2018/06/10

Aplikasi isian Ijazah SD 2018 K06 K13

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Alhamdulillaah kelar sudah proses pembuatan aplikasi isian ijazah SD tahun 2013. Sebelum dilanjut, disini guruKATRO ingatkan bahwa ini bukanlah aplikasi pengolah nilai ujian, melainkan hanyalah sebuah aplikasi yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk membantu para penulis ijazah, dan fungsi utama aplikasi ini adalah ketika mengisi blanko ijazah, sang penulis mencontek pada halaman cetak yang tampilannya 99.99% sangat mirip dengan blanko yangakan diisi, jadi akan sangat ringan dan sangat minimal melakukan kesalahan tulis. Sekali lagi aplikasi ini bukan alat untuk mengolah nilai ijazah.

Biasanya guruKATRO hanya mengutamakan untuk rekan rekan yang mengampu lembaga pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI), namun karena akhir akhir ini kelihatannya ternyata banyak juga peminat aplikasi sejenis ini yang berasal dari kalangan Sekolah Dasar (SD), maka guruKATRO berusaha mencari referensi yang berkaitan dengan penulisan ijazah SD, dan alhamdulillaah kayaknya guruKATRO kini sudah mau unjuk gigi pada rekan rekan yang mengabdi di SD.

Sebenarnya agak beruntung juga sih rekan rekan dari SD dengan aplikasi sejenis ini, karena ketika guruKATRO memulai membuat aplikasi isian ijazah untuk SD ini, pada saat itulah guruKATRO mulai berfikir untuk membuat satu aplikasi yang bersifat universal. Maksudnya adalah satu aplikasi bisa untuk ijazah Kurikulum 2006, sekaligus bisa juga untuk yang menggunakan kurikulum 2013. Bisa untuk sekolah yang menggunakan 1 muatan lokal atau 2 muatan lokal dan juga yang menggunakan 3 muatan lokal. Pada aplikasi aplikasi yang lalu guruKATRO belum memiliki pandangan untuk membuat aplikasi yang universal seperti ini.

Tampilan halaman utama aplikasi seperti ini:




Pada pilihan INPUT DATA ada lima sub input yang mesti di isi :



1. Klik LEMBAGA :



Pada cell cell yang berwarnadasar hijau tua, kita bisa edit sesuai kebutuhan tentang informasi data Lembaga penyelenggara Ujian. Bila telah selesai klik kembali untuk masuk halaman utama.

2. Klik PESERTA :



Semua cell berlatarbelakang hijau bisa di edit dan hapus yang tidak perlu. Bila telah selesai klik KEMBALI

3 DAN SETERUSNYA pasti anda akan faham sendiri cara memanfaatkan aplikasi ini, 

Ada satu yang masih cukup merepotkan anda, yaitu pengisian nilai raport dari kelas 4 semester 1 hingga kelas 6 semester 1, itu harus di ketik satu persatu, kalaupun harus copy paste, mesti menggunakan paste values demi menghindari perubahan format yang telah dibuat oleh guruKATRO.

Setelah selesai anda mengisi bagian halaman input data, kini tinggal kita cetak hasil kerja kita. Silakan pilih sesuai kebijakan sekolah masing masing. Ada enam pilihan cetak disana :


tiga pilihan untuk kategori kurikulum 2006 (KTSP), yaitu 1 mulok, 2 mulok atau 3 mulok. Begitu juga untuk kategori kurikulum 2013.

Contoh satu tampilan halaman cetak adalah seperti ini :



Bingkai Ijazah pada halaman dan hasil cetak sengaja dibuat warna hitam putih saja alias tidak berwarna warni, ini bertujuan agar kita bisa meminimalisir penggunaan tinta warna pada printer kita.

Bagi yang ingin mencoba memanfaatkan aplikasi yang membantu kinerja para penulis ijazah SD ini,

SILAKAN AMBIL APLIKASINYA DARI SINI.

Pesan guruKATRO kepada pengguna agar meneliti dulu sebelum memutuskan untuk cetak hasil kerja. barangkali masih ada beberapa point yang tidak sesuai dengan rencana. Atau bahkan mungkin ada kesalahan atau kekurangan dalam aplikasi itu.


Bagikan

guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang Aplikasi isian Ijazah SD 2018 K06 K13 yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Tidak ada komentar