26 May 2016

TIPS RINGAN MENJAGA KESEHATAN MATA

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

guruKATRO berkeinginan untuk share tentang tips menjaga kesehatan mata ini, karena kemungkinan besar keadaan mata guruKATRO yang belum butuh kaca mata hingga usia yang sudah cukup umur ini adalah hasil dari beberapa hal yang selalu guruKATRO lakukan selama berpuluh puluh tahun dan hampir dilakukan setiap hari ini, karena caranya yang sangat mudah, bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun.

Sebelum guruKATRO share tentang beberapa tips ringan demi menjaga kesehatan mata, ada baiknya guruKATRO paparkan dulu hasil yang telah guruKATRO peroleh yang kemungkinan besar karena hasil dari melakukan tips tersebut.

Usia guruKATRO, kini sudah semakin mendekati kepala 5, tapi Alhamdulillah di setiap ada sales kaca mata yang sering datang ke tempat kerja, setelah tes ini tes itu, ternyata selama ini hasilnya selalu ditutup dengan perkataan sales yang berbeda dengan kesimpulan hasil tes untuk guru yang lainnya. Kesimpulan untuk guruKATRO berbunyi, "bapak belum perlu menggunakan kaca mata" tentu saja dalam batin ini berharap, semoga untuk kedapan juga masih seperti itu.



Pada usia antara 20 tahun hingga 30 tahun, guruKATRO pernah menekuni pekerjaan sebagai Bengkel Elektronika, semua orang tahu, bengkel elekronika menuntut kesehatan mata yang lebih dar rata rata, karena harus menganalisa komponen komponen elektronika yang kadang sangat kecil tulisan kode nilai pada komponen tersebut, bahkan sering juga komponen itu sendiri yang berukuran sangat mini. Pada era 8 tahun pertama dari kegiatan itu, di desa guruKATRO belum ada transmisi PLN. Sumber penerangan yang dimanfaatkan pada malam hari hanyalah sebuah lampu teplok yang sekaligus berfungsi sebagai pemanas solder patri.




Dengan keadan kegiatan seperti itu, hitungan secara akal, pasti akan memaksa seseorang untuk segera berkaca mata, tapi tidak, guruKATRO tetap mampu melakukan tanpa bantuan lensa.

Antara Usia 37 hingga 42 tahun, guruKATRO diberi tugas tambahan sebagai TU, dan karena saat itu perangkat masih PC pentium 4, bila ada pekerjaan data yang banyak dan harus segera diselesaikan, dengan ditemani baoak kepal, terpaksa harus dilembur ditempat kerja, dan kadang hingga jam 10-12 malam baru selesai.

Dengan cerita seperti itu, ditunjang kenyataan bahwa hingga kini guruKATRO belum buth kaca mata, maka kini guruKATRO memberanikan diri untuk share tentang MEMELIHARA KESEHATAN MATA.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Sering seringlah mengkonsumsi wortel dan atau bahan alami lain yang banyak mengandung vitamin A, Cara mengkonsumsi terserah masing masing pribadi, bisa lansung dimakan setelah dibersihkan, atau di jus terlebih dahulu atau dimasak. Hanya disarankan jangan terlalu lama terkena panas, dikhawatirkan vitamin akan ikut menguap dan ternyata yang kita komsumsi hanya ampasnya saja.
  2. Sesekali gunakan tetes mata (bukan obat mata), dengan tujuan untuk mencuci mata, agar tetap bersih dari debu.
  3. Bila sedang berdoa dengan doa Keselamatan (
     ) disamping memohon untuk kesehatan organ tubuh yang lain secara umun, fokuskan juga meminta kesehatan mata.
  4. Olah raga mata, caranya :
  • Biasakan untuk tidak terlalu lama menatap satu obyek (kecil) tertentu tanpa kedip, sebab akan membuat bola mata menjadi kering, dan ini cuku berbahaya bagi mata. Usahakan sesering mungkin mata dikedipkan.
  • Jangan terlalu lama memandang satu warna terang, bila terpaksa harus melakukan itu, usahakan sesudahnya segera mencari obyek lihat dengan warna lain.
  • Bila sedang mengerjakan sesuatu di layar komputer atau laptop, jangan fokus hanya kepada layar monitor, usahakan secara rutin sesekali mengalihkan pandangan ke obyek pandang yang lain.
  • Sejenak duduk dengan suasana rilex dan pejamkan mata, masih dalam keadaan terpejam cobalah berusaha melihat pangkal hidung, dilanjut berusaha melihat kiri, kanan, atas, bawah dan usahakan melihat kedua telinga (walaupun sebenarnya tidak bisa), ini bertujuan agar bola mata kanan mengarah ke kanan dan pada saat yang sama bola mata kiri mengarah ke kiri, cobalah berusaha memandang obyek yang jauh sekali dan tiba tiba beralih berusaha memandang bola mata kita sendiri, dan di akhiri dengan berusaha melihat secara berputar ke kana dan ke kiri, sebanyhak 5 hingga 10 putaran.
  • Coba juga lakukan juga hal diatas dalam keadaan mata terbuka, dengan tetap menjaga agar tidak terlalu lama tidak berkedip
  • Pada malam hari, setelah gelap gulita, berdiam dalam ruangan dengan lampu yang cukup terang, nyalakan lampu dan usahakan mata menyesuaikan untuk menerima sinar yang terang itu, kemudian matikan lampu dan usahakan untuk bisa melihat sesuatu dalam keadaan gelap. Begitu dilakukan beberapa kali.
  • Bila sedang mengiris bawang merah, jangan takut keluar air mata gara gara terkena uap minyak bawang merah itu, biarkan beberapa saat air mata keluar, itu sangat baik untuk menghanyutkan kotoran dan juga untuk lebih membasahkan bola mata.
Demikian yang bisa guruKATRO share tentang beberapa langkah mudan untuk memelihara kesehatan mata.

Terima kasih kepada :
  • Bapakku tercinta, H. Abdul Karim Nagib, guru kesenian SMP yang disela sela KBM sering mengajari cara menggerakkan bola mata dengan sangat cepat, cara mengarahkan biji mata agar bis kedua melihat ke arah tengah, keduanya kearah luar,
  • Bapak H. Narko, Pegawai Puskesmas yang dulu sering barbagi tips kesehatan,
  • Mbak Nur, Ahli alternatif kesehatan asal Padang yang pernah buka praktek tidak terlalu jauh tempat tinggal guruKATRO, yang juga sering berbagi seputar alternatif pemeliharaan kesehatan,
  • Terima kasih tiada terhingga hanya disanjungkan kepada Allah SWT yang telah menganugerahkan alat indera dengan segala manfaatnya.

Demikian Posting tentang guruKATRO yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

belum ada Komentar

Populer

youTUBE guruKATRO

Google+