2018/06/24

Gacun diubah menjadi PS Amplifier

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Sebenarnya pada jaman dulu, ketika masih muda dan masih aktif mengais rejeki dari jasa perbaikan barang barang elektronik, guruKATRO sudah sering memanfaatkan sebuah kit yang bernama Multi Regulator TV, atau yang belakangan sering disebut sebagai GACUN.

Namun pada saat itu guruKATRO hanyalah sekedar membeli, memasang dan meminta uang jasa pemasangan pada konsumen saja, tanpa melalkukan modifikasi apapun terhadap alat tersebut, satu satunya solusi saat itu hanya mempelajari karakteristik rangkaian PS TV yang rusak dan memilih GACUN yang output nya selaras dengan PS TV itu.

Bayangan tentang kemungkinan akan memodifikasi Gacun menjadi serangkai Power Supply Amplifier juga telah bergema sejak sekitar dua tahun yang lalu, terutama ketika angan ini mulai dihinggapi keinginan untuk memiliki seperangkat Sound System super sederhana yang mungkin hanya akan di manfaatkan oleh beberapa acara kecil dan tetangga atau saudara yang sedang punya hajatan saja.



Akhir akhir ini guruKATRO juga sering berkelana di dunia maya, demi memperoleh sekian informasi tentang cara memodifikasi Power supply TV yang murah dan banyak beredar dipasaran itu duntuk dijadikan Power Supply Amplifier. Namun hingga detik ini belum juga guruKATRO menemukan panjelasan yang memuaskan. Rata rata penjelasannya sulit dicerna oleh otak guruKATRO yang sudah terlanjur tua ini. Mungkin karena kebanyakan menjelaskan jenis modifikasi yang lebih kompleks, sedang keinginan guruKATRO hanyalah memodifikasi lilitan sekunder saja.

Cerita tentang modifikasi GACUN menjadi PS Amplifier yang dilakukan oleh guruKATRO, baru akan dimulai dari sini.

Tidak lagi memikirkan penjelasan penjelasan panjang lebar yang diperoleh dari para ahli di dunia maya, dan hanya kembali pada angan asal guruKATRO, pagi itu Jumat, 22 Juni 2018, guruKATRO berangkat dengan diboncengi si bungsu,  ke WU dulu akh ... ambil dana Adsense, baru dilanjut masuk toko penjual spare part Elektronik demi membeli seperangkat KIT Amplifier serta mp3 player, dan yang paling di incar tentunya adalah sebuah GACUN. Gacun yang guruKATRO pilih adalah yang paling besar ukuran TRAFO FERIT nya, dengan asumsi nantinya akan lebih memungkinkan bila harus ganti kawat email dengan ukuran yang lebih besar.



Malam harinya alias tadi malam, guruKATRO beranikan diri untuk membongkar Trafo berkern ferit tersebut. Sama sekali tidak dengan mengikuti penjelasan rekan rekan online, keberanian bongkar trafo itu hanya mengikuti angan yang telah ada sejak lama, yaitu bertumpu pada catatan tingginya voltage sekunder yang akan dibongkar, untuk kemudian akan dibagi dengan jumlah lilitan yang tergulung disana, dengan demikian akan ditemukan berapa volt untuk tiap satu lilitnya.

Tampilan catatan sekunder output sudah guruKATRO batasi dengan garis putih



Terlihat disana ada banyak sekali sekunder output, ya iya lah namanya saja MULTI REGULATOR ...
tapi jangan khawatir .... semua sekunder itu akan di bongkar total dan dibuat sesuai kebutuhan saja.

Rencana output modifikasi sudah nempel erat dalam angan-angan ini :

  • 24 volt yang disamping akan di buat menjadi 12 volt untuk makanan mp3 Player
  • output yang di bawah itu, yang banyak sekali akan dibuat 3 titik saja, 24volt - CT - 24volt untuk makanan PA

akan selesai sudah.
mudah sekali kan experiment guruKATRO ini ....

Nantinya ... pada experiment berikutnya guruKATRO hanya akan membuat satu output sekunder saja, yang CT yang untuk makanan Amplifier saja, biar Amplifier akan kenyang terus.


Setelah Trafo di lepas dari PCB dilanjut bongkar ferit, niatnya guruKATRO akan langsung lepas dan hitung lilitan output yang 24 volt yang disamping itu, namun itu pasti akan harus melewati pembukaan lilitan primer kedua (primer tegangan negatif) dulu, walau tidak perlu sambil menghitung jumlah lilitannya. Karena saat ini guruKATRO hanya akan modifikasi lilitan sekunder nya saja.

Setelah melepas lilitan primer kedua yang posisinya paling atas itu, baru dilanjut bongkar lilitan sekunder yang 24 volt, sambil hitung jumlah lilitan ...
wouw ...
ternyata ada 12 lilit. Ini berarti satu lilit sama saja dengan 2 volt. Lepas dan langsung pinggirkan .....

Lanjut melepas output 16 volt,
hitung lagi dan ternyata ada 8 lilit,
makin mantap keyakinan satu lilit = 2 volt..... pingggirkan lagi ....

Lanjut lepas lilitan dengan catatan output 12 volt, hitung ... ternyata 6 lilit....
Lanjuuuut bongkar sekunder hingga selesai,

hampir semua menganut rumus satu lilit = dua volt, walau ada beberapa yang tidak terlalu pas, (lebih banyak 1/2 dan 1 lilitan).

Setelah semua lilitan sekunder terlepas kini tinggal memasang lilitan sekunder modifikasi pertama

  • gulung 6 lilit, sebagai output sekunder 12 volt, untuk makanan mp3 player


  • dilanjut lilitan dengan kawat 10mm. Walau kit OCL yang dibeli bersamaan itu tertulis 63 volt, namun untuk yang pertama ini guruKATRO hanya akan membuat output sekunder +24v CT -24v saja.  Berarti guruKATRO membuat 12 lilit dari kiri ketengah dan dilanjut 12 lilit dari tengah ke kanan.

2 x 12 lilit sekunder dengan kawat email berdiameter 10mm sudah tergulung rapi, saatnya mengembalikan gulungan primer yang paling atas.
Selesai. .... TUTUP lagi, pasang kembali TRAFO ke PCB.

Beberapa detik coba masukin listrik, ternyata aman, buru buru usap organ organ vital, alhamdulillaah semua adem ayem ... harap maklum karena terlalu semangat ber experiment, hingga lupa tidak tes sebelum di bongkar ////

berikutnya ....
pasang dioda dan elko padaoutput 12 volt, dilanjut pasang mp3 player
pasang dioda dan elko pada output 24 volt CT, simetris, cek DC output, keluar 32 volt, sip ....
sayangnya guruKATRO tidak punya tang amper atau amper meter yang memadai, jadi untuk sementara tidak bisa menganalisa berapa ampere arus yang keluar ....

lanjut test pakai OCL kit baru beli juga dan belum di tes ....

nyalakan beberapa detik, usap sana usap sini, semua masih tetap dingin, sedingin salju, membuat tidak ragu lagi untuk memutar musik. dari mp3 player, ...

satu lagu dua lagu dan seterusnya .... transistor Final 2SC5200 dan pasangannya 2SA1943 , hanya sedikit mengalami peningkatan suhu.

lebih dari sepuluh lagu .... dibiarkan ditinggal main keluar ... usap lagi ternyata masih tetap hangat hangat tai ayam .... 

Hanya dengan tegangan 24 volt untuk men supply amplifier yang disarankan 63 volt, sudah mampu membuat hangat kedua transistor FINAL, ini pasti menandakan arus yang sudah lumayan .....

Berikutnya tetap dinyalakan, pasang ke speake yang tidak pada box, biar tidak keras bass nya, ditinggal tidur, dan baru pada jam 6 tadi pagi di matikan, sekalian cek ketahanan.... dan hasilnya 

Akhirnya keinginan guruKATRO untuk memodifikasi GACUN yang telah terpendam lebih dari dua tahun terlaksana sudah, dengan hasil yang tidak terlalu mengkhawatirkan.

Tapi itu baru sekedar percobaan pertama yang guruKATRO lakukan, dan hanya memodofikasi lilitan sekundernya saja, lilitan primer dan komponen yang lain masih tetap seperti ketika di beli dari toko.

Bila cara guruKATRO ini dianggap tidak memudahkan dan tidak riskan serta tidak terlalu mengecewakan, silakan dikembangkan sesuai kebutuhan masing masing.

Bagi yang penasaran ingin ngintip hasil oprekan guruKATRO, mohon maaf masih berantakan letak dan posisinya ....




Demikian Posting tentang Gacun diubah menjadi PS Amplifier yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

No comments

Mohon maaf bila link hidup dan spam tidak bisa muncul dalam komentar
Mohon maaf pula bila ada komentar yang tidak langsung dibalas, karena Admin tidak selalu OnLine