simpleKATRO Driver Amplifier nyaman didekat lantang di kejauhan

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Dengan modal dua set Final, Trafo 10A-32VAC, satu speaker 15' dan satu lagi speaker 12', dan kedua speaker itu guruKATRO beli dengan pilihan harga paling murah yang ada di toko paling dekat rumah guruXATRO (yang 15 Rp. 480K dan yang 12 Rp.335K, kedua box salon terbuat dari hardborad yang anti air itu dengan harga murah pula (yang ini murah karena barang lama pada toko YBS).

Dengan Driver SOCL 504, guruKATR0 berusaha sekuat tenaga untuk bisa menghilangkan BASS pecah, namun tak kunjung jua menemukan setting yang diharapkan. Apabila di setel pada level bas masih bulat, maka ketika guruXATR0 bergeser sekitar 50 meter dari depan salon, suara musik sudah hanya sayup sayup terdengar. Coba cara ini coba cara itu namun tetap saja GATOT alias GAgal TOTal, guruKATR0 memang sudah berfikir bila SOCL 504 tidak akan mudah ditaklukkan bila hanya dengan modal 32VAC, walaupun dengan 10A dan Transistor final hanya dua set saja. Dia pasti minta tegangan yang jauh lebih tinggi, dan baru bersedia diajak bekerja sama serta sudi menuruti keinginan sang perakit.




Bosan berkutat dengan SOCL, awalnya ingin mencoba sejenis driver safari, bahkan sudah terlanjur merakit model nagasaki, tapi belum sempat juga dicoba, terlanjur ingat bahwa rangkaian pre-amp ganda model inverting dengan non-inverting (seperti OCL), yang supply emitornya hanya menggunakan tegangan negatif dengan perangkat resistor- zener-elco itu memang mampu bekerja lebih baik dalam mengangkat BASS walau di supply hanya dengan 32VAC, tapi akan terasa sember parau pada saat volume amplifier di putar minim. Beberapa rekan mengatakan biar saja toh itu hanya pada saat volume kecil saja, sedang bila volume besar, serak parau itu akan lenyap, Tapi untuk saat ini guruKATRO sedang tidak ingin menggunakan yang seperti itu.

Akhirnya guruKATRO mencoba mengawinkan dua model driver, pada bagian dirver nya menganut sistem OCL dengan modifikasi nilai resistor, namun mulai dari pre-amp hingga bias guruXATRO menggunakan sistem yang biasa dipakai pada thunder, semuanya menggunakan sistem transistor ganda dengan supply emitor transistor pre-amp, keduanya diambil dari supply untuk kolektor transistor pasangannya. Dengan sistem seperti itu ternyata mampu menghasilkan kualitas tidak parau alias tetap pada saat volume Amplifier dikecilkan. Dan karena Amplifier ini sangat mudah untuk dirangkai, bahkan oleh pemula sekalipun, maka akhirnya guruXATR0 sebut dengan nama simpleKATRO.

Untuk memperoleh kualitas audio seperti yang guruX4TRO inginkan, guruKATR0 juga memodifikasi beberapa nilai resistor, mengganti tipe transistor, nilai dioda zener, dan nilai elko nya.

Keuntungan utama (walau mungkin hanya menurut versi guruKATR0), adalah cukup menggembirakan pada saat terdengar BASS tidak pecah pada level tertentu tentunya.

Keunggulan yang tanpa disengaja adalah model driver ini seakan akan miskin bass bila kita berada di dekat salon, namun pada saat guruXATRO menyingkir sejauh +- 300 meter didepan salon, ternyata kualitasnya masih terdengar sangat jernih, dan terasa sangat balanced antara high - mid- low nya.

Jadi keuntungan dimaksud yang sekarang sedang dirasakan oleh guruK4TRO adalah audio yang tidak terlalu memekakkan telinga disaat kita berada dekat dengan salon, namun ternyata bisa terdengar dengan baik dari jarak yang cukup jauh.

Untuk memperoleh kualitas audio yang seperti itu, tentunya tidak sekedar driver saja yang di oprek oleh guruKATRO. Sementara ini guruK4TR0 belum menggunakan mixer professional, melainkan hanya dua buah TC Pasif, TC yang pertama untuk musik dan TC yang kedua untuk Microphone.

Keluar dari kedua TC digabung menjadi satu kedalam penguat audio khusus rekaan guruKATRO sendiri. Penguat khusus itu terdiri atas 4 x Filter Audio dan didukung oleh 3 x Penguat transistor.

Gambar salah inih

MOHON MAAF YANG DIATAS ITU guruKATRO keliru menggambar, R 47K -C 102 (feedback) dari B menuju E, seharusnya dari B menuju C, seperti gambar dibawah ini :



Filter audio plus penguat bertingkat itu 100% murni karangan guruX4TR0, bila ada yang mau mencoba dipersilakan pelajari skema tersebut

Ingat... hanya dengan TC pasif lalu diperkuat dengan rangkaian karangan guruKATR0 diatas itu, sama sekali tidak ada satupun penguat menggunakan IC Op-Amp ... hasilnya sudah cukup bikin gemes para tetangga yang berjarak cukup jauh dari posisi salon berada.

Sesudah penguat plus filter audio itu langsung masuk ke input Amplifier melalui Potensio Volume Master

Dan inilah Skema driver yang dinikahkan oleh guruKATRO

1. Rangkaian driver,

Kolektor 3055 dapat +
Kolektor 2955 dapat -
Emitor keduanya diberi R 100Ω-2watt ke saluran speaker
Emitor 3055 menuju Basis Final C5200/C2922
Emitor 2955 menuju Basis Final A1943/A1216
Basis keduanya digabung menggunakan seri tiga buah dioda IN4002 (IN4007 juga boleh)
yang penting bila ingin menggunakan tegangan 45VAC keatas jangan menggunakan IN4001
posisi anoda pada Basis 3055 dan posisi katoda berada pada kaki Basis 2955, berarti arus + mengalir dari basis 3055 menuju basis 2955 dan juga arus - mengalir dari basis 2955 menuju basis 3055





2. Transistor Bias
(yang tugasnya disini sepertinya bukan untuk bias)

Dari basis kedua Transistor Driver, masuk ke Transistor Bias, pada OCL hanya satu, hanya dari basis 2955 ke kolektor TIP41 saja, namun disini karena menganut thunder maka menggunakan dua transistor penguat.

Kolektor TIP42 mengalirkan sinyal ke basis 3055
Kolektor TIP41 mengalirkan sinyal ke basis 2955
(NPN men-supply PNP dan sebaliknya)

Emitor TIP42 mendapat tegangan + melalui R 220Ω-2watt
Emitor TIP41 mendapat tegangan - melalui R  220Ω-2watt






Kedua Basis akan menerima sinyal dari penguat akhir sebelum pre-amp



3. Transistor penguat akhir sebelum pre-amp,

Kolektor TIP31 disupply + melalui R 4K7
Kolektor TIP32 disupply - melalui R 4K7

Saluran speaker setelah disaring dengan R 1K, disini guruXATRO, menyebut sebagai saluran inverting (penyebutan ini mungkin salah bagi para ahli elektro - tapi kan guruK4TRO bukan ahli, jadi salah sebut juga harap dimaklumi)

Emitor 31-32 menuju inverting melalui R 330Ω-2watt




(Pada OCL, berhenti sampai disini, karena tingkatan transistor yang disini menggunakan TIP32 itu disana menggunakan A733 atau 2N5401 yang langsung dijadikan pre-amp (input) Amplifier, tapi pada sistem ini akan ada satu tingkat transistor lagi yang baru akan ditugasi sebagai pre-amp (input) amplifier



4. Rangkaian Transistor Pre-Amp

Basis Penguat Akhir TIP31-32 akan menerima sinyal audio dari Emitor transistor pre-amp, transistor pre-amp disini juga dibuat ganda dengan cara basis input digabung menjadi satu.






a. Basis TIP31 mendapat supply + melalui seri resistor 4K7 dan 18K
b. Basis TIP32 mendapat supply - melalui seri resistor 4K7 dan 18K

c. Kolektor JE350 disupply - setelah disaring menggunakan R 4K7 dan tegangan diturunkan ke 24VDC menggunakan dioda Zener 24V

d. Kolektor JE340 disupply + setelah disaring menggunakan R 4K7 dan tegangan diturunkan ke 24VDC menggunakan dioda Zener 24V


cara silang umpan supply seperti pada keterangan a, b, c, dan d diatas itu yang membuat amplifier ini tidak parau pada saat volume kecil

(supply tegangan ke kolektor biasanya peratanya menggunakan elko 100μF, atau 47μF, bahkan pada SOCL menggunakan ukuran 22μF. Namun disini guruK4TR0 memutuskan menggunakan ukuran 470μF, bahkan pada beberapa yang telah dirakit dan sudah laku malah menggunakan ukuran 1000μF. Pemilihan ukuran ini berdasar pengamatan pribadi guruKATR0, yang dirasa sangat membantu kinerja amplifier pada saat datang nada bass yang sangat besar


Emitor transistor pre-amp menyalurkan sinyal audio menuju basis transistor penguat akhir sebelum pre-amp.

Urusan supply Emitor transitor pre-amp ini, Bila pada OCL maupun Yiroshi diberi umpan dari kolektor transistor khusus supply emitor (pada OCL hanya satu transistor, sedang pada Yiroshi menggunakan dua tingkat atau dua transistor). Dan pada simpleKATRO ini Emitor Pre amp hanya tegangan yang diambil dari kolektor transistor pasangannya (sistem silang), dengan disaring R 18K, (bersama dg Basis TIP31/32)

Kedua basis transistor pre-amp (JE340 dan JE350) digabung secara langsung dan agar bisa bekerja dengan baik diberi tegangan dari titik tengah (GND) melalui resistor 22K (bila ingin lebih keras gunakan 47K, bila ingin lebih jernih gunakan 10K

kedua basis itu bertugas sebagai input amplifier dan sinyal audio yang akan masuk disaring menggunakan elko 1μF


5. Rangkaian Inverting

Untuk menyempurnakan kualitas output Amplifier ini, mesti dipasang saluran inverting.
Pada Amplifier tipe lain, inverting input dibuat dengan menggandakan transistor pre-amp dengan common emitor, dan inverting diambil dari basis transistor pre-amp yang bukan untuk input.



Pada tipe Amplifier ini, rangkaian inverting justru diambil dari emitor TIP31/32 setelah melalui R 330 yang merupakan titik R feedback (1K dari Speaker = R Feedback pada amplifier lain juga biasanya ukurannya besar hingga 47K, sedang disini hanya 1K)

untuk inverting input, pada amplifier lain umumnya menggunakan R 100/220/330/560/1K/2K2
namun pada amplifier ini ajaib .... menggunakan 10 atau 20 atau 47 (guruKATRO menggunakan 10)

Elko inverting .... pada tipe amplifier lain kebanyakan menggunakan ukuran 47uF hingga 100uF, bahkan pada SOCL harus 22uF bila diatasnya maka akan bergetar itu speaker ... Ajaibnya pada tipe amplifier ini malah menggunakan 470uF hingga 1000uF, bahkan ada yang menyarankan menggunakan 2200uF, (tapi setelah guruKATR0 coba ternyata antara 1000uF dengan 2200uF terasa sangat sedikit perbedaannya, hampir tak terasa), jadi guruXATRO putuskan untuk menggunakan 1000uF saja, dan anda boleh mencobanya dengan ukuran yang lebih besar misalnya.

(ukuran R -C inverting ... R yang cukup kecil dan C yang cukup besar ini karena pengaruh dari ukuran feedback yang kecil pula, insya Allah nanti akan dibahas juga pada posting lain, tentang mengubah nilai R-F dan R-I pada SOCL agar bisa lumayan walau dengan trafo kecil)



Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang simpleKATRO Driver Amplifier nyaman didekat lantang di kejauhan yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

127 comments

  1. Pak guru, yg filter audio itu satu rangkaian ya tapi dibuat seri sampai 3 buah..apa itu rangkaian peningkat audio yg nomor brp ya di artikelnya..drivernya itu kan ada garis persimpangan itu gabung atau jumper.berarti dr master mixer lgsng kepower g da acc lain di power..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Filter audio itu hanya digunakan oleh para rekan rekan yg lagi ingin ngirit kayak penulisnya,
      pada prakteknya guruKATRO hanya menggunakan rangkaian filter 4 tingkat dengan penguat 3 tingkat tersebut, ditambah TC pasif hasilnya sudah lumayan untk tujuan kualitas audio yang flat.

      tapi bagi yg sudah menggunakan TC-mixer-equalizer dll, jangan funakan filter audio diatas, bisa bisa malah jadi over

      Delete
    2. Bas kurang kental. Bgmana solusinya pak??

      Delete
    3. Bas kurang kental. Bgmana solusinya pak?

      Delete
    4. kurang kental apa kurang tebal yah ????

      Delete
    5. Maap guru Mompang nanya kenapa sy mencoba power anda yg 3tingka kok kenal Dida terus apa terlalu tinggi AC Trapp/kenapa mohon saran anda terimakasih

      Delete
  2. G da skema hitam putihnya pak guru..ini drivernya beda sama ocl ya!!rencana mau rangkai,itu terdengar sampai 300m vol sampai jam brp!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. layout black-white belum sempat, sementara masih menggunakan PCB bolong2

      ia 300m bahkan mungkin lebih dikit,
      ceritanya 300m lurus depan rumahku terhalang pekarangan ada rumah tetangga beda gang beda RT, membelakangi rumahku, didepan rumahnya ia sedang menyalakan 2buah 15in + 4buah 12in + 12tweeter, jam 8 malam saya keluarkan 1buah 15in + 1buah 12in (hanya punya itu)

      lalu saya jalan sampai belakang rumah dia, ekh punya saya masih tetep terdengar (karena dia menyalakannya juga gak keras, heheheh)

      dg trafo 32VAC-10A kadang saya biarkan seharian nyala (diruang oprek - semua pintu-jendela ditutup rapat)

      Delete
    2. Mhn maaf pak guru mhn di post hitam putihnya dong sprt desain amp lainnya...trm ksh

      Delete
    3. mohon maaf .... ingin tapi admin masih kurang waktu untuk melakukan hal itu

      Delete
    4. mohon maaf juga .... belum punya cukup waktu buat rancang PCB

      Delete
  3. Pak mau nanya...
    Kalau speaker Hi-fi itu suaranya kencang Seperti speaker Fullrange Apa seperti Midrange ?
    Terus misal kalo kalau dikombinasikan Woffer, Hi-fi dan tweeter kira² Bagus ngak ya ?
    Mohon maaf bila pertanyaannya kurang nyambung dengan Artikel ini..
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak papa yg penting masih soal elektro
      ===
      kalau tidak salah
      HiFi mengutamakan kejernihan suara
      Full range mengutamakan hampir seluruh nada
      Woofer mengutamakan nada rendah
      ====
      kalaui dipikir pikir mungkin posisi HiFi berada antara Woofer dg Full range

      ====
      jadi kayaknya kurang efisien bila ada Woofer ada HiFi, mungkin sebaiknya pilih salah satu, HiFi atau woofer saja

      Delete
  4. Mohon maaf pak guru, sepertinya ada yg kurang jelas nih... berapakah nilai C elco yang diseri dgn R 10 ohm ke jalur speakernya ? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dimaafkan ... heheheh
      guruKATRO malah berterima kasih, karena seharusnya penjelasan diatas sampai nomor 5 yang khusus membahas hal tersebut.

      atas masukan dari anda tersebut kini guruKATRO sudah menyempurnakan penjelasan (walau mungkin belum sempurna juga)

      silakan buka kembali dan telaah penjelasan nomor 5 diatas
      sekali lagi terima kasih atas masukannya

      Delete
  5. Master guru. Saya mau tanya. Rangkaian diatasnya maksimum supplynya berapa vdc dan berapa ampere. Trus maksimum TR finalnya berapa set. Mohon pencerahan master guru. Saya masih ijo royo royo di per amplifieran

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih menggunakan TIP41C/42C/31C/32C (KW)
      SEBAIKNYA MENGGUNAKAN 32VAC = 45VDC

      KALAU
      41-42 DIGANTI C5198-A1941 ATAU 3055-2955

      DAN
      31-32 DIGANTI C4793-A1837
      BISA MENGGUNAKAN 63VDC ~ 90VDC

      AMPER TERGANTUNG JUMLAH FINAL,TINGGI TEGANGAN, JUMLAH SPEAKER

      Delete
    2. Terima Kasih Master Guru atas pencerahannya. Tapi saya masih mendung belum cerah x. Hehehehe. Saya punya trafo sanken 47vac 10A murni. Terus rangkaiannya diatas mau saya rakit stereo dan saya kasih Tr Final sanken. Cocoknya berapa set tr final sanken master guru dengan trafo 47vac 10A. Dan sebaiknya speaker nya pakai yg berapa inci dan berapa watt Master Guru. Maaf Master Guru, kalau saya banyak tanya. Soalnya kwatir, ntar saya salah pakai speaker malah meletup. Hehehehe

      Delete
    3. 47VAC maka akan menghasilkan sekitar 63VDC
      syarat nomor 1 semua elko harus 80V atau diatasnya

      sebaiknya
      TIP41 ganti dg C5198 atau 3055
      TIP42 gantti dg A1941 atau 2955

      TIP31 ganti dengan C4793 atau MJE 340
      TIP32 ganti dengan A1837 atau MJE 350


      63VDC x 10 = +- 630 watt

      Final 3 set atau 4 set biar adem

      speaker bisa 2x 15" @500 watt masih bisa

      Delete
  6. Masukkan komentar Anda...resistor 10 ohm sama 2 buah 18 ohm itu apa bisa diganti sama yg lain pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 18K kaleee = 18000 ohm bukan 18 ohm
      ===
      jawaban sudah ada di FB

      Delete
  7. eh iya....18k ding.
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya 18K itu bisa antara 10K ~ 56K masih binyi juga

      Delete
  8. selamat malam pak guru...mau nanya nih.
    apakah supply untuk saring kolektor je350/340 boleh diganti dgn yg lain ? saran pak guru apa ya penggantinya ?

    ReplyDelete
  9. sip pak guru....skema udah saya kirim ke fb,lama jg saya memikirkan arahan pak guru dan skrg udah mulai paham..trimakasih pak.
    mudah2an sih bener

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf ... disamping harus menggambar dulu ... juga karena lagi agak banyak kegiatan darat (semoga bersabar)

      Delete
    2. ntar ya lin .... lagi dibuatin skema yang real komponen .... semoga bisa lebih mudah bagimu

      Delete
  10. enggeh pak...saya selalu sabar nungguin arahan pak guru....
    yg di fb itu udah saya perbarui pak...ga sama dgn yg skema yg dulu.
    saya sengaja pake bahan itu krn kedepannya saya mau ngrangkai komponen dgn berbagai model spt mobil2an,pesawat atau kapal terbang...tp krn saya belum bisa baca skema ya dibuat2 asal2 an..yg penting bener dulu...hehehe

    ReplyDelete
  11. Knpa volome kecil suara pecah ya apa ada yg salahh. R22k dlepas volome kecil ga serakk. Atau harus pakai tc yg datas pawer ini????

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti R4K7 yang dekat dioda zener dengan ukuran 1K
      coba mainkan R 22K dengan ukuran diatasnya

      Delete
    2. Apa akibatnya bila 22k di copot karna menurut yg saya rangkai nnti hilang seraknya klw saya copot . Mohon pencerahannya guru

      Delete
    3. 22k umpan basis input
      dilepas = aman, tapi mungkin gak bunyi karena basis tidak dikasi umpan

      kalau mau menghilang serak ... terutama serak di volume rendah
      sudah saya eksperimen
      ganti R 4K7 yang menuju Basis 31/32
      dengan ukuran 5K6 atau 6K8 atau 8K2 atau 10K
      ukuran itu sangat tergantung voltage asupan .... semakin tinggi voltage maka R tersebut harus semakin tinggi pula

      Delete
  12. Gan klo tr finalnya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. final
      kolektor tr A langsung ke C-
      kolektor tr C langsung ke C+

      basis tr A ke B- dg saringan R 10
      basis tr C ke B+ dg saringan R 10

      semua Emitor digabung jadi satu dengan saringan masing2 satu buah R 5watt 0,5 ohm gabungan Emitor setelah disaring R 5watt 0,5 ohm itu yang ke speaker

      Delete
  13. Selamat malam guru,izin beetanya
    Apaka simpelkatro v2 pengembangan dr rangkaian ini?
    2 set final yg guru Pake seri berapa?
    Speaker 12"& 15" jenis apa dan berapa wat?
    Maaf banyak nanya guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar

      final bisa A1943/C5200 atau A1216/C2922

      satu set final sekitar 200 watt, hitung sendiri besar watt speaker dengan jumlah set final

      12 inch bagus di voltage 32VAC kebawah
      15 inch terasa ngedrop bass bila menggunakan tegangan 32VAC kebawah

      Delete
  14. Untuk r bias dan r dco yg mana y pak..mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk R bias bisa dipasang paralel dg salah satu dari seri 3 dioda bias

      utk R DCO kayaknya ragkaian ini tidak diperlukan
      hanya butuh kualitas transistor yang sama antara kanan dan kiri, dan keseimbangan R pendukungnya

      Delete
  15. Mohon Penjelasannya pak.. suara bagusan mana kalau.. feedback R-C (220-470uf)+R(33k) vs R-C (330-470uf)+R(22k)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus itu cukup relative ...

      jadi hanya bisa menjelaskan bila :

      R-C (220-470uf)+R(33k)

      akan jauh lebih keras dibanding :

      R-C (330-470uf)+R(22k)

      =======

      yang perlu diketahui
      R inverting (330/220)
      semakin besar nilainya akan membuat suara semakin lemah, tapi juga semakin jernih

      sementara
      R FB (33K/22K)
      semakin besar nilainya akan membuat suara semakin kuat, tapi juga semakin tidak jernih

      Delete
  16. Merakit sebuah Power amplifier yg dicari terlebih dahulu adalah kejernihan. Kalau ingin menguatkan atau menambah Daya, harus merubah mulai dari PSU, Komponen KIT, jg TR.FINAL.
    #_INTINYA tidak/jangan hanya merubah 2-3 komponen saja.

    ReplyDelete
  17. Tr finalnya bagaimana itu guru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksude gimana inih
      rangkaiannya atau transistornya

      Delete
  18. Tingkat 1. Mje340/350 ganti tip 31/32.
    Tingkat 2. Tip 31/32 ganti tip 41/42
    Tingkat 3. Tip 41/42 ganti a1837/c4793
    Tingkat 3. Tip 3055/2955 ganti 2sc5200/2sa1943
    Final 2 set sc5200. Trafo 5A murni. Pak guru simpel katro nya sudah jadi vol nya harus berapa dg perubahan transistor di atas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dg 5A
      bila ada gunakan 57V atau 51V atau minimal 45V

      walau ada kemungkinan 31/41/32/42 cepat panas

      Delete
  19. Ohh gitu... Padahal trafo nya cuma 5a murni paling besar 32v..
    Sedangkan speaker hanya 8 inci 8ohm dan 2 buah tweter.. masih nyoba 12v aja pak guru. Saya coba denger dari samping rumah tetangga sebelah dan bener ternyata suaranya masih jelas dan lumayan bersih. oh ia ini jalur pcb hitam putih nya bikin sendiri heeee ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. eksperimenter .... berhak mengolah sendiri .... sesuai kehendak sendiri
      hanya saja perlu rajin cek kualitas BIAS dan DCO = agar aman selalu

      Delete
  20. maaf pak, kira2 apa yg di rubah jika ingin di ksih tegangan 65 volt ac. trimkasih oak. di tnggu blasannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah bisa 65VDC
      atau bila ragu silakan ganti :
      2955 dg A1941
      3055 dg C5198
      TIP31&41 dg C1837
      TIP32&42 dg A1837

      Delete
  21. bass kurang kental dan resonansi kurang. kira2 apa yg di ubah pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://elekatro.blogspot.com/2020/06/simplekatro-v3-bas-tebal-tetap-lari-jauh.html

      Delete
  22. Replies
    1. bukan kabur .... tapi kayaknya lagi patah hati mungkin
      heheheheh

      Delete
  23. Pak guuuru yg ini aapa namanyaa :aku dpt ampli mungkin jenis ocl, 2n3055,mj2955final out speker dr Colektor 2N & mj melalui R 5w 15ohm vcc (+, -) Di E melalui R5w 0,33ohm B dengan sistem darlington dr A940, D401 2x,vcc 54v terukur, mslh:dengung kenceng tp final bagus d ukur bgt jg driver A, D, model lama kira"7thn tertulis d travo ny 5A elco 7000mF/80v 6 biji, salaman g k temu sakitnya mumet, ap kira yg jd mumet 😷

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus di cek satu persatu semua transistor
      dab Resistor yang menuju kaki transistor

      Delete
  24. Pak guuuru yg ini aapa namanyaa :aku dpt ampli mungkin jenis ocl, 2n3055,mj2955final out speker dr Colektor 2N & mj melalui R 5w 15ohm vcc (+, -) Di E melalui R5w 0,33ohm B dengan sistem darlington dr A940, D401 2x,vcc 54v terukur, mslh:dengung kenceng tp final bagus d ukur bgt jg driver A, D, model lama kira"7thn tertulis d travo ny 5A elco 7000mF/80v 6 biji, salaman g k temu sakitnya mumet, ap kira yg jd mumet 😷

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengung kenceng apa musik masih bisa bunyi ?? keras ???

      Delete
  25. Bias gak imbang dibagian apanya yg harus dicek guru

    ReplyDelete
    Replies
    1. CEK TEGANGAN
      BANDINGKAN TIAP TINGKATAN ... ANTARA PNP DG NPN ... HARUS SAMA PERSIS
      BAGIAN PASANGAN YANG ANTARA PNP DG NPN BERBEDA ... HARU DIBUAT AGAR SAMA

      Delete
  26. Cara atasi dco tinggi dari rangkaian ini gmana guru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa kali saya mengalami ... hanya karena transitor PNP bagian input yang rusak

      Delete
  27. maap guru, saya sudah ikuti cara diatas, tapi kog suara dengung, tak cek dgn AVO tegangan DC 9V dan R220 panas apa yang harus saya perbuat? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti masih ada bagian yang salah jalur atau ada komponen yang udah gak bener
      soalnya rangkaian ini sudah tested puluhan kali oleh saya
      dan tidak ada kendala sama sekali

      Delete
    2. bagian yang panas R220 kirakira apa yang harus saya cek?

      Delete
    3. semua triple dioda yg saya pake adalah bekas pak,hehehe... mohon pencerahan

      Delete
    4. dioda mah asal belum short atau cut gak papa
      kalau R220 yang ke emitor panas
      pernah beberapa kali saya alami
      karena transistor input sebelah tidak baik,
      yang sering 350 dan pernah juga 340 nya yang semaput

      Delete
    5. Salam pak guru,
      Saya sudah membuat driver itu, ada 2/stereo, yg kanan jadi normal tapi suara agak parau (belum pake final), yg kiri juga tapi suaranya kaya radio rusak dan R220 ,42&41 panas, 2955 jg ikut panas, tapi keduanya tidak berdengung. Tolong kasi pencerahan pak. Apa kesalahannya saya, dan beri petunjuk. Maaf saya sangat ingin membuat amplifier ini rasanya puas kalau hasil buatan sendiri. Makasi banyak ilmu nya pak. Semoga berkah!

      Delete
  28. Mau tanya kira2 trafo toroid yg ideal buat power yiroshi 500watt ukuran brp skalian elco nya brp pasang...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 500 watt bisa pakai 10A 32V
      elko sebaiknya satu set tiap satu set final

      Delete
  29. Mau tanya kira2 trafo buat power yiroshi 500watt stereo brp ampere dan elco brp pasang yg ideal sekalian ukuranya , sebelumnya terima kasih.

    ReplyDelete
  30. ma af guru,mau tanya soal suplay ny,saya liat bagian skema paling bawah 24v bagi saya pemula,kok saya liat 24v nya nyatu sama GND ya?mohon penjelasan nya guru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dioda zener dipasang dari + dan juga dari - setelah melalui R 4K7 menuju GND
      gak usah dipasang dioda zener juga gak papa ... tetep bunyi

      Delete
  31. Replies
    1. hanya penjelasan seorang mantan montir yang pernah eksis di jaman orde baru / jaman PS = aki

      Delete
  32. Maaf sebagai pemula yg tertarik Dengan Audio...
    Bisa dijelaskan maksud B+ dan B- pada gambar diatas...😅😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. B+ disambung ke Basis Transistor Final (NPN misal : C5200 atau C2922)
      B- disambung ke Basis Transistor Final (PNP misal : A1943 atau A1216)

      rangkaian final dibuat terpisah

      Delete
  33. Salam sejahtera,semoga akan muncul guruKATRO2 yg baru....
    Yg selalu iklas berbagi,demi mencerdaskan anak bangsa.....
    Biar GUSTI ALLOH SWT.melimpahkan rahmatNYA untuk anda pak guru...AAMIIIIN

    ReplyDelete
  34. Maaf itu rakaian final di TEFF ya guru

    ReplyDelete
  35. Maaf pak guru saya mau nanya kenapa power saya suaranya kecil sebelah yang 3 set lebih besar yang 4 set lebih kecil saya pakai socl 505 modifikasi niru pak guru yang menjemper 4 komponen apa saya ada yang salah mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4 komponen jangan di jemper,tetapi di ganti bro

      Delete
  36. Numpang tanya pak guru jika di tef apa masih bisa power ini untuk tegangan yang lebih tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. di TEF bisa
      untuk yakin aman dg tegangan tinggi [walau tidak di TEF juga]
      ganti saja :
      2955 dg A1941
      3055 dg C5198
      42 dg A1837
      41 dg C4793
      32 dg MJE350 atau A1837
      31 dg MJE340 atau C4793

      Delete
  37. Kalau 220 digantikan 270 apa dampaknya pak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam pak guru,
      Saya sudah membuat driver itu, ada 2/stereo, yg kanan jadi normal tapi suara agak parau (belum pake final), yg kiri juga tapi suaranya kaya radio rusak dan R220 ,42&41 panas, 2955 jg ikut panas, tapi keduanya tidak berdengung. Tolong kasi pencerahan pak. Apa kesalahannya saya, dan beri petunjuk. Maaf saya sangat ingin membuat amplifier ini rasanya puas kalau hasil buatan sendiri. Makasi banyak ilmu nya pak. Semoga berkah!

      Delete
    2. yang panas ... coba rangkai ulang saja

      Delete
    3. #Lewis .... masih aman

      Delete
  38. Kalau tip42 dan 41 panas dan R220 panas sekali apa penyebabnya tapi tidak ada dengung

    ReplyDelete
    Replies
    1. tegangan terlalu tinggi atau arus terlalu besar atau speaker terlalu besar

      Delete
  39. Kalau suara serak apanya yang bermasalah pak guru

    ReplyDelete
  40. Kalau suara serak apanya ya pak guru yang bermasalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada asupan ke salah satu TR yang tidak sempurna atau ada TR yang sudah kolap

      Delete
    2. O ya tak cek dulu pak guru

      Delete
  41. Assalamualaikum, Naya pkguru, gimana caranya sering dco nya sama bias nya terimakasih, mohon jawabannya pak guru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalaamu warahmatullaah
      heheheh
      mohon maaf .... saya malah bingung oleh pertanyaan anda

      Delete
  42. Salam guru....saya mau nanya kenapa socl tef saya serak pada vol kecil vcc 45vac dan kalau buat main lowsub kayak ada suara ter ter nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba stel dulu trimpot DCO nya

      Delete
    2. Untuk Set DCO pada bagian mana pak?

      Delete
    3. Untuk Set DCO pada bagian mana pak?

      Delete
  43. Pak, saya sudah jadi merakit dan mencoba, hasilnya mantap tapi mungkin ada yang masih kurang, suara serak dan berdengung, tapi jika suara dikeraskan itu semua tertutup. saya tes pake avo, positif ke speaker jarum turun(ke kiri). kalo positif ke ground jarum kekanan(naik). dengan keadaan itu kira2 komponen apa yang bermasalah?

    ReplyDelete
  44. Slamat pagi pak, saya sudah merakit ampli diatas, suaranya mantap, cuma masih ada kendala dengung dan suara agak serak. tapi kalo dikeraskan suaranya tidak kentara. saya coba tes AVO positif pada speaker jarum menunjuk kekiri, negatif ke speakaer jarum ke kanan. biasanya tr mana yang harus diganti atau rusak? terima kasih

    ReplyDelete
  45. Terimakasih Master,,,
    Rangkaianya sudah saya coba dan bunyi dan senang rasanya (karena saya masih pemula)
    Tapi,, suara bass tidak keluar, saya pakai TC tokoan, dan DCO 2,-- pada skala 20
    Mohon solusinya Pak Guru,, gmna menurunkan DCO dan nada bass bisa keluar,,
    Terimakasih,,,

    ReplyDelete
  46. mf pk guru. rakitan saya serak di vol rendah

    ReplyDelete
  47. maaf msih blajar pak guru
    untuk resistor selain yg 2 watt resistor lain pake yg berapa watt...?
    1/4watt,1/2watt atau 1 watt pak guru..?

    ReplyDelete
  48. maaf msih blajar pak guru
    untuk resistor selain yg 2 watt resistor lain pake yg berapa watt...?
    1/4watt,1/2watt atau 1 watt pak guru..?

    ReplyDelete