Ganti sendiri GEAR SET Supra x 125

oleh : | pada : | 0 Komentar
Cukup jarang memang, seseorang pemilik kendaraan sejenis sepeda motor yang mau mengganti sendiri gear set. Alasan pertama tentu ketakutan bila hasilnya nanti tidak pas bahkan dianggap bisa membahayakan terutama untuk bagian sambungan rantai.

Disamping itu pula masih ada beberapa alasan lain yang menjadikan seseorang malas untuk mengganti sendiri gear set, misalnya takut belepotan oli hitam, ada yang hanya dengan alasan tidak memiliki beberapa kunci untuk bongkar pasang baut bautnya,, bahkan ada yang hanya dengan menggunakan alasan Toh murah inih biaya pemasangannya, ngapain berkotor kotor!!!. Hingga jalan akhirnya ia memilih mengambil jasa montir sepeda motor untuk menyelesaikan semua pekerjaan itu.

guruKATRO sendiri bukanlah seorang yang punya latar belakang montir sepeda motor, lalu mengapa mau melakukan pekerjaan seperti itu. Bukankah biaya ongkos jasa pekerjaan pekerjaan seperti itu disini masih tergolong sangat murah???. Alasan pribadi guruKATRO yang pertama mungkin karena Hobby, berikutnya adalah karena selama ini sudah terlalu sering merasa kurang/tidak puas dengan hasil kerja sang montir.

Seringkali sehari atau dua hari setelah sepeda montor di montirkan, dengan sangat terpaksa guruKATRO bongkar dan tata kembali agar berasa tunggangan sesuai selera diri ini. Bahkan beberapa kali pula merasa kecewa berat, ketika berusaha memenuhi standar keamanan, guruKATRO service dulu ini sepeda sebelum diajak jalan jalan jauh dan butuh kecepatan lebih. Eh ternyata setelah sampai di rumah kembali ternyata ada beberapa baut yang barusan di bongkar pasang oleh sang montir, kini raib diterpa kecepatan laju sepeda.

Sejak peristiwa peristiwa itulah guruKATRO sedikit demi sedikit mulai mengoleksi kunci demi kunci dengan berbagai jenis dan ukuran. Suer .... bila dibanding dengan bingkil sebelah, mungkin variasi kelengkapan ukuran dan jenis kunci, masih lebih lengkap punya guruKATRO.

=============

wah .... panjang bangget mukaddimah nya .... gak usah dibaca ntuh nyang diatas !!!!
Bagi pemula ataupun yang tengah penasaran untuk melakukan pekerjaan belepotan, Langsung aja yuk kita ke Te Ka Pe

A. Alat yang diperlukan :


  1. Kunci T / Ring / Pass ukuran 10 untuk buka tuas persneleng (oper gigi)
  2. Kunci T ukuran 8 untuk membuka penutup gear depan
  3. Kunci T /Y ukuran 10 untuk buka spi gear depan
  4. Tang untuk melepas spi penyambung rantai
  5. Pinset / Obeng min kecil untuk menyelesaikan melepas spi penyambung rantai
  6. Kunci T ukuran 12 untuk membuka baut gear belakang
  7. Kunci Pass / Ring ukuran 19 dan 14 untuk membuka AS Roda belakang
  8. Oli bersih / Bensin secukupnya ples serbet ples air untuk bersih bersih.


B. Proses yang dilakukan :

1. Melepas Tuas Persneleng (oper gigi)

Menggunakan kunci ukuran 10. Beberapa Montir yang telah mahir tidak perlu melakukan langkah pertama ini, yaitu melepas tuas persneleng, mereka akan bisa melepas pekerjaan nomor 2.b tanpa harus melakukan pekerjaan nomor 1 ini. Tapi beberapa pemula dan amatiran laiknya guruKATRO merasa akan lebih mudah melakukan pekerjaan nomor 2.b apabila tuas persneleng dilepas terlebih dahulu. (ket: beberapa sepeda motor merk lain mungkin ukuran kunci berbeda).





2. Membuka Penutup Gear Depan (ada yang menyebut gear tengah)

2.a. Buka dulu bautnya, kalau HSX 125 menggunakan kunci ukuran 8, merk lain mungkin berbeda ukuran kuncinya.




2.b. Lanjut dengan melepas tutup gear menggunakan tangan, bila langkah nomor 1 sudah dilakukan, ini akan lebih mudah, namun ada beberapa personel yang masih merasa mudah walaupun tidak melakukan langkah nomor 1.




3. Melepas Spi pengunci gear depan

3.a. Lepas dulu bautnya menggunakan kunci T/Y ukuran 10,




3.b. Lanjut dengan melepas Spi dengan memutar sedikit agar antar lekukan as dan lekukan spi lurus, sehingga bisa dengan mudah di lepaskan



Bila anda takut kotor dan sekaligus kelihatan profesional, gunakan alat bantu untuk melepas spi ini, jangan sepertu guruKATRO yang langsung menggunakan jari tangan.


4. Melepas sambungan Rantai

4.a. Gunakan Tang untuk menggeser spi pengunci sambungan rantai,



4.b. Bila spi sudah keluar dari tempat bersemayamnya, bisa dilanjutkan melepas menggunakan pinset atau obeng min kecil



5. Mengganti Gear Depan dengan gear yang baru

5.a. Setelah rantai dilepas, lepaskan gear depan



5.b. Ganti dengan gear depan yang baru



5.c. lanjut dengan memasang kembali spi pengunci gear depan, serta baut spi nya, eratkan tapi hati hati jangan sampai terlalu kuat yang bisa menyebabkan nantinya akan sulit dibuka atau bahkan membuat baut patah.


6. Pekerjaan berikutnya adalah mengendorkan mur baut Gear Belakang


Sebaiknya ini dilakukan sekarang, sebelum roda dilepaskan, karena ada beberapa kasus kesulitan membuaka mur baut bila roda sudah terlepas dari tempatnya. Terutama bagi amatiran dan juga montir yang tidak punya perangkat (dudukan) khusus untuk melepas mur baut yang berkaitan dengan roda.
NB : Cukup longgarkan saja, lanjut melepas mur bautnya nanti kalau roda sudah dilepas.


7. Lepaskan Roda belakang, ini harus, ... karena kita akan mengganti Gear belakang yang nyata nyata menempel pada roda belakang.

7.a. Gunakan kunci ukuran 14 untuk menahan AS roda belakang (bagian kiri), dan putar ke arah bawah mur AS roda belakang (bagian kanan) dengan kunci ukuran 19


Bila terjadi cukup keras, anda bisa menyambung tangkai kunci 19 menggunakan pipa besi keras, agar tangkai menjadi lebih panjang dan berakibat lebih ringan untuk memutar MUR roda belakang.


7.b. Sambil tahan Roda menggunakan ujung kaki, Lanjut dengan Cabut AS roda belakang dari sebelah kiri, cukup menggunakan jemari tangan saja untuk menghindari tergoresnya alat. Tapi apa daya bila memang sulit dilepas, mungkin karena AS sudah tidak lurus lagi atau mungkin karatan atau pengaruh hal lainnya. Mungkin terpaksa harus menggunakan alat bantu.



7.c. Sesudah AS dilepas tentu kita akan lanjut dengan melepas roda belakang.

8. Menggati Gear belakang

8.a. Karena tadi pada langkah ke 6 baut sudah dikendorkan, maka kini kita tinggal lanjut melepas baut dengan mudah.




8.b. Sesudah semau baut terlepas, lepaskan gear belakang dan dilanjut dengan memasang gear yang baru.




8.c. Pasang kembali MUR BAUT, tidak usah terlalu erat dulu, nanti mengencangkannya pada saat roda sudah dipasang kembali saja, ini akan terasa jauh lebih ringan.


9. Pasang Kembali roda belakang, hati hati jangan sampai ada ring AS roda yang tertinggal. tahan roda dengan menggunakan ujung kaki agar lobang poros bisa sejaraj lurus dan kita bisa dengan mudahnya memasang kembali AS roda belakang. Awas jangan sampai kancing penyetel jarak roda tidak ikut terpasang



Bila Komponen dalam/tengah roda dalam keadaan baik, pasti bisa dengan mudah memasang kembali AS roda belakang tersebut. Bila terjadi kesulitan, usahakan tidak menggunakan alat bantu pukul macamnya martil atau palu. Sebaiknya periksa bagian dalam (Klaher/ring), betulkan yang ini hingga bisa dengan mudah memasukkan AS roda belakang.


10. Pasang kembali mur pengunci AS roda belakang, jangan lupa ikutkan Kancing pengatur jarak roda sebelum memasang mur.




11. Gear depan dan belakang sudah menjadi berubah menjadi baru semua. Saatnya memasang Rantai. Memasang kembali rantai anda bisa mulai dari gear besar/belakang ataupun mulai dari gear kecil/depan/tengah, tergantung mood dan selera serta mana yang dianggap lebih mudah. Yang penting yakinkan bahwa pada akhirnya ranta akan duduk dengan baik pada gigi gigi depan dan belakang.

11.a Jika sudah demikian lanjut dengan berdoa, "Semoga ukuran rantai tidak jauh terlalu panjangnya, alias masih bisa ditolerir", bila terlalu jauh kepanjangannya dengan sangat terpaksa dilakukan penbuangan satu (kadang juga bisa dua) mata rantai. ini akan cukup merepotkan bagi pemula, bagi guruKATRO sih itu sudah sering melakukannya. Bila panjang rantai sudah sesuai, pasangkan pin mata rantai penyambung rantai dengan posisi kaki yang kosong berada bagian luar, berati memasukannya dari arah dalam.


Jangan lupa pasang Spi dalamnya dulu sebelum lanjut ke langkah 11.b (maaf gambar spi dalam terlanjur terhapus dan tidak bisa di tunjukkan.

Ingat : ada spi bagian dalam yang memasukannya sangat mudah dan mudah lepas pula. bila spi bagian dalam sudah tertata, baru lanjut ke langkah 11.b.

11.b. Paling Utama dalam Proses ini adalah arah pemasangan Spi Luar penyambung Rantai, tapi jangan khawatir karena pada kardus/box pembungkus rantai sudah ada petunjuknya dan bisa terlihat dengan jelas.




11.c. Jika sudah yakin dengan maksud petunjuk itu erat kan dengan tang



Pastikan Spi ini terpasang dengan benar, bila tidak bisa berakibat rantai putus saat kita berkendara, dan ini cukup berbahaya.

12. Langkah Finishing

12.a. Atur kembali kekenduran rantai, jaga agar bagian kanan dan kiri tetap terjaga keseimbangannya.





12.b. Kencangkan kembali AS roda belakang menggunakan kunci 14 dan 19 seperti pada saat melepaskannya.


Komentar Facebook

Belum ada komentar

Posting Komentar