12/19/18

12 Volt Amplifier 12 watt with TDA2008

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Ditengah keramaian pembahasan tentang Amplifier dengan daya besar, bahkan kini tengah berkembang Amplifier kelas D, yang ultra canggih namun belum bisa menemukan kualitas treble yang bagus alias masih baru bisa bagus di Bass saja. guruKATRO masih saja terbuai dengan Amplifier Amplifier kelas Kecil .... hanya 12 Volt PSU nya ....

Tentu bukan tanpa alasan, karena disamping di usia semakin senja ini, ternyata guruKATRO mulai mendapat tantangan baru, kebanyakan rekan minta di buatkan semacam multi media speaker yang fisiknya kecil namun suaranya tidak terlalu membuat kecil hati pemiliknya. Juga karena diantara pembaca blog guruKATRO ini ada yang tinggal di daerah yang hingga kini belum terjangkau jaringan listrik PLN, dan guruKATRO tentu berusaha sebisa mungkin untuk memenuhi kebutuhan rekan rekan tersebut.



Pada Posting ini guruKATRO share serangkai Amplifier yang cukup hanya diberi tegangan dari sebuah aki 12 volt dan bisa menghasilkan output maksimal sebesar 12 watt. Dialah Amplifier dengan Final IC TDA2008.

Skema asli yang berhasil guruKATRO dapatkan dari datasheet sebagai berikut :




Setelah mempelajari komponen demi komponen yang tertera disana, maka kita bisa mulai merancang PCB nya, misalnya seperti ini :




Agar mudah merangkai, mulai saja dengan memasang komponen pada kaki 1 (input audio), yaitu sebuah elko ukuran antara 0,1µF hingga 10µF :



Lanjut dengan memasang komponen kaki 2, mulai dengan elko 470µF

dari elko 470µF dilanjut dengan :
memasang R 2,2Ω menuju Negatif atau kaki 3 atau GND
sekaligus dengan :
memasang R 220Ω menuju kaki 4 (speaker)





Tinggal ngurusi komponen untuk kaki 4 (speaker)

Sebagai Pengaman agar speaker tidak ikutan ko'it bila IC KO, pasanglah saringan menuju speaker pasanglah satu buah elko 1000µF



sesudah elko 1000µF, lanjut dengan memasang komponen penepis over frekuensi tinggi, dari output ke speaker dengan satu buah kapasitor ukuran 100 nano yang di seri dengan R 1Ω menuju GND




hampir selesai !!!!
Pasang elko 1000µF dari kaki 5 (positif /+) menuju kaki 3 (negatif/-/GND)

bila perlu pasang juga kapasitor 100 nano di paralel dengan elko tersebut



terakhir ......

pasang IC TDA2008 pada tempat yang telah disediakan



jangan lupa memberi logam pendingin alias heatsink agar panas yang timbul akibat kerja IC bisa segera tersalur ke udara, heatsink terhubung dengan kaki 3, inilah bagusnya IC TDA2008, heatsink terhubung dengan GND sehingga lebih terjamin keamanannya.

CEK !!!
Sambungkan SP - GND ke salon speaker
Sambungkan + ke pin aki + (merah)
Sambungkan - ke pin aki -

coba sentuh kaki IN dengan ujung jari .... bila rangkaian ini bekerja dengan baik .... pasti akan bunyi druuuuud ... gtiu pada speaker salon

Bila sudah demikian tinggak sambungkan input dengan sumber audio

dan selamat bermusik ria

NB :
bila kesulitan mendapatkan TDA2008, bisa alternatif dengan TDA2003,
hanya saja TDA2003 watt berada di bawahnya (hanya 10 watt)
Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang 12 Volt Amplifier 12 watt with TDA2008 yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Facebook Comments