23/11/18

Menggabungkan Musik dengan Mikrofon Karaoke

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Masih cukup banyak pemula yang merasa ragu ketika akan menggabungkan (mixing) antara output yang berasal dari sumber musik dengan output dari pre amp mic kedalam satu buah Amplifier. Umumnya ini terjadi ketika sedang merangkai sebuah piranti KARAOKE. Inilah yang dijadikan alasan oleh  guruKATRO untuk menyusun posting ini.

Sering kali pertanyaan pembaca yang menurut penanya sendiri dirasa sebagai pertanyaan yang akan membosankan penulis, dan membuat sang penanya menjadi enggan atau risi untuk mengajukan pertanyaannya, padahal sering kali dari pertanyaan semacam itu akan menjadi inspirasi yang memunculkan ide baru bagi penulis untuk membuat judul posting yang mungkin akan berguna bagi pembaca lainnya.

Dalam mencampur audio musik dengan audio mikrofon kadang hasilnya menciptakan emphasize (menghempas) yang tak sengaja dibuat / diinginkan, terutama audio dari mikrofon bisa menghempaskan audio musik. Sehingga ketika mikrofon mengantarkan bunyi, ketika itu pula audio musik menjadi seperti tertekan, mengecil .....

Pada sistem audio backsound (musik latar) penyiar radio misalnya, rangkaian Emphasize sangat berguna  dan sengaja dibuat agar ketika penyiar radio sedang diam, musik keras, dan ketika penyiar mengucapkan kata kata, secara otomatis musik menjadi lemah.

Tapi keadaan Emphasize akan menjadi tidak enak didengarkan ketika digunakan pada fasilitas audio Karaoke. Jadi terasa lucu dan sama sekali tidak enak didengar apabila penyanyi diam musik menjadi keras, sementara bila penyanyi mengirimkan suara emasnya melalui mikrofon, maka secara otomatis musik menjadi lemah dan hanya terdengar lantunan vokalisnya saja.

Okelakalobegitu, mari kita kembali ke lektop untuk memiksing audio musik dengan audio mikrofon kedalam satu amplifier agar tidak terjadi saling menekan antar sumber suara.

Sebenarnya ada beberapa opsi yang bisa kita anut, namun yang akan dipaparka pada posting ini adalah versi yang biasa guruKATRO lakukan (maaf ini juga hanya kenangan masa lalu) dijaman dulu ketika masih muda dan masih aktif mengais rezeki dari jasa bingkil iliktrunik.

dari sekian kali eksperimen yang pernah guruKATRO cobakan, ternyata ujung ujungnya guruKATRO memilih mencapur audio musik dengan audio mikrofon pada tingkat akhir saat masuk ke input Amplifier.

Skema dasar rangkaian mixing musik dengan mikrofon yang biasa guruKATRO lakukan seperti ini

GAMBAR - 1


Dari skema ala gurukatro diatas, terlihat dengan jelas bahwa nada musik dan nada mik memiliki masing masing kontrol audio sendiri sendiri.

Walau tidak untuk semua orang,  tapi Tone Control untuk audio mikrofon biasanya dibuat lebih membuka middle range, bisa dengan cara memperbesar nilai resistor yang terpasang dari kaki 1 Potensio Bass menuju GND dan/atau memperkecil nilai Condensator yang terpasang dari kaki 1 menuju kaki 2 Potensio Bass dan/atau memperbesar nilai Condensator dari input menuju kaki 2 Potensio Treble

Bila tidak ingin ribet dengan banyaknya Potensio, maka kontrol nada untuk mik bisa berupa RANGKAIAN KECIL PENJERNIH AUDIO.

Atau bila ingin kualitas audio mikrofon yang pas pasan saja, kontrol nada mikrofon bisa ditiadakan. Bila volume mik kurang keras, bisa dengan cara hanya menambah penguat transistor saja.

Setelah itu semua ditentukan, baru kemudian audio mikrofon disalurkan ke rangkaian mixer

Rangkaian mixer paling sederhana yang dulu biasa guruKATRO buat hanya berupa pencabangan dari dua atau tiga resistor ukuran antara 15K hingga 47K saja.

Skema mixer paling sederhana ala guruKATRO,

- Bila untuk sistem Mono CUKUP seperti ini :

GAMBAR - 2



- Bila dipasang pada sistem Stereo Audio bisa dibuat seperti ini :

GAMBAR - 3


Khususnya untuk yang stereo, dengan rangkaian paling sederhana macam gambar diatas itu, bagi seseorang yang terlanjur peka akan merasa ada pencampuran antara L dengan R pada input Amplifier, terutama bila menggunakan ukuran resistor yang terlalu kecil.

Proses pencampuran itu terjadi dari input Amplifier L tersambung dengan resistor menuju output Mic dan dari output Mic tersambung dengan input Amplifier R. Sehingga bila ukuran resistor terlalu kecil akan terjadi pencampuran audio antara L dengan R.

Asal jangan menggunakan ukuran Resistor yang terlalu kecil, misalnya 10K kebawah, sebenarnya itu sudah cukup bagi beberapa personel yang tidak terlalu peduli dengan hal hal yang sifatnya sangat kecil. Namun bila anda tergolong pada komunitas peka-audio, maka bisa dengan membuat mixer dengan tambahan transistor.

Agak ribet memang, tapi tetap guruKATRO share disini barangkali ada rekan yang mau mencobanya.

Seperti ini rangkaian mixer dengan transistor tentunya masih ala guruKATRO

GAMBAR - 4



Dengan rangkaian mixer 4 transistor tersebut disamping sudah tidak mungkin lagi ada bocoran audio dari L ke R atau sebaliknya, sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas volume audio sistem.

Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang Menggabungkan Musik dengan Mikrofon Karaoke yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

31 komentar

Mohon maaf
Komentar dengan username :
Anonim
Unknow
mengandung link aktif
spam
TIDAK BISA TAMPIL
pada blog ini

  1. maaf agak menyimpang dari topik...kalau menghilangkan bunyi jeduk saat PA dihidupkan punya g pak skema sederhana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa yg penting masih elektrik/elektronik, asal jangan masalah asmara dibahas di label ini ... heheheh

      A. yang pernah saya usahakan adalah
      1. memparalel saklar on/off dengan capasitor 104 400V ini bila kualitas saklar yg kurang bagus.
      2. memperbesar elko pada power supply, kerjanya memperlambat proses mengisi/mengosongkan arus

      Tapi kadang entah ada masalah apa??? solusi nomor 1 dan 2 tidak mampu menyelesaikan masalah

      B. katanya sih ini mumpuni, (tapi sayangnya belum sempat mencoba, terlanjur saya pensiun dari dunia bengkel), yaitu pasang speaker-protector.

      Hapus
  2. Saya mau tnya pak,
    Gmna carany menurunkan tengan dc pak? Misal kan 24v ke 12v

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk arus kecil cukup menggunakan saringan resistor lalu jumper dengan zener 12

      atau

      pakai IC 7812 (+)
      Kaki 1 ke sumber +24V,
      kaki 2 ke gnd,
      kaki 3 sudah jadi +12V

      7912
      Kaki 1 ke sumber -24V,
      kaki 2 ke gnd,
      kaki 3 sudah jadi -12V

      bila arus besar
      - gunakan transistor (misal 3055)(+)
      Basis dapet kaki 3 IC 7812
      Kolektor diberi sumber +24V
      Emitor sudah keluar +12V

      - gunakan transistor (misal 2955)(-)
      Basis dapet kaki 3 IC 7912
      Kolektor diberi sumber -24V
      Emitor sudah keluar -12V

      Hapus
    2. Mksdnya R jumper dg zener,gimana ya?

      Hapus
    3. dari tegangan awal (misal 20V) disaring dengan R untuk memperoleh tegangan kedua

      setelah disaring dg R tegangan kedua masih tetap 20V, hanya amper yang berkurang

      satelah disaring dg R, tegangan kedua itu dipasang zener menuju - (GND)
      maka tegangan akan turun sesuai nilai zener

      bila yang dipasang zener 12V maka tegangan kedua akan menjadi 12V
      bila yang dipasang zener 9V maka tegangan kedua akan menjadi 9V

      Hapus
  3. Mantap postingan nya pak, walaupun agak trlmbat mslah saya sudah teratasi,,hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf

      bila jam kerja aku hampir tidak bisa on
      apalagi tadi pagi ada upacara peringatan hari PGRI, lokasi upacara jauh dari sini ...

      selesai upacara ada rapat lagi ...

      Hapus
  4. asmum om
    minta tanya rangkaian yg pakai tr diatas bisa nguatin sinyal audio lemah gk dan sekalian du kasih pot biar ky master mixer

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu rangkaian common kolektor, hanya efektif untuk buffer saja, paling banter hanya ada efek nendang, tidak mumpuni untuk menguatkan sinyal audio yang lemah

      Hapus
  5. askum
    klo minta rangkaian penguat input hp bukan input mic stereo ada gk
    tolong dibuatin y pak,pakai tr

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada berbagai pilihan, silakan buka disini :
      https://www.gurukatro.com/2019/06/membuat-transistor-penguat-audio.html

      Hapus
  6. assalamualaikum
    makasih pak

    BalasHapus
  7. Asskum... Pak,, ijin nanya. Minta rangkaian buat Pemisah nada musik dengan Vokal pada audio karaoke. Dan juga cara pemasangannya. Terimakasih Pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alikumussalaam wr wb
      karena penjelasannya akan panjang dan dengan beberapa opsi, insya Allah nanti akan di buat posting baru .... selamt menunggu

      Hapus
  8. Minta dong nilai ukuran dari semua resistor..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4K7 = 12 biji
      560K (bisa diganti antara 220K hingga 470K = 4 biji
      470Ω = 1 biji

      Hapus
  9. Assalamualaikum...
    Amplifier mixing saya klu diputar volume master mic nya kok daun speakernya jg ikut gerak maju mundur gitu pak,tolong kasih pencerahannya pak. Terimakasih sebelumya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ganti potensionya atau ganti elko yng menuju kaki potensio tersebut dengan milar 224 atau 334

      kalo aslinya ke kaki i/o potensio belum ada elko coba dikasi elko

      Hapus
  10. Sudah sy cek di potensio dan sebelum potensionya memang gk ada elko nya pak,kalo mo dikasih elko masangnya gimana pak trs elko nya berapa mikro. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu kaki potensio yg ke GND dibiarkan
      anggap saja itu kaki nomor 3

      kaki nomor dan nomor 2 diputus jalurnya, pada jalur putus itu disambung dengan elko 1uF
      posisi elko - (negatif) di kaki potensio 1 dan 2

      atau bila pada kaki 1 dan 2 potensio ada R, ganti R tersebut dg elko spt diatas

      Hapus
  11. Terima kasih pak,sudah sy aplikasikan.
    Aslinya sudah ada bawaan milar 332 sebelum potensio,kemudian sy tambah seperti petunjuk bapak yg pertama dengan milar 224.

    Hasilnya bila potensio diputar gerakan speakernya udah 80% tidak agresif lg.
    Tinggal gerak sedikit2,sama ada suara kresek2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila saat diputar muncul plastik kreseknya , berarti potensionya yang kotor atau usang
      bila hanya kotor , bisa di semprot (dikit sekali) dg cleaner

      bila potensio usang ganti potensio tersebut maka kresek akan hilang

      Hapus
  12. tambah milar pada travo 220 ke 0 104j 400v

    BalasHapus
  13. permisi pak, bila ingin di tambahkan fitur pan di mic nya bagaimana?
    kalau setelah transistor apakah berpotensi tercampur stereonya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang agak tercampur tapi cara itulah yang sementara ini masih dianggap sebagai paling bagus

      Hapus
  14. Om guru mau mohon pencerahannya.. saya punya amplifier yg sudah bertone control.. saya mau tambah kit preamp mic.. pertanyaannya output preamp mic konek ke input tone control atau cari input amplinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya langsung ke input amplifier ... bila ingin kualitas suara lebih bagus .... pasang Tone control tersendiri khusus untuk Pre-mic, dipasang stelah pre - mic sebelum input amplifier

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Kalo skema mixer diatas Kapasitor 1mf diganti 2mf pengaruhnya apa ya

    BalasHapus
  17. Kalau menghilangkan nois setelah 2 input masuk ke amplifier gmna ya?

    BalasHapus