yang ada pada digit awal yang berurutan sesuai nomor peserta ujian.



Untuk MI yang menganut Muatan lokal hanya 1 atau 2, silakan beri guruKATRO penjelasan, muatan lokal itu pada EMIS diisikan pada kolom huruf apa, ini penting karena demi menyesuaikan isi dari nilai mulok itu sendiri, jadi mohon bersabar sambil memberi informasi tersebut. kalau perlu silakan kirimkan satu sampel hasil unduh data nilai rapor dari EMIS, biar guruKATRO lebih PeDe menyusunnya.

UPDATE

TERNYATA TAHUN 2018 INI TIDAK ADA NILAI RAPORT UNDUH EMIS ????

guruKATRO ubah lagi ke seperti semula, sebelum tahun 2017......

bagi yang masih membutuhkan, ini silakan dipakai, raport ketik sendiri, sementara hanya untuk KTSP, soalnya MI yang guruKATRO kerjain pake KTSP, dan hanya muat 56 peserta ujian, soalnya tahun ini yang guruKATRO kerjain, peserta ujiannya hanya sejumlah 56.

Aplikasi ini sudah merupakan barang bekas, sudah dipakai oleh guruKATRO sendiri dan sudah pula pernah diberikan kepada pak amir tercinta.

Aplikasi di protect tanpa password, hanya klik unprotect langsung lepas gemboknya

ingkang kerso MONGGO PUNDHUT SAKING RIKI



=====================
2. Untuk Aplikasi isian Ijazah SD sudah jadi nich, bisa cepet banget kalau yang satu ini ... maklum datanya lebih sedikit bila dibanding yang punya MI, tapi juga mohon bersabar dulu, karena faktor paket data internet indosat yang reguler lagi super lemot, maka hanya bisa nyaman upload file pada jam jam kuntilanak, dan sementara ini ternyata guruKATRO yang biasanya ngalong, ternyata Alhamdulillaah sedang tidak tisa ngalong, karena akhir akhir ini tengah di karuniai bisa tidur gasik ... Alhamdulillaaaaaaaah, semoga insomnia yang telah sekian lama bangga membelenggu hidup guruKATRO pergi sudah dan semoga tak kembali lagi.

===========

Alhamdulillaah sudah berhasil upload aplikasi isian ijazah SD tahun 2018, untuk yang satu ini cara pengisiannya sam seperti aplikasi  isian ijazah yang lalu, silakan isi kolom kolom atau baris baris yang memang perlu diisi dan bisa diisi (tidak di protecth), lalu amati hasilnya pada halaman cetak, kayaknya cukup mudah, hanya saja seprti aplikasi yang lama, harus mengisi nilai raport satu per satu.

Tampilan halaman awal (HOME) nya seperti ini, dan dari halaman inilah kita bisa masuk ke halaman halaman edit lainnya juga masuk ke halaman cetak melalui tombol tombol yang sudah guruKATRO sediakan seperti ini :



bagi SD yang mau menggunakan, BISA AMBIL DARI SINI

atau aplikasi ISIAN IJAZAH SD yang lebih baru dan universal SILAKAN MASUK SINI

3. Aplikasi isian Ijazah untuk MTs nasibnya sama persis dengan yang untuk SD, barang sudah tersedia namun terkena kendala seperti nomor 2 diatas. Teknik pengisiannya juga masih sama dengan yanmg untuk SD, hanya saja ini perlu hati hati karena aplikasi ini tidak di protect, jadi usahakan jangan sampai anda salah klik yang bisa menimbulkan hasil output tidak sesuai. bila perlu silakan anda protect sendiri saja yaoooo
 dan ini benar benar masih menggunakan tampilan lama, harap maklum ketika mau edit lagi sudah terlanjur ngantuk banget




maklum guruKATRO lagi agak agak cape gituh, yang mau ambil

SILAKAN UNDUH DARI SINI

4. Aplikasi isian Ijazah untuk SMP, heheheheh maafff baru saja akan dibuat. ...
Alhamdulillaah sudah jadi tampilan halaman awal seperti ini



caranya sama dengan SD dan MTs, jadi gak perlu dijelaska lagi pasti anda sudah bisa menggunakannya, bagi yang hendak,

BOLEH SEDOT DARI SINI

5. Untuk SMA/MA?SMK sementara (atau mungkin selamanya), guruKATRO merasa enggan karena banyak beda tampilan untuk jurusan yang berbeda, jadi hingga hari ini belum pernah mencoba untuk membuatnya.

7. yang butuh password unprotect silakan tinggalkan alamat email pada kolom komentar
Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang Aplikasi Isian Ijazah Tahun 2018 yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Facebook Comments