02/08/19

Aplikasi Penghitung Resistor Paralel dan Seri

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Kembali ke pembahasan masalah Resistor, namun kali ini adalah tetntang sebuah Aplikasi yang dibuat oleh guruKATRO, aplikasi super sederhana yang disusun se demikian rupa dengan memanfaatkan fitur hitung yang ada pada software microsoft office excel.
Suatu ketika, dalam memenuhi standar skema rangkaian elektronika dituntut untuk memasang sebuah Resistor dengan ukuran yang tidak lazim dijual di toko terdekat maupun toko online, sehingga kita merasa kesulitan untuk memiliki Resistor dengan ukuran tertentu tersebut. Akhirnya kita merasa kesulitan untuk memenuhi standar komponen yang tertera pada skema.

Salah satu cara untuk mengantisipasi hal diatas adalah dengan menggabungkan dua atau lebih resistor, baik digabung secara seri maupun digabung secara paralel.

Ketika kita menggabung resistor dengan nilai yang sama, itu akan terasa jauh lebih mudah, namun untuk menemukan ukuran tertentu yang tertera pada skema kadang kita masih merasa kesulitan untuk meraciknya.

Dengan Aplikasi buatan guruKATRO ini, setidaknya kita bisa mencoba MERACIK untuk menemukan ukuran ohm tertentu baik secara seri maupun secara paralel,mulai dari 2 buah resistor, 3 buah resistor, 4 buah resistor, dan maksimal hanya diberi kesempatan meracik 5 buah resistor.




Pada Aplikasi made by guruKATRO ini, yang bisa diisi hanya cell yang berlatarbelakang warna putih saja, sedang pada latar belakang selain putih dengan tujuan menghindari error hasil racik, cell cell tersebut di protect sehingga pengguna tidak bisa meng edit cell cell tersebut.



Penulisan nilai resistor 1K ketas dinyatakan dengan ribuan (tidak ditulis K), jadi 1K ditulis 1000 (satu ribu), ribu = 000 (tiga buah nol)

10K ditulis 10.000 (tanpa tanda titik)
100K ditulis 100.000 (tanpa tanda titik)

2K2 ditulis 2200
4K7 ditulis 4700
47K ditulis 47000

Pada saat guruKATRO merangkai Adjustable Regulator dengan IC LM317, dimana pada skema dari datasheet nya ada Resistor berukuran 240 ohm. guruKATRO kesusahan mencari resistor ukuran tersebut, akhirnya mencoba membuat aplikasi ini dan menemukan racikan gabung PARALEL Resistor 270ohm dengan resistor ukuran 2K2, ternya tepat bernilai 240,49 ohm (dibulatkan menjadi 240 ohm)

Eksperimen kedua masih paralel dengan tiga biah resistor 680. 680 dan 820 = 240,34

atau yang paling mudah dan tanpa aplikasi ini pun bisa adalah dengan gabung seri dua buah resistor ukuran 120 dan 120 = 240, tapi sayangnya saat itu (hingga sekarang) guruKATRO sedang tidak punya stok resistor dengan ukuran 120

Setidaknya Aplikasi ini bisa membantu mempercepat menemukan nilai tertentu yang sulit dicari di pasaran dengan cara menggabungkan dua atau lebih resistor, terutama untuk yang nilai resistansi nya berbeda beda

bagi yang ingin mencoba aplikasi ini, silakan AMBIL DAR1 S1N1 (rar)

atau yang ingin langsung excel UNDUH DISINI

Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang Aplikasi Penghitung Resistor Paralel dan Seri yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

10 komentar

Mohon maaf
Komentar dengan username :
Anonim
Unknow
mengandung link aktif
spam
TIDAK BISA TAMPIL
pada blog ini

  1. mantab pak guru,recomended buat si kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sudah saya buat download yang excel

      Hapus
  2. maaf pak.... eksistensinya rar ya ? apa ada di playstore ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rar ... pakai HP yah ???
      di playstore gak ada ... saya hanya simpan di mediafire
      coba cari di playstroe aplikasi rar nya saja buat extract agar menjadi excel di HP

      Hapus
  3. baik pak guru,semoga si kecil tertarik

    BalasHapus
  4. isi filenya apa pak ? apk ?
    saya pake hp soalnya

    BalasHapus
  5. ga bisa diinstall di hp rupanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. HP di install WPS office atau kingsoft office (di playstoe) baru bisa buka ini

      Hapus