09/02/19

miniKATRO Amplifier Final Transistor TIP4142

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Sebenarnya cukup banyak referensi untuk merangkai sebuah Amplifier yang menggunakan Final Transistor TIP41 vs TIP42, namun karena guruKATRO berusaha menemukan rangkaian yang hasilnya bisa dibilang cukup memuaskan, ini membuat request pembaca yang dah cukup lama baru bisa diwujudkan.

Intinya guruKATRO mohon maaf kepada rekan yang telah lama request rangkaian Amplifier dengan final transistor TIP41 vs TIP42 ini.

Hasil olahan guruKATRO yang merupakan skema safari  dipadu dengan sistem amplifier 60 watt serta mengacu cara kerja SOCL. Dengan segala daya upaya dan segala keterbatasan piranti yang tersedia disini namun ternyata guruKATRO hanya mampu menghasilkan rangkaian seperti ini :






Untuk bisa lebih memperjelas penelaahan pembaca, ini sengaja guruKATRO sediakan tata letak komponen dengan perbesaran image setingkat 400%







Tampilan Layout PCB siap print





Bagi yang hendak mencetak layout tersebut BISA AMBIL DARI SINI

Skema hasil olahan guruKATRO kayak gini .......





Jangan sepelekan TIP41 vs TIP42, sebab menurut datasheet satu transistor itu bisa mengeluarkan maksimal 65 watt, coba bila dikawinkan diantara keduanya, pasti akan ditemukan 130 watt, makanya disini guruKATRO memberanikan diri untuk menulis 120 watt untuk Amplifier ini. Walau sesungguhnya guruKATRO sendiri belum tahu output sebenarnya dari rangkaian hasil eksperimen guruKATRO sendiri.

Harap maklum semua itu karena sesungguhnya guruKATRO telah meninggalkan dunia peralatan audio sejak tahun 1999, heh kamu dah lahir lom tahun tersebut????

Kini baru akan berusaha memiliki lagi walau mungkin hanya sekedar sebagai bahan uji coba ketika akan memposting sebuah rangkaian elektronika. Dan semoga sisanya bisa buat sewaan tetangga deket bila nanti guruKATRO dah pensiun, sebagai tambahan penghasilan gituh. heheheh .....

Bila suatu saat nanti jumlah selisih TUKIN vs TPG 2015-2917 jadi di rapelkan guruKATRO akan beli TRAFO setidaknya 15A dan speaker woofer setidaknya 15inch plus box salon yang bagus, biar bisa nyaman saat melakukan experimen. Untuk para pembaca ... guruKATRO mohon doakan agar guruKATRO bisa lebih cepat memiliki dana yang khusus untuk mendapatkan seperangkat salon dan trafo yang memadai itu ... aaamiiiin.

=====
Kembali ke lektop

Pada Amplifier kali ini, Anda bisa memilih alternatif sesuai SItuasi KONdisi dan TOLeransi masing masing :

Final Transistor :
TIP41 vs 42 maksimal tegangan 40V
TIP41a vs 42a maksimal tegangan 60V
TIP41b vs 42b maksimal tegangan 80V
TIP41c vs 42c maksimal tegangan 100V

Bila anda memutuskan memilih menggunakan final transistor dengan TIP41b vs 42b atau TIP41c vs 42c, dan tegangan yang digunakan lebih dari 50 volt, maka anda juga harus menggati transistor :

BD 139 dengan JE340
A733 dengan 2N5401, itu pada layout PCB masih ada tempat yang bisa dilibangi pas diatas kolektor, sebab letak kaki A733 ECB sedang 2N5401 EBC

Transistor driver juga mesti menggunakan TIP31b/41b atau 31c/41c atau yang sekelasnya.


Untuk menentukan spesifikasi nada yang diinginkan, misalnya low atau mid atau flat atau high atau apalah, silakan ganti R 1K dari emitor A733/2N5401 yang selanjutnya diseri dengan elko 10uF menuju ke GND itu.

Cobalah ganti R 1K itu dengan ukuran lebih kecil, misalnya 560 ohm atau dibawahnya lagi, pasti suara akan menjadi lebih keras .... tentukan sendiri ukuran R itu berapa sesuai selera anda.

Juga elko yang diseri dengan R 1K itu, bila ukurannya semakin besar, maka bass akan semakin tebal, silakan tentukan sendiri ukuran elko itu sesuai selera masing masing.

========

Bagi para pemula seperti guruKATRO ini, dan mungkin akan merangkai menggunakan PCB sundel bolong atau menggunakan PCB Kardus, atau bahkan tanpa PCB, yuk ramai ramai kita mulai merakit Amplifier ini step by step :



1. Amati dan cermati dulu arah jalur jalur pada PCB







2. Mulai pasang transistor Final TIP41 dan 42,

Kolektor diber TIP41 langsung dapat tegangan positif (+)
Kolektor TIP42 langsung dapat tegangan negatif (-)

Emitor keduanya menuju arah speaker salon dengan disaring menggunakan R antara 0,1 hingga 1 ohn 2 watt

Basis keduanya juga menuju arah speaker dan disaring menggunakan R 330 ohm






3. Lanjut pasang Transitor Driver

TIP41-42 atau 31-32 atau BD139-140 atau apalah sudah ada ket diatas

Emitor NPN langsung menuju Basis Final NPN
Emitor PNP langsung menuju Basis Final PNP

Kolektor NPN lansung dapet positif
Kolektor PNP langsung dapet negatif

Basis NPN dapet positip setelah disaring dengan seri dua resistor 4K7 dan 4K7
Pada pertemuan seri dua resistor itu dijumper dengan elko 47uF menuju aliran speaker dengan posisi kaki negatif elko pada aliran speaker.

Basis PNP mendapat tegangan positif dari basis NPN setelah disaring menggunakan seri tiga buah dioda IN400... dengan posisi katoda (tanda pita putih) berada pada basis PNP

Antara basis dan kolektor kedua transistor driver ini dipasang capasitor ukuran antara 100pF hingga 500pF, kalau ingin mengurangi nada tinggi bisa dinaikan itu nilai kapasitor.

Dari Basis PNP sambung ke Kolektor Transistor Bias, pada skema disaring menggunakan R 0,1 ohm, tapi pada prakteknya anda bisa menggunakan kawat biasa, alias sambung langsung saja.





4. Pasang dulu Jalur Tegangan untuk makanan Transistor bias dan Pre-amp

Arahkan Tegangan positif dan negatif  menuju rangkaian bias dan pre-amp, dengan disaring menggunakan resistor 1 atau 2 watt ukuran antara 100 hingga 470 ohm, lalu setelah itu beri elko 47uF menuju GND





5. Kemudian pasang Transistor Bias

Emitor mendapat tegangan negatif setelah disaring Resitor 1 atau 2 watt tadi.

Kolektor menuju basis Transistor Driver, dengan disaring R0,1 ohm atau sambung langsung juga bagus.

Basis disambung langsung ke transistor pre amp dan mendapat tegangan negatif melalui resistor 4K7







6. Berikutnya memasang Transistor pre-amp, yang non inverting input dulu, gunakan transistor A733 dengan urutan kaki ECB atau 2N5401 dengan urutan kaki EBC

Emitor mendapat tegangan positif melalui seri dua buah resistor 22K dan 22K, pada sambungan seri kedua resistor itu dipasan elko 47uF menuju GND

Kolektro lansgung tersambung dengan Basis Transistor Bias

Basis dipasang Resistor 47K dan paralel dengan C 102 menuju GND, kemudian dipasang pula C104 untuk input audio




7. Pungkasan ... Pasang Transistor Pre-amp bagian inverting input standar menggunakan A733 tapi tegangan tinggi menggunakan 2N5401

Emitor ketemu langsung dengan Emitor Transistor input non-inverting

Kolektor di jatah tegangan positif melalui resistor 10 ohm atau di sambung langsung juga boleh

Basis menuju Aliran speaker dengan saringan resistor 47K dan ini berfungsi sebagai feedback.
basis juga diarahkan ke GND melalui seri antara R 1K dengan elko 10uF



Seri Resistor 1K dengan Elko 10uF dari Basis inverting input menuju GND itu berfungsi untuk mengatur kualitas audio yang dihasilkan

- Bila ingin nada rendah keluar semua dengan sempurna gunakan ukuran Elko sebesar mungkin, tapi ada resiko yang mesti dibayar mahal, yaitu harus didukung oleh arus yang lebih besar (Harga trafo semakin mahal bro!). dan juga harus diimbangi dengan speaker yang bagus (speaker bagus mahal juga bro!), solusinya nyalakan amplifier anda sekeras mungkin, dan coba ganti ganti ukuran Elko hingga menemukan ukuran yang pas dan sesuai dengan perangkat pendukung yang anda miliki saat ini.

- Resistor 1K bekerja kebalikan dari Elko tersebut, bila ukurannya dibesarkan maka akan mampu menepis nada tinggi, bahkan bila dibesarkan lagi maka nada mid juga ikutan hilang, dan intensitas suara akan menjadi kecil, sehingga butuh penguatan yang cukup besar pada rangkaian pendukungnya. Sementara bila ukurannya diperkecil, misalnya 560 ohm atau 330 ohm, maka akan semakin membangkitkan nada mid dan nada high, dengan resiko suara menjadi semakin tidak jernih.


Selamat mencoba


Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang miniKATRO Amplifier Final Transistor TIP4142 yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

44 komentar

Mohon maaf
Komentar dengan username :
Anonim
Unknow
mengandung link aktif
spam
TIDAK BISA TAMPIL
pada blog ini

  1. mgk bisa disertakan diagram skemay pak..kl sama dengan ocl kan tinggl ngerubah sedikit..jalury..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada atuh ... silakan dipelajari

      kayaknya sih hanya beda di supply untuk emitor dua transistor pre amp (A733/2N5401) saja

      pada OCL di dua emitor digabung itu mendapat tegangan dari satu transistor

      sedang disini mendapat tegangan dari seri dua resistor (pada gambar menggunakan 22K seri 22K

      Hapus
  2. Gan saya punya power amfly stereo dg tr final bawaanya tip 2955 bserta psngnya 3055. Nah mo saya ganti dg tr final tip 41 42. Apkh di drivernya ada komponen yg mesti dirubah atw hny tinggl gnti gnti tr finalnya z?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya gangti final saja, yang lainnya biarkan saja

      Hapus
    2. Udh saya coba gan lgsg gnti tr finalnya dg tip 41 42, v koq jalur setrum di pcb ny lgsg putus kira2 apanya yg salah ea gan... saya pake psu 18vac trafo 10A era ?

      Hapus
    3. kalau tidak salah pasang mungkin gak kuat kali ...
      itu trafo 18VAC = 25,54VDC x 10A = 254 watt
      TIP 41/42 kan hanya 130 watt maksimal

      Hapus
    4. V tr 41 42 ny gk kebakar gan wktu d cek msh normal cuman jalur setrum d pcb wktu dsmbungin ke psu lgsg kebakar smpe putus. N solusinya sprti apa ea, apkh pengaruhnya kegedean amper trafo hingg mnyebbkn putus,atw mungkin krn kegedean voltasenya,,, pdhl saya baca di sebuah artikel ktnya tegngn maksimal utk tip 41 42 adlh 18vac, ntu bner ap tidak gan ?

      Hapus
    5. kalau TR masih baik baik saja kemungkinan besar ada jalur pcb yang short, mungkin short sangat kecil dan kasat mata, pada beberapa solderan misalnya
      ...
      coba dulu nyalakan lagi dulu barang sebentar (tanpa TR Final) danb coba amati normal apa tidak??

      Hapus
    6. Setau saya drivernya normal gan. coz sblumnya biasa dipake koq kn pke yg tip 2955 3055 normal2 z gan. buktinya skrg saya kmbakikn lg ke semula pake tip normal2 z gan bagus koq. dan emang krn aslinya powerny emang gk knp2 gan. Cuman ini mh saya mo coba gnti tr finalnya pake tip 41 42 solnya bnyk yg bilang Lw tip 41 42 suaranya lbih enak dbnding tip 2955 3055 gto gan. V pas saya coba gnti v koq kejadianya kek gto gan Yakni jalur setrumnya lgsng putus. V lw dblikin lg pke 2955 3055 normal2 z gan gk knp2... gto gan kasusnya?

      Hapus
    7. kalau semua aman dan lancar saja kok bisa jadi gitu yah
      41 untuk ganti 2955 atau 3055
      41 untuk ganti 2955 atau 3055

      kalau semua benar berarti ajaib

      Hapus
    8. Oh gto ea gan nnti dh saya mo coba lg klw2 ada yg keliru masang tr finalnya. Sklgus mo tnya urutan pemasangany, jd urutan pemasangany gmn gan brgkali ada yg keliru yakni Tip 41 utk menggntikan yg mana N tip42 utk menggntikan yg mna mhon dbimbing mklum msih belajar gan. Oh ea utk trafo brrti gk masalah ea gan pake 10A ?

      Hapus
    9. TIP41 untuk 3055
      TIP42 untuk 2955
      kalau kebalik bisa koslet

      Hapus
    10. Ok mksh bimbinganya gan. Utk trafo brrti gk mslh ea gan pake 10A N elkonya pake 10000uf 50v ?

      Hapus
    11. Oh gto ea gan nnti dh saya mo coba lg klw2 ada yg keliru masang tr finalnya. Sklgus mo tnya urutan pemasangany, jd urutan pemasangany gmn gan brgkali ada yg keliru yakni Tip 41 utk menggntikan yg mana N tip42 utk menggntikan yg mna mhon dbimbing mklum msih belajar gan. Oh ea utk trafo brrti gk masalah ea gan pake 10A ?

      Hapus
    12. trafo 10A kayaknya gak papa ... tapi tetep jangan terlalu pol polan nyalain suara'e ....
      sambil diamati tingkat panas pada heatsink nya ,,,

      Hapus
    13. Ok gan mksh bimbinganya !

      Hapus
    14. Tadi Udh saya coba lagi gan, v hasilnya tetep nihil sprti sblmny yakni jalur setrumnya lgsg putus Jalurnya smpe saya jumper lg pke kawat tembaga. Ntah dmn letak kesalahanya malah pusing gan 😓

      Hapus
    15. yg putus itu yang menuju mana ?? ke 41 atau yg ke 42 ???
      coba TES KEMBALI Kolektor Emitornya .... barangkali sudah short

      Hapus
    16. Dari pusatnya gan. Jadi dri titik setrum psu yg d pcb sblm masuk kekektor 3055 jalurnya dh putus duluan smpe ngeluarin asap(Yg menuju colektor bagiangan setrum kanan kiri putus). Kmudian jalur yg putus td saya jumper pke kawat tembaga V putusnya mlh pindah percis di kaki tr bd 139 lw gk slh di bahian kaki emitornya !

      Hapus
    17. kalau dikembalikan dg 29-3055 kok aman berarti yng bermasalah 41/42 nya
      coba beli 41/42 yang baru saja, semoga bisa jadi jos

      Hapus
    18. Ea gan smpe bingung pdhl tu juga saya baru beli N di tes tip tsb smuany bagus normal. V ea mngkin prlu dicoba lg beli yg baru mudh2n ada keajaiban. Ok gan trmksh bnyk tlh sudi menjwb semua pertanyaan saya mudh2n ilmunya berkah 🙏

      Hapus
    19. iya 41/42 yg itu disimpan rapi dulu, jangan sampai kepegang sebelum beli yg baru dan sudah dipasang.
      kembali kasih dan semoga berkah juga buat anda sekeluarga

      Hapus
    20. Assalaamu'alaikum..gan sneng bgt nh bisa kmntr lg 😊... mlnjtkn Kmntr pd keluhan sblmny yg jalurnya sllu putus trnyt skrg baru ketahuan gan, trnyata kesalahanya d pemsngan tr ke hetsink ny cuma pake isolator mika z Smntra bautnya gk pake ring pelastik (persis pemasangn di tip 3055) v bruntung ntu tip gk sempat kbkr pdh dh dcoba berkali kali mlh yg klh justru jalurnya setrumnya ntu yg lgsng putus...mklum gan msh belajar perlu bnyk penglman 😂 ahirnya brhsil juga. Justru c tip 41 42 ny skrg tewas krn voltasenya saya naikin ke 32vac ntu juga gk sklgus krn smpet saya setel sktr 1jam dg posisi volume d arah jam 9 smbl dbntu dg kipas angin 😅 kmdn stlh ntu volume ny coba saya naikin mk sktika itu pula powerny lgsg tewas 😂 ... V sklpun tewas gk penasaran lg krn dh sempat berhasil hhhe.. 😂😂😂
      oh ea gan trnyta stlh saya coba dgnti dg tip 41 42 suaranya koq gk sprti yg org2 bilang bhw tip 41 42 suaranya lbh enak justru bassnyapun biasa2 z slias msh kerasa yg aslinya tip3055. Krna yg saya alami justru mlh suara midle N twiter yg dominan bassnya mh gk kerasa.. apkh krn spikernya 10" kgedean ea gan utk tip 41 42 jd gk kuat ngangkat & memang realitanya salon aktif wlwpn watt ny kecil nmun kwalitas audionya bisa ngalahin power ocl rakitan qt sendiri misal dri segi bass ny wlwpn salon aktif rata2 cuma pake speker 8" nmun suara bassny pun emang lbih empuk dbnding power ocl rakitan qt sendiri ?

      Hapus
  3. Mau nanya Pak...
    Kalau rangkaian Amplifier IC TDA2030 terus disitu ada dua Transistor kalau ngk salah Transistornya.... 2sa1943 dan 2sc5200 itu rangkaian Power berapa Watt pak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh berarti TDA dijadikan driver
      finalnya A1943 vs C5200 satu set maksimal keluar 200watt, bahkan ada beberapa rekan yang menyebut hanya mampu keluar 150 watt

      Hapus
  4. Jika 150 Watt Aja... dibuat stereo 2X150=300 Watt terlalu kegedean buat saya mah Pak.... Untuk saat ini sepertinya belum minat he he e
    Masih fokus ke yg 50 Watt kebawah ajalah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heh ( rahasia ya) itu diatas kata beberapa orang maksimal hanya 60watt
      bila stereo 120 ...... top atuh.. dibawa ke kamar iso bikin pekak telinga .. heheheh

      Hapus
    2. Ya Pak.... Iain Waktu InsyaAllah Akan saya coba... kebetulan dirumah ada speaker aktif punya sodara Yg lagi rusak... Akan saya Oprek sekalian buat kelenci percobaan lah....

      Hapus
  5. Amplifier tip 41 42 dengan tda7294 kira2 bagusan yg mana ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. daya maupun voltage lebih unggul TDA7294

      Hapus
  6. saya kok lebih seneng pake gambar komponen ya pak,tp ga apa2,sambil belajar ngikutin jalur.
    mudah2an ga ketilang...hehehe

    BalasHapus
  7. Semua Resistor pake yg 1 watt bisa ap tidak pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara kualitas itu akan lebih bagus bahkan .... bila menggunakan 1/2 atau 1/4 wat, itu hanya bertujuan hal kuantitas financial (irit) saja

      Hapus
  8. Nuwun sewu guru,Antara basis dan kolektor kedua transistor driver ini dipasang capasitor ukuran antara 100pF hingga 500pF.
    Pertanyaan sy,nyuwun pangapunten sederenge.pd tr drifer sy pk tip 31,nah apakah capasitor(sy pake 100pf) sudah betul?(kaki B&C,sedangkn pd rangkaian di atas di kaki C&E)

    BalasHapus
  9. Berarti pd gambar sudah bener ya guru?.
    Sy pake final tip 41c&42c drifer 31c&32c tr pream 733.maksimal di kasih tegangan berapa Vdc ya guru? Karna sy pnya trafo 5amperean,cuman autputnya hanya 21ct21&22ct22.trimakasih guru,moga blognya makin rame.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari trafo tidak boleh melebihi 32V, dibawahnya mah gak papa
      aamiiin

      Hapus
  10. Ok,hatur nuhun guru sangat membantu sy yg pemula

    BalasHapus
  11. Maaf guru ada sedikit yg mau di tanyakan elco 47uf yg dari r22k emitor a733 itu fungsinya apa ya .? Trus pas dihidupkan daun speakrr pasti maju sebentr trus mundur sbentar trs normal daun nya stabil .semuanya di cek dan di ubah ternyata masalahnya disitu .kalo elconya dilepas pas di on pln nya gak maju mundur cantik lagi .malah normal .... Malah tu r 22k yg di seri dilepas 1 jadi cuman pake 1 ke emitor. Trs efek lain nya kalo elco itu ama r22k dilepas 1 apa ya.kondisi sekrang udah di tEF .final 2set toshiba .18vac 5@

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooh gitu yah
      bisa disiasati dengan cara anda diatas, bisa juga 1 R itu dengan ukuran 47K (silakn dicoba)

      atau biarkan seri tapi elkonya coba 1uF saja
      pengaruhnya hanya pada kualitas Bass saja ... kecuali bila R terlalu kecil mungkin A733 akan cepat panas

      Hapus
    2. Elconya saya lepas guru kalo pake 1 uf rasanya hanya high nya yg kerasa .kalo gk pake elco jadi agak flat. Trs r nya gak di seri tapi pake 22k .kalo misalkan final tip 41pake 4 set gimana guru :v bisa gak .biar kaya ampli lapangan tapi versi tip41 gitu hehe ..

      Hapus
  12. Pak guru, skema ini dengan yg skema sunbolKATRO 300watt itu sama ya?
    Cuma beda d transistor? Bnr y pak?
    Hehehe, belajar mengamati jalur skema pak, maklum pak msh blajar. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sendiri kurang begitu tahu ... yaaaaah coba diamati detail demi detail
      semoga berhasil

      Hapus
  13. pakguru saya ada spiker aktif cuma dengung kira"apanya ya maaf pemula

    BalasHapus