06 June 2015

APLIKASI NILAI RAPORT KTSP MI 2015

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Dulu, .... pada blog mia, sebenarnya guruKATRO pernah posting APLIKASI NILAI RAPORT KTSP MI, dan kira kira pada bulan Desember 2014, guruKATRO sempat mencoba mengamati link download aplikasi tersebut pada dua hosting tempat dimana guruKATRO meng upload aplikasi tersebut,......... sempat tercengang ...
guruKATRO dibuatnya...... ternyata APLIKASI NILAI RAPORT KTSP MI itu, telah di download lebih dari seribu kali pada indowebster, dan di download lebih dari lima ratus kali melalui ziddu, ckckckckckck..... laris juga yah ....itu aplikasi,...heheheheh.

Kali ini kembali guruKATRO posting tapi .... bahkan disini tapinya ada dua, tapi yang pertama jelas!!! tidak lagi di posting di blogmia, melainkan di blognya guruKATRO sendiri, dan tapi yang kedua adalah bahwa aplikasi ini telah banyak mengalami perubahan di berbagai sisi, tujuannya tentu demi memudahkan penggunanya pada saat memanfaatkan. Lalu ....... kenapa guruKATRO masih saja berkutat di KTSP ???, itu karena sejak tengah semester kedua tahun pelajaran 2014/2015, MI tempat guruKATRO mencangkul, diwajibkan kembali ke KTSP. Akhirnya dengan sangat tidak terpaksa, untuk sementara guruKATRO abaikan dulu APLIKASI NILAI RAPORT KURTILAS, yang nyata nyata masih dalam tahap pengembangan,  ...   yang pernah digunakan pada semester satu tahun pelajaran 2014/2015 oleh MI tempat guruKATRO nyangkul.

Nama Aplikasi  juga sedikit dikerucutkan menjadi "APLIKASI NILAI RAPORT KTSP MI 2015", terdapat spesifikasi  angka 2015 pada nama apikasi ini, karena guruKATRO masih khawatir, jangan jangan ... tahun 2016..... akan digelindingkan lagi menuju KURTILAS.




Fungsi Aplikasi ini masih tetap sama, yaitu mencetak printout daftar nilai raport KTSP, yang mana hasil cetak itu digunakan sebagai bahan untuk memasukkan nilai ke BUKU RAPORT KTSP

Penyempurnaan pada APLIKASI NILAI RAPORT KTSP MI 2015, adalah bahwa disana telah disediakan halaman edit data dengan uraian sbb:
  1. Edit data Madrasah (pada aplikasi lama juga sudah ada)
  2. Edit data siswa (pada aplikasi lama juga sudah ada)
  3. Edit KKM pada halaman edit nama mata pelajaran (pada aplikasi lama mengisi KKM diatas daftar nilai masing masing mata pelajaran)
  4. Edit/menambah/mengurangi/mengubah urutan daftar mata pelajaran pada halaman khusus (pada aplikasi lama tidak tersedia)
  5. Tersedia halaman untuk 20 mata pelajaran, ini memungkinkan untuk bisa digunakan pada jenjang MTs atau MA atau lembaga pendidikan lain (aplikasi lama hanya 15 mata pelajaran)
  6. Hanya 10 siswa tiap satu lembar printout, ini dimaksudkan agar guru tidak terlalu pusing ketika memindah nilai dari printout ke BUKU RAPORT (pada aplikasi lama satu lembar dimuat 25 siswa)
  7. Edit untuk menentukan persentase tiap jenis ulangan, ulangan harian = ----%, Tugas dan PR = ...%, Ulangan Blok = ....%, UTS = ....% dan UAS = ....% (pada aplikasi lama ... persentase itu guruKATRO yang menentukan)
  8. Bisa mengubah data apa saja tanpa harus men unprotect!!!, karena semua data yang mungkin harus diganti / diubah / disesuaikan dengan kebijakan setempat, telah disediakan prosesnya pada halaman yang tidak di protect (protect disini bukan untuk tujuan komersil, tapi hanya sarana agar aplikasi tidak mudah rusak, atau salah edit sehingga hasinya tidak sesuai dengan yang diharapkan, dan mungkin bisa merugikan siswa).
  9. (optional), Disediakan Halaman Sampul bila ingin menjadikan hasil printout daftar nilai tiap mata pelajaran sebagai Buku Daftar Nilai (bagi yang tidak suka dengan tampilan sampul yang ada, jangan gunakan dan buat sampul sesuai selera anda.)
Dengan menggunakan APLIKASI NILAI RAPORT KTSP MI 2015 ini, kita hanya mengisi daftar nilai HARIAN,  nilai TUGAS dan PR, nilai ULANGAN BLOK (ulangan di setiap akhir KD), nilai UTS dan nilai UAS, maka secara otomatis, rekap nilai raport akan muncul pada halaman PRINT OUT dengan persentase tiap jenis ulangan ditentukan oleh kebijaksanaan lokal.

Setiap halaman nilai mata pelajaran, bisa di print out dan di jilid sebagai BUKU DAFTAR NILAI (support dengan printer reguler, dan tida support alias jangan print menggunakan printer LASER JET)

Terakhir .... barangkali masih ada rekan guruKATRO yang membutuhkan APLIKASI NILAI RAPORT KTSP 2015, siakan   UNDUH DARI SINI  


Demikian tentang APLIKASI NILAI RAPORT KTSP MI 2015, semoga bisa dimanfaatkan oleh rekan yang membutuhkan.

Terima Kasih

Wassalaam....
Demikian Posting tentang guruKATRO yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

sudah ada 4 Komentar

  1. kang guruKATRO ... ki aplikasinya katro banget ... ^_^
    mau rubah nama mapel kok rupanya diprotect halamannya, minta password pula.
    biar tambah katro, boleh dong bagi2 passwordnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheheh makasih agan r0fieQ atas pengingatnya
      maklum ... namanya juga guruKATRO
      yah jadi pelupa
      kalo password kayaknya guruKATRO udah lupa tuh!!!!
      download ulang saja yaa!
      sudah diperbaiki kok

      Delete
  2. Pak Katro, biar tambah katro bagaimana kalau di lengkapi dengan sampul raport yg bisa di print dan raportnya juga yg bisa di print persiswa, tentunya yg di lengkapi dengan rangking dan rata-ratanya?! mau buat yang seperti ga tahu hehe...

    ReplyDelete
  3. ya kapan kapan kalau guruKATRO punya sempat akan dibuatkan, doakan saja yoooo,.... semoga yang akan datang bisa lebih baik.....

    ReplyDelete

Populer

youTUBE guruKATRO

Google+