Mengatasi Oli Mrembes pada Tutup Klep | guruKATRO

2/19/2018

Mengatasi Oli Mrembes pada Tutup Klep

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Oli Mesin merembes keluar melalui tutup Klep sepeda motor, awalnya guruKATRO anggap sebagai suatu perkara yang sepele itu hanyalah faktor seal yang telah tidak lagi span menunaikan tugasnya. Namun perkara itu ternyata berubah menjadi terasa cukup berat setelah sekian lama guruKATRO selalu mengalami kegagalan ketika harus mencari seal yang original part, sebab untuk urusan seal yang nasibnya terkena suhu tinggi ini tidak mungkin diganti dengan spare part kualitas kedua.

Kejadian yang menimpa sepeda motor guruKATRO itu sudah berlalu sejak sekitar empat tahun silam. Waktu itu guruKATRO tinggal dan percayakan service Karburator dan Stel Klep pada seorang montir, sehari berselang setelah sepeda motor diantar ke rumah, tiba tiba guruKATRO melihat ada kelainan, yaitu oli mesin merembes malalui kedua tutup Klep, baik tutup atas maupun tutup bawah. Terus terang saja dengan bocornya oli pada kedua tutup secara bersamaan itu sempat menuntun guruKATRO ke arah Su'udhon pada montir tersebut, semoga Yang Maha Kuasa mengampuni dosa guruKATRO.

Setelah lebih dari satu tahun guruKATRO berkelana dengan sepeda motor yang "ngompol-oli". Hingga pada suatu malam, ketika guruKATRO bertandang ke rumah ke  salah satu rekan yang buka kerja sebagai "bengkel HALKO" ( bengkel yang buka praktek di HALaman TOko spare part ), sampailah pembicaraan ke problematika sepeda motor tersebut. Berikutnya, sambil tertawa dan setengah mencibir guruKATRO yang berteman baik dengan dia namun sangat jarang ngedokterin sepeda motor sama dia, dia berkata, "itu soal sepele kawan!", dia langsung bangkit dari minum, ambil perkakas dan beberapa menit kemudian selesai sudah itu bantuan gratis untuk sepeda motor guruKATRO.

Hasilnya cukup Ampuh!!!, lebih dari tiga tahun, oli tidak pernah bisa keluar lagi melalui tutup Klep, .. ckckckck, ternyata semudah itu cara mengatasinya. Heheheh ... Itu kan kejadian masa lalu, hanya sebuah kenangan, namun itulah kenangan yang takkan terlupakan.

Dan ini baru akan mulai dengan cerita yang sekarang. Sepekan setelah guruKATRO service karbu dan stel Klep pada seorang bengkel kepercayaan guruKATRO (percaya dalam hal kinerja mesin setelah di service dan di stel disitu). Sebenarnya guruKATRO hanya akan memasang baut ples ring pengunci dop bawah mesin yang telah terputus sambungannya. Itu ring terbuat dari besi bekas sepatu rem cakram, sudah ada dua lubangnya, lumayan tinggal lubangi dop sejarak lubang pada besi, pasang didalam dan baut dari luar, selesai sudah!. 

Ternyata pekerjaan guruKATRO tidak se ringan yang dibayangkan, ketika hendak memasang ring pengunci dop buatan sendiri,



ternyata ketahuan ada oli keluar dari tutup klep ???

Harus segera diatasi inihhhhh .... caranya ????

1. Bersihkan dulu permukaan tutup klep, itu dilakukan hanya bila keadaan kotor laiknya punya guruKATRO .... bila keadaan sepeda motor anda bersih ya gak usah lah !!!

2. Buka 2 baut pengunci tutup klep kunci ukuran 8, sebaiknya menggunakan kunci RING, atau kunci T, walau boleh juga menggunakan kunci PASS, namun perlu lebih hati hati agar tidak terjadi slek kepala baut. Dan karena biasanya baut disini dipasang dengan kondisi sangat erat, maka hindari menggunakan kunci abal abal.




3. Lanjut lepas baut dengan tangan, ini bila alas lantai juga keadaannya kotor laiknya halaman depan rumah guruKATRO, kalau sampai jatuh kan bisa nambah refot membersihkannya.



bila lantai anda bersih, dijatuhin juga gak apa apa, tapi lihat lihat dulu barangkali ada yang akan terbangun dari tidur lantaran kaget oleh bunyi itu, ....

4. Lepas sudah tutup klep dan telah berada ditangan guruKATRO tanpa terjatuh ....




5. Bersihkan oli yang melumuri permukaannya, masalahnya hanya satu, yaitu permukaan seal karet tidak lebih tinggi dari permukaan tutup klep




6. Dengan ekstra hati hati, jangan sampai seal karet terluka, lepaskan seal dari posisinya




8. Bersihkan tempat duduk seal dari genangan oli




9. Inilah Reparasi / Service yang sesungguhnya, dan inilah ilmu yang guruKATRO dapat dari rekan yang jadi bengkel HALKO itu.

SEDIAKAN segulung seal tape, heheheh kalau guruKATRO kebetulan punya simpanan sisa menyambung kran untuk mesin cuci, jadi tinggal ambil dech, yang lagi gak punya beli dulu ya!, atau coba lirik tetangga yang baru saja membangun tanki air, heheheh



10. Ambil seal tape sepanjang sekitar 3 atau 4 kali keliling parit seal tutup klep, atau sesuai kebutuhan, tergantung setipis apa kekurang tinggian seal terhadap permukaan tutup klep.




11. Lipat seal tape menjadi 3 bila panjangnya 3 kali panjang parit atau lipat menjadi 4 bila panjang seal tape 4 kali keliling parit dudukan seal tutup klep. pilin agar menjadi seperti tali bulat, dan masukkan kedalam parit tutup klep tersebut.



usahakan agar semua bagian seal tape tertata dengan rapi, dan ini kadang butuh ke telatenan.


12. Berikutnya pasang kembali seal karet tutup klep diatas seal tape, pastikan bila kini seal karet telah lebih tinggi dari permukaan tutup klep, ini penting dan inilah inti dari hasil kerja kita, bila ini gagal, maka sia sialah kerja keras kita.




13. Setelah yakin ketinggian seal telah melebihi permukaan tutup klep, silakan pasang kembali tutup klep dengan erat



14. Bersihkan sisa sisa oli yang tercecer, dan gunakan sepeda motor seperti biasanya, 2 atau tiga hari kemudian, atau kapanpun silakan cek tutup klep tersebut, semoga nasibnya seperti sepeda motor guruKATRO yang hanya denngan langkah tersebut berhasil dan memuaskan.



guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang Mengatasi Oli Mrembes pada Tutup Klep yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

No comments