Membuat sendiri PCB Tone Control Pasif | guruKATRO

10/03/2018

Membuat sendiri PCB Tone Control Pasif

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Setelah sekian lama guruKATRO berkutat dalam skema rangkaian elektronika, yang mana dengan kebiasaan lama guruKATRO yang membuat rangkaian dengan cara :

1 - Langsung sambung antar-kaki komponen, atau
2 - Menggunakan PCB bolong-bolong, atau
3 - Membuat PCB dengan cara amatiran

Untuk cara 1 dan 2 biarlah pembaca pikir, rencanakan, dan lakukan sendiri, karena pada posting kali ini guruKATRO akan share cara membuat PCB sebagaimana tertera pada cara 3 diatas. Dan dikaitkan dengan judul Posting ini (membuat sendiri PCB Tone Control pasif stereo)
- Pengertian Pasif disini adalah tidak membutuhkan tegangan positif, jadi rangkaian ini cukup hanya ada input, output, dan GND (-) saja.

- Pengertian stereo adalah dua rangkaian yang sama persis, yang satu disebut L (untuk speaker kiri) dan yang satunya lagi disebut R (untuk speaker kanan). Yang mana dua rangkaian sama persis itu dibuat secara sejajar dan akan di operasikan secara bersamaan.

Cara yang ke 3 itu tergolong cara primitif dan amatiran. Namun cara itu juga yang selama ini dianggap paling efektif dilakukan oleh para pemula elektronik-hobbier, atau juga untuk yang sudah profesional namun hanya akan memproduksi 1 atau dua unit saja.



Untuk cara ke empat tidak di tampilkan disini, dan kemungkinan besar tidak akan pernah guruKATRO posting, karena cara dimaksud merupakan cara modern dan compatibel untuk produk massal serta cocok dilakukan untuk kelas bisnis, sedang sasaran guruKATRO hanyalah para pemula sahaja.

Sebenarnya juga posting tentang cara amatiran pembuatan PCB dibuat dalam satu posting khusus, namun entah mengapa pola pikir guruKATRO selalu saja mengarah bila penjelasan cara dan langkah langkah itu di jelaskan disini saja, pada posting "Membuat sendiri PCB Tone Control Pasif". Sehingga dalam satu posting ini ada penjelasan langkah langkah pembuatan PCB secara amatiran dan dilanjut praktek membuat PCB Tone Control Pasif-Stereo ala guruKATRO.

Berikut image PCB Tone Control Pasif Stereo yang akan siap dijadikan kelinci percobaan (tanpa potensio middle control, tanpa pula potensio balance)




atau bila ada yang ingin dilengkapi potensio balance tampilan PCB jadi seperti ini, :




Sesudah mengamati gambar diatas, tinggal lakukan langkah berikunya :

  1. Pada PCB tembaga polos, Buatlah garis garis warna biru itu digambar langsung menggunakan spidol permanent sebagaimana alur pada gambar diatas. Beberapa teman guruKATRO juga pada jaman dulu, ada yang menggunakan lakban-transparent.
  2. Pastikan ukuran kaki kaki potensio pas dengan ukuran dan jarank antar kaki potensio.
  3. Anggap saja itu garis garis biru sudah jadi, dan tidak ada cacat kurang tinta. Berikutnya larutkan sekitar sebesar ibu jari kaki orang indonesia dewasa Feri Clorida (FeCl3) kedalam air secukupnya (asal PCB bisa nyelup saja). Gunakan wadah yang sekiranya bisa masuk panjang dan lebar PCB.
  4. Setelah PCB tercelup, goyang goyangkan wadah agar terjadi lebih cepat reaksi oksidasi tembaga. (waktu yang dibutuhkan sangat relatif), tergantung kualitas ketebalan lapisan tembaga. Dan juga tergantung tingkat kepekatan larutan FeCl3 yang kita buat.
  5. Bila Bagian PCB yang tidak tertutup tinta biru itu sudah habis terkikis, angkat PCB dan bersihkan menggunakan abu gosok, sebaiknya hindari detergen sebab akan mempercepat korosi tembaga.
  6. Pastikan bila semua bagian yang tidak kena tinta itu tiada sisa lapisan tembaga disana. Bila itu terjadi dan terlanjur sudah dibersihkan, silakan buang secara manual dengan cutter. Dan juga pastikan bila semua bagian yang tertutup tinta itu tidak ada yang ikut larut lapisan tembaganya. (makanya buat garis itu setebal mungkin, jangan sampai ada yang tersisa). Bila diketahui setelah terlanjur dibersihkan, bagian garis yang terluka itu dilapisi dengan timah solder.
  7. Bila sudah yakin hasilnya bagus, ambil bor kecil dan satu per satu mulai lubangi titik titik putih untuk memasukkan kaki kaki komponen.
Sesudah PCB Toine Control Pasif stereo ala guruKATRO jadi, pasang dan solder komponen seperti ini :



  • R1 dan R5 ukuran antara 10K hingga 47K, semakin besar ukuran semakin kecil nada bass yang akan keluar.
  • R2 dan R6 ukuran antara 1K hingga 10K, semakin besar nilainya akan semakin kecil nada bass sekaligus akan semakin membuka nada middle/menengah.
  • R3 dan R7 ukuran antara 1K hingga 4K7, akan semakin membuka nada middle/menengah.
  • R4 dan R8 ukuran antara 1K hingga 5K6, semakin besar nilainya akan semakin keras audio dan semakin membuka nada middle/menengah.
  • C1-C7-C2-C8-C11-C12 bisa di jumper lansung atau bisa juga menggunakan RESISTOR ukuran 1K.
  • C3 dan C9 bisa menggunakan ukuran 104 bila ingin nada bass lebih lebar atau menggunakan 334 bila ingin nada bass semakin sempit.
  • C4 dan C10 bisa menggunakan ukuran 222 bila ingin treble lembut atau gunakan ukuran 272 atau 332 atau 472, semakin besar nilai C ini akan semakin mengangkan nada tinggi dan diikuti samakin kasar nada treble.
  • C5 dan C11 bisa diperbesar ukurannya, ini hanya berfungsi bila potensio treble di kecilkan saja, semakin besar nilainya akan semakin menutup nada tinggi (treble), tapi tidak akan berfungsi bila potensio treble diputar 50% keatas.

Untuk pemasangan jalur balance, hanya menambah satu jumper kawat saja



dari kaki 3 L potensio Volume menuju kaki 1 potensio balance.

Bila anda merangkai dengan benar, sekarang anda sudah punya satu rangkaian tone control pasif stereo buatan sendiri.

Ket :
Karena guruKATRO sudah tidak aktif bengkel lagi, maka gambar gambar diatbukan merupakan benda asli yang di foto. Melainkan gambar itu dibuat oleh guruKATRO pada selembar halaman excel, di screeshoot saja.

Ukuran jarak antar kaki potensio hanya kira kira saja, bila anda mau membuatnya harus mengukur sendiri.


UPDATE !!!


Karena ada pesana negatif PCB untuk di print sendiri dengan penyempurnaan penambahan middle tone control, serta dilengkapi potensio balance, akhirnya guruKATRO memutuskan Update materi ini. Mohon maaf kepada rekan pemesan, agak lama baru bisa, secara kebetulan pas guruKATRO baca email, pas berdatangan beberapa anak SMU yang minta di buatkan contoh design untuk brosur, eeeh dilanjut lagi ada yang pesan dibuatkan undangan. Setelah Tugas komersil itu kelar, baru guruKATRO punya sempat memperbaharui PCB tone control passive ini :

1. Tampilan PCB siap print (black-white)



awalnya diatas guruKATRO siapkan non black wite tapi dengan dasar warna tembaga, dengan harapan peminta melanjutkan kreasi dengan membuat hitam putih sendiri, tapi karena ada yang minta sudah dalam bentuk hitam putih, itu sudah guruKATRO sediakan.

NB : file sudah di set print dengan ukuran 100%.
Kalau menurut experiment guruKATRO, ukuran itu sudah pas jarak

2. Tampilan PCB siap nyontek komponen (black-white) juga.



Komponen contoh diatas ukuran bukan hal mutlak, anda bisa mengganti dengan ukuran ukuran dibawah atau diatasnya.

Semua Elko yang ada disana bisa diganti dengan resistor ukuran kecil, atau bisa langsung jumper dengan kawat.

Dua buah resistor 1K dari kaki tengah treble menuju out, bisa diganti dengan ukuran kecil, atau bisa langsung jumper dengan kawat.

3. Jangan ambil gambar diatas untuk proses, itu gambar telah di kompress demi tidak memperberat loading halaman blog. Untuk gambar yang dilihat tidak menyakitkan mata, diprint tidak buyar, bagi yang serius berminat melaksanakan project pembuatan PCB :

AMBIL DARI SINI untuk Bahan print PCB ukuran 100%

SEDOT DARI SINI untuk Referensi Daftar komponen yang mesti dipasang

Selamat ber eksperimen, semoga hasilnya memuaskan



guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang Membuat sendiri PCB Tone Control Pasif yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

No comments