8/28/2017

Frekuensi ANTV, TRANS7, TRANSTV DAN NET pada satelit Palapa

komentar : 0
Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Kalau tidak salah pada hari jumat sore, tanggal 25 Agustus 2017 tiba tiba satelit Telkom_1 mengalami gangguan. Menurut informasi dari sang pengelola satelit tersebut terjadi anomali (sesuatu yang amat sangat jarang terjadi / suatu kejadian atau keadaan yang menyimpang dari rumus atau teori / keanehan / keganjilan / penyimpangan dll), yaitu pointing antena satelit bergeser!.
========================
UPDATE : FEBRUARI 2019 .....
========================
ANTV - TRANS 7 - TRANS TV - CNN INDONESIA - MTA DAN BEBERAPA CHANEL TV LAIN
SUDAH MENGUDARA DI SATELIT TELKOM 4 SEJAK 7 JANUARI 2019
NAMUN SELAMA ITU TV TV TERSEBUT MASIH MENGUDARA JUGA PADA SATELIT TELKOM 3s.

DAN PADA 5 FEBRUARI 2019, SEMUANYA RESMI MENINGGALKAN SATELIT TELKOM 3

AKIBATNYA BAGI YANG DULU SUDAH TERLANJUR MENGGESER LNB KE POSISI 118oBT, KINI HARUS MENGEMBALIKAN LNB KE POSISI SEMULA. KARENA POSISI SATELIT TELKOM 4 SAMA PERSIS DENGAN POSISI TELKOM 1 108oBT YANG SUDAH IS DEATH ITU.

TELKOM 4 MEMANG DIBUAT UNTUK MENGGANTIKAN TELKOM 1, MAKANYA POSISINYA SAMA.

SESUDAH LNB DIKEMBALIKAN KE POSISI  108oBT, ATAU BAGI YANG DULU TIDAK SEMPAT MENGGESER POSISI LNB, COBA SCAN TELKOM 4 ATAU TELKOM 1 BILA BELUM MERUBAH NAMANYA JUGA,


DAN BILA TERNYATA TIDAK KENA JUGA, COBA ATUR ULANG POSISI DISH, TAPI INI BUTUH KESABARAN TINGKAT DEWA UNTUKMELAKUKANNYA. BILA TIDAK SANGGUP, SEBAIKNYA UNDANG TEKNISI SAJA.
=============================


====================
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengungkapkan pada hari Jumat (25/8) sekitar pukul 16.51 WIB telah terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena sehingga semua layanan transponder dari satelit itu terganggu.

"Recovery satelit Telkom 1 yang dilakukan bersama Telkom dan Lockheed Martin dimana semula diprediksi dapat selesai lebih awal karena sesuatu dan lain hal, hingga pukul 16.00 WIB sore ini (26/8) masih berlangsung," ungkap VP Corporate Communication Telkom Arif Prabowo dalam keterangan, Sabtu (26/8).

Diungkapkannya, sebagai langkah antisipasi dan untuk kontinuitas kualitas layanan kepada pelanggan, Telkom saat ini melakukan recovery layanan transponder dengan mengalihkan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom 3S dan satelit lainnya.

Proses migrasi pelanggan Telkom 1 dimulai pada hari ini juga hingga seluruh pelanggan termigrasi. Dengan solusi migrasi ke satelit lain, diharapkan layanan pelanggan dapat kembali berjalan dengan normal.

"Atas kejadian ini Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya para pelanggan yang terganggu," ungkapnya.

Asal tahu saja, Telkom tengah mempersiapkan satelit pengganti Telkom 1 dan akan diluncurkan pada 2018. Satelit Telkom 1 menempati slot orbit 108 Bujur Timur yang dibuat oleh Lockheed Martin dari Amerika Serikat. (baca: Satelit Telkom 4)

Satelit Telkom 1 diluncurkan pada 13 Agustus 1999. Satelit tersebut diproduksi Lockhead Martin dari Amerika Serikat dan peluncurannya dilakukan oleh Arianespace dari Eropa. Satelit Telkom 1 memiliki kapasitas 24 transponder, dan beroperasi pada frekuensi C-Band. (Baca: Satelit Telkom-1)

Sementara penggantinya, satelit Telkom 4 direncanakan membawa 60 transponder, sebanyak 36 transponder akan disewakan untuk kebutuhan domestik, sedangkan sisa 24 transponder akan dipasarkan untuk India.
=======================

Pada Jumat malam, pihak pengelola sempat mengeluarkan pernyataan bahwa pada Sabtu sore satelit akan normal kembali, namun kenyataannya hingga senin malam ini, masih saja belum terselesaikan, hingga tadi guruKATRO sudah bisa menemukan stasiun televisi ANTV pada satelit Palapa, setelah sebelumnya didahului Trans 7 trans TV dan NET sejak kemarin lusa.

Dengan kejadian itu banyak diantara fasilitas umum yang menggunakan jasa satelit tersebut menjadi tidak bisa bekerja. Misalnya ATM Bank dan lain lain. Namun yang akan dibicarakan disini adalah Stasiun Televisi Parabola yang menggunakan Satelit Telkom 1, diantaranya, ANTV, NET, TRANS7 DAN TRANSTV.

Bagi penikmat siaran televisi parabola, mungkin dalam beberapa hari terakhir sudah merasakan bila ternyata chanel Televisi tersebut diatas tidak bisa di akses alias "TIDAK ADA SIGNAL" atau "NO SIGNAL"

Untuk mengantisipasi hal tersebut, katanya untuk sementara (mungkin juga untuk selamanya ... hehehe), Siaran Televisi televisi tersebut dialihkan ke satelit PALAPA.

Dan bagi yang tengah berminat untuk menyaksikan acara kesayangan, silakan buka satelit palapa, langsung scan ulang, atau secara manual masukkan kode:

================


Frekuensi : 3825

Symbol Rate : 3200

Polaritas : H

untuk membuka ANTV

================



Frekuensi : 4101

Symbol Rate : 6000

Polaritas : V

untuk membuka NET

================




Frekuensi : 4086

Symbol Rate : 4800

Polaritas : V

untuk membuka Trans7

================



Frekuensi : 3992

Symbol Rate : 3000

Polaritas : H

untuk membuka TRANSTV

================
UPDATE TERBARU

TRAN-TV dan TRANS-7
kini telah di pindah ke Satelit TELKOM_3S
dengan posisi 118o E

 mungkin juga akan segera diikuti Televisi ANTV dan NET

untuk yang sedang bersemangat mengejar siaran Televisi televisi tersebut,
COBALAH MASUK HALAMAN INI


Penulis berbagi PENGETAHUAN
Pembaca mendukung dg TIDAK MEMBLOKIR IKLAN
dg SALING PENGERTIAN seperti ini
Insya Allah kita selalu dalam KEBERKAHAN

Demikian Posting tentang Frekuensi ANTV, TRANS7, TRANSTV DAN NET pada satelit Palapa yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Tidak ada komentar

Admin memberi kesempatan bagi pembaca yang kesulitan komentar menggunakan akun google. Namun dalam berkomentar harus ditetapkan satu nama diri yang tetap.
Komentar dengan identitas Unknow dan Anonim atau sejenis SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan diterbitkan.