2017/11/03

Rencana guruKATRO untuk Aplikasi isian Ijazah MI 2018

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

(suer! bukannya sombong), posting ini dipublikasikan ketika guruKATRO mengingat seberapa besar animo pengunjung pada setiap posting tentang Aplikasi Isian Ijazah MI. Karena hal itulah yang membuat guruKATRO semakin bersemangat untuk mengembangkan aplikasi tersebut.


Walaupun disinyalir untuk tahun 2019 akan terjadi perubahan total, karena umumnya MI mulai tahun 2019 sudah menggunakan Kurikulum 2013, tapi secara umum guruKATRO masih selalu berharap semoga kedepannya masih tetap bisa membantu sekedar meringankan kerja para pengolah nilai ijazah Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Pada tahun tahun yang lalu, para pengguna aplikasi selalu harus input nilai raport secara manual, dan andai pun copy, maka wajib dengan model paste values. Itupun masih cukup melelahkan, karena harus menjaga setiap baris ataupun kolom agar tidak terjadi paste yang salah kamar.

Seharusnya keringan kerja itu sudah bisa diperoleh pada Ujian MI tahun 2017, yaitu dengan adanya aplikasi Raport EMIS. Namun karena Aplikasi itu baru guruKATRO ketahui setelah Aplikasi Isian Ijazah tahun 2017 selesai dibuat, bahkan sudah terlanjur di publikasikan, maka dengan sangat terpaksa untuk tahun 2017 itu masih menggunakan cara lama.










Lalu mengapa Aplikasi belum dibuat namun sudah ada posting ini ? ....
Yaaaaah .... hanya sekedar semacam jajak pendapat saja, barangkali mendapat respon positif dari para pengunjung, sekaligus sangat mengharap masukan agar pada saatnya nanti Aplikasi Isian Ijazah MI tahun 2018 bisa lebih meng efisienkan kerja kita.

Rencananya (heheheh), ... sudah dibuat sebenarnya .... namun masih BETA, dan belum berani bila harus di publikasikan. Mohon tunggu biar sampai full version.

Halaman awal rencananya akan dihilangkan saja, demi memperkecil ukuran aplikasi, sehingga akan semakin cepat di unduh.

Semua sheet juga ditampilkan, karena Aplikasi tahun 2018 rencananya tidak akan menggunakan tombol untuk masuk antar halaman, yang ini juga jelas bertujuan memperkcil ukuran aplikasi.

Urutan sheet dimulai dari halaman isian identitas



Halaman printout masih tetap sama, seperti yang dulu dulu, sama sekali tiada perubahan

Halaman isian nilai ujian juga kayaknya masih biasa, namun untuk yang ini, barangkali ada saran seperti apa seharusnya untuk memasukkan nilai ujian, sangat dinanti masukan dari para pengguna


Dan yang ini yang guruKATRO katakan berubah, halaman isian nilai raport, copy saja nilai raport dari template EMIS,



disana akan tersedia sheet dengan nama R7, R8, R9, R10 DAN R11, itu semua akan diisi dengan cara copas penuh halaman yang berasal dari template nilai raport emis.

R7 untuk nilai kelas 4 semester 1,
R8 untuk nilai kelas 4 semester 2,
R9 untuk nilai kelas 5 semester 1,
R10 untuk nilai kelas 5 semester 2, dan
R11 untuk nilai kelas 6 semester 1.

Cara copas penuh halaman juga sangat mudah!

Buka halaman template raport kelas 4 semester 1

Klik saja induk kotak heading excel yang berada di pojok kiri atas yang didalamnya terdapat tanda segitiga, yang berada diatas angka baris 1 dan disebelah kiri kolom A untuk blok seluruh halaman kerja excel.

setelah semua cell halaman berwarna agak gelap pertanda telah di blok, klik Copy

Berikutnya buka halaman R7, berikutnya lakukan blok yang sama dengan yang dilakukan pada halaman template

kemudian klik Paste, bila ada popup berisi pesan : tentang ukuran atau apapun, klik OK saja

lakukan hal yang sama untuk R8 R9 dan seterusnya

isnya Allah hasil printout yang akan digunakan untuk acuan mengisi ijazah akan sesuai harapan

doa guruKATRO, semoga template nilai raport EMIS tahun 2018 masih tetap sama dengan yang tahun 2017. Sebab perubahan itu akan berdampak guruKATRO harus edit ulang rumus yang telah terlanjur dibuat.

sekali lagi ditunggu masukan dari para pengguna
Demikian Posting tentang Rencana guruKATRO untuk Aplikasi isian Ijazah MI 2018 yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

No comments

Mohon maaf bila link hidup dan spam tidak bisa muncul dalam komentar
Mohon maaf pula bila ada komentar yang tidak langsung dibalas, karena Admin tidak selalu OnLine