7/12/15

SUPRA X 125, GEAR 4, SPEED TETAP MAK NYUS

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Lima tahun sudah guruKATRO anteng berkendara diatas Honda supra X 125 karbu, dengan jarak tempuh telah/baru melampaui 50.000 km, kalau dirata rata berarti 10.000 km per tahun. Cukup irit di jarak tempuh? atau boros yah??? atau mungkin biasa biasa saja!, maklum jarak ke tempat kerja hanya 4,5 km, bila dihitung PP menjadi 9 km/hari, ditambah beberapa kali kepentingan dinas ke Kecamatan ( atau ke Kabupaten ples demi kepentingan family ke Majalengka (300km, PP=600km), juga beberapa kali agak sering untuk kepentingan pribadi ke Purwokerto (PP 80 km), ketemunya dalam lima tahun baru 50.000 km???!!.

Awal penggunaan, guruKATRO cukup puas dengan sistem gear original supra X 125 karbu (14/35) ini. Dengan keadaan jalan yang mesti ditempuh dalam keseharian yang penuh tanjakan terjal sangat jarang memanfaatkan posisi gear 4!.

Bila sedang berboncengan dijalan yang menanjak, guruKATRO sangat menikmati posisi gear 1 yang kecepatannya melebihi gear 2 motor lain pada umumnya.



Suatu saat, ... ketika si sulung semakin bertambah berat badannya tetapi masih suka nguntit bonceng bareng adik kecil dan ibunya.... guruKATRO mulai merasa kasihan dengan tenaga montor ini, alih alih... tetangga sebelah sebelah yang super baik hati yang sempat diajak curhat tentang masalah itu, segera memberikan gear 13 yang katanya telah cukup lama dibeli namun tak pernah digunakan, dan langsung dipasang ke montor guruKATRO. hasilnya sungguh ajaib, montor Supra x 125 (karbu) keluaran 2010 yang ukuran gear originalnya 14/35, kini menjadi 13/35, dan jadi sedikit lambat di gear 1 (itu pasti) dan bila angkat gas agak gedhean, terasa ada getarnya itu mesin, pokoknya gak sehalu disaat masih 14/35 lah. Tapi tak mengapa... yang penting kini guruKATRO jadi tega mengendarai mesin 125cc tanpa kopling manual, ditindih 4 nyawa dengan bobot total tidak kurang dari 150 kg ples 1 kardus belanja bulanan, pada tanjakan yang cukup terjal.

Beberapa hari berselang setelah dipasang gear 13, secara tidak kebetulan keponakan guruKATRO yang di Majalengka opname di RS Kadipaten!!!, Sembari pergi kesana dengan tujuan bezuk, sekalian tes drive!!!!, Bayangkan.... 5 hari jelang lebaran??? sudah pasti pantura arah ke barat cukup lengang.... jadi guruKATRO yang punya bobot tubuh 80kg ditambah isteri yang membonceng memiliki berat tubuh 65kg, merasa bebas tancap gas, sangat memuaskan speed di posisi gear 4 nya... suer.... waktu itu bila di jalan lurus dan sepi, guruKATRO pasti jadi yang bisa jauh meninggalkan beberapa pengagum kecepatan yang sedang bersamaan ke arah barat saat itu. Agak takut juga siii .... ketika jarum speed meter semakin mendekati angka 140 ????? padahal ketika dengan ukuran gigi original (14/35), untuk bisa mendekati angka 120 juga sangat sulit ......

Tapi speed yang mendekati 140 km/jam itu pasti sudah palsu dan tidak akurat lagi, mengingat pengambilan sensor data speed Supra x 125 adalah terletak pada silinder transmisi sebelum gear depan, ini menimbulkan pemalsuan data speedo meter, bila ganti gear depan dengan ukuran yang lebih kecil atau ganti gear belakang dengan ukuran lebih besar, pasti akan menimbulkan angka pada speed meter lebih besar dari yang sesungguhnya. Sebaliknya bila memperbesar gear depan atau memperkecil gear belakang, pasti angka pada speed meter akan lebih kecil dari yang sesungguhnya.

===========================
Cukup lama guruKATRO menggunakan gear montor ini dengan perbandingan 13/35, ketika datangya saat dimana harus ganti rantai  +gear tentunya!

Alamaaaak, ternyata gear 13 terlalu kecil diameternya, sedang supra X 125 pengunci gear depan menggunakan spi, sehingga penampang rantai terkikis oleh ujung spi tersebut.

Dari pengalaman inilah akhinya guruKATRO putuskan untuk tidak menggunakan gear 13, tapi tetap 14 kayak aslinya, dan gear belakanglah yang guruKATRO perbesar ukurannya, dengan resiko tidak bisa menggunakan produk AHM, hitung punya hitung akhirnya guruKATRO memilih perbandingan gear 14/38, yang walaupun agak kelebihan dan bisa menimbulkan getar yang lebih besar lagi, tetapi masih tidak terlalu jauh dari perbandingan 13/35



DATA HASIL PENINGKATAN KINERJA MESIN ATAS PENGGANTIAN GEAR SET



Mohon maaf bila ternyata hitungan guruKATRO tidak benar, harap maklum ini hasil hitung amatiran.


Sebenarnya secara pribadi guruKATRO lebih cocok ketika menggunakan 13/35, tapi itu tadi masalahnya, penampang rantai terkikis oleh spi pengunci gear. sedang bila memilih 14/37 masih terlalu kecil pendongkrakan tenaga mesinnya, bila dibanding 13/35 masih minus 0.049451 . Akhirnya kini guruKATRO memilih 14/38 dengan dongkrakan tenaga plus 0.021978 bila dibanding 13/35

yang ingin menggunakan 13/35 silakan utak atik spi, agar tidak mengikis permukaan rantai.

Biarpun jadi agak nambah getar, tapi gak papa lah .... yang penting ketika nanjak bawa istri ples 2 anak tetap PD dan bila dijalan datar   gunakan gear 4 masih tetap mak nyusssssss, tarik gas dikit....langsung wuuzzzzz....

hahahahah mohon maaf... pembahasannya kayak orang pinter saja... padahal gak tahu apa apa
Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang SUPRA X 125, GEAR 4, SPEED TETAP MAK NYUS yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Facebook Comments