Mudah dan cepat ganti kampas REM CAKRAM

oleh : | pada : | 0 Komentar
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

guruKATRO kembali bisa posting dengan label Otomotif, dan pada kesempatan kali ini akan share cara mudah dan cepat mengganti sendiri Sepatu atau kampas rem cakram.

Walaupun cerita kali ini hanyalah merupakan kilas balik dari sebuah perlakuan tadi malam, karena proses penggantian kampas rem itu sudah dilaksanakan tadi malam mulai pukul 21.37 dan berakhir pada pukul 20.20 (data durasi waktu ini diamati oleh guruKATRO melalui data jepretan photo pertama dan photo terakhir)

20.20 - 21.37 = 43 menit guruKATRO menyelesaikan penggantian dua unit kampas rem belakang dan depan sekaligus. Dan setelah diingat ternyata ada waktu jeda sekitar 15 menit untuk menyeduh dilanjut menikmati minuman pelenyap dingin malam pedesaan. Berarti waktu yang dibutuhkan hanya 43 - 15 = 27 menit untuk mengganti kampas rem sepeda motor HSX125 untuk rem belakang dan juga yang depan.

27 menit itupun karena ada sedikit kendala pada proses penglepasan salah satu baut penyangga kaliper rem depan. heheheheh .... terus terang setelah berkali kali gagal mencoba membuka secara normal, untuk yang satu ini dengan sangat terpaksa guruKATRO pilih tindakan sadis, yaitu menggunakan palu alias martil (usahakan cara yang satu ini jangan ditiru).

Dan itupun lagi, kerja guruKATRO sangat terganggu karena disamping kerja utama mengganti kampas rem tangan guruKATRO selalu terganggu di setiap langkah oleh keharusan mengambil gambar. Kok rela yah kerja belepotan sambil pegang pegang Android yang halus mulus????.... yaaaah ... sudah jelas alasannya, yaitu biar proses itu bisa dijadikan cerita pada posting blog ini.

Alat yang digunakan sangat minim, yang belum tahu nanti akan tahu sendiri setelah mengamati gambar penjelas tiap langkah dan cerita dibawah ini :

A. Mulai dengan Operasi Rem Cakram Belakang.

Sangat cepat mengganti Kampas REM CAKRAM belakang HSX125, karena tidak perlu membongkar kaliper, langkah pertama di mulai dari :

A.1. Putar melawan arah jarum jam, Baut AS Kampas (hanya satu), bila ada penutupnya, buka dulu tutup itu menggunakan obeng minus.


menggunakan kunci L atau ada yang menyebut kunci bintang ukuran T30 (sepeda motor merk lain mungkin ukuran berbeda). Bila terasa berat untuk memutar, coba gunakan pipa baja untuk memperpanjang ekor kunci bintang, pasti akan terasa lebih ringan.

A.2. Bila sudah ringan putarannya, bisa dilanjut melepas baut AS tersebut menggunakan tangan.




A.3. Sesudah AS tercabut dari posisinya, renggangkan dulu jarak antara disk dengan kampas yang menempel ke piston rem cakram , menggunakan obeng min misalnya, atau dilanjut dengan logam lain yang lebih kuat/tebal/lebar.



Tekan selebar mungkin, karena langkah ini juga sekaligus akan berfungsi untuk mempermudah pemasangan kampas baru yang jelas jelas ukurannya jauh lebih tebal dari yang akan di lepas.

A.4. Lepaskan kampas yang sudah aus itu dari posisi awalnya dengan cara menarik ke arah belakang-bawah.





A.5. Yakinkan bila kampas yang akan dipasang itu serupa walau mungkin tak sewarna dengan yang barusan dilepas




A.6. Masukkan kampas baru yang menempel pada piston terlebih dahulu



untuk menjaga posisi agar tidak jatuh, ikuti dengan pemasangan baut AS




A.7. lanjut dengan memasang Kampas baru yang sebelahnya, tapi bila terjadi penyempitan, tekan dulu agar dudukannya bisa lebih longgar



Bila sudah lonngar baru pasang kampasnya



dan amati pola duduk kedua kampasnya dengan mengacu dua tanda panah pada gambar diatas

A.8. Sesudah kedua kampas berpasangan itu tertata dengan benar, lanjut dengan meneruskan pemasangan kembali baut AS, pertama gunakan tangan dulu



baru kemudian dilanjut meng erat kan menggunakan kunci bintang



Jangan terlalu erat, sebab akan bisa menyulitkan ketika membongkar lagi pada penggantian kampas yang akan datang.

A.9. Selesai sudah untuk penggantian kampas rem cakram belakang



Jangan lupa injak keras dan sentak sentak pedal rem belakang agar kinerja pengeremannya bisa kembali optimal seperti semula sebelum sepeda motor digunakan.


B. Lanjut dengan Operasi kampas rem Cakram Depan

Ini akan sedikit lebih lama dari rem belakang, karena harus melepas kaliper, dan disini ada dua baut AS yang mesti di lepas.

B.1. Kendorkan dulu kedua baut AS

bila masih ada penutupnya, buka pentutup itu menggunakan obeng gepeng, hati hati karena alat ini cukup lunak dan mudah jadi lecet yang membuat tak sedap dipandang mata.



Bila penutup itu sudah tidak ada, bisa langsung kendorkan baut AS



Kendorkan saja dulu gak usah hingga lepas, lepasnya nanti saja bila kaliper sudah turun.


B.2. Lanjut dengan melepas dua baut pengunci Kaliper menggunakan Kunci L atau kunci bintang ukuran 40 (sepeda motor merk lain, mungkin berbeda ukurannya)



Biasanya ini cukup erat dan sulit dilepas, gunakan pipa baja untuk menyanbung ekor kunci L, untuk pipa, guruKATRO biasa menggunakan kunci T ukuran 8


B.3. Lepaskan dua baut AS yang tadi sudah dikendorkan pada saat kaliper belum diturunkan



bila sudah longgar, lepas menggunakan tangan saja




B.4. Lepas kedua kampas yang sudah aus itu, menggunakan tangan saja dan pastikan bila kampas baru yang akan dipasang itu sejenis dengan yang barusan dilepas




B.5. Pasang kedua kampas baru, sekaligus secara bersama sama juga OK, namun bila piston masih terlalu keluar, tekan dulu itu kedua piston sedalam dalamnya



baru kemudian pasang kedua kampas, sekaligus dengan memasang kembali kedua batu AS, baut AS dipasang secukupnya saja, nanti akan di erat kan ketika kaliper sudah dipasang kembali.






B.6. Rengggangkan jarak kedua kampas agar bisa mudah dipasangkan ke disk




B.7. Bila jarak sudah cukup atau bila disk sudah bisa masuk dengan mudah, pasang kembali kaliper pada posisi semula, dan langsung pasang kedua bautnya




B.8. Eratkan kedua baut AS



B.9. Selesai sudah proses penggantian Kampas rem cakran depan.

Jangan lupa untuk menarik keras dan sentak sentak handle rem depan, agar performa kinerja rem sudah kembali optimal sebelum sepeda motor digunakan untuk keperluan sehari hari.

Sebenarnya setelah penggantian kampas rem ini selesai, guruKATRO langsung melanjutkan oprek sepeda motor, yaitu mengganti GEARSET ukuran 14/38 (428). Insya Allah langkah langkahnya akan di share pada posting INI

Komentar Facebook

Belum ada komentar

Posting Komentar