24/02/19

microKATRO Driver for Field Amplifier

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

microKATRO Driver adalah sebuah Driver Amplifier yang rancang bangun nya mengacu pada skema yang selama ini disebut sebagai mirco driver.

Keunikan jenis micro (menurut versi pengamatan guruKATRO) adalah pada :

1. Resistor yang biasanya mempertemukan antar Emitor berupa dua Resistor Seri, dimana pada pertemuan seri dua resistor itulah disambung ke Basis Transistor penguat tingkat berikutnya, sedang pada jenis micro, hanya ada satu resistor yang menghubungkan antar Emitor PNP dengan Emitor NPN, untuk kemudian dimasukkan ke Basis transistor penguat tingkat berikutnya.


2. kedua umpan bias untuk basis dua transistor driver, dimana pada umumnya kebanyakan menggunakan perlawanan negatif vs positif dengan alat satu atau dua atau tiga bahkan pernah lihat juga empat seri dioda yang mengantar tegangan dari Basis NPN, dan pelawannya adalah dengan resistor dari arah negatif atau sebaliknya. Sedangkan pada jenis micro Basis PNP di jatah tegangan oleh sebuah transistor supply secara khusus setelah disaring dengan resistor ukuran 10K.

Baca juga :




3. Kolektor Transistor input inverting, pada umumnya menadapat jatah positif secara langsung (jenis PNP), namun pada jenis micro ini malah mendapat tegangan negatif melalui resistor 2K2 (jenis NPN) sekaligus tersambung ke basis transistor supply tersebut.




Akh puyeng malah bila dijelaskan dengan kata kata, mendingan lihat saja secara langsung image dari rancangan PCB yang telah selesai guruKATRO buat ini :







Atau liat aja skema amburadul goresan guruKATRO seperti ini,


Semoga Skema ini bisa menambah puyeng para pembacanya .... heheheh
maklum guruKATRO masih hanya bisa membuat rancangan menggunakan jasa excel. Sudah beberapa kali mencoba menggunakan berbagai aplikasi perancang PCB, ternyata gagal total terus menerus dan membuat frustasi.




NB :
  • itu R470 ohm 5 watt di paralel untuk menemukan tahanan sekitar 220 ohm, walau ketemunya 235 ohm, sebenarnya bisa saja menggunakan 220 ohm 7 watt atau 220 ohm 10 watt, tapi ukuran fisiknya terlalu panjang, jadi gak cantik tampilannyha. Bila anda menggunakan tegangan 60 ke bawah, cukup gunakan satu saja (ngirit) dengan ukuran 220 ohm 5 watt
  • untuk menyesuaikan seberapa nada bass yang diinginkan, anda bisa menggati nilai C100uF dari basis transistor inverting input yang menuju R 1K, sesuai keinginan basseperti apa yang dituju.
  • untuk menyesuaikan seberapa nada middle yang diinginkan, anda bisa mengganti nilai Resistor 1K menuju GND dengan ukuran sesuai diinginkan.




Keterangan
  • Bila hanya akan menggunakan tegangan 40V kebawah cukuplah TIP 41- 31 saja (tanpa kode huruf di terakhirnya)
  • Bila hanya akan menggunakan tegangan antara 40V hingga 60V, gunakan TIP41A dan TIP 31A
  • Bila akan menggunakan tegangan antara 60 hingga 80V, gunakan TIP41B - TIP31B
  • Bila akan menggunakan tegangan antara 80 hingga 100V, gunakan TIP41C - TIP31C
  • Bila merasa ragu dengan kekebalan transistor C458, silakan ganti dua dioda IN4007 dengan satu dioda zener 15V atau 12V


Untuk layout dan step by step pemasangan ... akan di update setelah ada yang menyampaiakan keinginan melalui kolom komentar dibawah ...

Sementara sekian dulu ...... mungkin akan di update pada lain waktu




Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang microKATRO Driver for Field Amplifier yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

10 komentar

Mohon maaf
Komentar dengan username :
Anonim
Unknow
mengandung link aktif
spam
TIDAK BISA TAMPIL
pada blog ini

  1. MINta layoutny pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedang ada problem nih ... ceritanya menjelang ujian laptop di install ulang ... dan perasaan sebelum install sudah simpan kumpulan skema ... ternyata belum .... jadi sementara sedang berusaha di recover dulu, bila gagal recover berarti saya harus buat lagi yang baru

      Hapus
    2. sedang ada problem nih ... ceritanya menjelang ujian laptop di install ulang ... dan perasaan sebelum install sudah simpan kumpulan skema ... ternyata belum .... jadi sementara sedang berusaha di recover dulu, bila gagal recover berarti saya harus buat lagi yang baru

      Hapus
  2. pak guru itu pasangan 42c kenapa 31c ko gk pakai 41c ??
    mhon penjelasannya pak guru biar gk trlalu pusing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh itu .... itu bukan pasangan
      42C paling atas untuk dilanjut ke non-inverting input
      42C dibawahnya untuk dilanjut ke inverting input
      (silakan amati saluran dari basis keduanya)

      31C yang paling atas sebagai pembias tegangan antara basis 41C dengan kolektor 42C,
      (hampir sama tugasnya dengan 31C dibawahnya yang memberi umpan ke dua emitor C458)

      Hapus
  3. Assalamualaikum, Pak guru.
    Minta tolong pcb layout nya dong, dan update stef by stef pemasangan nya...terima kasih Pak guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikumussalaam wr wb
      oh gitu yah .... kalau begitu keputusannnya akan segera dijadikan posting baru saja .. dan rencana akan disertai update pilihan transistor bila menggunakan tegangan 45VAC keatas .....

      Hapus
    2. Siap ditunggu Pak, terima kasih sebelum nya.

      Hapus
  4. Terima kasih Pak. Paparannya mudah difahami.
    Jangan bosan pak. Semoga ilmu nya berkah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali kasih .... insyaAllah tidak bosan asal lagi ada sempat dan ... Aamiin.....

      Hapus