18 April 2015

Sekilas tentang Lembar Jawab Komputer [ LJK ]

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Assalamu 'alaikum guruKATROmania yang masih bertengger pada jenjang SD/MI, Sebentar lagi akan menemui LJK resmi untuk yang pertama kali....
guruKATRO jadi ingat pada jaman dulu, ketika guruKATRO masih sekolah, pernah mengintip guru guru tercinta di PGAN Purwokerto, saya acungi jempol, di era tahun 1980 an, ketika mengoreksi pilihan ganda, beliau beliau menggunakan alat bantu berupa kaca atau mika tebal, yang sudah dibuat skala sedemikian rupa sehingga bisa menjadi alat bantu koreksi jawaban dari sola pilihan ganda.

Kenapa guruKATRO acungi jempol???, karena hingga jaman sekarang pun masih banyak guru/korektor yang menggunakan alat bantu koreksi terbuat dari kertas, (biasanya menggunakan sisa lembar jawaban yang kososng, atau memfotocopy lembar jawaban), kemudian lembar jawaban itu di beri lubang PASSS pada jawaban A, atau B atau C atau D yang merupakan jawaban yang benar, tapi perlu diketahui bahwa dengan menggunakan kertas yang tidak transparan itu, membuat korektor tidak mengetahui bila ternyata ada siswa yang menjawab lebih dari satu pilihan...... kalau kebetulah salah satu jawaban itu benar, pasti akan dianggap benar.

Sedangkan bila menggunakan media transparan, maka bila ada jawaban lebih dari satu, akan segera terdeteksi.

Dijaman yang semakin modern seperti sekarang ini, alat bantu koreksi itu semakin bergeser menuju komputerisasi, walaupun sementara ini baru sebatas untuk UN/US-M. Lembar Jawab tersebut bernama LJK (Lembar Jawab Komputer).




Bila kita berbicara tentang LJK, maka pastinya kita akan teringat  bentuk soal pilihan ganda, yang sementara ini selalu menjadi andalan LJK, belum pernah guruKATRO temui LJK dalam bentuk isian tertulis (mohon maaf bila ternyata ada). LJK yang guruKATRO temui selama ini hanyalah dalam bentuk pilihan ganda, dan dengan syarat menggunakan pencil 2B, lembar jawab tidak boleh kusut, tidak boleh memiliki ukuran yang berbeda.

Kenapa harus pilihan ganda??? Karena sistem kerja disana layaknya sebuah tuts atau tombol…yang berfungsi untuk menyambungkan arus listrik,

Kenapa harus pencil 2B????, karena pencil 2B grip nya terbuat dari bahan yang sifat semi konduktornya  lebih baik dari pencil biasa, maka hasil goresan pencil 2B bisa mengalirkan arus listrik dengan lebih baik! Masih ragu dengan pernyataan itu???, coba saja guruKATROmania serut pensil 2B pada kedua ujungnya, sentuhkan salah satu ujung grip  pada aliran listrik!, dan sentuh dengan jari, ujung grip yang lainnya [jaminan kesetrum!!!,  yang tidak biasa bersahabat dengan arus listrik, dilarang mencoba], cobalah menggunakan tespen, pasti  akan lebih aman!!!]
Kenapa tidak boleh kusut? Karena bila kusut, kemungkinan lembaran akan sulit atau bahkan tidak bisa dimasukkan kedalam aplikasi, atau setidaknya membuat hasil goresan jawaban tidak pas bertemu dengan jarak jawaban pada aplikasi pada computer korektor

Kenapa tidak boleh ada ukuran berbeda?  Karena dengan ukuran berbeda pasti hasil goresan pilihan jawaban tidak akan bertemu dengan aliran listrik yang sudah diatur jaraknya sesuai ukuran LJK yang telah dibuat.

Karena sifat semi konduktor yang hampir mendekati konduktor  itulah yang membuat hasil goresan pencil 2B akan lebih mudah terbaca oleh aplikasi yang sudah diatur oleh admin pada komputer korektor. Jadi jangan anggap Komputer yang hebat, karena yang hebat adalah yang membuat program, dan juga jangan menganggap hasil koreksi computer itu PASTI 100% benar….. Dengan LJK pun, tetap saja ada kemungkinan kekeliruan kunci jawaban, sebuah kunci jawaban sudah di koreksi dan teliti berulang oleh beberapa orang, tapi  kemungkinan kekeliruan tetap saja ada, walaupun kemungkinan itu menjadi sangat minim.

Dengan LJK akan ditambah lagi satu kemungkinan kekeliruan, yaitu pada saat admin komputer korektor memasukkan kunci jawaban yang sudah jadi, kedalam aplikasi computer korektor. Tapi yang jelas, LJK lebih efisien bagi korektor, walaupun sepertinya tidak efisien bagi si penjawab soal, karena harus extra hati hati, tidak boleh kusut, tidak boleh ada coretan selain identitas dan jawaban, dll.

Jadi intinya anak-anakku, siswa siswi SD/MI, janganlah canggung dengan LJK, karena sebenarnya LJK tetap sama dengan Lembar Jawab Konvesional, hanya saja pada LJK harus lebih extra dalam menjaga kebersihan Lembar Jawab, menjaga agar LJK tidak kusut atau terlipat, dan agak lama ketika mengisi identitas diri maupun sekolah dan mata pelajarannya. Serta .... yang tidak kalah pentingnya adalah mengisi LJK dengan jawaban yang benar, dengan cara lebih giat belajar, sehingga hasil yang diperoleh tidak akan mengecewakan, sehingga apa yang selama ini di cita citakan akan terwujud di hari mendatang.

Demikian
Wassalam

Demikian Posting tentang guruKATRO yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

baru ada 1 Komentar

Populer

youTUBE guruKATRO

Google+