2018/06/10

RPP Kelas 1 Tema 1 sub tema 2 (K-13 revisi 2017)

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Melanjutkan posting tentang RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Edisi Kurikulum 2013 revisi 2017, kali ini guruKATRO akan share contoh RPP untuk Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 2. Seperti biasa, dan mungkin saja untuk seterusnya.

Hanya mengatur kembali seperti dalam hal menyatukan, menata letak, numbering, tabeling, exampling saja memerlukan waktu yang cukup lama, guruKATRO tidak dapat membayangkan bagaimana seorang guru bisa akan menghasilkan output yang baik bila ia dituntut harus menyusun RPP yang sepertinya akan memerlukan waktu lebih panjang dari durasi mengajarnya (bagi sebagian guru).

Dari pada waktu sangguru habis untuk menyusun RPP tanpa sempat bertemu muka dengan peserta didiknya, marilah rame rame maen copasedit saja, dan ini hanya akan berguna pada saat supervisi, akreditasi dan lain lain saja. Sementara untuk mempersiapkan apa yang besok akan disampaikan kepada peserta didik, cukup hanya dengan mempelajari materi sambil membuat catatan kecil tentang kira kira langkah dan metode apa yang perlu dipaparkan. (PROVOKATOR).

haaaaa guruKATRO kok jadi gituuuuu 





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan
:
MI Al Katroiyah
Kelas / Semester
:
1 /1
Tema 
:
Diriku (Tema 1)
Sub Tema 
:
Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke
:
1
Alokasi waktu
:
1 hari


A.      KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR

Muatan : PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
1.2.1
Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2.1
Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam  kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.1
Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1
Mempraktekan hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah

Muatan : SBdP

Kompetensi
Indikator
3.3
Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
3.3.1
Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian
4.3
Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari.
4.3.1
Mempraktekan gerak anggota tubuh melalui tari.

     Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
Indikator
3.4
Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan
3.4.1
Mengidentifikasi gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat
4.4
Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya  menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis
4.4.1
Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan


C.       TUJUAN 
A.       
1.       Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh.
2.       Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menyebutkan bacaan nama bagian-bagian tubuh.
3.       Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh.
4.       Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menunjukkan aturan tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan makanan yang sehat.
5.       Dengan berlatih, siswa dapat mengenali kosa kata dan memasangkan bagian-bagian tubuh dengan namanya.
6.       Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan aturan saat makan di
rumah.

B.       MATERI
  • Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
  • Gerak anggota tubuh melalui tari

C.       PENDEKATAN & METODE
 Pendekatan                : Scientific
Strategi                       : Cooperative Learning
Teknik                          : Example Non Example
Metode                        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


D.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.     Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.     Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.     Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.     Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.     Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·       Apa yang tergambar pada sampul buku.
·       Apa judul buku
·       Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·       Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi

1.       Untuk mencairkan suasana, guru mengajak siswa untuk menyanyi bersama “Dua mata saya”. (lihat buku siswa halaman 2)


2.       Sambil menyanyikan lagu “Dua mata saya”, siswa menunjuk bagian-bagian tubuh sesuai dengan teks lagu.



3.       Setelah itu, guru menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh dan menempelnya di papan tulis.
4.       Minta siswa mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh tersebut belum ada namanya.
5.       Guru lalu bertanya pada siswa apakah ada yang mengetahui nama-nama bagian tubuh pada gambar yang ditempel di papan tulis. Guru mengapresiasi jawaban siswa yang mau menjawab dengan meminta siswa tersebut untuk menunjukkan bagian tubuh sesuai dengan jawabannya.
6.       Guru memancing siswa lain untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh.
7.       Guru meminta semua siswa untuk mengecek jawaban mereka. Guru lalu mengambil kartu kata nama-nama anggota tubuh.
8.       Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan membacakannya. Minta salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut di dekat bagian tubuh sesuai dengan yang dimaksud.
9.       Guru memperlihatkan kartu yang lain, membacakannya, dan meminta siswa yang lain untuk menempel kartu nama tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.
10.   Guru dan siswa mengecek bersama. Guru menunjuk salah satu bagian tubuh dan menyebutkan namanya. Guru lalu membaca kartu nama anggota tubuh yang tertempel di dekat anggota tubuh tersebut. Cocok atau tidak ya antara nama anggota tubuh di kartu dengan anggota tubuh yang dimaksud.
11.   Jika ada kartu nama yang salah tempel, minta siswa lain untuk membetulkannya.
12.   Setelah semua kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru lalu membacakan semua kartu nama anggota tubuh sambil menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan bacaan dari guru. (lihat buku siswa halaman 39)
13.   Setelah siswa menirukan, guru dan siswa bersama-sama membaca nyaring nama-nama bagian tubuh sambil guru menunjuk nama dan anggota tubuh yang dimaksud.
14.   Guru lalu bertanya kepada siswa, bagaimana ya caranya supaya badan sehat. (siswa akan memberi banyak jawaban, salah satunya adalah makan)
15.   Guru bertanya kepada siswa, bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
16.   Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan saat makan di rumah.
17.   Siswa akan bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
18.   Guru lalu meminta siswa berpasangan dengan seorang teman di sebelah kanannya (bisa juga dengan teman sebangku/semeja). Setiap pasangan saling bertanya jawab/diskusi tentang aturan saat makan.
ü  Jenis pertanyaan dipandu oleh guru, seperti: apakah tadi pagi sudah makan? Sebelum makan, apakah ada yang harus kamu lakukan? Kalau makan di mana, di meja makan atau boleh dimana saja? Kalau makan, apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendiri-sendiri?
ü  Bagaimana sikap saat makan? Bagaimana sikap jika sudah selesai makan?
19.   Kemudian guru meminta perwakilan siswa untuk menunjukkan tentang sikap saat makan di rumah.
20.   Setelah selesai, guru minta siswa mengamati buku siswa halaman 40.
ü  Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa saat hendak, akan, dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa?
21.   Setelah itu guru merangkum semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan di rumah tentang makan. Secara umum aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
ü  Mencuci tangan sebelum makan
ü  Berdoa sebelum makan
ü  Makan sambil duduk
22.   Guru menanamkan kepada siswa untuk mengikuti aturan di rumah saat makan.

23.   Sebelum kegiatan ditutup, siswa dan guru bergerak bersama dalam sebuah ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. (lihat di buku siswa pada halaman 41).






24.   Guru memberi contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut. Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
ü  Sikap berdiri, pandangan ke depan
ü  Kedua tangan di pinggang
ü  Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
ü  Gerak kepala tengok kanan dan kiri
25.   Awalnya bersama-sama. Lalu bergantian per 10 orang siswa mengulangi gerakan tariannya.
26.   Setelah menari, semua siswa mengerjakan latihan di buku siswa halaman 42 dan 43.
    140
    menit

Kegiatan
Penutup
1.       Di akhir kegiatan, guru mengulang kembali nama-nama bagian tubuh.
2.       Guru melakukan refleksi sebelum menutup kegiatan:
ü  Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
ü  Kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
ü  Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
3.       Setelah refleksi, guru memimpin siswa untuk berdoa sebelum pulang.
4.       Guru mempersilahkan siswa pulang. Siswa memberi salam pada guru.
5.       Tiba di rumah, siswa memberi salam kepada orang tua.
    15
    menit


E.       PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

1.       Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
1. a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
No
Tanggal
Nama Peserta didik
Catatan perilaku
Butir Sikap
1.


Berdoa sebelum dan sesudah makan
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan











1. b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
No
Tanggal
Nama Peserta didik
Catatan perilaku
Butir Sikap
1.


Berani mengemukakan pendapat
Percaya diri











1.c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

2.       Penilaian pengetahuan:
  • Tes tertulis

Cara penilaian:
Skor penilaian: 0- 100
Penilaian : Skor yang diperoleh   x 100
Skor maksimal

Contoh:
Misalnya setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:

3.       Penilaian keterampilan:
3. a. Rubrik kegiatan bercerita pengalaman beristirahat.
* Kriteria penilaian masing-masing memiliki poin 25 di setiap bobot angka. Jika bobotnya 4, maka skornya adalah 4 x 25 = 100, dan seterusnya.

  • Instrumen Penilaian Kegiatan Bercerita
T : Terlihat ;  BT : Belum Terlihat
Kriteria 1: Banyak kalimat di atas 10 kalimat
Kriteria 2: Suara terdengar
Kriteria 3: Menggunakan bahasa baku

3. b. Menggerakkan tubuh dalam sebuah ragam gerak yang diiringi lagu “Kepala, pundak, lutut, kaki”

F.       SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Software Pengajaran  kelas 1  SD/MI dari JGC.
·         Gambar dari Google.com
·         Video dari youtobe.com.
·         Syair lagu “Dua Mata Saya”
·         Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap



Refleksi guru :







Catatan Guru
1. Masalah                           :  ……………………………………………………………..……………………………………………………………….

2. Ide Baru                            :  …………………………………………………………..………………………………………………………………….

3. Momen Spesial              :  ………………………………………………………………………………………………………………………..…….


Mengetahui
Kepala Madrasah,




……………………………………..……………
NIP. ……………………………………………
…………………,............... 2018
Guru Kelas 1  ,




…………………………………….………………
NIP……………………………………………….




Bagi yang ingin menyimpan Contoh RPP yang sudah dijadikan satu dalam satu sub tema itu,
BOLEH AMBIL DARI SINI

Demikian Posting tentang RPP Kelas 1 Tema 1 sub tema 2 (K-13 revisi 2017) yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

No comments

Mohon maaf bila link hidup dan spam tidak bisa muncul dalam komentar
Mohon maaf pula bila ada komentar yang tidak langsung dibalas, karena Admin tidak selalu OnLine