Power Amplifier TDA 2050 bisa sub woofer | guruKATRO

9/17/2018

Power Amplifier TDA 2050 bisa sub woofer

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Alhamdulillaah .... kelar sudah membuat image cara tata urutan dalam merakit Power Amplifier menggunakan IC TDA 2050, atau bisa juga diganti dengan TDA 2030.

Sebagaimana tertera pada judul posting diatas, Power Amplifier ini bisa juga disulap menjadi Amplifier Sub Woofer, hanya dengan menambah satu komponen (milar/capasitor) saja pada bagian inputnya.

Tapi sebelum membahas sub woofer yang beberapa tahun terakhir ini tengah booming, mari kita bersabar dulu, karena harus di awali oleh proses perakitan Jenis Amplifier biasa terlebih dahulu.

Buffer Audio untuk satelit pasangan sub woofer

PRE AMP MIC TARNSISTOR C458, STANDAR TOA HORN


Bagi yang kurang sabar melihat seperti apa rangkaiannya, ini guruKATRO awali dulu dengan memamerkan gambarnya.



Heheheheh.... pastinya puyeng donk liat gambar seperti diatas itu, gak jelas gituh, ya iya lah orang itu gambar cuma untuk thumbnail posting saja dan dibuat kecil agar tidak mengganggu loading home page blog. Tapi setidaknya dari gambar tersebut pasti membuat pembaca langsung berkesimpulan, "Waoooooh, TDA2050 atau TDA2030 ternyata cukup mudah di rangkai sendiri, bahkan oleh pemula sekalipun".

Bagi yang masih penasaran dan ingin mengikuti step by step .... ini kebiasaan guruKATRO suka merinci langkah demi langkah dengan tujuan agar bisa lebih mempermudah proses perakitan bagi rekan rekan pemula.

1. Ambil dulu tuh TDA 2050 atau TDA 2030, pasang saja pada PCB bolong bolong (heheheh ... menggunakan pcb bolong bolong adalah kebiasaan jelek guruKATRO yang hingga kini belum bisa ditinggalkan)

kaki 1 dapat tugas sebagai input, saring dengan elko 1µF dengan posisi kaki + pada kaki 1 TDA 2050 dan kaki - untuk input audio dari MP3Player.

Pasang juga dari kaki 1 (ada juga yang pasang dari kaki input sesudah elko), satu resistor dengan impedansi 22KΩ (merah-merah-jingga) menuju ground (0)

seperti ini kayaknya





2. Bila urusan kaki 1 sudah kelar, berikutnya kita urusi kaki 2

pasang dari kaki 2 IC TDA 2050 Resistor 560Ω seri dengan elko 22µF menuju GND

pasang pula dari kaki 2 itu resistor 22KΩ menuju kaki 4 IC TDA 2050, katanya ini berfungsi sebagai feedback, karena kaki 4 itu akan ditugaskan sebagai output audio menuju speaker.




heheheh .... itu pada gambar guruKATRO lupa pakai resistor yang 680Ω, gak sengaja, padahal pada keterangannya 560Ω. maklum matatua, tapi gak papa juga, itu bisa menjadi solusi bagi oknum yang suka kualitas audio dengan type treble lebih lembut.


3. Lanjutkan dengan merangkai kaki 4 dulu, biarkan kaki 3 nanti dibahas bersama kaki 5 ya!

kaki 4 yang nyata nyata akan ditugasi sebagai pengeluar audio menuju speaker, sebelum audio keluar, beri resistor antara 1Ω hingga 3Ω (pada contoh menggunakan 2,2Ω) dan dipasang seri dengan kapasitor ukuran 470nF (474) atau elko 0,47µF menuju GND, hanya saja bila elko bipolar, maka pemasangannya tidak boleh terbalik.

setelah resistor dan kapasitor terpasang, berarti kaki 4 sudah siap menjalankan tugas.




4. Berikutnya, sekaligus membahas 2 kaki, yaitu kaki 3 dan kaki 5

kaki 3 diberi tegangan -
kaki 5 diberi tegangan +

jangan lupa pasang elko antara 220µF  hingga 1000µF masing masing dari + menuju GND dan dari - menuju GND pula. Sebab IC ini dibuat menggunakan pola tegangan simetris. Jadi sumber tegangan juga harus yang simetris (V+  CT  V-)

walaupun telinga guruKATRO belum mampu membedakan efeknya (maklum disini alatnya hanya mengandalkan telinga saja), tapi katanya itu berpengaruh untuk menepis interverensi nada tinggi, jadi pasang juga secara paralel dengan elko masing masing satu buah kapasitor 100nF (104)



Dengan demikian selesai sudah, proses perakita Amplifier menggunakan IC TDA 2050 atau TDA 2030 (skema sama saja), hanya beda kualitas dan kekuatan saja.

Eh ada janji yang belum ditepati yah

5. Bila ingin Amplifier ini dibuat Sub Woofer,

silakan pasang (jumper) satu kapasitor ukuran antara 220nF (2240 hingga 470nF (474), bisa langsung pada kaki input.



atau bagus juga bila dipasang resistor 10K dulu sebelum masuk kaki  negatif elko 1µF. jadu urutannya Kaki 1 IC kemudian elko 1µF kemudian R 10K kemudian kaki input, pada kaki input itulah dipasang jumper Capasitor.

Pemasangan jumper capasitor ini juga berlaku untuk rekan rekan yang menggunakan power amplifier TDA 2050/2030 dengan membeli kit yang sudah jadi dan banyak di jual di toko toko spare part elektronik.

tentunya sebelum itu harus pula didukung oleh driver sub woofer, seperti

YANG ADA DISINI
atau
DISINI BISA JUGA

6. Tambahan juga biar lebih aman, 
cobalah pasang dua dioda silicon dari kaki speaker masing masing menuju kaki + dan kaki -



Biar speaker lebih aman lagi bisa coba dengan ukuran dioda yang lebih besar lagi. (opsional)


NB :
  • Hati hati selama merangkai, IC ini sangat pekat terhadap korsluit, sedikit salah langkah saja, bisa koit itu IC. 
  • Bila ingin benar benar aman (speaker + IC), pasang ELKO 1000µF sebelum masuk speaker, walau ini seperti bertentangan dengan aturan para pakar, tapi lagi lagi telinga guruKATRO tidak merasakan perbedaan kualitasnya. Ini bisa anda coba, bila kualitas telinga anda sama dengan guruKATRO, bisa dilanjutkan, tapi bila telinga anda lebih peka dari guruKATRO, anda boleh melepas kembali itu ELKO 1000µF yang menuju speaker.
  • Batas minimal tegangan ELKO harus diatas 18 Volt, usahakan yang 50v saja.




guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang Power Amplifier TDA 2050 bisa sub woofer yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

4 comments

  1. Mantab guru...
    Oya klo yang di pake di spker smbadda 2.1 apa rangkaianya sama ky d atas?
    Soalnya barangnya kcil tp bassnya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah reparasi simbada multi media yang dipakai untuk komputer Madrasah, suaranya JOS banget.

      Sub-woofer menggunakan TDA2050, skema sama persis seperti diatas,
      hanya saja pada bagian input diberi buffer sub-woofer menggunakan penguat IC LA4508.
      Speaker Sub-Woofer menggunakan dua speaker ukuran 6 inch yang dipasang secara paralel dan posisi rapat saling berhadapan.

      Untuk Amplifier satelitnya menggunakan 2 buah IC TDA2030

      Delete
  2. Terima kasih Guru !!
    Keterangan nya mudah di pahami...!!!!;

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih ....

      Cuma berusaha modifikasi arah jalur biar mudah dipahami oleh para pemula

      Delete