Rangkaian Inverter inti ferit sederhana

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Pada jaman dulu, sebelum tahun 2000, pada saat masih banyak wilayah desa yang belum terjamah jaringan listrik PLN,  guruKATRO sudah sering reparasi inverter 12 volt to 24 v atau 12 volt to 32 volt, yaitu pada power amplifier sekelas  OCL atau darlington yang direkayasa oleh pembuatnya agar bisa dinyalakan dengan menggunakan Aki 12 Volt. Tapi yang sempat guruKATRO reparasi seluruhnya adalah jenis inverter menggunakan inti kern plat besi, yang tugasnya disekaliguskan sebagai trafo 220 volt t0 24 atau 32 volt.
Waktu itu terkenal dengan nama Power Amplifier besar jenis AC/DC. Satu trafo inti besi bisa bekerja sebagai penurun tegangan dari 220/110 volt menjadi 24/32 volt bila di operasikan menggunakan aliran listrik PLN dan trafo itu berubah fungsi menjadi penaik tegangan dari 12 volt engkel menjadi 24 atau 32 volt simetris bila amplifier dioperasikan menggunakan aki 12 volt.

Inverter jenis inti ferit juga sebenarnya sudah sering guruKATRO lihat, yaitu ketika memperbaiki Amplifier sistem audio Mobil, sayangnya saat itu belum pernah sekalipun menangani kerusakan pada bagian inverter, akhirnya guruKATRO juga tidak terlalu menguasai inverter menggunakan inti ferit tersebut. Namun sekaligus bisa ditarik kesimpulan bila inverter pada Amplifier Mobil itu pasti bagus kualitasnya.

Terus terang saja, guruKATRO sendiri belum mempraktekkan hal ini, yaitu menggunakan skema inverter trafo inti besi di aplikasikan dengan trafo inti ferit. Beberapa bula yang lalu, datang seorang teman lama yang minta skema inverter untuk amplifier pada mobil, katanya dia akan pasang amplifier OCL bikinan sendiri. iseng iseng guruKATRO kasi skema komponennya dan di ajari cara menggulung kawat enamel pada batang feritnya.

Beberapa hari yang lalu ia datang lagi sekedar mengucapkan terima kasih, katanya proyek itu berhasil dan cukup memuaskan. Dengan laporan dari teman guruKATRO itu, akhirnya guruKATRO berani untuk share tentang pembuatan inverter tersebut.



Mohon maaf, dengan alasan agar akan lebih mudah di mengerti oleh pembaca, ada beberapa komponen yang tidak sesuai dengan apa yang pernah guruKATRO dikte kepada teman guruKATRO, nanti akan dijelaskan pada tiap tiap step di bawah .....

Mari kita mulai belajar mencoba merangkai terlebih dahulu :

1. Buat trafo inverter dengan bahan inti ferit, kawat email ukuran 0,6mm atau 1mm untuk primer 12 volt, dan kawat email ukuran 1mm untuk lilitan sekunder 24 volt.



Kalrifikasi :
Inti ferit sebenarnya menggunakan trafo koker biasa dan bukan jenis toroid seperti pada gambar diatas. Koker yang disarankan adalah bekas atau ambil dari trafo multi regulator TV. 



Karena dengan koker dari multi regulator tv itu guruKATRO sudah tahu 1 lilit = 2 volt. Berarti :
Primer 12 volt = 2 x 6 lilit, dan 
Sekunder 24 volt = 2 x 12 lilit.
untuk lilitan sekunder: bila ingin output 28 volt = 2 x 14 lilit, bila ingin keluar 32 volt = 2 x 16 lilit.

Sedangkan ferit toroid pada gambar diatas guruKATRO belum menemukan berapa jumlah lilitan untuk tiap tiap volt nya. Gambar trafo buatan guruKATRO yang menggunakan ferit toroid hanya sebagai ilustrasi saja.

Bila trafo buatan sendiri itu sudah jadi, mari kita lanjut dengan

2. Sumber tegangan 12 volt + dari aki dimasukkan ke kaki tengah lilitan primer dan keluar malalui dua pintu (2x 6 lilit) untuk menuju kaki kolektor dua buah transitor 3055




Klarifikasi :
Walaupun menggunakan transistor 2N3055 juga gak papa, tapi yang kemarin guruKATRO ajarkan pada teman itu bukan menggunakan itu, melainkan menggunakan D313 atau TIP31 atau TIP41 atau TIP51.

3. Beri umpan basis dengan tegangan + 12 volt dari aki dengan disaring menggunakan resistor 1K.



Ukuran resistor 1K itu belum mutlak, untuk hasil maksimal bisa diganti dengan nilai sedikit dibawahnya atau sedikit diatasnya. di sesuaikan dengan tipe transistor yang digunakan.


4. Masih untuk Basis, beri kapasitor ukuran antara 100 nano hingga 680 nano (kalau bisa ambil yang jenis tantalum, katanya ini lebih tahan banting terhadap panas).



Pemasangan kapasitor disilang. Dari basis transistor ke satu menuju kolektor transistor ke dua dan sebaliknya dari basis transistor ke dua menuju kolektor transistor pertama.


5. Langkah terakhir adalah dengan memasang dioda penyearah pada bagian output, berikut pemasangan elko kopelingnya



Langkah ini tidak terlalu di bahas disini, sebab walaupun pada gambar ilustrasi diatas pemasangan dioda dibuat seperti output SMPS, namun kata teman guruKATRO, ia memasang dioda brigde (4 dioda) layaknya pada power supply dengan trafo kern besi. (padahal waktu guruKATRO dioda brigde, pada SMPS sama sekali tidak bisa), karena awala lilitan sudah otomatis menjadi - dan akhir lilitan sudah otomatis menjadi +, bila dipasang 4 dioda, maka dioda yang posisi terbalik akan langsung hangus.

Itu semua adalah jenis rangkaian inverter paling sederhana, tinggi rendah tegangan output akan sangat berpengaruh dari tinggi rendaha tegangan inputnya, mungkin hanya akan cocok bila untuk audio mobil yang setrum aki nya selalu penuh 12 volt.

Pengembangan lebih lanjut memerlukan transistor driver untuk basis 3055 nya dan dipasang dioda zener dengan ukuran tertentu agar bisa lebih stabil tegangan outputnya.

Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang Rangkaian Inverter inti ferit sederhana yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

33 comments

  1. Replies
    1. kalau 12 dinaikkan ke 24 awetnya berkurang 50%

      Delete
  2. pak ada skema inverter yg pakai mosfet gk? trus bedanya transistor sama mosfet apa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya guruKATRO menyimpan satu kit inverter pakai IRFZ44N, dg pengatur IC TL494

      pemberian temen yang memboyong audio-car ke audio-home (inverternya gak kepakai lagi)

      tapi sayangnya guruKATRO belum punya cukup waktu untuk membedah PCB tersebut menjadi sebuah skema yang mudah dipelajari

      =====
      kalau bedanya dengan FET dg BJT guruKATRO belum terlalu memahami, hanya sebatas baca baca saja dan belum berani ambil kesimpulan
      silakan googling sendiri saja ya ....

      Delete
  3. Modul saya umpankan ke trafo besi ct 12v.12v bisa keluar teg ac autputnya.tpi bikin sendiri trafo ferit sesuai anjuran skundernya gak keluar tegangan. mungkin ada teori cara gulung kawatnya suwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan cara gulungnya
      yang jadi masalah .... skema ini tidak cocok untuk inti ferit .... cocoknya hanya utk inti besi

      bila menggunakan inti ferit ... maka skemanya berbeda lagi

      Delete
  4. pak guru kalo di buat untuk menunkan tegangan bisa tidak pak?
    20volt ke 12 volt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi akan jauh lebih mudah dan murah bila menggunakan ini :
      https://www.gurukatro.com/2018/11/mengatur-ouput-tegangan-sesuai-kebutuhan.html

      Delete
  5. itu harus nggulung sendiri pak ? kalo diambil dari bekas adaptor bisakah ? trus gmn cara menghitung input outputnya ?

    ReplyDelete
  6. Hoax ini...gak bakal berhasil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya .... sudah saya eksperimen .... dan hanya akan berhasil bila menggunakan trafo inti besi

      Delete
  7. Sekedar nimbrung. Sy pernah bongkar trafo koker toroid milik amplifier mobil krn hangus pd kawat enamelnya. jmlh lilitannya sama dg yg guru katro jelaskan pd koker bekas trafo diatas yaitu primer 6 lilitan & sekunder 16 lilitan untuk 32 volt

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya mas itu cara lilit bagian primer nya 2 kali kah sama kaya skunder maksd nya yg di keluarkan untuk menuju 12v+ aki akhir lilitan 1 dan awal lilitan 2 kah..seperti hal nya ct pada skunder?

      Delete
    2. yang dari CT searah dg primer akan keluar + dan yang dari CT berlawanan arah akan keluar - ... kalau pasang dioda tertukar ... maka tidak akan bekerja .. dioda juga harus dioda ultrafast kalau pakai dioda biasa juga gak akan bekerja

      Delete
  8. maaf,saya mau tanya... kenapa ya inverter dc to dc punya saya tidak mengeluarkan tagangan +-0,padahal saya cuma memodif kawat sekundernya saja,kok inverternya malah nga bisa nyala(irfz44 sudah diganti,ic TL494 juga,tetap nihil) mohon bantuannya... makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkinkah ada kesalahan pada saat modifikasi yah
      terus terang aku punya satu kit tsb .... copotan polytron mobil
      tapi sayangnya belum sempat aku obrak abrik
      maklum lagi sibuk kerjaan inti

      Delete
  9. mohon bantuannya... inverter saya dc to dc tidak mengeluarkan tagangan(irfz44 diganti baru selalu short).

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas pakai IRF ,,, tipe berapa saya lupa
      mau ambil dari dalam tong ... masih malas

      Delete
  10. Akinya di ganti pake adaptor 12v bisa ap enggak pak guruu,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ...
      tapi jangan pakai ferit seperti diatas
      lilitan dengan inti ferit itu harus menggunakan trafi inti kern besi

      Delete
  11. Itu output nya brp Amper pak guru?

    ReplyDelete
  12. Saya bukkikan ini berhasil berpa vol ct yg inginkan..cuma kendala nya amver nya kecil..pertanyaanya cara menaikan amverbya bagay mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. memperbesar kawat
      dan memperbesar/memperbanyak transistor final

      Delete
  13. Kalo pakek inti ferit gimana skemanya. Mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya punya ... pakai IC TL494
      cukup rumit, sudah di gubah jadi diatas kertas ... tapi sayangnya
      belum ada waktu utk eksperimen

      Delete
  14. cukup menarik teorinya tapi terlepas dari bekerja/tidaknya rangkaian ini, kasus diatas ditujukan utk menambahkan rangkaian ocl ke dalam sistem audio mobil dimana akan dibutuhkan satu rangkaian lagi yaitu sirkit utk remote. nah apakah pak guru ada menyimpan rangkaian ini?

    ReplyDelete
  15. Saya sudah coba dan berhasil pak pakai inti ferit
    Tapi tip nya panas banget knp ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang benar2 berhasil (ada outputnya)
      silakan TIP nya diparalel secukupnya

      Delete
  16. Saya bantukomentar karna saya sudah berhasil 100% primer di lilitdalam 2 lilitan di lilit satu arah jam dan yg satu lawan arah jarum jam,tak lilit masing"" 8 lilit , untuk primer

    ReplyDelete