Meningkatkan kualitas Bass dan Treble

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

System Audio Sudah dipasang Tone Control, mixer, mungkin juga malah sudah dipasang Equalizer, atau mungkin sudah ditambah lagi dengan Parametrik Tone Control, atau bahkan sudah dipasang sekian macam perangkat yang fungsinya untuk meningkatkan kualitas AUDIO bass dan treble.
MEMBUAT DRIVER SUB WOOFER MUDAH MURAH MENGGELEGAR

baca juga : BASS TREBLE BOOSTER DENGAN IC UA741

Dengan perangkat yang telah terpasang seperti diatas itu, seharusnya sudah bisa menghasilkan kualitas audio yang cukup memuaskan. Namun kadang kenyataan di lapangan bisa berbeda, ada berbagai faktor yang bisa mencipta keadaan menjadi demikian. Kadang pula sesungguhnya kualitas audio itu sudah mencukupi, tapi dasar anda telah menjadi seseorang yang haus dan tidak pernah puas dengan kualitas audio. Kadang juga karena sang operator sound system belum mampu menata posisi dan persentase putar/geser tiap tiap potensio meter pengontrol nada. (yang terakhir ini sering juga terjadi, tapi tidak usah refot refot di bahas disini). Kalaupun pernah melihat kejadian seperti itu juga paling kita hanya tersenyum simpul saja.

Bila keadaan anda tengah mengalami keadaan sebagaimana tertuang pada paragraf KEDUA diatas, selain yang ter cetak miring tentunya, cobalah ambil sedikit langkah untuk berusaha menaikkan kualitas bass treble. Jangan khawatir, rangkaian ini sangat sederhana dan sangat mudah untuk di rakit.

Rangkaian untuk memperbaiki kualitas bass treble ini, efeknya akan berasa lebih mantap bila dipasang sebelum masuk amplifier, sehingga jumlah rangkaian ini mesti sama dengan jumlah input Amplifier yang ada. Namun tidak dilarang juga bila dipasang sesudah sumber audio (Tuner/CD/VCD/DVD/MP3-Player dll).

Untuk membuatnya, mari ramai ramai kita mulai dari sini :

1. Buat rangkaian penguat transistor dulu, dengan input audio masuk melalui ke kaki basis melalui milar/MKM dengan ukuran 224 (220 nano). Output audio keluar dari kaki emitor melalui milar/MKM dengan ukuran 224 (220 nano).



Kaki kolektor diberi tegangan + 12V melalui resistor 470 ohm dan jumper dengan elco 470uF, sementara kaki emitor diberi tegangan - melaui resistor 4K7.

Transistor yang digunakan adalah jenis 2SC1740, guruKATRO memilih ini karena cukup handal ketika dilewati nada treble yang tinggi, 2SC945 memang lebih bisa mengangkat bass, namun tidak kuat bila harus membawa treble yang tinggi. (setidaknya itu menurut experiment guruKATRO)

Langkah pertama ini (yang ber latar belakang biru muda), siftanya hanya opsional saja, bila audio output sudah cukup besar, rangkaian berlatar belakang biru bisa tidak dibuat dan langsung ke nomo dua di bawah ini :

NB: rangkaian regulator R 470Ω dan C 470uF letak sesungguhnya tidak disitu, pada gambar berikutnya nanti akan digeser pada posisi sesunggunhya.

2. Dari output kaki emitor, lanjut dengan membuat Rangkaian filter yang akan hanya bisa dilewati nada bas dan treble saja.

  • Pasang satu buah MKM/milar kapasitas 2,2 nF (222) atau 3,3nF (332)
  • Paralelkan MKM/milar tersebut dengan dua resistor yang diseri, yang pertama (input audio) gunakan ukuran 10K hingga 15K dan yang kedua (output audio) gunakan ukuran 5K6
  • Pada pertemuan seri dua resistor itu dipasang kapasitor ukuran antara 100nF (104) hingga 330nF (334) dipasang seri dengan resistor 5K6 menuju ground.
  • Pada bagian output gunakan MKM/milar ukuran 220 nF (224) atau 470nF (474) atau diatasnya.



Untuk lebih meningkatkan kualitas bass dan treble pada bagian OT dipasang seri menuju ground, sebuah Kapasitor ukuran 100nF (104) dengan resistor 5K6, dengan posisi kapasitor pada OT audio dan resistor pada ground.



3. Dengan rangkaian seperti itu pastinya akan membuat audio menjadi jauh lebih kecil, untuk mengembalikan volume audio agar pulih kerasnya, pasang satu buah penguat transistor output audio, 

  • basis diberi bias + dari kolektor melalui resistor ukuran 1mega ohm,
  • kolektor sebagi output audio diberi tegangan + melalui resistor 5K6 dan
  • Emitor diberi tegangan - melalui resistor 470 ohm
seperti ini :




4. Terakhir guruKATRO hanya mengembalikan regulator yang telah ada pada gambar pertama ke posisi sesungguhnya



Dengan rangkaian ini, pasti sound system kita akan menjadi lebih terasa hentakan bass dan treble nya


Update !!!!!!!

bagi yang hendak menyimpan LayOut PCB BTB diatas, BISA UNDUH DARI SINI

Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang Meningkatkan kualitas Bass dan Treble yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

95 comments

  1. kalau g pakai TC bisa g pak rangkaiany ini..pa ini sama dengan galaxy atau lebih bagus audioy...saya py tda 2050 cocok g pak kalau ditambahin ranvkaian ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pakai TC juga gak papa, anggap saja ini sebagai TC yang disetel full bass treble,

      kalau tanpa TC ini bekeraj seperti TC, berarti sebaiknya dipasang sesudah galaxy

      dipasang ke TDA 2030/2050 saya sering buat dan yang sudah berlaku hasilnya cukup memuaskan konsumen (hampir tak ada Compliant)

      Delete
    2. maaf pak guru klo beli jadi yg no 4 bisa gak pak? Hganya brpa tmksh tolong kirim ke wa sy 085259772220

      Delete
  2. ini kalau ditambahin rangkaian dari artikel bapak yg menambah bass terasaa didada cocok g atau jadi over juga audioy

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dengan BTB yang dimaksud???
      sepertinya kurang cocok, karena sistem kerjanya sama, kalaupun misalnya tidak over, pasti jadi seperti pemborosan,

      Delete
  3. ya BTB,jadi harus milih salah satu ya..kalau saya senang g pake TC tanpa ribet setel lg yg penting suaray imabang..kalau sdh ada galaxy perlu ditambahin ini lagi atau dicopot diganti ini pak....knp g pake IC pak..kebanyakan kalau dipasarn pake...insy sya coba skemay pak spa tau lebih enak dari galaxy...itu kalau pengen bass y agak panjang perlu ditambah kompn atau dah cukup..tau cara bikin PA 2.1 yg ada subwofery g pak..dishare ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kadang TC juga diperlukan, terutama untuk menyesuaikan beberapa lagu berbeda kualitas bass dan treble nya.

      ada saya punya skema Tone controll modif dengan IC UA741 bass menggelegar ...

      bila ingin buang fungsi TC tinggal buang semua potensio dan sambungkan secara langsung saluran bekas kaki 2 dengan kaki 3 potensio ... jadi dah ... bukan TC lagi

      subwoffer dengan PA TDA 2005 (1) juga ada, untuk stereo satelitnya bebas pilih, bila ingin keras bisa pakai TDA 2030, atau kecil satelit menggunakan TDA 2003(2)

      cuma yang agak lama bikin gambarnya
      kalau mau bersabar ya bisa ditunggu untuk beberapa posting ke depan

      Delete
  4. ok pak saya tunggu postingan berikuty..TC skemay dishare jg n TDA y.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah di posting coba lihat lihat di home page ada beberapa kit elektro ala guruKATRO yang baru

      Delete
  5. ini rangkaian plrlu tegangan ya pak..yg dilingkari itu...atau langsung yg point no.2..bearti kl ditambahin rangkaian ini kwalitas suara bass sama treble akan meningkat lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada
      tegangan - sekaligus sebagai GND (garis hitam)
      dan
      tegangan + 12 Volt (garis merah)

      tegangan + untuk kinerja transistor, dan berfungsi menaikkan volume yang cukup signifikan

      Delete
  6. yg gambar point 4 itu kan ada yg dilingkari..itu dibuat atau g usah pak..bearti transiatiry butuh 1 atau 2..yg elco vikty 16 atau 50

    ReplyDelete
    Replies
    1. o iya itu yang dalam kotak latar biru yah??

      itu gak dipasang juga gak papa, perbedaan rasanya cukup kecil

      brati tr pakai 1 saja sudah lumayan bagus kok

      karena tegangan masuk hanya 12v, maka elko terendah 16v, tapi boleh juga pake yg 25v atau 35v atau 50v

      urusan tegangan elko yang penting jangan dibawahnya, bisa panas.
      misalnya tegangan masuk 50v berarti tegangan elko sebaiknya paling rendah 63v

      Delete
  7. untuk tegangan +12v kan ada resistor 470 sebelum elco kl g dikasih pengaruh apa..kal diganti brp nilaiy.seumpm 390 atu 560 g pa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya gak dikasi R jg ga papa,

      tapi kadang bisa menimbulkan dengung, jadi inti kerja resistor tersebut untuk menghilangkan dengung.

      variasi yang pernah guruKATRO temukan, berukuran antara 100 ohm hingga 1 kilo ohm

      Delete
  8. malm pak..saya sdh nyoba rangkaian ini dan berfungsi baik..seperti galaxy mnrut saya mgk lbh empuk...cuma kl ditambahin bufer TR yg dilingkari biru itu mgk suara tambah kuat lagi ya pak...sy pasang stlh galaxy dan kl galaxy diaktifkan suara tambah banter..kyky rngkain sudh pas ditelinga dari bass dan trebley...cm agak denhung mgk kabel massa krng besar..mantapp lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mlm kmbli .....
      kalau belum dipasang TR sudah ada dengung, kemungkinan besar sumber dengung dari galaxy, tapi bukan juga murni galaxy, selain kemungkinan kabel massa, ada juga kemungkinan grounding box yang belum sempurna.

      Delete
  9. Mau tanya, ini ada layoutnya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf ... karena ini merupakan kreasi sendiri dan saya terbiasa mengguakan PCB berlubang, sehingga saya tidak sempat membuat layout PCB nya.

      Tapi bila ada yang benar benar ingin, maka akan saya buatkan layoutnya, dan akan saya masukkan pada update materi posting diatas pada beberaoa hari kedepan

      terimak kasih telah berkunjung kesini

      Delete
    2. Iya om, ditunggu layoutnya, pasti banyak jg yg kepengen coba.

      Delete
    3. Mohon maaf agak lama, karena ada yang mesti di selesaikan terlebih dahulu, sekarang sudah tersedia link download layout ples data komponennya
      silakan ambil dari update posting diatas pada bagian paling bawah

      Delete
  10. ini kalau dibuat seri befungsi atau tidak pak atau mubazir jadinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. rekomendasi pemasangan rangkaian ini hanya untuk sistem audio yang dirasa masih kurang tebal nada bass dan treble nya, diseri bisa jadi tidak mubadzir bila setelah dipasang ternyata kualitas audio jadi memuaskan

      namun bisa jadi mubazir bila setelah dipasang, ternyata kualitas audio tidak menjadi lebih baik, atau bahkan cenderung menjadi over audio

      Delete
  11. dan kalau ditambahin ampli booster apa tambah banter dan nyaring suaranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia ... akan menjadi lebih nyaring dan lebih bagus, dengan syarat boster amplifier nya juga harus yang bagus juga'

      karena sebaik apapun penguat/pengontrol/peningkat audio, itu tidak akan berguna apabila amplifier Final nya tidak/kurang bagus (terutama urusan daya amplifier nya)

      Delete
  12. pak kalau rangkaian tadi dimodif lagi bisa tidak biar bass tambah menggelegar lagi.yg bisa menggetarkan kaca...biar kayak ampli built up..kl bisa artikely ditambah PA fersi bapak mgk dulu pernah dibuat pesanan orang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekedar menggetarkan kaca
      amplifier biasa dengan speaker 15 inch itu pasti bisa

      sub woofer hanya dg TDA2030 + speaker 6 in saja sudah bikin kaca jendela setebal 3 inch bergetar ...

      Delete
  13. bearti sdh fia ya pak rangkaiany ini sdh tidak bisa dimodif lagi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya.... sampai lupa soal itu ....

      semua masih bisa di utak atik ....
      bahkan sesuai kemauan sendiri sekalipun tetap boleh

      pada gambar paling bawah
      sepuluh buah R diurutkan dari paling kiri

      01. R 470 (antara 100 hingga 470) bebas, hanya setrum

      02. R 470 (antara 47 hingga 470) semakin kecil semakin keras

      03. R 5K6 (antara 3k3 hingga 10K) semakin besar semakin keras

      04. R 1M (antara 330K hingga 2M2) semakin besar semakin bass

      05. R 5K6 (antara 1K hingga 5K6) semakin besar semakin middle

      06. R 5K6 sama dengan R 5K6 nomer 05

      07. R 5K6 (antara 1K hingga 10K) semakin kecil semakin bass

      08. R 10K (antara 10K hingga 47K) semakin kecil semakin bass

      09. R 4K7 (antara 3K3 hingga 10K) semakin besar semakin keras

      10. R 470K (antara 330K hingga 2M2) semakin besar semakin besar



      R 1M (nomer 04) bisa dilepas dan ganti dengan cara:

      R 470K dari basis ke +
      dan
      R 47K dari basis ke negatif (GND)

      langkah ini perlu diikuti dengan mengganti :
      R 470 (R nomer 02) dengan
      R 47
      atau
      paralel R1K dg C 100µF

      ini untuk meningkatkan efek bass nendang



      Delete
  14. wah mantap nii ..bisa otak atik..matur tahks you pak...oh ya pak ni rangkaian saya gabung sama galaxy masangy sebelum galaxy cm kl diaktifkan galaxy bass y over paxahal sdh dikasih 10k,pa resistory kurang besar buat ngurangi bass yg nyeber..

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar gak mudah over sebaiknya sesudah galaxy baru ini atau bila ada TC sesudah TC baru ini, biar bass = joss ganti tr menggunakan C945

      galaxy di bypass = tidak digunakan = tidak ada galaxy

      ngatasi bass over
      - bila pakai R harus dari input atau output ke GND, kalau R untuk lewat (saringan) itu mengurangi treble

      - mengurangi bass bisa jg dg mengganti elko input dengan milar atau keramik 104

      bila overbasssss terus ganti R4 dengan ukuran 100K diikuti R2 dengan ukuran 100 ohm atau dibawahnya

      Delete
  15. Lay Out PCB Meningkatkan Kualitas Bass Dan Treble kok gak bisa diunduh gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. barusan saya coba download di mediafire bisa .... bentuk file rar ukuran 133,94KB

      Delete
  16. Browsing tentang tone control beserta bumbu bumbunya seperti menambah bass treeble, booster bass treeble, galaksi dll, lama lama pusing juga, karena banyaknya model dan jenisnya sampek bingung mana yang harus saya coba.
    Nah agar saya tidak pusing mbok saya dikasih satu resep saja rangkaian tone control yang lengkap dengan bumbu bumbu tambahan lainnya sehingga begitu saya rakit sudah mak nyuuus gitu.
    oh iya kalau bisa tone controlnya pakek IC UA 741 dan catu dayanya CT he...he...he...maaf rewel

    ReplyDelete
  17. ada lagi yang lupa pak guru sekalian lay out PCBnya.....he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya banyak permintaan itu bagi guruKATRO sama sekali tidak dianggap rewel, malah terima kasih karena bisa dijadikan improvisasi baru, jadi secara mendasar guruKATRO berterima kasih, permintaan anda pun bisa guruKATRO kabulkan dg senang hati, namun mohon maaf untuk saat ini tidak bisa cepat karena lagi ada beberapa pekerjaan darat yg harus diutamakan terlebih dahulu, sehingga membuat request blog menjadi sangat terhambat.

      Delete
  18. ijin nyontek pak trmksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. PLEASE ... dan ingat ...itu nilai nilai komponen tidak mutlak
      silakan lanjutkan dengan eksperimen sendiri agar bisa memperoleh hasil sesuai selera masing masing

      Delete
  19. Terima kasih om,sangat membantu sekali tutorialnya,lebih2 yg newbie mcm saya.Semoga sehat dan sukses selalu om ku.
    Request yg pakai ic4558 dong om,hehee

    ReplyDelete
  20. Om ada engga yg power daya 3,7 usb yg mudah buat musikan klo lgi nguli

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau yang itu mah lebih baik pakai MUSIC-BOX, ditoko banyak variasi model dan harganya, tinggal cus langsung fly dech

      Delete
  21. Pak guru katro..sy kan py memory card nganggur dan py ampli...bgmn caranx supaya memory card tersebut bisa masuk ke ampli dan bs bunyi?. .apa ada rangkaian khusus?...terima kasih atas semua poatinganx yg sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli MP3 Player (murah ... disini cuma Rp 30K)
      isi memory dg lagu2 mp3
      MP3 player diberi tegangan, out put disambung ke input Ampli,
      jadi dech

      Delete
  22. Apakah ini bisa di suplay 5volt charger hp???

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5V sudah bunyi .... tapi ada kemungkinan akan tekor bass treble

      dicoba saja dulu ... gak papa kok

      Delete
  23. Met mlm pak...mau tanya.. Adakah rangkaian equalizer untuk effek gitar bass listrik..kebetulan aku demen main bass yg untuk dangdutan..tp suara petikanya g bs jelas..kiranya ada dr guru katro.. Saya ucapkan terima kasih pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti akan saya coba [barangkali bisa]

      Delete
  24. Pak guru, power amp saya yang sudah terkoneksi dengan TC yang baru saya oprek2 setelah dihidupkan bunyinya oke aja, tapi berdengung pada saat saya naikkan treble dan bass sangat tdk nyaman, saat bass dan treble saya nolkan dengung gak begitu kentara, kira3 apa yang harus saya lakukan guru supaya saya puas dengar musik tanpa dengung. matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kembalikan lagi dulu oprekannya
      satu demi satu mengembalikannya mesti di cek dengungnya agar ketahuan bagian mana yang menimbulkan dengung tersebut

      Delete
    2. Di tc saya cuma ganti r10k dengan r1k, pada kaki pot treble, sebenarnya saya ingin guru mengulas cara mengatasi dengung pada amplifier, mulai dari input audio sampai drivernya, karena saya sudah cari di google tidak ada yang membuat saya bisa mengerti. Tapi jika uraian pelajaran dari guru sangat masuk di otak saya. bahkan sudah ada beberapa yang saya praktek, berhasil jaya. Makasih Guru.

      Delete
    3. coba ini
      https://elekatro.blogspot.com/2020/05/beberapa-cara-membuang-dengung-audio.html

      Delete
  25. itu bisa dipasang dipotensio ga ya pak ? biar bisa disetel2 gitu !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa
      [pot treble]
      lepaskan pertemuan C222 yang ketemu 224 [latar belakang putih]
      kaki lepas C222 ke kaki 3 pot treble
      kaki lepas C224 ke kaki 2 pot treble
      kaki pot 1 ke GND disaring C103


      [pot nass]
      lepaskan pertemuan kaki R10K dan R5K6
      kaki lepas R10K ke kaki 3 pot Bass
      kaki lepas R5K6 ke kaki tengah pot bass
      pertenuan kaki C224 dg R5K6 [yg menuju GND} ke kaki 1 pot bass

      Delete
  26. hahaha berhasil pak.... mantul.
    jadi tc aktif mini.
    terimakasih pak guru

    ReplyDelete
  27. Sy punya politron 435 k bigband..tp suara dah ga mantap.. untuk rangkaian ini di pasang di mana ya
    Speaker pakai 8 inch

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipasang pada input audio amplifiernya

      Delete
    2. Yg jadi satu sama catu daya ya
      Maklum sy masih awam
      Trus ini pakai adaftor bigband biaa kan..jadi satu sumber catu dayanya
      Mksh ya

      Delete
    3. catu daya bisa diambil dari catu + dan - yang ada di Tone Controll atau Equalizer

      Delete
  28. Tuan guru nerusin yg kmaren alhamdulillah kit 3116d2 sdh hidup berpungsi dgn baik berkat rangkaian psu yg di ajarkan tuan guru terimakasih tuan guru. Tapi ada sedikit masala di suara bass nya guru. Kuarang jedug bila volume di naikan ke 30% suara basnya sember pecah tapi vol nya di bawa 30% lumayan mantap. Naa adakah solusi unk meningkatkan basnya tuan guru.

    Salam
    Huzairin palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin harus diperbesar trafonya ... atu diperkecil ukuran speakernya

      Delete
    2. Untuk spaker nya kecil guru hanya 80 wat 6ohms saya pararel agak lumayan keras tapi suara bassnya tetap pecah atau kopong kalo lihat dari pergerakan membran speaker lumayan bergetar tapi suaranya itu kayak kosong gitu.
      Apaka saya harus beli psu smps 24v 9amper guru ?? Atau beli giga bass?? Atau yg lainnya guru mohon solusinya tuan guru. Maklum tuan guru baru hobi di bidang audio di tambah pengetahuan mini bajet minimjuga hehehe

      Delete
    3. Sory tuan guru ada yg lupa kalo pa 200watt psunya berapa amper yaa??

      Delete
    4. kalau paralel ... jangan sampai terbalik kaki kaki speakernya, + dg + dan - dg -
      bila terbalik bisa membuat bass terasa ngambang

      Watt itu VA ... artinya Volt x Ampere
      hanya saja Volt yang dihitung itu bukan dari trafo (VAC)
      tapi Volt sesudah keluar dari dioda (VDC)

      misal trafo 5A / 24V (24VAC)
      24VAC setelaj keluar dari dioda sekitar 33VDC

      tinggal kalikan saja 33V x 5A = 165VA atau 165 watt

      Delete
  29. Guru saya saya mau nyoba merakit penguat bass terebel epat tingkatan agar bass bisa lari jauh, yang ada pada salahsatu blok guru katro. kalo saya maubikin setereo tinggal di dobal kan saja rangkaiannya kan?? Begitu juga dengan rangkaian tc nya nahh rangkaian itu menggunakan resistor ygberapa watt yaa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ... itu mono .... kalau mau buat stereo harus buat dua unit, yang satu untuk L yang lainnya untuk R
      beitu juga rangkaian rangkaian yang lainnya yang masih hanya satu .... harus dibuat dua unit

      Delete
  30. Dan mohon sarannya untuk rangkaian bagussan yg diatas atau penguat bass bertingkat empat di blok satunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus atau tidak nya hanya mnyesuaikan dengan peralatan yang telah ada

      Delete
  31. Ini tegangannya dari travo langsung om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah ada rangkaian lainnya misal TC atau parametrix atau sejenisnya ... bisa ambil dari situ

      Delete
  32. Berikan penjelasan om tegangan dari mana , terus masuk keluarnya secara rinci om , saya mohon , saya ingin belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada gambar paling bawah, silakan amati :
      Tegangan + masuk melalui kotak merah bertanda + putih
      Tegangan - (sekaligus jadi GND), gambar diatas kotak merah (kotak hitam bertanda -
      IN disambung ke out player atau out HP
      OUT disambung ke input TC atau input Amplifier

      Delete
  33. Pak guru klo cpstor 220nf d gnti elco 1uf bisa gk.matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bisa dan bass akan jauh lebih gede

      Delete
  34. Maaf pak guru klo beli yg sudah jadi bisa gak klo bisa sy pesan yg no 4 dan harganya berapa?

    ReplyDelete
  35. Maaf pak klo bisa sy pesan 2 karena buat stereo dan tolong kirim ke wa 085259772220

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf ... hingga kini saya belum ada kesempatan untuk melakukan hal seperti itu
      harap maklum .... saya ada kegiatan wajid di darat setiap harinya

      Delete
  36. Ass...mas gurukatro..sy ada bli dms9000 stlh dirakit bass.midle ok kluar tp treble mendem pot trable diputar full cm ada prubhan sdikit g ada ngicis sdikit pun ..sy cb tmbah tc xbass trable ada pningkatan tp hnya sbtas normal ga ampe kluar ngicisnya...kl ditambah rangkain mas guru akan lbih baik g ya atau bisa ga rangkaian diatas hanya tingkatkan treble aja ...apa yg musti dirobah pd rangkaian diatas...sblumnya maturnuwn mas guru....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicoba rangkaian diatas ...
      tar kalau ada kendala bisa yang dioprek rangkaian ini nya saja

      Delete
  37. Um mau tanya soal anti desis D206 ,tolong jelasin cara kerja komponen tsb dan bagaimana mengaplikasikannya ke power

    ReplyDelete
  38. Um mau tanya soal anti desis D206 ,tolong jelasin cara kerja komponen tsb dan bagaimana mengaplikasikannya ke power

    ReplyDelete
  39. Tny klo tr945 tone control rusak bisa pke tr sejnis npn yg lain ctoh(bd139, tip31/41 dll)

    ReplyDelete
    Replies
    1. C458 C829 9014 C1815 ... kalau gak malu seperti saya ??? boleh pakai 139.31/D313

      Delete
  40. Assalamu'alaikum.
    Maap saya pemula, mau bertanya, saya mempunyai amplifier yang sudah gabung tone control. Saya ingin melepas potensio treble dengan tujuan treble saya maksimalkan tanpa menggunakan potensio. Jika dilepas apakah ada penyambungan atau bagaimana?
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalaamu warahmatullaah
      lepas pot treble dan sambungkan bekas kaki 2 dan kaki 3 nya

      Delete
  41. Pak guru rangkaian ini sudah saya coba hasilnya bagus,bassnya enak tapi kurang tebel sedikit,c 220n yang di seri r 5k6 menuju grond sudah saya ganti 150n agar bass lebih tebel lagi yang perlu di ubah apa lagi pak guru biar lebih tebel sedikit lg bassnya

    ReplyDelete
  42. sudah saya ganti TR nya,sekarang bass jadi lebih enak,dan lebih tebel dikit,makasih pak guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. congrats... bila ingin bass lebih tebal lagi coba ganti semua C 224 dengan elko 1uF .. posisi kaki + elko pada kaki transistor

      Delete
  43. pa guru kalo buat bass supaya tidak over . diinput ataw outup pream pasang resistor ke ground ukuran berapa? dan pemasanganya apakah langsung dari input/output?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak over ... langsung saja ... jangan di pasang resistor juga gak papa

      Delete
  44. pk guru kalau penguatnya di kasih dobel,terjadi over apa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba saja
      kalau over bas ... input disaring dg C 104
      kalau over treble ... input disaring dg R 10K

      Delete