Aplikasi Isian Ijazah Tahun 2018

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Alhamdulillaah ... kali ini guruKATRO berkesempatan untuk posting sekaligus share free aplikasi made by guruKATRO sendiri, yaitu aplikasi yang dibuat untuk mendesain print out sesuai tampilan halaman ijazah. Dan ini mungkin akan dianggap berguna sebagai bahan acuan (contekan) personel yang ditugaskan untuk menuliskan data peserta ujian dan daftar nilai hasil ujian. Bagi personel tertentu tentunya.

Dengan menggunakan aplikasi excel ini, kita tidak perlu lagi repot repot membuat halaman yang sama dengan halaman ijazah, termasuk urutan nilainya, hanya mengisi baris dan kolom pada excel layaknya mengisi administrasi ujian seperti biasa, maka pada halaman print akan langsung berwajah sangat mirip dengan wajah ijazah yang akan diisi. Dengan demikian kita bisa meminimalisir kemungkinan salah tulis pada saat mengisi blanko ijazah.

Biasanya, pada tahun tahun yang lalu guruKATRO hanya membuat satu aplikasi, yaitu hanya untuk MI, tapi kali ini isnya Allah akan dibuat sekaligus empat aplikasi (bila Allah SWT mengijinkan) dalam posting ini, yaitu, untuk MI, untuk SD, untuk MTs dan untuk SMP.




1. Aplikasi isian Ijazah untuk MI ( Madrasah Ibtidaiyah )

Sebelum menggunakan aplikasi isian ijazah MI ini, sebaiknya baca dulu caranya, karena yang satu ini berbeda dari yang lain dan juga yang sebelumnya. Adalah demi menerima masukan dari beberapa rekan operator Madrasah yang merasa cukup lelah karena setelah menghadapi pekerjaan yang begitu njlimetnya ketika input data nilai raport ke EMIS, lalu mengapa kini harus dipaksa input nilai raport lagi ke aplikasi isian ijazah ..... caciaaan dech. Karena itu kali ini guruKATRO putuskan sesuai rencana, yaitu membuat aplikasi isian ijazah yang mana nilai raportnya hanya dengan cara copy paste dari data nilai raport yang didapat dari hasil unduhan data EMIS.

Hasil copas itu tidak hanya untuk nilai raport saja, melainkan juga untuk nama peserta ujian dan juga nama nama mata pelajaran (terutama mulok). ketiga komponen data itu (nilai raport- nama peserta ujian - nama mata pelajaran) akan sama persis dengan yang telah di input ke EMIS.

Jenis copasnya adalah copas-tuntas satu halaman penuh, caranya :
a.  Extract dulu rar aplikasi isian ijazah, jangan buka excel dari rar, tapi buka yang hasil exctract nya.

b. Klik Tabsheet R7, untuk nilai raport kelas 4 semester 1, maaf disitu sudah ada isi EMIS MI guruKATRO, karena itu sekedar untuk contoh, nanti juga akan tergantikan setelah perlakuan copas tuntas
c. Setelah sheet R7 terbuka, klik master Headings, berupa kotak yang berada diatas nomor baris 1 sekaligus di sebelah kiri huruf kolom A, atau dengan bahasa lain pojok kiri atas, atau dengan bahasa lainnya lagi silakan lihat image di bawah ini

gambar untuk langkah b dan langkah c :



sesudah klik R7 (b), dilanjut klik master tab headings (c), sehingga warna halaman excel menjadi lebih gelap dari semula, buka nilai raport hasil unduh dari EMIS. karena ini akan di copas pada R7, maka buka yang kelas 4 semester 1


(Pertama yakinkan dulu bila baris nomor 1 nama siswa harus pas berada pada baris nomor 20), bila sudah benar ...


d. Klik master tab headings (sama dengan pada halaman R7 tadi) hingga warna halaman menjadi lebih gelap

e. Klik copy

lihat gambar untuk langkah d dan langkah e :


f. buka kembali halaman R7 aplikasi, dan pastikan masih dalam keadaan klik pada master tab headings, bila sudah silakan klik tombol paste



dengan demikian halaman R7 aplikasi yang asalnya berisi data emisnya guruKATRO kini telah berisi data emis MI anda sendiri.

g. lakukan langkah langlah yang sama dengan halaman R7, untuk R8, R9, R10, dan R11. (R8 hingga R11 tidak seperti R7, ia masih kossong)

R8 diisi kelas 4 semester 2
R9 kelas 5 semester 1
R10 kelas 5 semester 2
R11 kelas 6 semester 1

pada aplikasi terbaru DIUBAH NAMANYA MENJADI :

R41 = RAPOR KELAS 4 SEMESTER 1
R42 = RAPOR KELAS 4 SEMESTER 2R51 = RAPOR KELAS 5 SEMESTER 1
R52 = RAPOR KELAS 5 SEMESTER 2
R61 = RAPOR KELAS 6 SEMESTER 1

biarkan unduhan emis kelas 6 semester 2 tidak digunakan .....

Sudah gamblang penjelasannya ????, bilah sudah silakan

UNDUH APLIKASINYA DARI SINI (ada yang salah, silakan unduh yang sudah dibetulkan, dibawah)

NB: kelemahan aplikasi ini tidak bisa satu aplikasi untuk kelas paralel
 bila anda sedang menangani kelas paralel, beri tambahan nama pada akhir nama aplikasi aplikasi yang di exctract pertama misalnya dengan tambahan A, lalu exctract satu lagi dan beri tambahan nama B, jadi nantinya akan ada aplikasi ganda semacam ini misalnya :



Update !

Aplikasi isian Ijazah MI tahun 2018 sesuai juknis pengisian ijazah Madrasah tahun 2018,
Masih tetap menggunakan nilai rapor semester 7 hingga 11
alias mulai kelas 4 semester 1 hingga kelas 6 semester 1



kesimpulannya :
Nilai rapor adalah rata rata nilai rapor semester 7 hingga 11
Nilai Ujian adalah rata rata praktek dan tertulisNilai Ijazah adalah rata rata dari nilai rapor dengan nilai ujian

(bagi yang sudah terlanjur download yang lama, sebaiknya download lagi dan gunakan yang dibawah ini saja)
Dan pada UPDATE aplikasi isian ijazah MI 2018 terbaru yang bisa :

==================

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-06-1MULOK

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-06-2MULOK

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-06-3MULOK

==================

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-1MULOK

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-2MULOK

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-3MULOK

==================

Terima kasih kepada pak Mashudi Madura, yang telah memberi sampel raport emis K13 beserta penjelasan penggunaannya, itu sangat membantu guruKATRO untuk menyusun aplikasi. Semoga menjadi berkah bagi pak Mashudi dan keluarga besar MI disana.

Insya Allah sudah disesuaikan dengan aturan aturan tersebut. Tapi yang namanya al insaanu mahaalul khata' wa nisyaan ... sudah berusaha sebaik mungkin barangkali masih ada kekurangannya mohon diingatkan melaui kolom komentar

yaaah guruKATRO teledor pada format rata rata nilai seperti ini :



padahal seharusnya seperti ini :

bagi yang mau betulin kendiri, silakan ikuti langkah langkah dibawah ini :
Klik tab Review, klik Unprotect, masukkan MADRASAHlebihbaik-lebihbaikMADRASAH, klik Ok,
Klik cell EQ212, geser ke kiri menggunakan panah kiri keyboard hingga sampai pada cell CV212, klik Del pada keyboard, geser lagi kekiri menggunakan tanda panah pada keyboard sampai pada cell CG212, klik tab Home, lihat ke bagian tengah atas, pada subtab Number klik satu kali Increase Decimal. klik save untuk mentimpan perubahan.

Demi menjaga keamanan silakan protect lagi bisa menggunakan password diatas boleh juga buat password sendiri.

Jadi dech....

bagi yang ragu atau bahkan bingung melakukan langkah langkah tersebut, nih guruKATRO kasih yang dah dirubah :

==================

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-06-1MULOK-fixaverage

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-06-2MULOK-fixaverage

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-06-3MULOK-fixaverage

==================

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-1MULOK-fixaverage

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-2MULOK-fixaverage

APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-3MULOK-fixaverage

==================

Yang bikin agak lama dalam membuatnya adalah halaman nilai yang kini sudah hanya satu kolom saja (50% nilai raport + 50% nilai ujian) PLES kolom kedua diisi penyebutan nilai dengan huruf, membuat isian kolom terbilang itu yang agak agak bikin guruKATRO ngatuk, karena rumusnya cukup panjang dan mesti ekstra hati hati agar tidak terjadi kesalahan penyebutan nilai ( misalnya pada kolom nilai tertulis 56, jangan jangan pada kolom huruf tertulis enam enam) kan jadi lucu gituh.

contoh pengisian pada juknisnya kan seperti ini :




Hanya ada satu yang masih mengganjal dari juknis tersebut, nomor pada digit awal atau nomor yang berada didepan tahun, Semoga yang berubah adalan nomor yang ada pada digit awal, karena sementara ini guruKATRO buat nomor yang ada pada digit awal yang berurutan sesuai nomor peserta ujian.



Untuk MI yang menganut Muatan lokal hanya 1 atau 2, silakan beri guruKATRO penjelasan, muatan lokal itu pada EMIS diisikan pada kolom huruf apa, ini penting karena demi menyesuaikan isi dari nilai mulok itu sendiri, jadi mohon bersabar sambil memberi informasi tersebut. kalau perlu silakan kirimkan satu sampel hasil unduh data nilai rapor dari EMIS, biar guruKATRO lebih PeDe menyusunnya.

UPDATE

TERNYATA TAHUN 2018 INI TIDAK ADA NILAI RAPORT UNDUH EMIS ????

guruKATRO ubah lagi ke seperti semula, sebelum tahun 2017......

bagi yang masih membutuhkan, ini silakan dipakai, raport ketik sendiri, sementara hanya untuk KTSP, soalnya MI yang guruKATRO kerjain pake KTSP, dan hanya muat 56 peserta ujian, soalnya tahun ini yang guruKATRO kerjain, peserta ujiannya hanya sejumlah 56.

Aplikasi ini sudah merupakan barang bekas, sudah dipakai oleh guruKATRO sendiri dan sudah pula pernah diberikan kepada pak amir tercinta.

Aplikasi di protect tanpa password, hanya klik unprotect langsung lepas gemboknya

ingkang kerso MONGGO PUNDHUT SAKING RIKI



=====================
2. Untuk Aplikasi isian Ijazah SD sudah jadi nich, bisa cepet banget kalau yang satu ini ... maklum datanya lebih sedikit bila dibanding yang punya MI, tapi juga mohon bersabar dulu, karena faktor paket data internet indosat yang reguler lagi super lemot, maka hanya bisa nyaman upload file pada jam jam kuntilanak, dan sementara ini ternyata guruKATRO yang biasanya ngalong, ternyata Alhamdulillaah sedang tidak tisa ngalong, karena akhir akhir ini tengah di karuniai bisa tidur gasik ... Alhamdulillaaaaaaaah, semoga insomnia yang telah sekian lama bangga membelenggu hidup guruKATRO pergi sudah dan semoga tak kembali lagi.

===========

Alhamdulillaah sudah berhasil upload aplikasi isian ijazah SD tahun 2018, untuk yang satu ini cara pengisiannya sam seperti aplikasi  isian ijazah yang lalu, silakan isi kolom kolom atau baris baris yang memang perlu diisi dan bisa diisi (tidak di protecth), lalu amati hasilnya pada halaman cetak, kayaknya cukup mudah, hanya saja seprti aplikasi yang lama, harus mengisi nilai raport satu per satu.

Tampilan halaman awal (HOME) nya seperti ini, dan dari halaman inilah kita bisa masuk ke halaman halaman edit lainnya juga masuk ke halaman cetak melalui tombol tombol yang sudah guruKATRO sediakan seperti ini :



bagi SD yang mau menggunakan, BISA AMBIL DARI SINI

atau aplikasi ISIAN IJAZAH SD yang lebih baru dan universal SILAKAN MASUK SINI

3. Aplikasi isian Ijazah untuk MTs nasibnya sama persis dengan yang untuk SD, barang sudah tersedia namun terkena kendala seperti nomor 2 diatas. Teknik pengisiannya juga masih sama dengan yanmg untuk SD, hanya saja ini perlu hati hati karena aplikasi ini tidak di protect, jadi usahakan jangan sampai anda salah klik yang bisa menimbulkan hasil output tidak sesuai. bila perlu silakan anda protect sendiri saja yaoooo
 dan ini benar benar masih menggunakan tampilan lama, harap maklum ketika mau edit lagi sudah terlanjur ngantuk banget




maklum guruKATRO lagi agak agak cape gituh, yang mau ambil

SILAKAN UNDUH DARI SINI

4. Aplikasi isian Ijazah untuk SMP, heheheheh maafff baru saja akan dibuat. ...
Alhamdulillaah sudah jadi tampilan halaman awal seperti ini



caranya sama dengan SD dan MTs, jadi gak perlu dijelaska lagi pasti anda sudah bisa menggunakannya, bagi yang hendak,

BOLEH SEDOT DARI SINI

5. Untuk SMA/MA?SMK sementara (atau mungkin selamanya), guruKATRO merasa enggan karena banyak beda tampilan untuk jurusan yang berbeda, jadi hingga hari ini belum pernah mencoba untuk membuatnya.

7. yang butuh password unprotect silakan tinggalkan alamat email pada kolom komentar
Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang Aplikasi Isian Ijazah Tahun 2018 yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

40 comments

  1. Assalamu'alaikum pak prof. semoga selalu sehat dan berkah. a...mi...n

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalaam wr wb, aamiin pak, semoga ....
      dan itu kini telah tersedia pak link downloadnya diatas

      Delete
  2. Subhanallah. sungguh mulia orang yang berbagi ilmu tanpa mengharapkan balasan dari orang yang diberi ilmu.hanya balasan yang terbaik dari Allah sebaik baik balasan.
    matur kesuwun Pak Prof.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subnaaanallah ... semoga pak ... tapi jangan berlebihan ... jadi malu nih ...

      Delete
  3. Assalmualaikum Wr.Wb.
    Terimakasih Pak atas informasinya. tapi klau bisa pak yang format ijazahnya K13, dan 13 Mapel, dan dari semester 7 sampai 12 penilaian raportnya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalaam wr wb
      iya pak ini lagi dibuat yang terbaru sesuai juknis 2018, maklum yang diatas itu masih mengacu barang lama....
      mohon maaf, sekedar untuk mempercepat, kalau bisa bapak kirimi aku satu format raport hasil unduhan emis yang versi kurtilas pak.... karena disini belum punya

      Delete
    2. Terima kasih pak ... atas sampel temp rapor emis k13 beserta penjelasannya, semoga tergolong amal yang mendapat ridha Allah SWT

      Untuk yang satu mulok (13 mapel) sudah ada link downloadnya)
      silakan di ambil dan diharapkan masukannya (bila masih ada yang tidak sesuai)

      Delete
  4. Assalamualaikum Pak. Saya merasa berterimakasih banyak pak pada panjenengan atas responnya. Yang jelas Madrasah kami untuk tahun ini ijazahnya sudah menggunakan K13. Banyak mapel 13 (12 mapel dan 1 muatan lokal Bahasa Madura. Saya mohon kalau bisa kirimi yang hanya muat 1 muatan lokal saja. dan alhamdulillah format ijazahnya sudah sesuai dgn juknis yg dikeluarkan Dirjend Pendis nomer 2161/2018. Insyaallah Nanti saya akan kirim emis raportnya melalui email. Terimaksih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalaam wr wb pak

      terima kasih atas kiriman TMP EMISnya plus penjelasan juga

      dan sudah saya buatkan jenis K13 dengan satu mulok
      tunggu saya upload ya pak
      maaf paket data lgi lemot banget... tapi semoga bisa cepat

      Delete
    2. Terima kasih pak ... atas sampel temp rapor emis k13 beserta penjelasannya, semoga tergolong amal yang mendapat ridha Allah SWT

      Untuk yang satu mulok (13 mapel) sudah ada link downloadnya)
      silakan di ambil dan diharapkan masukannya (bila masih ada yang tidak sesuai)

      Delete
  5. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Maaf Pak mau tanya, kenapa aplikasi ijazah MI K-2006 kok tidak bisa di download?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalaam wr wb.

      iya pak mohon maaf barusan sedang diperbaiki aplikasinya, yang sudah dihapus itu karena ada kekeliruan rumus pada pembentukan rata rata rapor dengan ujian (pemberitahuan ini berlaku juga untuk yang sudah terlanjur download yang lama)

      sekarang sudah disediakan link download yang disesuaikan dengan kebutuhan (mulok) dan insya Allah rumus rata rata rapor dengan ujian sudah tidak keliru lagi. Tapi masukan tetap diharapkan barangkali masih ada yang tidak sesuai dengan aturannya

      Terima kasih

      Delete
  6. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Mohon maaf Pak, untuk aplikasi ijazah MI K-2006 kok tidak bisa di download?

    ReplyDelete
  7. maturnuwun pak udah update,, ini dri mim sirau 02,
    mantap sekrg udah ada iklanya, mudah2an lancar pak and berkah pak, nti sy kasih iklan byrn tggi buat bpak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheheh ... iya yah ... kur mung maca maca tok pentinge sing gede regane akune dadine kesawaban qomisi'e hehehehe

      Delete
  8. Pak sebnrny untuk ktsp MI, praktekny ijut g sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat datang kembali kayong lawas nemen ...
      maksude pimen???
      1. KTSP alias K-06 sudah lama di praktekkan
      2. KURTILAS alias K-13 ada yang uadah praktek ada yang belum
      tapi tahun pelajaran 2018/2019 disini sudah harus K-13 semua

      3. atau mungkin maksudnya nilai ujian tertulis dan prakteknya???, logikanya nilai ujian adalah :

      - nilai ujian tertulis dan ujian praktek bagi mapel yang ada ujian tertulis dan ujian prakteknya (misalnya IPA)

      - nilai ujian tertulis saja untuk mapel yang tidak ada ujian prakteknya (misalnya MTK, IPS)

      - nilai ujian praktek saja untuk mapel yang tidak ada ujian tertulisnya (misalnya SBdP dan PJOK)

      mohon maaf bila jawaban saya meleset dari keinginan anda bahkan mungkin terkesan ngelantur ... heheheh

      Delete
    2. Assalamualaikum Pak admin, bagaimana cara menggabungkan nilai ujian praktek dan tulisnya?

      Delete
    3. aplikasi ini hanya untuk nilai ujian yang telah jadi, aplikasi untuk menggabungkan nilai ujian praktek dan tertulis biasanya sudah disediakan olen penmad/KKM masing masing

      hasil olahan dari aplikasi dari penmad/kkm itulah yang dimasukkan kesini

      Delete
  9. Assalamualaikum Pak. Saya ucapjan terimaksih banyak semuga ALLAH membalasnya dengan rezeki yang banyak dan diberikan umur yang panjang. semuga bapak selalu sehat walafiat. Amin ya rabbal alamin

    ReplyDelete
  10. Mohon maaf Pak sebelumnya. Untuk raport K-13 1 moluk setelah saya berikan nilai semuanya ternyata rata-ratanya tdak berbetuk desimal tapi bulat. menurut juknisnya pada rata-rata harus bilangan desimal dengan 1 angka dbelakang koma. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah ada yang mengingatkan, bahwa ternyata saya yang teledor dalam membaca juknis tersebut.

      insya Allah akan segera saya perbaiki pak, mohon tunggu
      sekali lagi terima kasih dan ditunggu info berikutnya

      Delete
  11. APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2018 K-13-1MULOK-fixaverage ini tidak bisa dibuka pak. Terimaksh juga pak. Saya bisa merubahnya pak tp untuk narasi hurufnya tdak bisa berubah. Terimaksh pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang fixaverage baru persiapan, karena saya hanya bisa upload file pada jam tahajjud nanti heheheheh

      untuk narasi (terbilang) pada rata rata di Del (dellete/hapus) pak, kan pada juknisnya juga tidak ada terbilang (huruf) pak????

      posisikan kursor pada cell CV212 (cell yang berisi terbilang untuk nilai rata rata, lalu klik del pada keyboard
      semoga berhasil pak

      Delete
  12. Oh Ya pak, diJuknisnya memang tidak ada narasinya (terbilang). Terimaksih Pak

    ReplyDelete
  13. Mohon maaf ya pak. di rata-rata kan dibulatkan 1 angka dibelakang koma, tp pembulatannya tidak menambah 1 angka. contoh: 87,38 kalau dibulatkan satu angka belakang koma seharusnaya 87,4 tapi diraport tertulis 87,3. Terimakasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon ditegaskan lagi pak
      di rapor apa di aplikasi pak

      Delete
  14. Replies
    1. kalau di aplikasi saya angkat tangan pak
      sebab itu merupakan buatan excel, dan sejak dului sudah beberapa kali saya coba mengamati ternyata yang digunakan excel sudah sesuai dengan kaidah matematika. bila ada yang demikian mungkin pada benih benih nilai awal ada beberapa yang dibulatkan keatas dalam keadaan minim

      Delete
  15. sangat bermanfaat pak.. sy coba unduh

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan pak, walau saya sendiri agak pusing karena tiap tahun berubah ubah formatnya

      Delete
  16. Assalamu'alaikum Pak Prof. moga selalu dalam limpahan keberkahan dari Allah SWT. a...mi...n.
    Aplikasi isian ijazah untuk TP 2018/2019 sudah ada apa belum Pak Prof?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena saya belum melihat seperti apa bentuk dan aturannya, maka saya belum bisa membuatnya
      demikian mohon maaf

      Delete
  17. Assalamu'alaikum Pak Prof. mau tanya lagi Pak Prof. kira kira kapan ya update aplikasi isian ijazah 2019? punten Pak Prof.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalaam wr wb
      insya Allah .... hari ini baru akan mulai di buat ... doakan semoga bisa cepat selesai

      Delete
    2. Semoga kesehatan dan keberkahan selalu Allah berikan kepada pak Prof.dan keluarga. dan aplikasinya cepet selesai dan bermanfaat. a...mi...n...

      Delete
    3. Aamiin yaa rabbal Aalamiin, sudah tersedia itu aplikasi 2019 pada posting terbaru

      Delete